Selasa, 11 Des 2018 21:50

Konjen Jepang Mr Yuji Hamada puji hasil kerjasama "sister city"

MEDAN (utamanews.com)
Jumat, 23 Agu 2013 19:16
hpm
Gathering Hubungan Kota Bersaudara  antara Kota Medan dan Kota Ichikawa, Jepang  di Hotel Soechi Jalan Cirebon Medan, Kamis (22/8) malam.
Kota maju adalah kota yang paling banyak berinteraksi  dengan dunia luar atau kota-kota besar lainnya, terutama interaksi di sektor perdagangan. Oleh karenanya hubungan kerjasama luar negeri dan kota bersaudara (sister city)  yang selama ini sudah terjalin dengan baik agar terus dikembangkan, sehingga mampu memperkuat dan memperkokoh  kerjasama sister city, khususnya di bidang industri, perdagangan, pariwisata dan investasi.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan diwakili oleh Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MM ketika menghadiri acara Gathering Hubungan Kota Bersaudara  antara Kota Medan dan Kota Ichikawa, Jepang  di Hotel Soechi Jalan Cirebon Medan, Kamis (22/8) malam.

Sekda menjelaskan, Pemko Medan saat ini telah menjalin kerjasama sister city dengan 4 kota yaitu Kota Ichikawa (Jepang), Pulau Pinang (Malaysia), Gwanju (korea) dan Chengdu (Republik Rakyat China). Selain itu Kota Medan juga memiliki kerjasama Friendship City dengan Kota Bandaraya Ipoh (Malaysia) dan kini sedang menggagas kerjasama dengan Kota Burgas (Bulgaria) dan Kota Kocaeli/Izmit (Turki).

“Saya melihat banyak program yang dikembangkan dan membawa dampak positif bagi masyarakat Kota Medan, baik secara langsung maupun tidak langsung seperti  bidang kerjasama pendidikan, pertukaran pelajar dan staf, bidang ekonomi dalam bentuk investasi asing di bidang property dan bentuk-bentuk kerjasama ekonomi lainnya,” kata Sekda.

Menurut Sekda, kerjasama yang telah terjalin selama ini tentunya sangat penting, terutama sebagai media saling tukar menukar informasi dalam berbagai bidang pembangunan, baik kebudayaan maupun sosial ekonomi serta mendorong citra positif bagi Kota Medan sebagai kota yang aman, terbuka dan bersahabat.

Untuk itu melalui kegiatan ini, Sekda berharap dapat menggagas lebih banyak program kerja sama luar negeri  dan sister city, khususnya antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa, Jepang. Selanjutnya, Eldin atas nama Pemko Medan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Konsul Jenderal Jepang  Mr Yuji Hamada  karena telah berperan aktif dalam mendorong peningkatan kerjasama luar negeri antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa.

“Saya berharap kerjasama ini dapat terus kita kembangkan dengan volume yang semakin besar di berbagai bidang pembangunan. Pemko Medan membuka diri untuk berbagai saran masukan dalam rangka mengembangkan hubungan  kerjasama luar negeri dan kota bersaudara yang lebih produktif pada masa mendatang,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda mengajak Konsul Jepang untuk menggagas langkah-langkah strategis , efektif dan kongkritg guna mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan. Hal ini tentunya akan menjadi tantangan bagi ke dua kota bersaudara, sehingga dapat diubah menjadi peluang kerjasama regional yang semakin produktif.  

Sementara itu Konjen Jepang Mr Yuji Hamada mengatakan, hubungan antara Kota Medan dengan Ichikawa yang sudah lama terjalin  ini memiliki dampak positif bagi kedua kota, baik dalam bidang pendidikan, bisnis maupun hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas dari kedua kota tersebut. Termasuk, pertukaran pelajar yang selama ini telah dilakukan dengan.

“Contohnya kunjungan 6 pelajar Ichikawa ke Kota Medan. Mereka banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman baru selama berada di Kota Medan, termasuk Sumatera Utara. Seluruh ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh itu tentunya sangat positif dan dapat dibagikan kepada kerabat di Jepang,” jelas Yuji.

Salah seorang pelajar Kota Ichikawa, Minoriku Bayasi mengamini apa yang disampaikan Konsul Jepang tersebut. Dia mengaku selama selama berada di Kota Medan, banyak ilmu dan pengalaman diperoleh yang tidak didapatnya di Kota Ichikawa. Diantaranya pengalaman menghadiri upacara bendera Sang Saka Merah Putih dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)  Republik Indonesia ke-68 dan mengunjungi Danau Toba. (Hpm)
T#g:jepang
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 11 Des 2018 08:51

    Bakamla RI Terima Kunjungan Kerja Sekretariat Keamanan Nasional Jepang

    Delegasi Sekretariat Keamanan Nasional Jepang (Japan's National Security Secretariat/Japan's NSS) melaksanakan kunjungan kerja di Markas Komando Badan Keamanan Laut RI, Jalan Proklamasi No.

  • Senin, 16 Jul 2018 14:16

    Dirlat Bakamla RI: Latihan Bersama Bakamla-Jepang Sukses

    Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menyampaikan latihan bersama Bakamla RI dengan satuan penjaga laut Jepang atau yang disebut Japan Coast Guard sukses berk

  • Jumat, 13 Jul 2018 09:13

    Japan Coast Guard Pererat Hubungan Kerjasama dengan Bakamla RI

    Japan Coast Guard (JCG) makin pererat hubungan kerjasama operasi dan latihan bidang keselamatan dan keamanan maritim dengan Bakamla RI.

  • Senin, 09 Jul 2018 22:09

    Direktur Latihan Bakamla Sambut Hangat JCG CO of Tsugaru di Dermaga JICT 2

    Direktur Latihan Bakamla Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. menyambut hangat kedatangan Japan Coast Guard (JCG) Commanding Officer of Tsugaru PLH 02 Capt. Suzuki Hirohisa yang baru saja

  • Senin, 09 Jul 2018 12:09

    Kasubdit Garopsla Bakamla RI Mantapkan Rencana Operasi Latihan Bersama dengan Japan Coast Guard

    Kepala Subdirektorat Penyelenggaraan Operasi Laut (Kasubdit Garopsla) Bakamla RI Kolonel Laut (P) Imam Hidayat memantapkan rencana operasi dan latihan bersama dengan Coast GUARD Jepang dengan menggela

  • Kamis, 03 Mei 2018 10:53

    AirAsia X Indonesia resmikan penerbangan perdana Jakarta-Tokyo Narita

    AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) hari ini meresmikan pengoperasian rute baru yang menghubungkan Jakarta, Indonesia, dan Tokyo Narita, Jepang, menjadikannya satu-satunya maskapai berbiaya hema

  • Rabu, 18 Apr 2018 14:28

    Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Delegasi Markas Besar PBB dan Jepang

    Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Brigadir Jenderal TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., menerima kunjungan perwakilan delegasi dari United Nations Headquarter ( Markas Besar PBB) d

  • Kamis, 05 Apr 2018 08:05

    Kini Siapa Pun Bisa Liburan Hemat ke Tokyo dengan AirAsia!

    Berlibur ke Jepang kini bisa lebih hemat lagi menyusul diluncurkannya rute Jakarta-Tokyo (Narita) oleh AirAsia X Indonesia.Sebagai maskapai berbiaya hemat pertama yang mengoperasikan rute Jakarta-Toky

  • Senin, 12 Mar 2018 20:32

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Jepang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah, Direktur "D" Bais TNI Marsma TNI Suryo Margo

  • Jumat, 02 Mar 2018 12:12

    Bakamla RI dan Japan Coast Guard Cermati Tren Kejahatan di Laut

    Menyikapi transisi perilaku kejahatan di laut yang semakin sistematis dan terorganisir, Bakamla RI sebagai leading sector pengamanan di laut saat masa damai, merasa perlu menyikapi dengan serius. Bak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak