Selasa, 22 Jan 2019 06:11

    Aksi unjuk rasa warga di KPUD Labura berujung bentrok

    LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
    Kamis, 17 Des 2015 09:19

    Orator dalam aksi massa di depan kantor KPUD Labura. Aksi unjuk rasa ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian, (16/12/2015).

    Labura, (utamanews.com) - Ratusan massa mengatasnamakan Masyarakat Bersatu Peduli Pilkada Labuhanbatu Utara melakukan aksi unjuk rasa ke kantor KPUD Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumatera Utara pada Rabu, (16/12) di jalan Ahmad Ghazali No 8 Aek Kanopan Labuhanbatu Utara. Aksi ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian.

    Menurut kordinator massa, aksi unjuk rasa ini berdasarkan beberapa temuan pelanggaran pada Pemilukada Serentak 9 Desember 2015 yang lalu.

    Heriansyah Simanjuntak ,SH dalam orasinya menyampaikan, “Kami atas nama masyarakat Labuhanbatu Utara melihat Penyelenggara Pemilukada, baik KPUD dan Panwaslih Kabupaten Labuhanbatu Utara tidak menjalankan tupoksinya dengan baik sebagai Penyelenggara, bahkan penyelenggara pemilu tersebut tidak netral."

    "Kami menduga penyelenggara pemilu berusaha untuk memenangkan salah satu calon Bupati Labuhanbatu Utara yang terindikasi kurangnya kertas suara di TPS dan hadirnya para pemilih siluman yang bersenjatakan KTP dan KK Palsu yang telah tertangkap tangan oleh masyarakat. Selain itu ada perbuatan skenario yang melibatkan PNS dan aparatur pemerintah hingga sampai ke kepala dusun serta telah menggunakan rumah ibadah serta praktek money politic yang jelas terindikasi konspirasi berjamaah", kata Heri. 

    Setelah orasi, massa meminta Ketua KPUD keluar untuk menyambut dan mendengarkan aspirasi mereka, namun KPUD tidak juga mau untuk menemui massa aksi.

    Setelah berulangkali meminta melalui Waka Polres Labuhan Batu, Kompol S. Riyadi, agar Pihak KPUD mau menemui namun pihak KPUD tidak juga mau menemui massa.

    Akhirnya massa memaksa untuk masuk ke dalam area kantor KPUD, namun massa mendapat halangan dari pihak kepolisian Labuhan Batu yang sebelumnya telah berjaga jaga di area kantor KPUD Labura.

    Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara pihak kepolisian dan massa aksi, sehingga mengakibatkan beberapa massa mengalami luka luka.

    Pihak Kepolisian segera mengamankan 10 orang dari massa aksi dan dibawa ke Polres Labuhan Batu.

    Kapolres Labuhan Batu, AKBP Teguh Yuswardhi, Sik MH melalui Waka Polres Labuhan Batu Kompol S. Riyadi saat dikonfirmasi media mengatakan,"Benar ada sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa namun sudah kita amankan 10 orang dari mereka, yang kita tau mereka melakukan aksi tidak melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian, dan akan kita adakan penyelidikan," tandasnya.

    Salah seorang dari massa aksi pada media mengungkap kan teman mereka yang mengalami luka luka akibat pihak kepolisian melakukan pemukulan terhadap beberapa massa aksi.

    "Beberapa orang teman kami dipukuli oleh pihak Kepolisian bang," kata seorang massa yang tidak mau dicantumkan namanya di media.


    Ahmad S. Tambusai mengalami luka di bagian pelipis dalam bentrokan di depan kantor KPUD Labura, (16/12/2015).


    Terpisah, ketika dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, membenarkan adanya bentrok antara demonstran di KPUD Labura dengan polisi.

    "Sekelompok massa sekitar 200 orang menggunakan pengeras suara melakukan demo di depan kantor KPUD Labura, memaksa bertemu dengan ketua KPUD. Wakapolres Labuhanbatu yang berada di lapangan ditendang pengunjuk rasa, sehingga diambil tindakan tegas," katanya kepada awak media.

    Dia menambahkan, sebelum dilakukan pembubaran massa demonstran, polisi menyarankan pengunjukrasa untuk menunggu rapat pleno selesai. Tapi, para pendemo mendorong pagar sekaligus memasak masuk kantor.

    "Tadi disampaikan oleh polisi yang menjaga kantor KPUD bahwa ketua KPUD sedang rapat pleno, dipersilahkan menunggu. Namun tetap memaksa mendorong pagar, dan korlap memberi aba aba " 1, 2 , 3 , serang, Waka Polres yang berada di TKP sempat terkena tendangan pendemo, dan massa memaksa masuk sehingga polisi mengambil tindakan tegas dengan membubarkan demo," ujarnya.

    Ia menuturkan, delapan pengunjukrasa yang bertindak sebagai memprovokasi massa sudah ditahan oleh polisi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan.

    (Darwin Marpaung/red)
    T#g:laburapleno
    Berita Terkait
  • Minggu, 20 Jan 2019 17:00

    "Minggu Berkat", Kapolsek Kualuh Hulu di Gereja GBKP Aek Kanopan

    Mewakili Gereja GBKP, Pdt S. Tarigan STh mengucapkan terima kasih Kepada Kapolsek Kualuh Hulu atas giat 'Minggu Berkat' di gereja mereka yang berada di Jalan Pembangunan Aek Kanopan, Kecamat

  • Minggu, 20 Jan 2019 17:10

    400 Jemaah Antusias Ikuti Safari Subuh Polsek Kualuh Hulu

    Sebanyak 400 jemaah menghadiri Safari Subuh Polsek Kualuh Hulu di Masjid Al Ikhlas, Minggu (20/1/2019) pukul 05.05 wib, tepatnya di Dusun Kampung Tempel, Desa Bandar Lama, Kecamatan Kualuh Selatan, Ka

  • Rabu, 16 Jan 2019 13:46

    Merasa Dirugikan Hingga Ratusan Juta Rupiah Ruli Br Sinaga Lapor Polisi

    Dikarenakan merugi hingga Rp237 juta, Ruli br Sinaga (40) warga Jalan Melati Lingkungan III Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura melaporkan peristiwa tindak pidana penipuan atau pengge

  • Selasa, 15 Jan 2019 14:15

    Sinergitas TNI dan Masyarakat, Koramil 10/TM Kampung Rakyat Laksanakan Gotong Royong Perbaikan Jalan dan Parit

    Seluruh jajaran Kodim 0209/LB terus tingkatkan kegiatan di bidang teritorial yang humanis dengan masyarakat berupa Karya Bakti Gotong Royong perbaikan jalan dan saluran irigasi (parit) di bilangan Jal

  • Minggu, 30 Des 2018 20:30

    Jelang Tahun Baru Satres Narkoba Polres Labuhanbatu dan BNN Labura Razia Tempat Hiburan Malam

    Satres Narkoba Polres Labuhanbatu yang dikomandoi AKP I Kadek Hery Cahyadi,SIK melaksanakan Razia gabungan tempat hiburan malam bersama BNN Labura dan POM TNI Rantauprapat serta puluhan petugas dari P

  • Jumat, 14 Des 2018 21:34

    Proyek Pembangunan Jalan Lingkar Luar Resahkan Warga Dusun Ranto Betul Labura

    Pembangunan pembukaan jalan Lingkar Luar di Dusun Dua Kelurahan Aek Kanopan Timur Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), yang bersumber dari dana APBD TA 2018 sebesar Rp984.757.65

  • Jumat, 14 Des 2018 15:54

    KPU Labura Laksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 Pada Penyandang Disabilitas

    KPU Labuhanbatu Utara (Labura) melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 pada penyandang disabilitas di Aula KPU Labura, Jum'at (14/12/2018).

  • Kamis, 13 Des 2018 13:23

    Sejumlah Wilayah Di Labura Terendam Banjir, Jalan Macet dan Seorang Masyarakat Hanyut

    Telah terjadi banjir di beberapa Lokasi di Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut. Amatan media ini, jumlah lokasi yang terdampak banjir akibat naiknya permukaan air sungai di Kab. Labuhanbatu Utara, cukup

  • Rabu, 12 Des 2018 12:22

    "Tangkap Pejabat Yang Diduga Menyuap Dana Perimbangan Kab. Labuhanbatu Utara"

    Sejumlah massa dari LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kab. Labuhanbatu Utara, dipimpin Amri Abeng Lubis selaku Bupati LIRA Labura, pada Selasa (11/12/2018), setia menunggu Iring-iringan Rombongan Cawapr

  • Selasa, 11 Des 2018 13:01

    Ada Spanduk Penolakan, Saat Sandi Kunjungi Pasar Kota Pinang, Labusel

    Kunjungan Calon Wakil Presiden RI Paslon Nomor 2, Sandiaga Uno yang akrab disapa dengan Sandi Ke pusat pasar Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mendapat perhatian masyarakat, Selasa (

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak