Rabu, 19 Sep 2018 03:22

6 Ancaman Kesehatan akibat Teknologi

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Minggu, 24 Jun 2018 16:24
Istimewa
Teknologi kini semakin berkembang. Ingin menghubungi teman berbeda negara, Anda bisa memanfaatkan fitur video call. Ingin membeli makanan tapi malas pergi, tinggal klik aplikasi ojek online. Namun ibarat pisau bermata dua, kecanggihan teknologi tersebut bisa mengancam kesehatan Anda. Berikut di antaranya:

Cedera akibat kecelakaan lalu lintas
Berdasarkan the National Safety Council di Amerika Serikat, diperkirakan 1 dari 4 kecelakaan mobil terjadi akibat penggunaan ponsel pintar. Apakah Anda salah satu di antara orang yang sering membaca pesan singkat saat menyetir? Atau di saat berkendara tangan Anda yang satu memegang setir, sementara yang satu lagi menscroll feed di media sosial?

Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut. Menggunakan ponsel sambil berkendara bisa membuat perhatian terpecah dan tidak bisa fokus di jalan. Tentu saja dapat meningkatkan risiko Anda mengalami cedera akibat kecelakaan lalu lintas.



Obesitas
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, Amerika Serikat, dan dipublikasikan di jurnal American Psychological Association, seseorang yang makan sambil melihat ponsel, bekerja di depan laptop atau sambil menonton TV akan cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan dapat berisiko mengalami obesitas.

Pada anak, menghabiskan waktu menonton TV atau bermain game di tablet, ponsel atau laptop dapat menyebabkan anak berpotensi mengalami obesitas karena kurangnya aktivitas fisik.

Sakit leher
Apakah Anda sering mengalami sakit atau kaku pada area leher? Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan Anda menunduk melihat ponsel. Menurut penelitian yang dipublikasikan di the National Library of Medicine, menunduk hingga 600 saat melihat ponsel dapat memberikan beban pada tulang area leher serta meningkatkan risiko cedera tulang.

Menurunkan kualitas tidur
Sinar biru yang dikeluarkan oleh ponsel pintar Anda dapat menurunkan kualitas tidur dan membuat Anda mengalami kelelahan di siang harinya. Selain itu melihat ponsel (terlebih saat gelap) dapat membuat Anda mengalami mata lelah dan nyeri kepala.

Depresi
Terus menerus melihat ponsel, mengecek media sosial, dan berbalas pesan singkat 24 jam dapat membuat Anda berisiko cemas dan depresi.

Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Rowan University School of Osteopathic Medicine di Stratford, New Jersey, Amerika Serikat. Riset tersebut menyebutkan bahwa media sosial dan teknologi cenderung dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi.

Editor: Yaya

T#g:lakaSmartphone
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 20 Agu 2018 23:00

    Advan i6 Unlimited, "Berani Di6andingkan"

    Punya smartphone fullview tetapi daya baterai kecil. Mau nonton streaming video di telefon pintar tersebut, tetapi kuota habis?Jangan khawatir, kini telah hadir solusi jitu yang ditawarkan oleh Advan.

  • Selasa, 14 Agu 2018 05:14

    KAL Viper Lantamal I Selamatkan ABK KM Aries yang terbakar di laut, 7 Selamat 2 Hilang

    Untung tidak dapat diraih, rugi tidak dapat ditolak, inilah yg terjadi pada Kapal Nelayan KM Aries GT 28 yang terbakar pada posisi 04 01,278 U-098 47,832 T, (9 mil arah utara bui 2) di perairan Belawa

  • Minggu, 12 Agu 2018 20:02

    Advan G2 Plus, Bikin Eksis Terus di Smartphone Bagus

    Layar fullview dan dukungan daya baterai besar, menjadi hal menjanjikan untuk sebuah smartphone, terlebih jika perangkat tersebut digunakan pula sebagai multimedia entertainment.Saat ini, telefon pint

  • Rabu, 08 Agu 2018 20:08

    Evakuasi 15 Wisatawan Asing ke Pelabuhan Labuan Bajo

    Petugas yang tergabung dalam tim gabungan Basarnas Labuan Bajo terdiri dari 1 Personel Posal Labuan Bajo, 2 Personel Pol Airud Mabar, 2 personel unit Inteldim 1612/Mgr dan 3 Sat Intelpol Mabar berhasi

  • Sabtu, 04 Agu 2018 06:44

    Tangan Nelayan Tanjungbalai Putus Digilas di Rel Kereta Api, Diduga Mabuk

    Muhammad Irwansyah Lubis alias Topo (38), mengalami kecelakaan terlindas kereta api Putri Deli tujuan Medan dari Tanjungbalai.Peristiwa ini terjadi di simpang perumahan PNS, kelurahan Pasarbaru Kecama

  • Jumat, 27 Jul 2018 01:27

    Advan G2 Plus, Smartphone Bagus

    Smartphone dengan layar fullview dan baterai berdaya besar? Tentu menjadi idaman banyak orang, apalagi sudah menjalankan sistem operasi Android Oreo 8 dan didukung performa mumpuni.

  • Rabu, 25 Jul 2018 21:55

    Bakamla Hadiri Round Table Discussion, "Membenahi Angkutan Sungai dan Penyeberangan"

    Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han) menghadiri Round Table Discussion (RTD) dengan topik "Membenahi Angkutan Sungai dan Penyeberangan" yang diselenggarakan ol

  • Sabtu, 30 Jun 2018 06:40

    Karyawan PKS di Labura, Sekarat Terkena Ledakan Sterillizer

    Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sinar Sawit Lestari (SSL) yang berada di Dusun Nuryaman, Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumut  diduga mempekerja

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:34

    Kapal Tenggelam, Tanggung Jawab Siapa?

    Kapal KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis (18/6/2018).

  • Jumat, 22 Jun 2018 14:12

    Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Korban Musibah KM Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak