Sabtu, 21 Jul 2018 22:45

6 Ancaman Kesehatan akibat Teknologi

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tessa
Minggu, 24 Jun 2018 16:24
Istimewa
Teknologi kini semakin berkembang. Ingin menghubungi teman berbeda negara, Anda bisa memanfaatkan fitur video call. Ingin membeli makanan tapi malas pergi, tinggal klik aplikasi ojek online. Namun ibarat pisau bermata dua, kecanggihan teknologi tersebut bisa mengancam kesehatan Anda. Berikut di antaranya:

Cedera akibat kecelakaan lalu lintas
Berdasarkan the National Safety Council di Amerika Serikat, diperkirakan 1 dari 4 kecelakaan mobil terjadi akibat penggunaan ponsel pintar. Apakah Anda salah satu di antara orang yang sering membaca pesan singkat saat menyetir? Atau di saat berkendara tangan Anda yang satu memegang setir, sementara yang satu lagi menscroll feed di media sosial?

Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut. Menggunakan ponsel sambil berkendara bisa membuat perhatian terpecah dan tidak bisa fokus di jalan. Tentu saja dapat meningkatkan risiko Anda mengalami cedera akibat kecelakaan lalu lintas.



Obesitas
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, Amerika Serikat, dan dipublikasikan di jurnal American Psychological Association, seseorang yang makan sambil melihat ponsel, bekerja di depan laptop atau sambil menonton TV akan cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan dapat berisiko mengalami obesitas.

Pada anak, menghabiskan waktu menonton TV atau bermain game di tablet, ponsel atau laptop dapat menyebabkan anak berpotensi mengalami obesitas karena kurangnya aktivitas fisik.

Sakit leher
Apakah Anda sering mengalami sakit atau kaku pada area leher? Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan Anda menunduk melihat ponsel. Menurut penelitian yang dipublikasikan di the National Library of Medicine, menunduk hingga 600 saat melihat ponsel dapat memberikan beban pada tulang area leher serta meningkatkan risiko cedera tulang.

Menurunkan kualitas tidur
Sinar biru yang dikeluarkan oleh ponsel pintar Anda dapat menurunkan kualitas tidur dan membuat Anda mengalami kelelahan di siang harinya. Selain itu melihat ponsel (terlebih saat gelap) dapat membuat Anda mengalami mata lelah dan nyeri kepala.

Depresi
Terus menerus melihat ponsel, mengecek media sosial, dan berbalas pesan singkat 24 jam dapat membuat Anda berisiko cemas dan depresi.

Hal tersebut dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Rowan University School of Osteopathic Medicine di Stratford, New Jersey, Amerika Serikat. Riset tersebut menyebutkan bahwa media sosial dan teknologi cenderung dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi.

Editor: Yaya

T#g:lakaSmartphone
Berita Terkait
  • Sabtu, 30 Jun 2018 06:40

    Karyawan PKS di Labura, Sekarat Terkena Ledakan Sterillizer

    Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sinar Sawit Lestari (SSL) yang berada di Dusun Nuryaman, Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumut  diduga mempekerja

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:34

    Kapal Tenggelam, Tanggung Jawab Siapa?

    Kapal KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis (18/6/2018).

  • Jumat, 22 Jun 2018 14:12

    Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Korban Musibah KM Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E

  • Kamis, 21 Jun 2018 10:31

    Kapolri Tinjau Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat

    Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D beserta pejabat Mabes Polri melaksanakan peninjauan Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat untuk monitoring arus balik Lebaran Tahun 2018, bagi

  • Selasa, 19 Jun 2018 18:19

    Djarot Sampaikan Duka dan Keprihatinan atas Musibah Tenggelamnya Kapal di Danau Toba

    Djarot Saiful Hidayat turut prihatin atas musibah kapal motor (KM) Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba. Djarot juga menyampaikan duka cita yang mendalam jatuhnya korban jiwa.

  • Selasa, 19 Jun 2018 15:19

    Tengku Erry Sampaikan Duka Tenggelamnya Kapal Di Danau Toba

    Tengku Erry Nuradi menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah tenggelamnya kapal di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018).

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Senin, 11 Jun 2018 17:11

    Panglima TNI: Tingkatkan Kesiapan Antisipasi Accident

    Untuk mengantisipasi pengamanan dan kelancaran para arus mudik lebaran yang menggunakan jalur laut, kepada pihak-pihak seperti TNI dan Polri serta Kementerian terkait agar lebih meningkatkan kesiapan

  • Selasa, 08 Mei 2018 02:08

    Dansatgas Indobatt Bantu Leal Alhujaij, Korban Laka Lantas di Lebanon

    Komandan Satgas (Dansatgas) Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. memberikan donasi dalam b

  • Minggu, 22 Apr 2018 11:42

    Saksi: Saat Kecelakaan Menewaskan Wakapolres Labuhanbatu, Cuaca Mendung

    Kecelakaan kapal boat Polair yang ditumpangi Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang serta para pejabat utama, yang terbalik di perairan Sei Berombang, Sabtu (21/4/2018) sore diduga akibat menabrak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak