Sabtu, 20 Apr 2024 17:15
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Aneh, Dishub Medan peroleh penghargaan bidang Lalu Lintas

MEDAN (utamanews.com)

Kamis, 03 Okt 2013 21:01

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Lalu Lintas tahun 2013 untuk Kota Metropolitan dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia di Shangri-la Hotel Surabaya, Kamis (3/10). 

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan sekali, sebab piala ini merupakan bentuk penghargaan Presiden Republik Indonesia kepada kapala daerah kabupaten/kota dalam penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan indikator paling baik.

Yang lebih membanggakan lagi, Kota Medan berhasil menempati peringkat pertama untuk kota metropolitan di Indonesia mengalahkan Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan yang menempati peringkat kedua. 

Ditambah lagi sudah hampir Sembilan tahun ibukota provinsi Sumatera Utara ini tidak pernah mendapatkan Piala WTN. Sebab, terakhir kali Kota Medan mendapatkan Piala WTN adalah tahun 2004. Setelah itu Kota Medan gagal mempertahankan prestasi itu dan hanya mampu mendapatkan Plakat WTN saja.

Penyerahan Piala WTN kategori Lalu Lintas tahun 2013 diserahkan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indoensia Suroyo Alimoeso disela-sela acara Rapat Koordinasi teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat. 

Saat menerima penghargaan tersebut, Eldin turut didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat ATD MT dan Kasatlantas Polresta Medan Kompol M Budi Hendrawan SIK MSi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia EE Mangindaan dalam sambutan singkatnya, mengajak seluruh peserta yang hadir untuk melakukan pembahasan serius terkait banyaknya kecelakaan yang terjadi belakangan ini. Dia berharap masalah ini menjadi pembahasan serius dalam Rakornis Bidang Perhubungan Darat ini.Jadi mari kita pecahkan bersama-sama masalah kecelakaan dalam Rakornis ini. 

Langkah-langkah apa yang perlu kita ambil guna mengatasinya. Namun dalam mengambil langkah-langkah tersebut harus disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing. Untuk itu saya akan tunggu hasilnya, kata Menhub.
Agar Rakornis ini memberikan hasil yang baik dalam meningkatkan mutu perlalulintasan di Indonesia, Menhub minta agar sistemnya harus diubah. 

Artinya, tidak menggunakan lagi sistem top down dimana peserta yang hadir terus diberi materi dan ceramah dari level atas saja. Sebaliknya level atas harus menggali sebanyak-banyak apa yang menjadi keluhan dan masukan dari bawahan. 

Selanjutnya seluruh keluhan dan masukan itu dipecahkan untuk dibuat solusi. Untuk itu saya minta kepada seluruh peserta agar tidak segan-segan untuk memberikan masukan-masukan harapnya.

Selanjutnya kepada provinsi, kabupaten dan kota yang berhasil mendapatkan Piala WTN, Menhub mengucapkan terima kasih. Sebab, penilaian yang dilakukan selama satu tahun ini menunjukkan peningkatan. Tentunya ini akan menimbulkan semangat bagi semua untuk berbuat yang lebih baik di bidang perhubungan darat, sebab semua ini pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengucapkan terima kasihnya atas penilaian yang telah dilakukan pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan sehingga Kota Medan berhasil mendapatkan Piala WTN kategori Lalu Lintas tahun 2013 untuk Kota Metropolitan. 

Menurutnya, keberhasilan ini diperoleh berkat kerja keras yang telah dilakukan Dinas Perhubungan Kota Medan dengan Satlantas Polresta Medan, para stakeholder serta dukungan penuh seluruh warga Kota Medan.

Eldin menyakini, keberhasilan ini tentunya akan memotivasi semua untuk lebih meningkatkan kesediplinan berlalulintas di jalan raya. Sebab, menjaga ketertiban di jalan raya bukan semata tanggung jawab Dishub maupun Satlantas semata tetapi harus mendapat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat. Artinya, masyarakat sebagai pengguna jalan harus mematuhi seluruh rambu maupun peraturan perlalulintasan yang ada.

Keberhasilan ini kita raih karena pemerintah pusat telah melihat bagaimana komitmen dan keseriusan kita dalam menangani masalah perlalulintasan di Kota Medan. Untuk itu prestasi ini harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi sehingga Kota Medan kembali mendapatkan Piala WTN dengan kategori yang lebih membanggakan lagi, ungkap Eldin.

Guna mewujudkannya, Eldin mengingatkan kepada seluruh jajaran Dishub Kota Medan agar tidak cepat puas dengan keberhasilan yang diraih ini. Justru keberhasilan tersebut dijadikan motivasi dan momentum untuk meningkatkan kinerja dan tersu bersinergi dengan Satlantas Polresta Medan, sehingga perlalulintasan di Kota Medan menjadi lebih bai lagi. Namun dia sadar hal itu tak mungkin dapat diwujudkan jika tak mendapat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat. 

Jadi saya mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban lalu lintas, harapnya.

Di tempat yang sama Kasatlantas Polresta Medan Kompol M Budi Hendrawan SIK MSi mengatakan, perlalulintasan di Kota Medan semakin tahun terus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik lagi. Justru itu dengan keberhasilan mendapatkan Piala WTN ini, dia berharap kesaran masyarakat berlalulintas akan semakin baik lagi.

Lalu lintas kita saja sudah diakui secara nasional. Untuk itu bagi pengguna jalan yang sudah menyadari perlunya ketertiban dalam berlalulintas agar dipertahankan, sedangkan bagi pengguna jalan yang belum menyadarinya akan terus dilakukan upaya sehingga menyadarinya. Untuk itu kita akan terus melakukan sosialisasi dan penegakan hukum bekerjasama dengan Dishub Medan, jelas Kasatlantas.

Sedangkan menurut Kadishub Medan Renward Parapat ATD MT, keberhasilan meraih Piala WTN kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan harus disyukuri. Sebab, sudah hampir Sembilan tahun Kota Medan tidak mendapatkan Piala WTN. 

Dengan kerja keras dan dukungan penuh seluruh masyarakat, maka Kota Medan tahun ini berhasil kembali mendapatkan Piala WTN.

Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Medan atas dukungan yang telah diberikan selama ini. Saya berharap dukungan ini terus ditingkatkan lagi dengan selalu tertib dan mentaati seluruh rambu-rambu dan peraturan perlalulintasan yang ada saat berada di jalan raya. 

Jika ini dapat diwujudkan, Insya Allah kita akan mampu meraih kembali Piala WTN tahun depan, pesan Renward. (HPM)
T#g:lakalalinPemko
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Mar 2024 10:40

    DPRD Minta Pemko Medan Tindak Bangunan Tak Miliki PBG

    Meski Wali Kota Medan Bobby Nasution pernah mengintruksikan kepada bawahannya agar tidak membiarkan ada bangunan berdiri tanpa terlebih dahulu mengurus izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), tetapi i


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️