Senin, 18 Des 2017 06:40
  • Home
  • Techno
  • Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

Soal berita hoax, pelajar Indonesia juarai Microsoft Cup

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Budi
Kamis, 27 Apr 2017 15:09
Dibaca: 434 kali
Pelajar Indonesia, tim CIMOL, berhasil memenangkan final Microsoft Imagine Cup Regional Asia Tenggara dengan menciptakan pendeteksi berita hoax atau Hoax Analyzer.



Hoax Analyzer adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan memerangi penyebaran berita palsu atau hoax. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

Dalam keterangan tertulis dari Microsoft, tim CIMOL mengharapkan penemuan mereka membantu pengguna menyaring informasi palsu dan memverifikasi sumber klaim sebelum menyebarkan.

Tim HeartSound dari Singapura menjadi runner-up pertama, sedangkan tim Opticode dari Filipina keluar sebagai runner-up kedua pada kompetisi ini.   

Tim HeartSound menciptakan S3, sebuah perangkat cerdas yang dapat dipakai dengan menggabungkan fungsi stetoskop dan mesin elektrokardiografi.

Perangkat ini secara aktif dapat memantau detak jantung penggunanya dan memberikan notifikasi secara nirkabel kepada dokter jika ada kelainan sehingga pasien dapat menerima pemeriksaan atau perawatan lebih lanjut tanpa penundaan.

Sedangkan tim Opticode menciptakan aplikasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan tunanetra dengan Minerva, sebuah aplikasi virtual assistant mobile dengan kekuatan pada kamera smartphone untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata.

Misalnya, jika pengguna mengarahkan kamera ke objek kotak sereal, asisten virtual akan menjelaskan objek dengan keras melalui speaker pada smartphone.

Sebagai juara dan runner-up Final Imagine Cup Regional Asia Tenggara, ketiga tim akan melakukan perjalanan inovasi ke tingkat berikutnya pada Imagine Cup World Finals di Seattle, Juli mendatang.

Sebanyak 50 tim mahasiswa dari seluruh dunia akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama sekitar Rp 1 milyar, kesempatan bimbingan dengan CEO Microsoft Satya Nadella, serta hibah dan kredit dari Azure untuk realisasi pemasaran produk.

Selain Indonesia, Singapura dan Filipina, empat tim mahasiswa lainnya dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga terpilih untuk bersaing pada Final Dunia untuk pengakuan atas usaha mereka dalam berinovasi.

Tim dari Bangladesh, Tim Parasitica dengan aplikasi diagnosis medisnya bernama fasTnosis juga memenangkan penghargaan "Most Popular Team," yang dinilai berdasarkan hasil pemungutan suara secara online pada final regional.

Secara keseluruhan, Microsoft akan mensponsori total tujuh tim untuk memenuhi standar Asia Tenggara pada Final Dunia Juli ini, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda Asia Tenggara di mata dunia.

Editor: Dian

Sumber: Microsoft

T#g:Microsofthoaxjuaralomba
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Des 2017 22:47

    Dankodiklatad Buka Lomba Burung Berkicau

    Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI Agus Kriswanto membuka secara resmi "Lomba Burung Berkicau, Piala Dankodiklatad" dalam rangka HUT ke-23 Kodiklat Angka

  • Jumat, 15 Des 2017 12:05

    Tahun Baru dan Upaya Menjauhi Ujaran Kebencian

    Antusiasme dalam menyambut momen pergantian tahun sangat terlihat, baik anak-anak, remaja atau kaum muda, maupun orang dewasa. Pergantian tahun seakan menjadi hari besar yang ditunggu-tunggu oleh masy

  • Sabtu, 09 Des 2017 10:59

    SMAN 2 Balige Juara 1 pada Lomba Paduan Suara di Festival Danau Toba

    Dalam rangka memeriahkan Festival Danau Toba (FDT) 2017 yang dipusatkan di Kabupaten Humbang Hasundutan, digelar juga lomba paduan suara di Aula Huta Mas Doloksanggul, Jumat (8/12). Dalam lomba i

  • Senin, 04 Des 2017 21:04

    Satgas Pamtas RI Yonif 123/RW Gelar Baksos dan Pertandingan Olahraga

    Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon Infanteri ke 53, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 123/Rajawali menggelar Bakti Sosial serta pertandingan olah raga di beberapa wi

  • Senin, 04 Des 2017 18:44

    Pangdam I/BB : Prajurit Harus Berprestasi

    Prajurit harus berprestasi pada pelaksanaan lomba Kontingen Ton Tangkas Piala Kasad.

  • Senin, 04 Des 2017 13:04

    Peringati Hari Guru, Tim Tari UPT Medan Deli Torehkan Juara III Tarian Daerah

    Memperingati Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan, tim tari UPT Kecamatan Medan Deli berhasil menorehkan Juara III pada lomba tarian daerah antar guru SD tingkat Kota Medan.Penyerahan piala, sertifik

  • Jumat, 01 Des 2017 18:01

    Kasum TNI Hadiri Grand Final Putra-Putri Maritim Indonesia 2017

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., menghadiri malam Grand Final Putra-Putri Maritim Indonesia 2017, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kemarit

  • Rabu, 29 Nov 2017 19:39

    Panglima TNI: Waspadai Potensi Konflik Menghadapi Tahun Politik

    Menghadapi tahun politik ke depan, para Komandan Korem (Danrem) dan Komandan Kodim (Dandim) harus dapat mewaspadai potensi konflik di wilayah, seperti gesekan antar masyarakat, konflik antar agama mau

  • Rabu, 29 Nov 2017 12:29

    Di Era Digital, Masyarakat Diminta Sampaikan Konten Positif

    Di tengah ketertinggalan Papua dalam pembangunan, khususnya infrastruktur, peran media sangat dibutuhkan dalam rangka membangun optimisme dan nasionalisme Papua untuk mengejar ketertinggalannya. 

  • Senin, 27 Nov 2017 23:27

    Prestasi Terbaik TNI AD Juara Lomba Tembak Internasional AARM Ke-27

    Kontingen TNI AD meraih Juara Umum Lomba Tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27 tahun 2017 yang digelar sejak tanggal 14 November lalu di Singapura, dengan meraih 31 medali emas (dari total 45 meda

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak