Jumat, 29 Mar 2024 12:22
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Dandim 0824 dan Direktur Pembiayaan Ditjen PSP Kementan RI cek lahan sulit air

JATIM (utamanews.com)

Minggu, 17 Jan 2016 10:22

Dalam rangka peningkatan perluasan lahan tanam padi di musim penghujan ini, utamanya, Kementrian Pertanian memberikan target perluasan tanam untuk Kab Jember sekitar 3.800 Ha. Hal tersebut sebagai langkah peningkatan produksi beras pada musim tanam 2016 dalam rangka penguatan persediaan beras secara nasional guna menunjang program swa sembada pangan.
 
Direktur Pembiayaan Ditjen PSP Kementan yang sekaligus sebagai penanggung jawab Upsus diwilayah Korem 083/Bdj, Ir. Mulyadi Hendiawan bersama Dandim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P pada Sabtu 16/01 Pukul 10.00 Wib turun ke lahan yang dapat dioptimalkan untuk penanaman padi tetapi kesulitan air irigasi. Turut turun Sekretaris dan Staf Dinas Pertanian Kab Jember.
 
Lahan yang dituju terletak di Ds Wonoasri Kec Tempurejo yang baru kali ini ditanami padi, terdapat  30 Ha lahan yang sudah dan akan ditanami padi oleh kelompok tani Prima Jaya, karena pada musim penghujan seperti ini petani otomatis langsung menanami sawahnya dengan tanaman padi yang relatif lebih menguntungkan.
 
Saat berbincang-bincang dengan kelompok tani yang mengerjakan, Sdr Misran, Ketua Kelompok Tani Prima Jaya menyampaikan bahwa lahan tersebut merupakan lahan PTPN Kotta Blater yang diswakelolakan kepada petani, dan selama ini kesulitannya sarana pengairan dan tidak masuknya lahan-lahan tersebut pada RDKK pupuk maupun obat-obatan pembasmi hama tanaman. Sehingga petani-petani tersebut tidak mendapatkan keuntungan seperti petani lahan sawah pada umumnya.
 
Terkait dengan keluhan petani tersebut Dirjen Pembiayaan Ditjen PSP Kementan siap untuk membantu pembiayaan dan pemenuhan sarana-prasarananya, termasuk upaya memasukkannya ke RDKK Dinas Pertanian, sehingga mampu menunjang produktifitas padi di Kab Jember dalam menunjang program ketahanan pangan secara nasional.
 
Terkait dengan target perluasan lahan tanam yang ada, Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P didampingi Pasiter Kodim 0824 kapten Inf Sumaryono serta Danramil 0824/09 Tempurejo Kapten Inf Wahyudi Triko Irianto menjelaskan bahwa pihaknya masih mendata secara konkrit bersama Pertanian Kab Jember mudah-mudahan sesuai dengan yang ditargetkan seluas 3.800 ha.
 
“Terkait lahan-lahan untuk penambahan perluasan tanam tersebut tentunya memang banyak di Kabupaten Jember ini, seperti lahan yang kita cek ini maupun lahan-lahan lainnya yang ada di sabuk gunung seperti di Wilayah Kec Mayang, Sempolan, Ledokombo, Sumberjambe, Jelbuk, Patrang, Arjasa, Panti Bangsal Sari, Tanggul dan Sumberbaru, kesemuanya akan kita data nanti. Pasiter bersama Staf Dinas Pertanian akan turun ke wilayah tersebut,” ujar Letkol Inf Muhammad Nas di sela-sela kegiatan.
 
“Dan lahan-lahan yang ada tersebut kalau memungkinkan untuk diadakan percepatan tanam akan kita motivasi, terkait dengan kebutuhan sarana prasarana dilapangan dan lain-lain tadi sudah dijelaskan oleh Dirjen Pembiayaan Ditjen PSP Kementan bahwa itu semua akan dibantu secepatnya,” pungkasnya. (rls)
T#g:JemberSwasembada
makeup remover
Berita Terkait
  • Jumat, 04 Nov 2022 21:28

    Jokowi Optimis Indonesia Bisa Swasembada Gula

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis Indonesia bisa swasembada gula dengan pengelolaan pertanian yang baik. Jokowi mengatakan pemerintah berusaha menyiapkan lahan untuk pertanian tebu.Jokowi menyebut


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️