Jumat, 29 Mar 2024 11:44
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Eldin pimpin Pengorekan Drainase di Seputaran Pintu Tol Bandar Selamat

MEDAN (utamanews.com)

Senin, 11 Agu 2014 20:32

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di kawasan jalan Letda Sujono yang acap kali terjadi setiap hujan deras turun, seratusan petugas Dinas Bina Marga Medan dipimpin langsung oleh Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melakukan pengorekan drainase di seputaran pintu masuk gebang tol Bandar Selamat, Senin (11/8). 

Kondisi ini terjadi akibat drainase yang ada kurang terawat dan mengalami sendimentasi.

Selain menguggunakan peralatan konevensional seperti cangkul maupun penggaruk, pengorekan juga didukung 3 unit alat berat jenis Back Hoe. Lumpur maupun rumput hasil dari pengorekan drainase langsung diangkut truk untuk menghindari terjadinya penumpukan.

Menurut pengakuan sejumlah warga,  drainase yang ada dipenuhi sampah maupun rumput-rumput liar, dan saat hujan turun, parit tidak mampu lagi menampung debit air sehingga meluap dan menggenangi jalan maupun rumah warga.

“Saya yakin jika seluruh drainase yang ada dikorek secara rutin, genangan air pasti tidak akan separah ini. Lagian pengorekan drainase seharusnya dilakukan rutin sebelum musim penghujan tiba. Dengan begitu ketika musim hujan tiba, drainase yang ada sudah bersih dan dalam sehingga mampu menampung debit air hujan. Jadi rumah kami tidak digenangi air seperti sekarang ini,” kata Parman, salah seorang warga sekitar.

Keluhan Parman ini langsung diamini warga lainnya. Untuk itu mereka sangat berharap kepada Wali Kota agar menginstruksikan kepada instansi terkait, termasuk pihak Kecamatan Medan Tembung supaya rutin membersihkan drainase secara bergotong royong dengan melibatkan warga. Selain itu mereka juga minta agar orang nomor satu di Pemko Medan ini mencarikan solusi guna mengatasi masalah genangan air tersebut. “Jadi tolonglah kami, Pak Wali. Kami sudah bosan , sebab rumah kami selalu digenangi air,” harapnya.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan akan berusaha menuntaskan masalah genangan air di kawasan Letda Sujono. Selain menginstruksikan melakukan pengorekan drainase secara rutin, Eldin juga akan berkoordinasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) untuk meluruskan drainase yang ada sehingga bisa tembus sejumlah sungai yang ada di sekitar kawasan Letda Sujono. Pasalnya drainase yang ada saat ini terputus sehingga tidak dapat mengalir ke sejumlah sungai yang ada di sekitar pintu gerbang tol Bandar Selamat.

Dijelaskan Wali Kota, ada kendala ketika hendak meluruskan drainase, sebab pelurusan akan mengenai wilayah Kabupaten Deli Serdang agar bisa menembus sungai-sungai yang ada. Sedang, intansi yang menangani masalah sungai adalah BWS. Untuk itulah pihaknya harus berkoordinasi lebih dulu dengan BWS, termasuk Pemkab Deli Serdang. “Jika pelurusan drainase sudah dapat dilakukan, maka air bisa mengalir sampai ke sungai-sungai yang ada,” jelas Wali kota.

Didampingi Kadis Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan, Wali Kota berulang kali Eldin memberikan instruksi kepada operator Backhoe agar pengorekan yang dilakukan tepat sasaran. Selain itu Eldin juga terlihat beberapa kali memberikan petunjuk kepada Kadis Bina Marga.

Meski pengorekan dilakukan di seputaran pintu gerbang jalan tol Bandar selamat namun tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Hal ini tidak terlepas dari kehadiran Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat ATD MT yang ikut langsung membantu anggotanya dalam mengatur arus lalu lintas. (Irwan)
T#g:banjireldin
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️