Minggu, 28 Feb 2021 13:01
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Gubsu dan Sekretaris MA Jadi Saksi Pada Pernikahan Putri Bupati Palas

Gubsu dan Sekretaris MA Jadi Saksi Pada Pernikahan Putri Bupati Palas

TABAGSEL (utamanews.com)
Minggu, 05 Apr 2015 11:48
Maulana Syafii
Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap terlihat menjabat tangan anak menantunya Arfan Habibi Tanjung, saat prosesi ijab qabul pernikahan, disaksikan Gubsu Gatot Puji Nugroho dan Sekretaris MA RI, Nurhadi.
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho dan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) RI, Nurhadi, menjadi saksi, saat prosesi ijab qabul pada acara pernikahan putri Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap, berlangsung di kediaman Bupati Palas, pada Jumat (3/4).

"Sah...", ungkapan itu langsung terdengar dari Gubsu Gatot Pujo Nugroho dan diiyakan Nurhadi, Sekretaris Mahkamah Agung RI. Peristiwa sakral dan penuh hikmat itu pun seketika berubah. Jabatan tangan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap kepada menantunya Arfan Habibi Tanjung pun sudah terlepas. Hanya satu kali, ijab kabul sudah tuntas.

Rona kebahagiaan pun terlihat di wajah kerabat dan tamu VIP yang hadir, dilanjutkan doa yang dipimpin MUI Kabupaten Palas, H. Sehat. Muda, Lc rangkaian prosesi pernikahan selanjutnya sudah berlanjut ke penyerahan mahar dan buku nikah.

Mahar untuk sang putri sulung Bupati Palas, Lili Sarfiah Harahap, terungkap saat itu sebesar Rp 150 juta, sang mempelai pria pun menyerahkan mahar itu disaksikan orangtua kedua mempelai, kerabat, pejabat yang hadir dan undangan. Dilanjutkan dengan khutbah pernikahan dan nasehat pernikahan, juga diserahkan kepada Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

"Sebenarnya, awalnya saya cuma diminta jadi saksi. Tapi, sekarang harus menyampaikan nasehat lagi," ungkapnya dengan nada seloroh disambut senyum keluarga mempelai dan undangan yang hadir.

Intinya, dikatakan Gatot, pernikahan merupakan universitas kehidupan, artinya masih harus ada upaya pembelajaran untuk sama-sama mengarungi hidup berdua.

"Ananda sudah jadi pasangan suami istri yang insya Allah penuh keberkahan. Untuk itu, agar mendapatkan keberkahan itu, niatkanlah pernikahan ini untuk menyempurnakan keagamaan," ungkap gubernur.

"Mudah-mudahan, menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmat dan mendapatkan keturunan yang baik pula," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sakral itu, beberapa pejabat negara, baik pejabat daerah, pejabat provinsi, maupun pejabat pusat hadir dan menyaksikan prosesi pernikahan itu. Selain Sekretaris MA, ternyata dari Mahkamah Agung sendiri ada empat pejabat eselon I yang hadir. Anggota DPR RI Chairuman Harahap dan Iskan Qolba juga hadir, juga Edi Syaputra Hasibuan yang merupakan Komisioner Kompolnas RI.

Sementara, dari tingkat Provinsi Sumut, hadir Anggota DPRD Provinsi Burhanuddin Siregar beserta beberapa kepala dinas tingkat provinsi. Beberapa kepala daerah kabupaten juga terlihat, diantaranya, Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, Bupati Madina Dahlan Hasan, dan Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Tidak ketinggalan, Kapolres Tapsel, AKBP Parluatan Siregar dan Kepala Kejaksaan Negeri Padang Sidimpuan, Nadda Lubis, juga.

Usai rangkaian prosesi pernikahan dilewati, ada juga suasana mengharukan saat sungkeman atau minta doa restu dari orang tua oleh kedua mempelai. Terlihat, masing-masing pengantin dan orang tua tak kuasa menahan tangis, termasuk, Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap.

Terlebih, saat itu, pembawa acara, Fauzan Nasution mampu menggiring suasana haru biru itu. Dikisahkannya bagaimana orang tua bersusah payah membesarkan anak, diingatkan pula, tugas sebagai anak untuk terus berbakti terhadap orang tua. Tentu, ketika sudah menikah, orang tua pasangan juga harus dianggap seperti orang tua sendiri.

Begitulah suasana haru yang terasa saat itu, usai acara sungkeman, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan doa restu oleh undangan yang hadir. Pada acara ini, suasananya terasa sudah lain lagi, berubah jadi suasana kebahagiaan. Terlebih, musik yang mengiringi juga cukup mampu membuat suasana jadi ceria. Saat itu, musik yang menghibur langsung didatangkan dari Medan, yakni Grup Gambus Alfairus.

Prosesi akad nikah selesai, namun acara belum berakhir. Pada Hari Sabtu (4/4), masih ada acara adat lagi dan dilanjutkan pesta untuk umum pada Minggu (5/4). Akan ada yang berbeda pada acara di Hari Minggu, termasuk diantaranya hiburan yang menghadirkan artis nasional Ikke Nurjannah.

Pantauan Media di lokasi pesta pernikahan putri Bupati Palas ini, hilir mudik para undangan dari mulai rakyat biasa hingga pejabat negara terlihat hadir dan tak putusnya memenuhi ruang resepsi pernikahan itu. (MS)
T#g:gatotPalas
Berita Terkait
  • Minggu, 10 Jan 2021 07:20

    LSM CIFOR Apresiasi Kejaksaan Negeri Padanglawas Berani Tetapkan 2 Tersangka BOS Afirmasi

    Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign "CIFOR" melalui Sekjennya, Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengapresiasi informasi diperoleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang

  • Rabu, 30 Des 2020 14:30

    Camat Sosa Serahkan Bantuan 247 Anak Yatim

    Camat Sosa, Asrin Daulay menyerahkan secara langsung bantuan sosial santunan kepada sebanyak 247 anak yatim yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Rabu (30/12/2020).Bantuan

  • Rabu, 11 Nov 2020 10:01

    Polres Palas Tetapkan Ketua KC FSPMI Palas Tersangka, LBH FSPMI Sumut Laporkan ke Wassidik Poldasu

    Terkait penetapan status Tersangka atas nama Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kabupaten Padang Lawas (KC FSPMI Palas), Maulana Syafi'i, SH.I, oleh penyidik Kepolisia

  • Minggu, 11 Okt 2020 14:11

    108 Peserta Diklatsar Banser di Palas, Terbanyak Untuk Sumut

    Dengan jumlah sebanyak 108 peserta yang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) Angkatan I PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) Kabupaten

  • Sabtu, 10 Okt 2020 14:50

    104 Peserta Ikuti Diklatsar Banser Angkatan I GP Ansor Huragi

    Sebanyak 104 peserta berasal dari beberapa kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), ikuti kegiatan Diklatsar Banser Angkatan I yang digelar oleh PAC GP Ansor Kecamatan Hutaraja Tin

  • Selasa, 06 Okt 2020 05:16

    Partai Demokrat Palas Bagikan Masker Kepada Pedagang di Pasar Sibuhuan

    Mencegah penyebaran Covid 19, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Padang Lawas (Palas) bagikan masker kepada pedagang dan masyarakat di pusat Pasar Sibuhuan, Senin (5/10).Plt. Ketua DPC Partai

  • Jumat, 02 Okt 2020 15:32

    Pembangunan Irigasi Desa Saba Hotang Dilaporkan Ke Kejari Palas

    Terkait Pembangunan Daerah Irigasi (DI) di Desa Saba Hotang, Mahasiswa Peduli Padang Lawas (MP PALAS) melayangkan surat laporan ke Kejari Palas, Kamis (1/10/2020).Ketua Mahasiswa Peduli Padang Lawas,

  • Kamis, 01 Okt 2020 00:01

    Baru 6 Bulan, Irigasi Berbiaya Rp1,5 M Kini Nyaris Ambruk

    Proyek pembangunan daerah irigasi persawahan Saba Hotang kecamatan Barumun Baru (ex kecamatan Barumun) kabupaten Padang Lawas diduga tidak sesuai dengan ketentuan.Pasalnya, Proyek yang dikerjakan CV S

  • Rabu, 30 Sep 2020 04:30

    Menatap Demokrasi Di Tengah Ketidakpastian Pandemi Covid 19

    Tidak dapat dipungkiri, Pandemi Covid-19 telah mengganggu berbagai sektor kehidupan bernegara, baik ekonomi, politik dan sosial budaya. Ancaman gangguan kesehatan menjadi pertimbangan utama dalam seti

  • Jumat, 21 Agu 2020 17:51

    Wabup Palas Arahkan Inisiator Penguasaan Lahan Eks Conoco Ke Ranah Hukum

    Seluas empat (4) hektar Lahan eks Conoco di kecamatan Sosa kabupaten Padang Lawas, telah berubah fungsi. Awalnya merupakan lapangan terbuka yang dipergunakan khalayak untuk berbagai kegiatan sosial, s

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak