Senin, 19 Apr 2021 10:26
  • Home
  • Ekonomi
  • Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pemprov Sumut Gelar Pelatihan Penguatan Industri Rumahan

Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pemprov Sumut Gelar Pelatihan Penguatan Industri Rumahan

Simalungun (utamanews.com)
Oleh: Bungaran Saragih
Rabu, 07 Apr 2021 13:07
Dinas Kominfo Sumut
Acara "Penguatan Industri Rumahan Untuk Memberdayakan Ekonomi Perempuan Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang digelar Pemprov Sumut melalui Dinas PPPA, di Kabupaten Simalungun, Selasa (6/4).
Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan pelatihan penguatan industri rumahan, di Toba Hall, Hotel Inna Parapat, Jalan Marihat Nomor 1, Kabupaten Simalungun, Selasa (6/4).

Acara bertajuk "Penguatan Industri Rumahan Untuk Memberdayakan Ekonomi Perempuan Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)" tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah  Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut)  R Sabrina.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pelaku industri rumahan, antara lain dengan perluasan jaringan kerja, pengelolaan usaha dengan manajemen keuangan yang baik, serta penambahan modal usaha bagi pelaku indutri rumahan.


Sabrina menyampaikan, perempuan memiliki peran dalam keluarga, serta dominan dalam pengembangan industri rumahan yang memiliki potensi besar di masyarakat. Jika dikelola dengan baik, akan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi keluarga.

"Berkembangnya pelaku industri rumahan  di tengah pandemi Covid -19 sangat membantu perputaran ekonomi di Sumut, sehingga tergeraknya roda perekonomian yang berdampak bagi masyarakat," ujar Sabrina.

Disampaikan juga, kendala terbesar para pelaku industri rumahan, umumnya terkait permodalan, pemasaran produk, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan teknologi. Karena itu, diharapkan, melalui pelatihan ini para pelaku industri rumahan dapat memahami cara pengelolaan manajemen keuangan dan akses permodalan dari perbankan, dengan memanfaatkan program-program pemerintah, salah satunya  dengan memanfaatkan program melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Sabrina juga berharap, para pelaku industri rumahan di sekitar kawasan Danau Toba, yakni Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir, dapat memahami bagaimana cara mengakses permodalam melalui perbankan dengan memanfaatkan KUR. Sehingga dapat mengembangkan usahanya dan mampu menggerakkan roda perekonomian daerah.

Para pelaku industri rumahan juga diingatkan,  bahwa UMKM yang memproduksi jenis produk yang sama jangan dianggap menjadi saingan. Karena hal tersebut justru merupakan kekuatan dalam kelompok untuk saling membantu. "Kita ini harus menjadi 'sapu lidi', yang bersatu, lentur dan susah dipatahkan," pesannya.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, Sabrina juga berpesan kepada para pelaku UMKM agar dapat berperan menyosialisasikan tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas dengan memanfaatkan teknologi.


Sementara narasumber dari PT Bank Sumut, Wiko Sucipto mengatakan pelatihan ini memperkenalkan berbagai jenis KUR yang bisa dimanfaatkan bagi para pelaku usaha rumahan, di antaranya, KUR Super Mikro dengan jumlah pinjaman Rp10 juta tanpa menggunakan agunan, KUR Mikro dengan jumlah pinjaman Rp50 juta dengan menggunakan agunan dan Koritel dengan jumlah pinjaman Rp50 juta - Rp 500 juta dengan jaminan dan perjanjian. Selain itu, PT Bank Sumut Juga memiliki produk lokal yakni Sahabat Insan Pengusaha Pemula (SIIP) yang ditujukan bagi usaha yang telah berjalan 6 bulan dengan adanya pendampingan dari PT Bank Sumut.

"Kami berharap dengan pelatihan ini pelaku industri rumahan memahami apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa memanfaatkan dana KUR ini, sehingga membantu permodalan usaha," katanya.

Turut hadir dalam pelatihan ini Kepala Dinas PPPA Sumut Nurlela, Kepala Dinas PPPA Kabupaten Simalungun Hormauli Purba, dan para pelaku indutri rumahan sebagai peserta pelatihan.
Editor: Herda

T#g:SimalungunUMKM
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Apr 2021 09:33

    Senyum Manis Pengusaha UMKM Kesawan City Walk

    Kesawan City Walk (KCW), membuahkan hasil positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu terlihat dari kebahagiaan para pegiat UMKM Kesawan City Walk saat mengungkapkan pendapatannya yang men

  • Sabtu, 10 Apr 2021 09:10

    Perluas Jangkauan Pasar, Nawal Minta UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

    Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung program des

  • Jumat, 09 Apr 2021 06:09

    Bupati Zahir Minta Para Pelaku UMKM Batu Bara Hadiri Acara Digital Entrepreneur Academy

    Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar, SH, meminta dan sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk menghadiri acara Digital Entrepre

  • Kamis, 08 Apr 2021 17:38

    Kapoldasu Dampingi Kalemdiklat Polri dan Danjen Akademi TNI Tinjau Satlat Macan Latsitardanus XLI di Simalungun

    Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Danjen Akdemi TNI meninjau Satlat Macan Latsitardanus XLI di Kabupaten Simalungun, Kami

  • Kamis, 08 Apr 2021 09:58

    Wali Kota Ingin Pemko Bisa Jadi Pasar Bagi Produk UMKM Medan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mengapresiasi perhelatan Pemasaran Produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM di Ground Floor Manhattan T

  • Sabtu, 03 Apr 2021 15:43

    UMKM Parapat Meriahkan Program Pariwisata Super Prioritas Utama Danau Toba

    Ada kemeriahan saat pameran produksi UMKM di Openstage, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Kemeriahan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

  • Jumat, 02 Apr 2021 20:42

    Kapoldasu dan Pangdam I/BB Pantau Perayaan Paskah di Simalungun

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi bersama Pangdam I/BB, Mayjend TNI Hassanudin melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Simalungun, Jumat (2/4/2021).

  • Kamis, 01 Apr 2021 08:01

    Tak Ada Lapak Pedagang di Kesawan City Walk Di Atas Drainase

    Kawasan kuliner Kesawan City Walk telah resmi beroperasi di Kota Medan. Selain bisa menikmati aneka kuliner, pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah.Kesawan adalah kawasan yang masih menampilkan

  • Selasa, 30 Mar 2021 01:30

    Kahiyang Tinjau Pengusaha Tape di Tuntungan

    Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution akan membantu pelaku UMKM, khususnya pengus

  • Selasa, 23 Mar 2021 19:33

    Kahiyang Tinjau Pengrajin Rotan dan Usaha Pembuatan Kerupuk Jangek di Medan Helvetia

    Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, S.TP., M.M. meninjau usaha kerajinan rotan dan pembuatan kerupuk jangek di Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (23/3). Peninjauan ini m

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak