Minggu, 28 Feb 2021 19:25
  • Home
  • Ekonomi
  • Pedagang Pasar Baru merugi akibat Pemkab Padang Lawas tak tegas

Pedagang Pasar Baru merugi akibat Pemkab Padang Lawas tak tegas

TABAGSEL (utamanews.com)
Kamis, 12 Mar 2015 06:25
Maulana Syafii
Pasar Baru Sibuhuan kosong melompong tak ada pengunjung akibat para pedagang masih berjualan di Pasar Lama
Sudah tiga bulan terakhir kondisi Pasar Baru di Banjar Raja Sibuhuan dioperasikan, namun tanda-tanda pasar ini akan bergeliat belum terlihat. Bahkan, pengakuan pedagang, mereka rugi, karena pengunjung pasar belum sesuai harapan.

Amatan media di lokasi Pasar Baru Sibuhuan, Senin (9/3), memang kondisi pasar ini terlihat masih sepi. Padahal, setiap Senin merupakan hari pekan di Sibuhuan, namun terlihat pengunjung masih dominan melakukan transaksi di Pasar Lama.

Lapak dan kios yang tersedia juga masih terlihat kosong, padahal, informasi yang diperoleh dari pedagang, dari ratusan lapak dan kios itu, tinggal beberapa lagi yang belum ada pemiliknya alias sudah laku terjual. Kuat dugaan, belum terisinya kios dan lapak itu karena pedagang belum yakin akan ada pembeli ketika berjualan.

"Hari ini baru agak ramai di sini, para pedagang kaki lima di Pasar Lama pindah ke sini karena ada penertiban," ungkap Raja, seorang pedagang di Pasar Baru saat ditemui, kemarin.

Raja sempat mengutarakan keluh kesahnya terkait belum ramainya pasar itu, mengingat sudah ada MoU (memorandum of understanding) antara pengelola pasar dengan pemerintah. Artinya, seluruh pedagang kaki lima di Pasar Lama harus dipindahkan ke lokasi Pasar Baru.

Diakuinya, ia sudah merugi sebesar Rp 6 juta sejak pasar itu buka dan ia mulai berjualan, belum lagi biaya beli lapak miliknya yang terpaksa tertanam begitu saja, dengan angka mencapai Rp 24 juta.

"Cuma hari pertama buka saja yang ramai pengunjung, kini kondisinya sepi lagi," ungkapnya.

Sempat diceritakannya, Senin pekan lalu, usaha penjualan nasi miliknya sempat tidak ada transaksi. Padahal, ia sudah berbelanja daging dan keperluan memasak untuk dijual hari itu, saat itu, satu pun pedagang tidak ada yang berjualan, kecuali ia sendiri. 

"Kondisinya ibarat main layangan bisnis ini, diulur terus, modal keluar terus. Hanya satu yang membuat saya bertahan, berharap pasar ini tetap beroperasi maksimal nantinya," terangnya.

Dikatakannya, pemerintah juga dinilai kurang tegas. Bukti ketidaktegasan itu, ada juga bangunan kios di dalam pasar lama yang tidak ada izin, seharusnya, untuk ketertiban di pasar pemerintah berwenang mengaturnya.

Hal serupa juga disampaikan Judan Batu Bara, penjual ayam potong di Pasar Baru Sibuhuan ini, mengaku laba yang diharapkan dapat diraup ternyata masih jauh dari bayangannya. Padahal, ia juga sudah ikut berjualan di tempat itu dari sejak awal pasar ini dibuka.

"Cuma Senin pekan lalu saya tak jualan. Itu pun, karena saya lihat tidak ada pedagang lain yang berjualan disini," terangnya.

Raja dan Judan mengaku dan sangat berharap supaya pemerintah terus menertibkan pedagang di Pasar Lama untuk dipindahkan ke lokasi Pasar Baru, jika keadaannya masih seperti ini maka posisi pedagang di Pasar Baru akan sulit.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) dan UMKM Palas, Khoiruddin Harahap mengatakan, penertiban yang dilakukan kemarin akan terus berlanjut, juga pengawasan akan dilakukan secara berkesinambungan.

"Penertiban yang kita lakukan hari ini (Senin, 9/3) tidak sebatas hari ini saja, tetapi terus berkelanjutan," ungkapnya.

Sedangkan suasana di Pasar Lama Sibuhuan, terlihat sejumlah petugas Disperindag, Dishub dan Satpol PP berjaga-jaga di lokasi. Tidak dibolehkan ada pedagang kaki lima yang berjualan di lokasi itu. (MS)
T#g:Palaspasar
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Feb 2021 14:47

    Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal bagi Pedagang Pasar Tanah Abang

    Pemerintah secara resmi memulai tahapan kedua Program Vaksinasi COVID-19, Rabu (17/02/2021), yang ditandai dengan vaksinasi massal kepada pedagang di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta. Sebelumnya, sejak

  • Minggu, 31 Jan 2021 22:11

    Panglima TNI Tindaklanjuti Webinar "Vaksin Covid-19 Untuk Indonesia Bangkit"

    Sehari setelah menjadi Pembicara kunci pada Webinar bertajuk "Vaksin Covid-19 Untuk Indonesia Bangkit," Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit

  • Kamis, 28 Jan 2021 11:18

    Bupati Dairi Lantik Dirut dan Badan Pengawas PD Pasar Sidikalang Serta Perumda Air Minum Lae Nciho

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengambil sumpah/janji jabatan dan melantik Direktur Utama (Dirut) dan Badan Pengawas PD Pasar Sidikalang, serta Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda)

  • Minggu, 10 Jan 2021 18:00

    Plafon Pasar Rakyat di Simpang Dolok, Ambrol, Wakil Ketua KNPI Minta Aparat Hukum Panggil Kontraktornya

    Plafon Bangunan Pasar Rakyat yang terletak di Dusun II, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, tiba-tiba Ambrol alias Runtuh, Minggu (10/1/2021).Mendengar kabar atas keja

  • Minggu, 10 Jan 2021 07:20

    LSM CIFOR Apresiasi Kejaksaan Negeri Padanglawas Berani Tetapkan 2 Tersangka BOS Afirmasi

    Dewan Pimpinan Pusat LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign "CIFOR" melalui Sekjennya, Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengapresiasi informasi diperoleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang

  • Rabu, 30 Des 2020 14:30

    Camat Sosa Serahkan Bantuan 247 Anak Yatim

    Camat Sosa, Asrin Daulay menyerahkan secara langsung bantuan sosial santunan kepada sebanyak 247 anak yatim yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Rabu (30/12/2020).Bantuan

  • Jumat, 25 Des 2020 11:55

    Anggota DPRD Kota Medan Minta Bapemperda Bahas Ranperda Perlindungan Pedagang Kecil

    Ditengah- tengah peristiwa Pandemi Covid-19, Pedagang Kaki Lima (PKL) semakin menjamur di Kota Medan, jumlahnya tidak sedikit, berdasarkan pantauan awak media di setiap kecamatan PKL semakin lama sema

  • Rabu, 23 Des 2020 20:23

    Tinjau Harga Bahan Pokok Pasar Petisah, Gubernur: Harga Relatif Stabil

    Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau Pasar Petisah, Jalan Kota Baru, Medan Rabu (23/12). Hasilnya secara umum harga bahan pokok di P

  • Senin, 21 Des 2020 21:51

    Serap Aspirasi Pedagang Pasar, Wabup Sergai Inginkan Perubahan

    Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya meninjau pasar tradisional yang ada di Dusun II Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, untuk mengetahui kondisi pasar sekaligus menyerap aspirasi pa

  • Jumat, 18 Des 2020 14:38

    Protokol Kesehatan di Pasar Petisah, DPP P4B Ikut Bagikan Masker dan Pelindung Wajah

    Pengurus DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) diajak kolaborasi oleh PD Pasar Medan untuk membagikan masker dan pelindung wajah ke pedagang dan konsumen di basemen Pasar Petisah Med

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak