Jumat, 25 Jun 2021 16:42

    Pemborong Lahan Parkir Rp5,8 Milyar Tidak Patuhi Instruksi Plt Gubsu

    MEDAN (utamanews.com)
    Rabu, 09 Sep 2015 06:41
    Aktivitas pembangunan lahan parkir senilai Rp5,8 Milyar di areal kantor Gubernur Sumut tetap berjalan seperti biasa, walaupun Plt Gubsu, Tengku Erry Nuradi, sudah meminta pekerjaan tersebut dihentikan.


    Amatan media ini, sampai Selasa sore (8/9), di lokasi proyek masih terlihat truk molen BK8718IU bertulis Kraton 76 sedang membongkar campuran semen dan puluhan pekerja memasang besi-besi konstruksi. Pekerja yang lain terlihat menggali saluran air yang terdapat di bawah lokasi proyek tersebut. “Kami masih disuruh kerja Pak, tak ada perintah untuk menghentikan dari kontraktornya,” kata salah seorang pekerja yang ditemui di lokasi.

    Tukang ini mengaku sudah membaca pernyataan Plt Gubsu HT Erry Nuradi yang meminta proyek dihentikan. Tapi karena menurut kontraktornya, Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) sudah diurus ke Pemko Medan, mereka tetap bekerja seperti biasa. “Ya kami biasa saja. Kerja seperti biasa,” terangnya.

    Meskipun diakuinya, kontraktor proyek dari PT Hari Jadi Sukses (HJS), kelimpungan dengan pernyataan Plt Gubsu HT Erry Nuradi tersebut. Menurutnya, staf PT HJS bermarga Hutagalung, sudah mengetahui adanya pernyataan Plt Gubsu itu. “Tadi sempat juga bertemu dengan Pak Hutagalung. Dia bertanya ke saya juga soal pernyataan Plt Gubsu itu. Jelas saya tidak tahu, karena SIMB itu kan yang mengurus kontraktor. Kami hanya bekerja di sini,” katanya.

    Pria ini mengaku biasanya, proyek pembangunan di kantor pemerintahan memang tidak pernah terlihat plang SIMB. “Saya biasa mengerjakan di kantor pemerintahan, memang tak pernah terlihat plang SIMB, yang ada hanya plang keterangan tentang proyek tersebut,” ungkapnya.

    Saat ditanya soal nilai proyek sebesar Rp5,8 miliar, pekerja ini mengaku jumlah tersebut sudah sesuai spesifikasi teknis. Kata dia, proyek tempat parkir ini didominasi pekerjaan beton dan baja yang harganya mahal. “Boleh dilihat bajanya. Bukan baja biasa. Beton dan besi-besinya juga khusus,” pungkasnya.

    Terpisah Kepala Biro Perlengkapan dan Aset Setdaprovsu, Syafruddin yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/9) mengatakan, pihaknya sebelumnya telah mengurus izin SIMB ke Dinas Tata Ruang dan Bangunan (TRTB) Kota Medan sejak 8 Agustus 2015 lalu, namun izinnya belum keluar hingga saat ini. “Sudah 3 bulan kita urus izinnya tetapi belum keluar juga,” katanya.

    Menyikapi pernyataan Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi yang meminta pengerjaan dihentikan sementara (stanvas) karena belum memiliki SIMB, Syafrudin mengaku akan patuh terhadap hal tersebut. “Pernyataan bapak (Plt Gubsu, Red) itu kan suatu ketentuan. Tetapi kan kita sudah berupaya mengurusnya. Terkecuali tidak sama sekali kita urus, mungkin itu salah kita,” ujarnya.

    Syafruddin yang juga Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemprovsu ini menegaskan, hingga sampai besok (9/9) izin SIMB belum juga diterbitkan Dinas TRTB Kota Medan, maka pihaknya akan memberhentikan sementara pekerjaan tersebut. “Kita terus komunikasi dengan Pemko, jadi kalau sampai besok belum keluar IMB, pengerjaan akan kita stop. Saya juga sudah berkomunikasi dengan pihak kontraktor soal ini, dan kita sepakat menstanvas pekerjaan jika sampai besok (hari ini, Red), IMB belum juga terbit,” ungkapnya.      

    Lebih lanjut pria beruban tipis ini menambahkan, bahwa sesuai kontrak, pengerjaan harus sudah selesai 27 November 2015. Dia mengaku akan ada denda yang harus dibayar jika pekerjaan mengalami keterlambatan. Dengan kondisi seperti ini, diakui Syafruddin pekerjaan pasti akan terhambat. “Apalagi kan sudah terlanjur masuk material. Tapi kalau memang seperti itu petunjuk dari pimpinan (Plt Gubsu), kita akan ikuti,” pungkasnya. (red)
    T#g:SIMBParkir
    Berita Terkait
  • Jumat, 18 Jun 2021 15:58

    Plt Kabid 2 BP2RD Kota Medan Tegur Pengelola Parkir di RS Pirngadi, Tiket Parkir Kini Sudah Sesuai

    Setelah banyaknya keluhan masyarakat terkait kutipan parkir di RSUD dr Pirngadi Medan yang tidak sesuai dengan yang tertera di tiket parkir, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota M

  • Rabu, 16 Jun 2021 21:16

    Duma minta Satpol PP tindak tegas bangunan yang tidak memiliki SIMB dan menyimpang

    Satu unit bangunan berlantai 4 yang berada di Jalan Surau Gang Cik Ditiro No.6 Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah, diketahui izin bangunan telah menyimpang dari permohonan SIMB yang di

  • Selasa, 15 Jun 2021 06:15

    Viral Parkir Rp25 Ribu di Medsos, Polisi Tindaklanjuti ke Bagan Percut

    Polsek Percut Sei Tuan bergerak cepat menindaklanjuti keluhan warga terkait dugaan Pungli di Bagan Percut yang videonya sempat viral di media sosial (Medsos) beberapa hari lalu.Kapolsek Percut Sei Tua

  • Sabtu, 12 Jun 2021 20:12

    Wali Kota Sidak Pembangunan Ilegal Tempat Parkir di Atas Parit

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM. melakukan sidak ke lokasi pembangunan tempat parkir di atas parit di Jalan Sampali,  Lingkungan V, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan A

  • Sabtu, 12 Jun 2021 18:12

    Tarif Parkir di RS Pringadi Medan Diduga Menyalah, Tertera di Tiket Rp2000 diminta Rp5000

    Sejumlah masyarakat mengeluhkan tarif parkir di RSUD dr Pirngadi Medan karena tidak sesuai dengan yang tertera di tiket. Di tiket parkir yang diserahkan oleh juru parkir (Jukir) tertera Rp2000 untuk k

  • Senin, 24 Mei 2021 23:04

    Parkiran RSUD Tarutung, memberikan rasa nyaman bagi keluarga dan pengunjung

    Masuk ke RSUD Tarutung, Taput, ada dua pintu yang bisa dilalui keluarga pasien, pengunjung dan masyarakat setempat yang berkendaraan roda dua dan empat. Pintu masuk ini dilengkapi dua palang parkir da

  • Selasa, 27 Apr 2021 18:07

    Pungut Retribusi dan Pajak Rp175 M dari Centre Point, Bobby Minta Bantuan Penegak Hukum

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengucapkan terima kasih pada Kejaksaan dan KPK yang mendukung Pemko Medan dalam mencegah terjadinya kerugian, penyelamatan aset, sekaligus optimalisasi pendapatan daerah Kota Medan.

  • Minggu, 18 Apr 2021 22:18

    Tindak Bangunan Bermasalah, Bobby Nasution Selamatkan PAD Rp 250 Juta dalam Sebulan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution memang tidak main-main dalam hal penataan Kota Medan, termasuk penertiban bangunan bermasalah.

  • Senin, 12 Apr 2021 10:32

    Rekayasa Lantas Kesawan City Walk & E-Parking Besutan Wali Kota Medan, Sukses Besar

    Setelah Kesawan City Walk diresmikan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, kemudian diikuti rekayasa lalu lintas (lantas) yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Meda (lantas) d

  • Jumat, 09 Apr 2021 07:09

    SIMB Diduga Bodong, Walikota Diminta Perintahkan Bongkar

    Menjadi kota Metropolitan memang dambaan warga kota Medan. Dipimpin Bobby Nasution - Aulia Rachman kota Medan terus berbenah, namun diduga masih banyak saja cara oknum tak bertanggung jawab mencari ce

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak