Sabtu, 17 Apr 2021 11:41
  • Home
  • Ekonomi
  • Dorong Muzzaki Tunaikan Zakat, Wapres Ma'ruf Amin: Baznas Harus Berinovasi

Dorong Muzzaki Tunaikan Zakat, Wapres Ma'ruf Amin: Baznas Harus Berinovasi

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Mandra Ramadhan
Sabtu, 06 Feb 2021 19:36
BPMI Setwapres
Wapres Ma’ruf Amin menerima para pengurus Baznas, Kamis (04/01/2021), melalui konferensi video.
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai lembaga pengelola zakat untuk melakukan inovasi dalam mendorong muzakki membayar zakat.

"Saya minta (Baznas) membuat inovasi, terobosan, dan inisiatif," ujar Wapres ketika menerima para pengurus Baznas melalui konferensi video, Kamis (04/01/2021).

Wapres mengungkapkan, masih terdapat potensi besar penerimaan zakat dari muzakki atau orang yang wajib membayar zakat. Saat ini, imbuhnya, dana zakat yang diberikan muzakki masih jauh dari potensi.

"Oleh karena itu, Baznas harus bekerja keras untuk menggali, harus ada inovasi-inovasi gerakan, terutama dalam pemungutan. Harus aktif, tidak menunggu, karena di dalam Al-Qur'an, perintahnya seperti itu," tegasnya.


Perintah zakat, imbuh Wapres, juga tertuang dalam Al-Qur'an. "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka," ujar Wapres mengutip surah At-Taubah ayat 103.

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, untuk mendistribusikan zakat kepada orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) bukanlah hal yang sulit. Terdapat dua sasaran dalam mendistribusikan zakat, pertama yang sifatnya konsumtif pada orang-orang yang sangat fakir, dan kedua adalah pemberdayaan, agar mengubah penerima zakat menjadi pemberi zakat.

Wapres pun mengingatkan kembali bahwa masalah yang sangat penting adalah bagaimana memungut zakat secara efektif.

"Pengambilan dana zakat secara efektif menjadi bagian dari ekosistem pembangunan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di KNEKS," ungkap Wapres.

Terkait kepengurusan Baznas yang baru dilantik, Wapres mendorong agar distribusi pekerjaan dapat dibagi secara merata dan tepat sasaran agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

"Di dalam pengurus ini betul-betul dibagi ada distribusi pekerjaannya itu sehingga semua bisa berjalan dengan baik," imbaunya.

Untuk itu, Wapres meminta agar para jajaran pengurus Baznas dapat bekerja dengan cepat dan tepat, yaitu memiliki target menaikkan zakat dengan angka yang signifikan untuk hasil kerja yang lebih produktif.


"Saya minta kita berlari cepat sekarang, kita kerja, cepat, tepat, manfaat," pesan Wapres.

Sementara, terkait Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang telah diluncurkan Pemerintah, Wapres menjelaskan bahwa Pemerintah berperan memberikan fasilitas kepada masyarakat yang hendak melakukan wakaf. Wakaf tersebut akan dikelola oleh badan wakaf kredibel yang profesional dan dalam pengawasan yang ketat.

"Pemerintah itu fasilitator, memfasilitasi supaya dana yang potensinya besar ini bisa kita pungut, bisa kita himpun, dan kemudian nanti kita investasikan. Hasilnya itu sesuai dengan permintaan wakif (pemberi wakaf) disalurkan ke mana," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Baznas Noor Achmad melaporkan bahwa peningkatan pendapatan zakat bisa dicapai rata-rata 25-30 persen setiap tahun dari sejak 2015 sampai 2020. Ia berharap, target di tahun yang akan datang tidak hanya 30 persen tetapi bisa meningkat sampai dengan 100 persen.

"Bahkan target kami kalau saat sekarang ini Baznas nasional baru mencapai Rp385 miliar, maka insyaallah mudah-mudahan di tahun 2021 ini sudah mendekati Rp550 miliar, kemudian 2022 di atas Rp1 triliun. Itu yang penting untuk kami sampaikan," lapor Noor Achmad.

Ia juga menyampaikan bahwa Baznas akan mendukung Pemerintah, khususnya di dalam masa pandemi ini untuk membantu memulihkan perekonomian umat.

"Kami akan bersama pemerintah mengentaskan kemiskinan dan menghadapi COVID-19 ini," ujarnya. 
Editor: Budi

T#g:WapresWakafzakat
Berita Terkait
  • Senin, 05 Apr 2021 20:35

    Pangdam I/BB Pimpin Upacara Gelar Pasukan Kunker Wakil Presiden RI ke Sumbar

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, selaku Pangkogasgabpad pengamanan VVIP, memimpin upacara gelar pasukan Kunker wakil Presiden RI Prof Dr K.h Ma’ruf Amin ke wilayah Sumatera Barat, Senin (5/4/2021).

  • Jumat, 19 Feb 2021 15:49

    Walikota Resmikan Masjid Nurussalam Tebing Tinggi

    Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kapolres AKBP Agus Sugiyarso S.IK, Ketua DPRD Basyaruddin dan Ketua MUI Achyar Nasution resmikan Masjid Nurussalam, Jumat (19/2/2021) di Komple

  • Minggu, 08 Nov 2020 19:58

    Tim Hadrah Satgas Yonif MR 413 Sambut Kunjungan Wakil Menteri Agama di Jayapura

    Tim Hadrah Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad menyambut kedatangan Wakil Menteri Agama Bapak Zainut Tauhid Sa'adi dalam kunjungan kerjanya meresmikan program percontohan daerah

  • Rabu, 16 Sep 2020 05:16

    Potensi Zakat Sumatera Utara dan Bangkit Umat dalam Berzakat, Rp14 M

    Pusat Zakat Umat Sumatera Utara bekerjasama dengan IMZ menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Zakat di Medan, Sumatera Utara.Pelatihan yang bertajuk "Bangkit Umat Dalam Berzakat" ini dikhususkan untuk m

  • Kamis, 06 Agu 2020 08:56

    DPD: Soal Pemekaran Wilayah, Kalimantan Sama Pentingnya dengan Papua

    Wacana pemerintah untuk membuka moratorium pemekaran daerah secara terbatas hanya untuk Provinsi Papua dan Papua Barat mendapat sorotan dari Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono. Mengingat hal itu dapat me

  • Selasa, 21 Jul 2020 05:21

    Gubernur Dorong Baznas Sumut Tingkatkan Zakat Produktif

    Kondisi pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada perekonomian masyarakat dari segala sektor. Karena itu pemerintah terus berupaya merangsang agar pertumbuhan ekonomi bisa bangkit kembali setelah terpu

  • Rabu, 15 Jul 2020 20:55

    Salurkan Zakat Baznas Kota Medan dan Baznas Sumut, Akhyar Ingatkan Warga Tetap Kenakan Masker

    Guna membantu keluarga kurang mampu yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan bekerjasama den

  • Selasa, 14 Jul 2020 20:14

    Akhyar Salurkan Bantuan Zakat Untuk 100 Warga Kurang Mampu Di Belawan

    Sebanyak 100 orang warga kurang mampu yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menerima bantuan zakat yang berasal dari muzzaki (pemberi zakat) di Kantor Lurah Medan  Belawan, Selasa (

  • Jumat, 10 Jul 2020 02:10

    Pemerintah Tegas Menunda RUU HIP

    Rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila membuat banyak orang marah karena RUU ini ingin mengubah Pancasila jadi trisila dan ekasila. Pemerintah sudah tegas berkata bahwa RUU ini ditunda dan

  • Kamis, 21 Mei 2020 13:41

    Akhyar Serahkan Zakat Ke 778 Orang Mustahik

    Sebanyak 778 orang yang masuk dalam kelompok Fisabilillah di Kota Medan mendapat bantuan zakat di Aula Masjid Taqwa, Jalan Mustafa Medan, Kamis (21/5/2020).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak