Minggu, 28 Feb 2021 08:17
  • Home
  • Ragam
  • Peringatan Nuzulul Quran di Taman Sri Deli

Eldin Ajak Tingkatkan Iman, Ilmu & Kepedulian Terhadap Sesama

Peringatan Nuzulul Quran di Taman Sri Deli

MEDAN (utamanews.com)
Jumat, 26 Jul 2013 14:49
hpm


Sejak pertama kali diturunkan, Al Quran telah mampu merubah paradigma peradaban umat manusia dari bentuk kesesatan menuju kebenaran dan kebahagian dunia maupun akhirat. Hal ini merupakan salah satu makna utama ajaran dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al Quran. Di samping itu Al Quran juga mengajarkan tanggung jawab sosial  kepada setiap orang yang memiliki harta dan kekayaan  agar membantu kaum dhuafa sehingga keluar dari lingkaran kemiskinan.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi dalam acara peringatan Nuzulul Quran yang digelar di arena Ramadhan Fair X tahun 2013 di Taman Sri Deli Medan, Kamis (25/7). Karena itulah Eldin mengajak semua untuk merenungkan makna peringatan Nuzulul Quran.

“Jadi di bulan mulia yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini, mari kita tingkatkan iman, ilmu dan kepedulian kita kepada sesama,” kata Eldin dihadapan Ketua DPRD Medan Drs H Amiruddin, unsur Forum koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, Sekda Ir Syaiful Bahri Lubis MM,Drs Burhanuddin mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sumut, H Hasan Bakti mewakili Ketua MUI Sumut, pimpinan SKPD, camat, lurah, alim ulama,  ormas Islam, organisasi kepemudaan, dan tokoh masyarakat yang menghadiri peringatan Nuzul Quran tersebut.
                
Selanjutnya melalui momentum Nuzulul Quran ini, Eldin pun berharap kepada seluruh yang hadir untuk bersama-sama menciptakan Kota Medan sebagai kota religius sekaligus menjadikannya simbol, karakter dan identitas Kota Medan. Kemudian menciptakan masyarakat kota yang terus belajar dan membaca guna mewujudkan masyarakat pintar, produktif, berdaya saing menuju kota yang bermartabat.
                
“Selain itu mari kita tingkatkan etika moral dan solidaritas sosial dalam pembangunan agar kita semua dapat berpartisipasi mewujudkan kesejahteraan secara bersama-sama. Lalu mari kita jaga, pelihara dan tingkatkan kondusifitas kehidupan beragama dan bermasyarakat sehingga kita tetap bersatu dan selalu bergandeng tangan bersama-sama membangun kota yang kita cintai ini,” ungkapnya.
                
Perlu dipahami, jelas Eldin,  upaya yang terus menerus dilakukan  ini sesungguhnya bukan hanya sekedar melaksanakan prioritas  program pemerintah tetapi juga merupakan wujud nyata pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan yang diperintahkan oleh agama. Kemudian, dia mengajak semua untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan berbagai kebaikan, terutama meningkatkan ilmu pengetahuan guna meningkatkan harkat dan martabat bangsa serta solidaritas sosial.
                
Meski sejak Maghrib hujan deras mengguyur namun tidak menyurutkan niat warga Kota Medan untuk menghadiri peringatan Nuzul Quran ini. Hampir seribuan warga mengikutinya dengan penuh kekhusyukan. Apalagi malam itu  sebagai pemberi tausiah dihadirkan dai kondang asal ibuktota Al Ustadz Ahmad Al Habsy.
                
Usai pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan sejumlah kata sambutan, Al Ustadz Ahmad Al Habsy pun memberikan siraman rohani. Dalam ceramahnya, ada 2 visi utama yang harus dilaksanakan terkait dengan peringatan Nuzul Quran. Pertama, mengajak semua yang hadir untuk memasyarakatkan Al Quran. Sedangkan yang kedua, mengajak untuk meng-Alquan-kan masyarakat.
                
“Mari kita memasyarakatkan Al Quran. Sebab, saat ini sudah jarang terdengar orang membaca Al Quran.  Lantunan ayat-ayat Al Quran saat ini hanya terdengar dari mushala dan masjid. Jika tidak ketika ada warga yang meninggal dunia, barulah terdengar lantunan ayat-ayat Al Quran dibacakan. Kalau begini bagaimana mungkin rahmat Allah akan turun, sebab ayat-ayat Allah ini tidak dikumandangkan. Untuk itu mari kita kumandangkan ayat-ayat Al Quran dimanapun kita berada,” ujar Habsy.
                
Sedangkan visi utama yang kedua, Habsy mengajak untuk meng-Al Quran-kan masyarakat. Langkah ini perlu dilakukan  dalam rangka menjadikan masyarakat berahlak Al Quran. Karenanya, Al Quran harus diperkenalkan sejak dini. Habsy yakin jika ini dilakukan akan lahir generasi muda yang berahlak mulia, sebab tindak-tanduk dan tingkah lakunya akan sesuai dengan apa  yang diajarkan dalam Al Quran.
                
Sebelumnya Kadisbupar Kota Medan Drs Busral Manan dalam laporannya mengatakan, peringatan Nuzul Quran ini merupakan salah satu rangkian dari pelaksanaan Ramadhan Fair X tahun 2013 yang bertujuan untuk mendukung syiar Islam. Selain di Taman Sri Deli, peringatan Nuzul Quran juga akan dilaksanakan di dua lokasi Ramadhan lainnya yaitu Lapangan Griya Martubung dan Lapangan Cadika Pramuka Medan.
                
Sementara itu Ketua DPRD Medan Drs H Amiruddin berharap agar peringatan Nuzulul Quran yang digelar ini tidak hanya seremonial semata. Justru seluruh apa yang diajarkan dalam Al Quran diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan membaca Al Quran, maka pikiran dan kehidupan akan menjadi lebih tenang. “Inilah mukjizat Al Quaran,” ujar Amiruddin. (H)
T#g:Puasa
Berita Terkait
  • Senin, 18 Mei 2020 10:18

    DPP Rondo Mempesona Indonesia Bagi-bagi Takjil di Tembung

    DPP Rondo Mempesona Indonesia atau disingkat dengan DPP RMI berbagi takjil di bulan suci ramadhan kepada warga masyarakat di jalan Batang Kuis simpang Pasar 7 Simpang Jodoh Tembung, Minggu (17/05/2020).

  • Jumat, 08 Mei 2020 07:08

    IWO bersama Formapera berbagi Iftar untuk takjil pengguna jalan

    Bulan Suci Ramadan 1441 Hijriah yang dijalani Umat Muslim di tengah pandemi Covid-19, terus menimbulkan rasa peduli dari berbagai elemen masyarakat terhadap sesama.

  • Jumat, 24 Apr 2020 19:44

    Gugus Tugas: Berpuasa meningkatkan Imunitas

    Ibadah puasa tidak hanya dimaknai sebagai wujud ketakwaan dan keimanan Umat Islam, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) ini, sangat diperlukan kekebalan tubuh.

  • Kamis, 23 Apr 2020 21:23

    Ini imbauan Gugus Tugas menjelang Ramadhan di masa tanggap darurat kesehatan Covid-19

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menekankan agar masyarakat tidak melakukan mudik selama wabah ini masih berlangsung.

  • Rabu, 22 Apr 2020 07:52

    Kasubdit Bin Polmas Poldasu sosialisasikan 'Jaga jarak, pakai masker dan waspada OTG', ke peziarah di TPU Muslim Katamso

    Kepala Subdit Bin Polmas memberikan bantuan dan himbauan tentang pencegahan penyebaran virus covid-19 pada Selasa 21 April 2020, pukul 11:30 wib, kepada masyarakat yang melaksanakan ziarah di Tempat P

  • Selasa, 21 Apr 2020 21:21

    Ir. Soekirman Cek Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan 1441 H Di 3 Pasar Tradisional

    Bupati Sergai Ir H Soekirman, didampingi Wakapolres Sergai Kompol Sofyan SH, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat Sei Rampah, Camat Tanjung Beringin, Kepala BPS Herman, SE, berkunjung ke pasar t

  • Kamis, 09 Apr 2020 17:59

    Dandim 0824/Jember Perintahkan Jajaran Antisipasi Puasa Ramadhan

    Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin: Agar Koordinasi Untuk Sediakan Ruang Isolasi Hingga Tingkat Desa

  • Kamis, 16 Mei 2019 18:06

    Plt Bupati Labuhanbatu: Tausyiah Ramadhan di Lingkungan Pemkab Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

    Pelaksanaan tausyiah ramadhan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, guna tingkatkan ketaqwa'an kepada Allah SWT. Hal itu disampaikan Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, pada samb

  • Minggu, 05 Mei 2019 20:35

    Pemerintah tetapkan awal puasa 2019 Senin, 6 Mei

    Kementerian Agama menetapkan awal puasa 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi jatuh pada Senin (6/5), setelah melakukan sidang isbat yang diikuti perwakilan ormas, ahli astronomi, tamu undangan dan lainnya di Ja

  • Sabtu, 04 Mei 2019 19:04

    Muhammadiyah: Medsos ikut berpuasa di bulan Ramadhan

    Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau umat Islam agar menjadikan media sosial (medsos) ikut berpuasa dari hal-hal yang buruk pada bulan Ramadhan.Haedar juga mengatakan jangan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak