Kamis, 13 Des 2018 00:47

Tata Ulang Konsep Promosi Danau Toba

JAKARTA (utamanews.com)
Sabtu, 27 Jul 2013 08:32
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengambil inisiatif untuk menata ulang promosi wisata Danau Toba melalui penyelenggaraan Festival Danau Toba 2013 yang dirancang bertaraf internasional.

“Mengingat Danau Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia, kami ingin promosinya ditata ulang menjadi lebih baik agar semakin dikenal oleh wisatawan,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, Jumat, dalam acara Launching Festival Danau Toba (FDT) 2013.

Pihaknya menyusun konsep promosi tersebut dengan terlebih dahulu melakukan penelitian mendalam tentang pelaksanaan suatu festival yang sukses disejumlah negara di dunia.

Kementeriannya akhirnya berhasil menyusun Konsep Festival Dana Toba yang kemudian disosialisasikan kepada masyarakat di Sumatera Utara dan masyarakat Sumatera Utara di Jakarta.

“Akhirnya ditetapkan konsep Festival Danau Toba dan akan mengoordinir pelaksanaan selama lima tahun mulai dari 2013 sampai 2017,” katanya.

Ia mengatakan, festival tersebut memiliki visi menjadi festival bertaraf internasional bercitra kuat dan diakui di dunia melalui pelestarian alam dan kreativitas budaya kawasan Danau Toba yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sapta juga berharap FDT bisa menjadi jalan untuk melestarikan alam kawasan Danau Toba, melestarikan kreativitas budaya masyarakat kawasan Danau Toba, serta memberdayakan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

Pihaknya berharap masyarakat di kawasan Danau Toba bisa mengenali, mengalami, dan menghargai potensi alam dan budaya yang diwarisinya.

“Mereka sekaligus diharapkan bisa mengekspresikan kreativitas yang dimiliki dan bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki menjadi bernilai ekonomi atau setidaknya bisa meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat di 11 kabupaten/kota di kawasan Danau Toba,” katanya.

Sedangkan bagi masyarakat Sumut yang tinggal diperantauan FDT bisa menjadi momentum penting untuk kembali ke kampung halamannya.

Sementara bagi wisatawan nusantara, Sapta berharap FDT bisa menjadi momentum penting untuk berwisata dan berbelanja produk kreatif terbaik dan khas Danau Toba.

“Ini juga bisa mendorong lebih banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Danau Toba,” katanya.

FDT 2013 akan digelar di kawasan Danau Toba pada 8-14 September 2013 dengan acara di antaranya Lomba Solu Bolon (sejenis Dragon Boat), paralayang, marlange (berenang) rakyat, upacara tradisi, karnaval sigale-gale, Lake Toba’s World Drum Festival, lomba paduan suara dan solo putra/putri, pameran pariwisata dan ekonomi kreatif, workshop, hosted dinner, dan permainan tradisi.

FDT yang sebelumnya dikenal dengan Pesta Danau Toba selalu dilaksanakan di lokasi yang sama di Kota Parapat dan kegiatan selalu berubah serta tidak berkesinambungan.

Akibatnya masyarakat Sumut yang tinggal di perantauan khususnya di Pulau Jawa menjadi skeptis dan tidak pedulu dengan event tersebut.

FDT sebenarnya telah dilaksanakan sejak 1970-an namun belum dirasakan dampaknya dari sisi peningkatan jumlah wisatawan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal itu antara lain disebabkan event festival tidak dilaksanakan melalui perencanaan yang baik dan benar, serta tidak melibatkan secara aktif masyarakatnya, dan program dinilai tidak berkesinambungan.

“Oleh karena itu, ini harus ditata ulang agar semua merasa memiliki,” kata Sapta Nirwandar. (Ant/H016)
T#g:HiburanToba
Karunia Tour and Traveliklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 30 Sep 2018 09:30

    Launching Pilot Project "Homestay & Tour Guide" di Humbahas

    Sejumlah Menteri Kabinet Kerja menghadiri Launching Pilot Project Pengembangan Kewirausahaan sektor Pariwisata (Homestay dan Tour Guide), di bukit Gunung Beranak, Desa Tipang, Kec Baktiraja, Kab Humba

  • Rabu, 19 Sep 2018 18:09

    Polres Nias Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba Jelang Pemilu 2019

    Kepolisian Resort Nias menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan apel Mapolres Nias, Rabu (19/09/2018).Wakapolres Nias Kompol Elizama

  • Jumat, 07 Sep 2018 15:17

    Dubes Amerika Serikat Kunjungi Sipinsur, Humbang Hasundutan Sumut

    Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan bersama istrinya Mei Chou Donovan dan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Utara Juha P Salin berkunjung ke Kabupaten Humbang Hasundu

  • Minggu, 12 Agu 2018 04:12

    Pawai Obor Asian Games Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

    Pawai obor menjadi agenda yang saat ini tengah dilakukan di beberapa tempat di Indonesia demi menyambut Asian Games yang nantinya akan dibuka pada 18 Agustus 2018. Pawai obor yang diselenggarakan pun

  • Senin, 25 Jun 2018 09:55

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Ini Peranannya

    Polda Sumut menetapkan Nahkoda, 2 Kepala Pos di Simanindo, dan Kabid ASDP jadi tersangka pada kecelakaan maut yang mengakibatkan seratusan penumpang hingga kini belum ditemukan.Kapolda Sumut Irjen Pol

  • Jumat, 22 Jun 2018 15:12

    Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya T

  • Senin, 18 Jun 2018 21:08

    BNPB Rilis Update Kapal Tenggelam di Danau Toba, 1 Meninggal Dunia

    KM. Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Kabupaten Simalungun, Kamis (18/6/2018), sekitar pukul 17.30 wib.

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Senin, 23 Apr 2018 18:33

    Sihar Mencintai Alam dan Peradaban Kehidupan

    Wisata alam bebas yang dilakukan Sihar di sejumlah objek wisata di Samosir mendapat apresiasi yang cukup besar. Kecintaan Sihar terhadap alam dinilai sebagai gambaran kecintaan Sihar pada kehidupan dan peradaban.

  • Minggu, 22 Apr 2018 21:12

    Peringati Hari Bumi, Sihar Kampanyekan Camping Bersih Bersahabat pada Alam

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak para pencinta wisata alam bebas maupun traveller yang melaksanakan camping agar melakukan aktivitas wisata yang bersih serta bersahabat dengan alam. Ajaka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak