Jumat, 19 Apr 2024 11:58
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Pakar Sarankan Harga BBM Bersubsidi Satu Macam

PEKAN BARU (utamanews)

Senin, 29 Apr 2013 08:25

Pakar ekonomi Universitas Andalas (Unand) Elfindri menyarankan pemerintah segera menetapkan kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan satu harga saja sehingga mudah dilaksanakan dan berdampak besar dalam pengurangan defisit anggaran.

"Yang praktis kenaikan harga BBM bersubsidi satu harga saja, sebab akan mudah dilaksanakan dan akan besar pula dampaknya terhadap pengurangan defisit anggaran," kata Elfindri dihubungi dari Pekanbaru, Minggu (28/4/2013).

Ia menanggapi itu terkait pernyataan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya yang memastikan seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina sudah siap melaksanakan kebijakan dua harga BBM bersubsidi itu. Dan menurut Hanung semua persiapan tersebut telah rampung sejak Jumat (26/4).

Menurut Guru Besar Unand yang mendalami ekonomi sumber daya manusia, ekonomi kesehatan serta ekonomi pendidikan itu menilai kebijakan dua harga itu menguntungkan mereka yang berkendaraan umum dan bersepeda motor menjelang pemilu.

Menurut dia, kebijakan dua harga itu hanya cara untuk menarik simpati masyarakat saja kalau pemerintah tetap memberikan subsidi.

"Namun demikian, inflasinya juga akan tetap sama besar dan kompensasi yang diberikan juga demikian," katanya.

Ia memandang kenaikan harga BBM bisa menaikkan indeks harga umum dan dengan demikian pemerintah berupaya melakukan kompensasi untuk keluarga miskin.

Untuk program kompensasi bagi keluarga miskin tersebut, katanya, jauh lebih baik jika dibandingkan digunakan untuk program "food for work" atau "cash for work".

"Kedua program trersebut adalah program yang mendorong orang bekerja, misalnya membersihkan selokan, mengerjakan sawah, empang, mencat fasilitas publik kemudian diberi kompensasi upah," katanya. (Ant)
T#g:BBMPakar
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️