Sabtu, 21 Okt 2017 10:17
  • Home
  • Techno
  • Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Budi
Kamis, 27 Apr 2017 15:09
Dibaca: 404 kali
Pelajar Indonesia, tim CIMOL, berhasil memenangkan final Microsoft Imagine Cup Regional Asia Tenggara dengan menciptakan pendeteksi berita hoax atau Hoax Analyzer.



Hoax Analyzer adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan memerangi penyebaran berita palsu atau hoax. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Dalam keterangan tertulis dari Microsoft, tim CIMOL mengharapkan penemuan mereka membantu pengguna menyaring informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkan.

Tim HeartSound dari Singapura menjadi runner-up pertama, sedangkan tim Opticode dari Filipina keluar sebagai runner-up kedua pada kompetisi ini.   

Tim HeartSound menciptakan S3, sebuah perangkat cerdas yang dapat dipakai dengan menggabungkan fungsi stetoskop dan mesin elektrokardiografi.

Perangkat ini secara aktif dapat memantau detak jantung penggunanya dan memberikan notifikasi secara nirkabel kepada dokter jika ada kelainan sehingga pasien dapat menerima pemeriksaan atau perawatan lebih lanjut tanpa penundaan.

Sedangkan tim Opticode menciptakan aplikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan tunanetra dengan Minerva, sebuah aplikasi virtual assistant mobile dengan kekuatan pada kamera smartphone untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata.

Misalnya, jika pengguna mengarahkan kamera ke objek kotak sereal, asisten virtual akan menjelaskan objek dengan keras melalui speaker pada smartphone.

Sebagai juara dan runner-up Final Imagine Cup Regional Asia Tenggara, ketiga tim akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya pada Imagine Cup World Finals di Seattle, Juli mendatang.

Sebanyak 50 tim mahasiswa dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama sekitar Rp 1 milyar, kesempatan bimbingan dengan CEO Microsoft Satya Nadella, serta hibah dan kredit dari Azure untuk realisasi pemasaran produk.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing pada Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Tim dari Bangladesh, Tim Parasitica dengan aplikasi diagnosis medisnya bernama fasTnosis juga memenangkan penghargaan "Most Popular Team," yang dinilai berdasarkan hasil pemungutan suara secara online pada final regional.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara pada Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Editor: Dian

Sumber: Microsoft

T#g:Microsofthoaxjuaralomba
Berita Terkait
  • Sabtu, 14 Okt 2017 09:54

    Peserta Jember Off Road Expedition Jalani Scrutineering Sebelum Turun Lintasan

    Bertempat di Taman Wisata Botani Jember pada Kamis (13/10) dilaksanakan scrutineering kepada mobil peserta yang akan ikut turun pada Jember Off Road Expedition (JOE) 2017 Dalam Rangka HUT TNI Ke

  • Kamis, 12 Okt 2017 18:22

    KIPAS Ke-6, SMKN I PST Bentuk Karakter dan Kemandirian Siswa

    Pelaksanaan kegiatan yang dikemas dalam KIPAS  (Ajang Kompetisi Inspirasi Paskibra Satuan) ke-6, diselenggarakan di halaman SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Jalan Kolam Medan, Estate kecamatan Percu

  • Sabtu, 30 Sep 2017 06:40

    Irdam I/BB Kolonel Inf Ardani Lukitanta Adi Juara Pertama

    Irdam I/BB, Kolonel Inf Ardani Lukitanta Adi, sukses menyabet juara pertama lomba menembak eksebisi HUT ke-72 TNI yang digelar Lantamal I Belawan bertempat di Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5

  • Sabtu, 30 Sep 2017 06:40

    Sambut HUT TNI Ke-72 Kodam I/BB Gelar Lomba Tembak Eksekutif

    Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri dalam sambutan pembukaan acara yang dibacakan Kasdam I/BB menyebutkan, aneka perlombaan yang digelar ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi di antara pe

  • Jumat, 29 Sep 2017 12:19

    Evi Diana Motivasi Siswa Sumut Ukir Prestasi FLS2N Di NTT

    Ketua PKK dan Dekranasda Sumatera Utara Ny Evi Diana Sitorus memotivasi siswa-siswi Sumatera Utara (Sumut) yang mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kupang, Nusa Tenggara Timur,

  • Sabtu, 23 Sep 2017 16:23

    Undangan Panglima TNI di Akun Twitter Ulama Lover ! "HOAX"

    Beredarnya undangan resmi yang mengatasnamakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di akun twitter Ulama Lover ! beserta video yang menggunakan profil Puspen TNI, untuk berkumpul di Monas (DKI)

  • Jumat, 15 Sep 2017 12:45

    TNI dan Sebaran Hoax di Medsos

    Maraknya penyebaran berita Hoax di jagat maya ternyata sudah tersusun secara rapi. Jika Anda membaca kabar miring yang bertebaran di media sosial jangan cepat percaya dan perlu memeriksa sumber inform

  • Jumat, 15 Sep 2017 01:15

    Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Sambut Kunjungan Tim Penilai Lomba Binter Tingkat Kodim XX Tahun 2017

    Pusat Penelitian (Puslit) Kopi dan Kakao yang lebih dikenal dengan Kebun Renteng yang terletak di dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambupuji Kabupaten Jember, merupakan pusat penelitian untuk

  • Senin, 11 Sep 2017 13:01

    Dandim 0824 Mohon Doa Restu Masyarakat untuk Lomba Binter Tingkat Kodim XX

    Markas Kodim 0824 Jember yang berdiri megah di Jl PB Sudirman 46, Jember memang tampak berbeda dengan kodim-kodim lainnya.

  • Selasa, 05 Sep 2017 11:05

    Plt Sekda Sumut Lepas SSB Tumpass Ikuti Kejuaran di Magelang

    Ibnu Hutomo, Plt Sekda Provsu, melepas keberangkatan SSB (Sekolah Sepak Bola) Tumpass (Tumpatan, Pasar V Kebun Kelapa, Aras Kabu, Sidourip dan Sekitarnya) kabupaten Deliserdang, untuk mengikuti kejuar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak