Sabtu, 18 Agu 2018 23:51

Wakapolri Lantik Pengurus Prima DMI Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Minggu, 03 Jun 2018 20:53
Tim Humas Prima DMI Sumut

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) melantik Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) DMI Sumatera Utara, Minggu (3/6) petang. 

Selain melantik Prima DMI, Mantan Wakapolda Sumut itu juga meresmikan Masjid Al Muslimin di Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang. 

Irwansyah Putra Nasution didapuk sebagai Ketua Umum Prima DMI Sumut. Dia dilantik bersama puluhan pengurus lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi dan profesi. 

Menurut Syafruddin, pemuda punya peran penting dalam perkembangan Masjid. Dia pun menceritakan pengalamannya saat berada di Kazakhstan dan mengunjungi salah satu Masjid besar di negara itu. 

Di sana, ada sebuah Masjid yang berkapasitas 10.000 orang. Namun, saat masih di bawah naungan Uni Soviet, Masjid itu sepi. Setelah lepas dari Soviet, para pemuda di sana menggagas untuk pergi ke Masjid.

"Saya tanya sama Mufti-nya, kalau dulu waktu di bawah Uni Soviet, berapa banyak jemaah yang datang. Lalu dia bilang kalau Salat Jumat paling dua, tiga baris. Setelah lepas dari Uni Soviet, baru sampai tidak muat Masjidnya menampung jemaah. Dan jemaahnya sebagian besar adalah kaum muda," katanya. 

Dia ingin, para pemuda Indonesia terus meningkatkan kesadaran untuk membesarkan Masjid. Khususnya di lingkungan masing-masing. "Prima DMI ini sudah menjamur keberadaannya di Indonesia, Semoga para remaja dan pemuda ini bisa menjadi Islam yang rahmatan lil alamin, yang digariskan Allah SWT dan Rasulnya," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Prima DMI Sumut Irwansyah Putra Nasution mengajak semua generasi muda tidak melupakan Masjid. Apalagi di zaman modern ini, peran pemuda begitu dibutuhkan untuk mempertahankan Islam. 

"Masjid juga bisa dijadikan tempat berkreatifitas. Masjid bisa dijadikan tempat kaum muda Islam berdiskusi tentang kondisi agama saat ini," kata mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu. 

Lebih jauh lagi, dia ingin remaja masjid yang ada di seluruh Sumut ikut menangkal paham radikal yang berkembang secara gerilya. Jangan sampai para pemuda dimasuki paham radikal yang menjadi cikal bakal terorisme di Indonesia. 

"Pemikiran radikal bisa merusak generasi muda. Remaja masjid harus bisa menjadi penangkalnya. Kita harus tetap memberikan pemahaman Islam yang Rahmatan Lil Alamin," pungkasnya. 

Dalam pelantikan tadi juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Ketua DPP BKPRMI, Mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin dan Wali Kota Medan Tengku Zulmi Eldin. 

Editor: Dito

T#g:Masjid
Berita Terkait
  • Rabu, 08 Agu 2018 01:08

    Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban di Masjid Jabal Nur

    Tim Satgas TNI bersama Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) mulai mengevakuasi kembali korban gempa 7 SR yang tertimbun reruntuhan Masjid Jabal Nur di Dusun Lading-Lading, Desa Tanjung,

  • Senin, 23 Jul 2018 13:23

    Pengantar Aqua Isi Ulang Curi Kotak Infaq Masjid Berisi Rp2,3 Juta

    Tim Pegasus 3CN dari Unit Reskrim Polsek Medan Area berhasil mengungkap dan mengamankan seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) Kotak Infaq Masjid Nurul Islami Jalan Seksama Kel. Binjai Kec

  • Kamis, 05 Jul 2018 19:05

    Pemkab Humbahas Salurkan Dana Hibah Keagamaan Rp 1,5 Miliar

    Pemkab Humbahas menyalurkan dana hibah keagamaan dan lembaga keagamaan tahun 2018 sebesar Rp 1,5 miliar.

  • Sabtu, 16 Jun 2018 15:16

    2000 Masjid di Jember Dibanjiri Jemaah Sholat Idul Fitri

    Dandim 0824 Jember Perintahkan Seluruh Jajaran Pantau dan Amankan Lokasi Ibadah.

  • Minggu, 10 Jun 2018 19:00

    Gubsu Resmikan Musholla & Gereja Taman Simalem Resort

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meresmikan musholla Mustika Akbar dan gereja Oikumene, Taman Simalem Resort, Kec. Merek, Kab. Karo, Sabtu (9/6/2018) malam.

  • Sabtu, 09 Jun 2018 03:09

    Panglima TNI Resmikan Masjid Al Hadi di Lanud Adi Sutjipto

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M., Aspers Panglima TNI Marsda TNI De

  • Jumat, 08 Jun 2018 18:38

    Koramil 0824/09 Tempurejo Karya Bakti TNI Pembangunan Masjid Istiqomah

    5 orang anggota Koramil 0824/09 Tempurejo dipimpin Pelda Miseran dan masyarakat sebanyak 107 orang, melaksanakan Karya Bakti TNI dengan sasaran penggalian pondasi rencana pembangunan masjid Istiqomah,

  • Kamis, 24 Mei 2018 10:14

    Safari Ramadhan Wakil Bupati Berikan Bingkisan Ke Masjid Arrohman Danau Balai

    Hari ke Tujuh Puasa, Tim Safari Ramadhan Wakil Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dhalimunthe, ST.MT, beserta rombongan,melaksanakan buka puasa bersama di Masjid Arrohman Danau Balai bersama tokoh aga

  • Rabu, 23 Mei 2018 18:23

    Djarot: Tidak Boleh Menebar Kebencian dan Saling Menjelekkan

    Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menegaskan rumah-rumah ibadah tidak boleh dijadikan untuk kegiatan politik praktis. Juga di sekolah-sekolah dan universitas, sama sekali tidak bisa dipakai untuk politik praktis.

  • Senin, 21 Mei 2018 19:21

    Muspika Mumbulsari Safari Ramadhan Di Masjid Mujahidin

    Kabupaten Jember yang memiliki penduduk dengan mayoritas pemeluk agama Islam pada suasana puasa Ramadhan seperti sekarang ini kegiatan peribadatan di masjid-masjid tentunya mengalami peningkatan setia

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak