Jumat, 18 Agu 2017 00:19
Iklan Kota1
  • Home
  • Techno
  • Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Budi
Kamis, 27 Apr 2017 15:09
Dibaca: 343 kali
Pelajar Indonesia, tim CIMOL, berhasil memenangkan final Microsoft Imagine Cup Regional Asia Tenggara dengan menciptakan pendeteksi berita hoax atau Hoax Analyzer.



Hoax Analyzer adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan memerangi penyebaran berita palsu atau hoax. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Dalam keterangan tertulis dari Microsoft, tim CIMOL mengharapkan penemuan mereka membantu pengguna menyaring informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkan.

Tim HeartSound dari Singapura menjadi runner-up pertama, sedangkan tim Opticode dari Filipina keluar sebagai runner-up kedua pada kompetisi ini.   

Tim HeartSound menciptakan S3, sebuah perangkat cerdas yang dapat dipakai dengan menggabungkan fungsi stetoskop dan mesin elektrokardiografi.

Perangkat ini secara aktif dapat memantau detak jantung penggunanya dan memberikan notifikasi secara nirkabel kepada dokter jika ada kelainan sehingga pasien dapat menerima pemeriksaan atau perawatan lebih lanjut tanpa penundaan.

Sedangkan tim Opticode menciptakan aplikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan tunanetra dengan Minerva, sebuah aplikasi virtual assistant mobile dengan kekuatan pada kamera smartphone untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata.

Misalnya, jika pengguna mengarahkan kamera ke objek kotak sereal, asisten virtual akan menjelaskan objek dengan keras melalui speaker pada smartphone.

Sebagai juara dan runner-up Final Imagine Cup Regional Asia Tenggara, ketiga tim akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya pada Imagine Cup World Finals di Seattle, Juli mendatang.

Sebanyak 50 tim mahasiswa dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama sekitar Rp 1 milyar, kesempatan bimbingan dengan CEO Microsoft Satya Nadella, serta hibah dan kredit dari Azure untuk realisasi pemasaran produk.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing pada Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Tim dari Bangladesh, Tim Parasitica dengan aplikasi diagnosis medisnya bernama fasTnosis juga memenangkan penghargaan "Most Popular Team," yang dinilai berdasarkan hasil pemungutan suara secara online pada final regional.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara pada Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Editor: Dian

Sumber: Microsoft

T#g:Microsofthoaxjuaralomba
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Agu 2017 12:25

    Sumut Paten Gelar Lomba Foto Selfie Kemerdekaan

    Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, relawan Sumut Paten menggelar lomba foto selfie dengan hadiah-hadiah menarik.

  • Minggu, 13 Agu 2017 20:23

    Pasukan Garuda Sujud Syukur di Lapangan Apel Indobatt-03

    Olahraga Unamid Sector West Tournament 2017 telah berakhir dan Indobatt-03 resmi menyandang predikat sebagai juara umum setelah memperoleh medali terbanyak dengan 7 medali (4 emas, 2 perak, 1 perunggu

  • Sabtu, 12 Agu 2017 17:12

    BMKG Sebut Kabar Soal Gempa 9,0 Skala Richter, Hoax

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya kabar yang menyebutkan bahwa gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) akan mengguncang Kota Medan, Sumatera Utara. BMKG

  • Minggu, 06 Agu 2017 09:16

    Polisi tangkap wanita penyebar kebencian melalui Facebook dari Cianjur

    Polisi tangkap admin akun Facebook 'Sri Rahayu Ningsih' alias Ny Sasmita, terkait kasus ujaran kebencian dan SARA melalui media sosial.

  • Kamis, 03 Agu 2017 11:13

    Peringatan HKG PKK Ke-45 di Kabupaten Humbang Hasundutan

    Peringatan HKG PKK (Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) ke-45 tahun 2017 dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di Aula Huta Mas Tano Tubu Doloksanggul, Rabu (2/8

  • Minggu, 30 Jul 2017 12:20

    Ibu penghina Jokowi mengeluh, sejak anaknya dipenjara, barang terjual untuk biayai hidup

    Maya, 65 tahun, orang tua Ropi Yatsman, 35 tahun, admin dari akun grup publik Facebook "Keranda Jokowi-Ahok", yang sudah menjadi narapidana kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan penyebar

  • Kamis, 27 Jul 2017 10:07

    Meriah, Pemkab Humbahas Gelar Lomba Paduan Suara Lansia

    Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Sosial menggelar lomba paduan suara lansia antar kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, di Aula Huta Mas Doloksanggul, Rabu (26/7).

  • Rabu, 26 Jul 2017 22:36

    Kejurda Tinju Elite Sumut Piala Bupati Taput digelar

    Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si membuka Kejurda Tinju Elite Sumut Piala Bupati Taput didampingi Kajari Taput Hotma Tambunan yang sekaligus Ketua Pertina Taput, Kapolres Taput AKBP Dr.

  • Rabu, 26 Jul 2017 12:16

    Lomba Lagu-Lagu Nasional Daerah Antar Guru Se-Kabupaten Humbang Hasundutan

    Menyambut HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini, Dinas Pendidikan melaksanakan lomba lagu-lagu nasional daerah antar guru se- Kabupaten Humbang Hasundutan, di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (25/7).

  • Selasa, 25 Jul 2017 18:35

    Peringati Hari Anak, P3AM Gelar Sejumlah Perlombaan

    Dalam rangka memperingati hari anak Nasional tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat (P3AM) menggelar Lomba Senam, Lomba Tarian

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak