UtamaNews.com, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Find us: 
Home  / Pemilukada
Rabu, 29 Mei 2013 | 19:56:59
7 Pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati Pemilukada Deli Serdang 2013
DELI SERDANG (utamanews)
tommy
Pengumuman Jadwal/Tahapan untuk Calon Perseorangan pada Pemilukada Deli Serdang
Berkas dukungan tujuh pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan diverifikasi secara faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang. Kegiatan itu membutuhkan waktu 14 hari kerja.

Verifikasi akan dilakukan dari mulai 26 Mei-7 Juni 2013 mendatang sebelum nantinya ditetapkan menjadi calon bupati-wakil bupati Deliserdang.Komisioner KPU Deliserdang, Agusnedi mengatakan tujuh balon Bupati-Wakil Bupati Deliserdang yang telah menyerahkan bukti dukungannya ke KPU akan diverifikasi secara faktual selama 14 hari kerja.

"Sudah tujuh balon yang mendaftar untuk melengkapi dan memperbaiki dukungannya. Jadi semua balon sudah memenuhi, tapi nanti kita verifikasi lagi," bilangnya saat dikonfirmasi di kantor KPU, jalan Karya Jasa Lubuk Pakam.

Dijelaskannya, verifikasi data dukungan akan dilakukan dari mulai Panitia Pemungutan Suara (PPS), lalu diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga nantinya akan diverifikasi KPU secara faktual.

"Ini sedang dilakukan verifikasi data dukungannya di masing-masing PPS dulu, baru nanti pemutakhirannya dilakukan di KPU," jelasnya.

Sedangkan untuk verifikasi dukungan secara administrasi dan factual akan dilakukan 26 Mei sampai 13 Juli 2013. Komisioner KPU Deliserdang lainnya, Zakaria Siregar menerangkan sesuai dengan surat keputusan KPU Deliserdang Nomor 03/KPU-DS-6555895/2013 yakni tentang sebaran dan jumlah dukungan minimal, maka setiap bakal calon dari jalur persorangan harus mendapat dukungan minimal 61.721 dari jumlah penduduk di kabupaten/kota itu.

Setiap balon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan diwajibkan harus menyerahkan surat dukungan berupa photo copy KTP, atau surat keterangan indentitas lainnya.

Jumlah surat dukungan itu sebanyak 61.721 lembar surat dukungan atau 3 persen dari jumlah penduduk Deliserdang 1,8 jiwa. "Semua pasangan balon telah memperbaiki dan melengkapi berkas dukungannya. Ada juga balon yang diganti atau diperbaiki karena permintaan pribadi dari bakal calon itu. Jadi surat dukungan itu wajib tersebar di 11 kecamatan dari 22 kecamatan yang ada," ungkapnya.

Namun, berbeda untuk bakal calon dari jalur partai politik, pengambilan formulir dibuka pada 14-15 Juli 2013 dan pendaftaran mulai 16 Juli sampai 22 Juli 2013. Balon yang telah melakukan perbaikan dukungan secara fisik ke KPU Deliserdang ada tujuh pasangan balon setelah mendaftar dengan menyerahkan fotokopi KTP dari masing-masing dukungan.

Ketujuh pasangan itu yakni Musdalifah-Syaiful Syafri sebanyak 63.825 surat dukungan, Harun Nuh-Bambang Hermanto sebanyak 76.306 surat dukungan, Eddy Azwar-Selamat sebanyak 67.353 surat dukungan, Sihabuddin-Namaken Tarigan sebanyak 66.725 surat dukungan, Anggiat Sihite-Lasboy Pangarapan Munthe sebanyak 66.876 surat dukungan, Rabualam Syahputra-Purnama boru Ginting sebanyak 61.953 surat dukungan, dan Sudiono Praka-Haris Binnar Ginting sebanyak 72.332 surat dukungan. (tm)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.utamanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!
Kadishub Sumut
Andi Ahmad Jaka pastikan, Saiful-Ince Miliki pendukung ‘Militan’
Kursi Wakil Walikota Medan akan kosong hingga Pemilukada 2015
MK Putuskan Pemilukada Deli Serdang 2013 Satu Putaran
Tidak ada gugatan ke MK, KPUD serahkan hasil Pemilukada Taput ke DPRD
KPUD Tapanuli Utara tetapkan Nikson Nababan - Mauliate Simorangkir jadi pemenang
LSM Martabat Sumut