Sabtu, 04 Jul 2020 09:49
  • Home
  • Ekonomi
  • Hingga Juni 2020 tidak ada kenaikan harga listrik

Hingga Juni 2020 tidak ada kenaikan harga listrik

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Jumat, 06 Mar 2020 13:36
Istimewa
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan tidak ada penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment), atau tarifnya ditetapkan sama dengan sebelumnya untuk bulan April sampai dengan Juni 2020.

"Sampai Juni tidak ada penyesuaian tarif. Sudah ditetapkan dengan berbagai pertimbangan kondisi keekonomian. Sekarang adanya isu Corona, suka enggak suka, ikut menekan kondisi keekonomian yang kurang menggembirakan," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Rabu (4/3), di Provinsi Jakarta.

Penetapan tarif tenaga listrik ini, sebut Rida, adalah untuk menaikkan daya beli masyarakat dan daya saing industri di tengah merebaknya isu Corona yang membuat harga sumber energi turun. "Daya beli masyarakat dan daya saing industri, ujungnya itu. Melihat ke masyarakat, apalagi sekarang kan (harga energi) turun semua. Malah sumber daya energi berlebih. Makin murah, logikanya kan malah turun, bukannya dinaikkan," imbuh Rida.

Rida juga mengatakan, ketetapan penyesuaian tarif ini melihat keempat parameter, yakni Indonesian Crude Price (ICP), harga batubara, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan inflasi tiga bulan terakhir, yang dibandingkan dengan penetapan di tahun 2017.

"Ini kan sejak tahun 2017 tidak dinaikkan itu, jadi dibandingkannya bukan dengan triwulan sebelumnya, tetapi pada saat terakhir ditetapkan, yaitu 2017. Jadi harus lihat lagi ke belakang, untuk bisa turun atau naiknya tarif listriknya," jelas Rida.

Penetapan ini tentu saja berdampak kepada Biaya Pokok Penyediaan (BPP) PT PLN (Persero). Namun Rida memastikan Pemerintah tidak akan membiarkan PLN merugi dengan menyiapkan dua skema pembayaran bagi PLN.

"Mereka dapat dalam bentuk subsidi yang dibayar per bulan dan ada mekanisme kompensasi yang diatur PMK (Peraturan Menteri Keuangan) dan dihitung setelah ada audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)," tandasnya.

Diumumkannya tarif tenaga listrik sebulan sebelum masa berlaku ini merupakan bagian dari usaha meningkatkan indeks Ease of Doing Business (indeks kemudahan berusaha). Hal ini juga menjadi bagian transparansi kepada publik.

"Secara aturan tariff adjustment boleh diusulkan per 3 bulan. Aturan dalam kaitannya dengan perbaikan Ease of Doing Business, sebulan sebelumnya harus sudah diumumkan sebagai bentuk transparansi publik dan itu harus diumumkan," Pungkas Rida.
Editor: Herda

Sumber: Setkab RI

T#g:Listrik
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 15 Jun 2020 18:25

    Akhyar Minta PT PLN (Persero) Bantu Ringankan Beban Masyarakat

    Melonjaknya tagihan listrik yang dialami oleh sebagian masyarakat, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meminta kepada perusahaan listrik negara (PLN) agar dapat melakukan ke

  • Sabtu, 13 Jun 2020 07:13

    PLN Sumut Jelaskan Lonjakan Tagihan Listrik Bulan ini ke Wakil Gubernur

    Wagub Musa Rajekshah menerima audiensi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut terkait permasalahan tagihan listrik bulanan yang saat ini tengah ramai menjadi pembicaraan di masyarakat luas. Atas hal itu,

  • Kamis, 11 Jun 2020 16:51

    Wow, China rancang baterai mobil listrik tahan 2 juta kilometer

    Baterai yang ada di pasaran saat ini hanya mampu bertahan selama delapan tahun atau 250 ribu kilometer, namun Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL) di Ningde, China, menyatakan siap memproduksi b

  • Senin, 18 Mei 2020 19:18

    Listrik Gratis Diperpanjang sampai September

    Pemerintah memperpanjang pembebasan dan diskon tarif listrik untuk pelanggan kapasitas 450 VA dan 900 VA tidak mampu hingga September 2020. Awalnya pembebasan dan diskon tarif listrik hanya diberikan selama tiga bulan terhitung sejak April 2020.

  • Sabtu, 25 Apr 2020 14:25

    Warga Lobuhuala, Kualuh Selatan keluhkan pemadaman listrik di bulan puasa ini

    Warga Dusun Sobu-sobu Desa Lobuhuala Kecamatan Kualuh Selatan, mengeluhkan terjadinya pemadaman listrik oleh PLN di bulan puasa ini.

  • Kamis, 09 Apr 2020 15:49

    1.269.000 pelanggan 450 VA di Sumut Dapat Listrik Gratis

    Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sumut menjamin pemberian keringanan pembayaran tagihan listrik sebesar 50 persen bagi pelanggan dengan daya 900 VA dan gratis bagi pelanggan dengan saya 450 VA selama tiga bulan.

  • Rabu, 01 Apr 2020 20:21

    PLN: Token Gratis untuk pelanggan prabayar 450 VA, ini besarannya

    Masyarakat konsumen listrik PLN, khususnya pelanggan prabayar 450 dan 900 Volt Ampere (VA), masih bingung terkait teknis penerimaan keringanan pembayaran tarif listrik yang diputuskan Presiden Jokowi, kemarin.

  • Selasa, 31 Mar 2020 15:51

    Presiden: Pelanggan PLN 450 Watt gratis listrik selama 3 bulan

    Presiden Jokowi memutuskan untuk menggratiskan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA (Volt Ampere) selama April, Mei, dan Juni 2020 sebagai stimulus untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat, di teng

  • Kamis, 12 Mar 2020 18:12

    TNI Siap Amankan Pemasangan Listrik di Maluku dan Papua

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam hal pengamanan saat melakukan pemasangan listrik di 433 desa di wilayah Maluku, Papua dan Papua Barat.

  • Jumat, 03 Jan 2020 16:03

    Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Gardu Induk PLN Kembangan

    Panglima TNI Marsekal TNI DR (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. meninjau langsung Gardu Induk PLN yang terkena banjir akibat curah hujan tinggi yang meng

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak