Jumat, 19 Jul 2019 07:28

    Aksi unjuk rasa warga di KPUD Labura berujung bentrok

    LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
    Kamis, 17 Des 2015 09:19

    Orator dalam aksi massa di depan kantor KPUD Labura. Aksi unjuk rasa ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian, (16/12/2015).

    Labura, (utamanews.com) - Ratusan massa mengatasnamakan Masyarakat Bersatu Peduli Pilkada Labuhanbatu Utara melakukan aksi unjuk rasa ke kantor KPUD Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumatera Utara pada Rabu, (16/12) di jalan Ahmad Ghazali No 8 Aek Kanopan Labuhanbatu Utara. Aksi ini berujung bentrok dengan aparat kepolisian.

    Menurut kordinator massa, aksi unjuk rasa ini berdasarkan beberapa temuan pelanggaran pada Pemilukada Serentak 9 Desember 2015 yang lalu.

    Heriansyah Simanjuntak ,SH dalam orasinya menyampaikan, “Kami atas nama masyarakat Labuhanbatu Utara melihat Penyelenggara Pemilukada, baik KPUD dan Panwaslih Kabupaten Labuhanbatu Utara tidak menjalankan tupoksinya dengan baik sebagai Penyelenggara, bahkan penyelenggara pemilu tersebut tidak netral."

    "Kami menduga penyelenggara pemilu berusaha untuk memenangkan salah satu calon Bupati Labuhanbatu Utara yang terindikasi kurangnya kertas suara di TPS dan hadirnya para pemilih siluman yang bersenjatakan KTP dan KK Palsu yang telah tertangkap tangan oleh masyarakat. Selain itu ada perbuatan skenario yang melibatkan PNS dan aparatur pemerintah hingga sampai ke kepala dusun serta telah menggunakan rumah ibadah serta praktek money politic yang jelas terindikasi konspirasi berjamaah", kata Heri. 

    Setelah orasi, massa meminta Ketua KPUD keluar untuk menyambut dan mendengarkan aspirasi mereka, namun KPUD tidak juga mau untuk menemui massa aksi.

    Setelah berulangkali meminta melalui Waka Polres Labuhan Batu, Kompol S. Riyadi, agar Pihak KPUD mau menemui namun pihak KPUD tidak juga mau menemui massa.

    Akhirnya massa memaksa untuk masuk ke dalam area kantor KPUD, namun massa mendapat halangan dari pihak kepolisian Labuhan Batu yang sebelumnya telah berjaga jaga di area kantor KPUD Labura.

    Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara pihak kepolisian dan massa aksi, sehingga mengakibatkan beberapa massa mengalami luka luka.

    Pihak Kepolisian segera mengamankan 10 orang dari massa aksi dan dibawa ke Polres Labuhan Batu.

    Kapolres Labuhan Batu, AKBP Teguh Yuswardhi, Sik MH melalui Waka Polres Labuhan Batu Kompol S. Riyadi saat dikonfirmasi media mengatakan,"Benar ada sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa namun sudah kita amankan 10 orang dari mereka, yang kita tau mereka melakukan aksi tidak melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian, dan akan kita adakan penyelidikan," tandasnya.

    Salah seorang dari massa aksi pada media mengungkap kan teman mereka yang mengalami luka luka akibat pihak kepolisian melakukan pemukulan terhadap beberapa massa aksi.

    "Beberapa orang teman kami dipukuli oleh pihak Kepolisian bang," kata seorang massa yang tidak mau dicantumkan namanya di media.


    Ahmad S. Tambusai mengalami luka di bagian pelipis dalam bentrokan di depan kantor KPUD Labura, (16/12/2015).


    Terpisah, ketika dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, membenarkan adanya bentrok antara demonstran di KPUD Labura dengan polisi.

    "Sekelompok massa sekitar 200 orang menggunakan pengeras suara melakukan demo di depan kantor KPUD Labura, memaksa bertemu dengan ketua KPUD. Wakapolres Labuhanbatu yang berada di lapangan ditendang pengunjuk rasa, sehingga diambil tindakan tegas," katanya kepada awak media.

    Dia menambahkan, sebelum dilakukan pembubaran massa demonstran, polisi menyarankan pengunjukrasa untuk menunggu rapat pleno selesai. Tapi, para pendemo mendorong pagar sekaligus memasak masuk kantor.

    "Tadi disampaikan oleh polisi yang menjaga kantor KPUD bahwa ketua KPUD sedang rapat pleno, dipersilahkan menunggu. Namun tetap memaksa mendorong pagar, dan korlap memberi aba aba " 1, 2 , 3 , serang, Waka Polres yang berada di TKP sempat terkena tendangan pendemo, dan massa memaksa masuk sehingga polisi mengambil tindakan tegas dengan membubarkan demo," ujarnya.

    Ia menuturkan, delapan pengunjukrasa yang bertindak sebagai memprovokasi massa sudah ditahan oleh polisi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan.

    (Darwin Marpaung/red)
    T#g:laburapleno
    Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jul 2019 14:38

    Kantor Keuangan Labura dan Labusel Digeledah Tim dari Polda Sumatera Utara

    Tim Polda Sumatera Utara (Sumut) menggeledah kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) pada Kamis (

  • Kamis, 18 Jul 2019 11:08

    Kadisperindagkop dan UKM Tinjau Stand Expo Labura

    Kepala dinas Perindustrian perdagangan koperasi dan usaha kecil menengah Kabupaten Labuhanbatu Utara Syahrul Adnan Hasibuan, SE meninjau langsung lokasi kesiapan pagelaran Labuhanbatu Utara Expo tahun

  • Rabu, 26 Jun 2019 18:36

    Kinerja PUPR Tak Baik, Anggaran Pemeliharaan Jalan Rp200 Juta Dipertanyakan

    Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), dinilai kurang baik. Pasalnya realisasi anggaran kegiatan pemeliharaan Jalan Ruas Gunting Saga-Teluk Binjai APBD t

  • Minggu, 26 Mei 2019 11:46

    Jalan beton jadi kupak-kapik, warga minta tanggung jawab pemilik Backhoe yang melintas

    Jalan cor batu yang berada di simpang tiga arah ke Blok Lima Kelurahan Tanjung Leidong Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten (Labura), hancur akibat alat berat beko (Excavators backhoe) yang melintas tan

  • Rabu, 15 Mei 2019 15:35

    Kabag Hukum Labura Baru Evaluasi 70 Perdes APBDes

    Zahida Hafni, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) mengatakan, bahwa Perdes APBDes Se- labuhanbatu Utara yang sudah dievaluasi sebanyak 70 desa"Yang sudah keluar

  • Sabtu, 11 Mei 2019 09:21

    Delapan Tim Safari Ramadhan dilepas Bupati Labura

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah, SE melepas Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) bertempat di halaman rumah dinas Bupati Aekkanopan, Jumat (10/5) sore

  • Jumat, 03 Mei 2019 14:03

    Bupati Labura Lantik 99 Pejabat

    Sebanyak 99 orang pejabat di Labuhanbatu Utara (Labura) dilantik dan diambil sumpah dan janjinya oleh Bupati diwakili Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs. H. Dwi Prantara MM. Para pejabat yang

  • Jumat, 29 Mar 2019 11:29

    Babinsa Koramil 05/BD Dampingi Atlet Karate Tingkat SD Wilayah Binaannya ikut Olimpiade

    Babinsa Koramil 05/BD, Kodim 0209, Serma G. Lumban Gaol, mendampingi atlet karate wilayah binaannya mengikuti Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) cabang karate tingkat SD se-kabupaten Labuhanbat

  • Jumat, 15 Mar 2019 09:55

    Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2020

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah, SE membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2020, Kamis (1

  • Selasa, 05 Mar 2019 19:35

    KPU Labura Ajak Media Bekerjasama Sukseskan Pemilu 2019

    KPU Labuhanbatu Utara (Labura), menggelar Konfrensi Pres terkait proses tahapan Pemilu pada April 2019 mendatang. Acara itu dilaksanakan di Aula Kantor KPU Labura tepatnya di Jln. Ahmad Khzali, Aek Ka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak