Minggu, 22 Jul 2018 16:05
  • Home
  • Techno
  • Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Budi
Kamis, 27 Apr 2017 15:09
Pelajar Indonesia, tim CIMOL, berhasil memenangkan final Microsoft Imagine Cup Regional Asia Tenggara dengan menciptakan pendeteksi berita hoax atau Hoax Analyzer.



Hoax Analyzer adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan memerangi penyebaran berita palsu atau hoax. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Dalam keterangan tertulis dari Microsoft, tim CIMOL mengharapkan penemuan mereka membantu pengguna menyaring informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkan.

Tim HeartSound dari Singapura menjadi runner-up pertama, sedangkan tim Opticode dari Filipina keluar sebagai runner-up kedua pada kompetisi ini.   

Tim HeartSound menciptakan S3, sebuah perangkat cerdas yang dapat dipakai dengan menggabungkan fungsi stetoskop dan mesin elektrokardiografi.

Perangkat ini secara aktif dapat memantau detak jantung penggunanya dan memberikan notifikasi secara nirkabel kepada dokter jika ada kelainan sehingga pasien dapat menerima pemeriksaan atau perawatan lebih lanjut tanpa penundaan.

Sedangkan tim Opticode menciptakan aplikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan tunanetra dengan Minerva, sebuah aplikasi virtual assistant mobile dengan kekuatan pada kamera smartphone untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata.

Misalnya, jika pengguna mengarahkan kamera ke objek kotak sereal, asisten virtual akan menjelaskan objek dengan keras melalui speaker pada smartphone.

Sebagai juara dan runner-up Final Imagine Cup Regional Asia Tenggara, ketiga tim akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya pada Imagine Cup World Finals di Seattle, Juli mendatang.

Sebanyak 50 tim mahasiswa dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama sekitar Rp 1 milyar, kesempatan bimbingan dengan CEO Microsoft Satya Nadella, serta hibah dan kredit dari Azure untuk realisasi pemasaran produk.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing pada Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Tim dari Bangladesh, Tim Parasitica dengan aplikasi diagnosis medisnya bernama fasTnosis juga memenangkan penghargaan "Most Popular Team," yang dinilai berdasarkan hasil pemungutan suara secara online pada final regional.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara pada Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Editor: Dian

Sumber: Microsoft

T#g:Microsofthoaxjuaralomba
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Jul 2018 08:35

    TNI AD mulai rehab Rumah Zohri, Sinergitas Komponen Bangsa

    Sejak Sabtu (14/7) pagi, rumah peraih piala emas lomba lari 100 meter Finlandia, Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pengsor Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) mulai dibongkar sejumlah pe

  • Kamis, 12 Jul 2018 09:52

    Wabup Deli Serdang yakin Desa Beringin Juara Lomba Tingkat Provinsi

    Masyarakat Desa Beringin, Kecamatan Beringin menyambut gembira atas kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (11/07/2018).

  • Rabu, 04 Jul 2018 16:04

    Sambut HUT Ke-52, IKKT Gelar Lomba Vocal Group dan Tari Gemu Famire

    Dalam rangka memperingati HUT ke-52 Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (IKKT PWA), menggelar lomba vocal group dan tari gemu famire yang dibuka oleh Ketua Harian IKKT mewakili Ketu

  • Senin, 02 Jul 2018 21:02

    Kapuspen TNI: Satuan Penerangan TNI Merupakan Pilar Penting Dalam Komunikasi Publik

    Tugas TNI khususnya Satuan Penerangan TNI sebagai public relations yang merupakan salah satu pilar penting dalam komunikasi publik dalam upaya menciptakan citra positif TNI. Demikian disampaikan Kapus

  • Kamis, 28 Jun 2018 03:28

    TNI Gelar Lomba Lari Marathon Tingkat Internasional

    Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia tahun 2018, TNI akan menggelar Lomba Lari Marathon Tingkat Internasional (The Indonesian National Armed Forces International Marathon 201

  • Jumat, 22 Jun 2018 22:32

    TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018

    Dalam rangka menyambutPeringatan ke-73 Hari TNI Tahun 2018, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes TNI menggelar "Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018" bagi wartawan dan media massa. Gelar

  • Jumat, 08 Jun 2018 12:38

    Mengapa Djarot Sihar Terus Diserang Hoax?

    Sejak ditugaskan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Sihar seperti tak putus dirundung fitnah dan hoax. Alasannya sangat sederhana, pasangan ini berbahaya bagi kelompok tu

  • Minggu, 27 Mei 2018 08:27

    Ponpes Cadangpinggan Adakan Tausiyah Kebangsaan Untuk Keutuhan NKRI

    Dalam upaya untuk terus menguatkan persatuan NKRI, Ponpes Cadangpinggan, Indramayu dan Komunikonten mengadakan Tausiyah Kebangsaan dengan tema "Santri Melawan Hoax dan Penyalahgunaan isu SARA Untuk Ke

  • Minggu, 29 Apr 2018 03:29

    Pemilu yang semarak dan anti hoax berbasis transparansi informasi

    Diskusi publik yang berjudul "Peran Pers Dalam Mewujudkan Kampanye Pemilu Damai", telah diselenggarakan pada hari Kamis 26 April pukul 13.00-15.30 di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5 Kota Bandung.

  • Kamis, 19 Apr 2018 00:19

    Panglima TNI Berikan Piala Pemenang Lomba HUT ke-54 Dharma Pertiwi

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. selaku Pembina Utama Dharma Pertiwi bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto memberikan Piala dan Hadiah kepada para pemenang lomba d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak