Jumat, 18 Agu 2017 00:17
Iklan Kota1
  • Home
  • Techno
  • Ini upaya Menkominfo terkait penyebaran ransomeware WannaCrypt

Ini upaya Menkominfo terkait penyebaran ransomeware WannaCrypt

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 14 Mei 2017 19:04
Dibaca: 261 kali
2 rumah sakit di Indonesia menjadi korban serangan ransomeware WannaCrypt atau disebut juga WannaCry. Agar instansi pemerintah tidak mengalami hal serupa, Menkominfo telah menginformasikan ke seluruh kementerian untuk melakukan antisipasi.


"Kita ada grup chat, saya sudah informasikan di sana agar melakukan antisipasi serangam ransomeware esok hari," kata Menkominfo Rudiantara saat konferensi pers Antisipasi Ancaman Ransomeware WannaCrypt di Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Terkait akan dilaksanakan program akreditasi sekolah nasional pada Senin (15/5/2017), Rudiantara mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Agar data nilai siswa dari seluruh Indonesia selama tiga tahun terakhir yang akan di-upload ke sistem tidak terkena serangan ransomware WannaCrypt.

"Saya sudah koordinasi dengan Pak Muhadjir kemarin. Juga ke Kepala di Kemendikbud yang membidangi IT," ungkap pria berkacamata itu.

Rudiantara pun mengatakan pihaknya juga telah pula berkoordinasi dengan pihak internasional untuk coba menanggulangi dampak serangan ransomware WannaCrypt.

"Ini adalah isu global, jadi yang mencari solusi dari sesi teknis di mana-mana. Dan ini sangat dinamis sekali," kata pria yang kerap disapa Chief RA itu.

Sebelumnya, Menkominfo menghimbau masyarakat agar tidak perlu panik dengan serangan ransomware WannaCrypt yang menginfeksi puluhan ribu komputer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dia pun menganjurkan untuk melakukan upaya antisipasi.

Adapun yang perlu dilakukan:
Besok, sebelum mengaktifkan komputer, pastikan tidak terkoneksi dengan jaringan internet untuk sementara. Itu mudah, cukup melepas kabel LAN atau tidak masuk WiFi.

Setelah hidupkan, lakukan backup data. Salin semua data-data yang penting.
Pasang anti virus.

Untuk membantu masyarakat jika terkena serangan, Kominfo menyiapkan layanan telepon untuk berkonsultasi. Hubungi 02131925551 dan 02131935556 saat jam kantor. Atau bisa di 08156179328 di luar jam kantor.

Editor: Sam

T#g:hackerkomputerserverVirus
Berita Terkait
  • Jumat, 28 Jul 2017 19:18

    Kena embargo, diduga Korea Utara cari uang dengan meretas

    Badan Keamanan Keuangan Korea Selatan (FSI), seperti dikutip Reuters, menyatakan bahwa Korea Utara berada di balik pencurian siber senilai 81 miliar dolar AS dari bank sentral Bangladesh.

  • Kamis, 13 Jul 2017 05:03

    Ketua LPSE Humbahas: Bukan masalah Server, tapi kabel Optik milik ISP putus

    Pada hari Minggu (9/7/2017), terjadi gangguan jaringan internet pada sistem layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Humbahas, yang mengakibatkan sejumlah rekanan kesulitan mengakses proses pengadaan barang dan jasa.

  • Minggu, 02 Jul 2017 03:02

    Ransomware jenis GoldenEye lebih berbahaya dari WannaCry

    Dunia dikejutkan dengan munculnya ransomware jenis baru yang menyerang beberapa komputer. Menurut seorang pengamat, jenis baru ini lebih berbahaya daripada WannaCry yang sempat heboh beberapa bulan lalu.

  • Jumat, 30 Jun 2017 04:50

    Pemerintah Minta Masyarakat Waspadai Serangan Virus Petya

    Pemerintah meminta masyarakat untuk mewaspadai dan melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman virus ransomware bernama Petya yang sedang berlangsung secara global.

  • Sabtu, 10 Jun 2017 04:20

    Peretas Situs Resmi Dewan Pers Indonesia Ditangkap

    Tim siber Mabes Polri berhasil mengamankan AS, 28 tahun, di Jalan Ir Soekarno 20 Grogol Kwarasan Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. AS diduga telah meretas situs lembaga Dewan Pers Indonesia www.dewanpers.or.id.

  • Senin, 05 Jun 2017 22:25

    Badan Siber Dibentuk, Pakar harap tak ada lagi peretasan situs pemerintah

    Pratama Persadha, Ketua Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC) berharap situs pemerintah lebih aman sejak keberadaan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

  • Sabtu, 20 Mei 2017 23:40

    12 Institusi Terserang Virus Ransomware di Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut sebanyak 12 institusi di Indonesia sistem perangkatnya terserang virus 'Ransomware' jenis 'WannaCry', yang sebelumnya menginfeksi setidaknya 200 ribu komputer di seluruh dunia.

  • Minggu, 14 Mei 2017 12:34

    Besok Sidang di PN Tarutung soal server rusak LPSE Humbahas bernilai Rp67,37 miliar

    Besok, Senin (15/5), Pengadilan Negeri Tarutung kembali menggelar sidang gugatan terhadap Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, dan jajarannya. Setelah sebelumnya PT. Lambok Ulina

  • Minggu, 14 Mei 2017 09:04

    Toko parts computer di jalan Merak Jingga kebakaran (foto)

    Toko Brother's Jaya Technology, spesialis berjualan komputer, alat peralatan dan juga menyediakan jasa service komputer, hangus terbakar tadi malam.

  • Kamis, 11 Mei 2017 17:21

    Usai Beritakan Penangkap Penyiram Novel, Situs Tempo Dibobol

    Situs media online Indonesia Tempo.co diretas pada Kamis dini hari WIB. Laman media online Tempo itu tidak bisa menampilkan informasi sebagaimana mestinya dan terpampang foto Ketua FPI, Rizieq Shihab,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak