Selasa, 19 Mar 2019 17:47

    Aksi unjuk rasa warga di KPUD Labura berujung bentrok

    LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
    Kamis, 17 Des 2015 09:19

    Orator dalam aksi massa di depan kantor KPUD Labura. Aksi unjuk rasa ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian, (16/12/2015).

    Labura, (utamanews.com) - Ratusan massa mengatasnamakan Masyarakat Bersatu Peduli Pilkada Labuhanbatu Utara melakukan aksi unjuk rasa ke kantor KPUD Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumatera Utara pada Rabu, (16/12) di jalan Ahmad Ghazali No 8 Aek Kanopan Labuhanbatu Utara. Aksi ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian.

    Menurut kordinator massa, aksi unjuk rasa ini berdasarkan beberapa temuan pelanggaran pada Pemilukada Serentak 9 Desember 2015 yang lalu.

    Heriansyah Simanjuntak ,SH dalam orasinya menyampaikan, “Kami atas nama masyarakat Labuhanbatu Utara melihat Penyelenggara Pemilukada, baik KPUD dan Panwaslih Kabupaten Labuhanbatu Utara tidak menjalankan tupoksinya dengan baik sebagai Penyelenggara, bahkan penyelenggara pemilu tersebut tidak netral."

    "Kami menduga penyelenggara pemilu berusaha untuk memenangkan salah satu calon Bupati Labuhanbatu Utara yang terindikasi kurangnya kertas suara di TPS dan hadirnya para pemilih siluman yang bersenjatakan KTP dan KK Palsu yang telah tertangkap tangan oleh masyarakat. Selain itu ada perbuatan skenario yang melibatkan PNS dan aparatur pemerintah hingga sampai ke kepala dusun serta telah menggunakan rumah ibadah serta praktek money politic yang jelas terindikasi konspirasi berjamaah", kata Heri. 

    Setelah orasi, massa meminta Ketua KPUD keluar untuk menyambut dan mendengarkan aspirasi mereka, namun KPUD tidak juga mau untuk menemui massa aksi.

    Setelah berulangkali meminta melalui Waka Polres Labuhan Batu, Kompol S. Riyadi, agar Pihak KPUD mau menemui namun pihak KPUD tidak juga mau menemui massa.

    Akhirnya massa memaksa untuk masuk ke dalam area kantor KPUD, namun massa mendapat halangan dari pihak kepolisian Labuhan Batu yang sebelumnya telah berjaga jaga di area kantor KPUD Labura.

    Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara pihak kepolisian dan massa aksi, sehingga mengakibatkan beberapa massa mengalami luka luka.

    Pihak Kepolisian segera mengamankan 10 orang dari massa aksi dan dibawa ke Polres Labuhan Batu.

    Kapolres Labuhan Batu, AKBP Teguh Yuswardhi, Sik MH melalui Waka Polres Labuhan Batu Kompol S. Riyadi saat dikonfirmasi media mengatakan,"Benar ada sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa namun sudah kita amankan 10 orang dari mereka, yang kita tau mereka melakukan aksi tidak melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian, dan akan kita adakan penyelidikan," tandasnya.

    Salah seorang dari massa aksi pada media mengungkap kan teman mereka yang mengalami luka luka akibat pihak kepolisian melakukan pemukulan terhadap beberapa massa aksi.

    "Beberapa orang teman kami dipukuli oleh pihak Kepolisian bang," kata seorang massa yang tidak mau dicantumkan namanya di media.


    Ahmad S. Tambusai mengalami luka di bagian pelipis dalam bentrokan di depan kantor KPUD Labura, (16/12/2015).


    Terpisah, ketika dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, membenarkan adanya bentrok antara demonstran di KPUD Labura dengan polisi.

    "Sekelompok massa sekitar 200 orang menggunakan pengeras suara melakukan demo di depan kantor KPUD Labura, memaksa bertemu dengan ketua KPUD. Wakapolres Labuhanbatu yang berada di lapangan ditendang pengunjuk rasa, sehingga diambil tindakan tegas," katanya kepada awak media.

    Dia menambahkan, sebelum dilakukan pembubaran massa demonstran, polisi menyarankan pengunjukrasa untuk menunggu rapat pleno selesai. Tapi, para pendemo mendorong pagar sekaligus memasak masuk kantor.

    "Tadi disampaikan oleh polisi yang menjaga kantor KPUD bahwa ketua KPUD sedang rapat pleno, dipersilahkan menunggu. Namun tetap memaksa mendorong pagar, dan korlap memberi aba aba " 1, 2 , 3 , serang, Waka Polres yang berada di TKP sempat terkena tendangan pendemo, dan massa memaksa masuk sehingga polisi mengambil tindakan tegas dengan membubarkan demo," ujarnya.

    Ia menuturkan, delapan pengunjukrasa yang bertindak sebagai memprovokasi massa sudah ditahan oleh polisi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan.

    (Darwin Marpaung/red)
    T#g:laburapleno
    Berita Terkait
  • Jumat, 15 Mar 2019 09:55

    Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2020

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah, SE membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2020, Kamis (1

  • Selasa, 05 Mar 2019 19:35

    KPU Labura Ajak Media Bekerjasama Sukseskan Pemilu 2019

    KPU Labuhanbatu Utara (Labura), menggelar Konfrensi Pres terkait proses tahapan Pemilu pada April 2019 mendatang. Acara itu dilaksanakan di Aula Kantor KPU Labura tepatnya di Jln. Ahmad Khzali, Aek Ka

  • Selasa, 26 Feb 2019 09:06

    Dandim Letkol Inf. Santoso Buka 'Open Turnamen Bola Volly Cup 1 Piala Dandim 0209/LB'

    Dandim Letkol Inf Santoso, menghadiri acara Pembukaan Turnament Bola Volly Tropy Dandim 0209/LB Cup I Tahun 2019 di Desa Marbau Selatan Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu utara dengan Tema "Jaga S

  • Jumat, 22 Feb 2019 21:02

    Cofee Morning KPU & Insan Pers Bahas Kesiapan Pemilu 2019 di Labura

    Menjelang Pemilu 2019 secara serentak yang tidak berapa lagi akan dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air, Pemerintah Kabupaten Labura, melalui Diskominfo dan KPU Labuhanbatu Utara (Labura), melaksa

  • Selasa, 19 Feb 2019 11:39

    Tanpa Dokumen, 21 Batang Kayu Glondongan bersama 2 Truk Colt diesel Diamankan Petugas Kehutanan

    Diduga mengangkut kayu hasil kejahatan ilegal logging, 2 truk Colt diesel Nopol BM 9765 TH, dan BK 8690 CL, bak warna kuning yang membawa kayu glondongan sebanyak 21 batang, diamankan satuan petugas k

  • Selasa, 19 Feb 2019 11:29

    KPU Sumut Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2019

    Menghadapi Pemilu 2019, KPU Provinsi Sumatera Utara menggelar kegiatan Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Ballroom Hotel Grand Aston Jln. Balaikota Kota Medan, Senin sore (18

  • Jumat, 08 Feb 2019 17:28

    Kegiatan Penebangan Kayu Oleh PT.  LBI Berada Dalam SK HKM KTH Batu Jonjong Bersinar Kec. NA IX-X

    Limbah kayu gelondongan terlihat berserakan hanyut di sungai Sosopan Dusun 1 Desa Hatapang Kecamatan NA IX-X Kab. Labura, pemandangan ini terlihat saat ketika Tim Media dan sejumlah Aktivis Kehutanan

  • Rabu, 06 Feb 2019 16:36

    Panen Perdana Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso Apresiasi kerja keras Kelompok Tani Fajar

    Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, melaksanakan Panen Perdana di Wilayah Kodim 0209/LB, dengan luas panen sekitar 1 Hektar, di hamparan seluas 50 hektar, provitan 8 ton GKP/ha, Varietas Impari, harga

  • Selasa, 05 Feb 2019 13:25

    Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019

    Menghadapi Pemilu serentak pesta rakyat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif, Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso menghadiri acara rapat koordinasi persiapan menghadapi pemil

  • Senin, 04 Feb 2019 21:04

    Buka Rakor Persiapan Pemilu Serentak, Bupati: Diperlukan Kerjasama untuk Kesuksesan Pemilu

    Pesta demokrasi tentu akan mempunyai dampak sosial politik maupun dampak keamanan. Kenaikan suhu politik di masyarakat harus dapat diredam, gesekan di masyarakat harus dinetralisisir, serta berita hoa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak