Minggu, 22 Okt 2017 18:51
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 18 Agu 2017 12:18
Dibaca: 153 kali
Dok
Pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia 
Puluhan ribu warga masyarakat antusias menyaksikan pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di sepanjang Jalan Diponegoro Medan, Kamis (17/08/2017).

Pawai pembangunan yang diisi dengan pawai jalan kaki dan pawai kendaraan hias, pawai parade perjuangan serta festival drumband berlangsung semarak dan meriah.

Pawai pembangunan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang didampingi Wagubsu Nurhajizah bertempat di panggung utama di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro dengan mengibarkan bendera start.

Hadir Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Danlantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas, para tamu undangan serta konsul jenderal negara sahabat.

Sebanyak 58 kendaraan hias ikut serta mewakili kantor/lembaga/dinas dan instansi berpartisipasi memeriahkan pawai pembangunan. Ikut berpartisipasi SKPD di lingkungan Pemprovsu dan Pemko Medan, Pemkab Labuhan Batu, Tapanuli Tengah, BUMN, BUMD  dan kementerian. Pawai kendaraan hias tersebut menjadi atraksi yang menyedot minat warga masyarakat karena cukup kreatif menampilkan desain dan pesan-pesan informasi pembangunan.

Selain kendaraan hias, berbagai elemen masyarakat juga ikut memeriahkan dengan kegiatan pawai berjalan kaki. Pawai pembangunan juga menampilkan berbagai kekayaan adat istiadat dan budaya di Sumut baik dari etnis lokal maupun pendatang. Kekayaan adat dan budaya khas Sumut ditampilkan melalui tari-tarian, alat musik dan pakaian daerah yang berasal dari delapan etnis asli Sumut yaitu Melayu, Batak Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak, Simalungun, Karo dan Nias.

Salah satu kendaraan yang mencuri perhatian warga adalah adalah kendaraan yang ditampilkan Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara yang menampilkan kamera raksasa pada bagian depan kendaraan. Tampilan yang unik tersebut mengundang banyak warga yang berkesempatan berfoto di sekitar kendaraan hias tersebut.

Berkolaborasi dengan wartawan unit Pemprov Sumut, kendaraan hias yang ditampilkan adalah jenis odong-odong yang disulap sedemikian rupa sehingga menampilkan berbagai jenis media cetak dan eletronik di sepanjang badan kendaraan. Puluhan jurnalis yang kompak berseragam ikut serta dalam pawai baik dimana sebagian naik di atas kendaraan hias dan sisanya ikut berjalan kaki mengiringi.

Sebagai satu-satunya peserta dari Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provsu, menurut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas Sitorus keikutsertaan pihaknya tersebut merupakan bagian dari upaya sosialisasi keberadaan Biro yang dipimpinnya.

"Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu ini adalah biro yang baru bentuk dan berdiri pada tahun 2017. Kemeriahan pawai pembangunan pada dalam rangka HUT kemerdekaan menurut kami strategis untuk memperkenalkan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu kepada masyarakat luas," ujar Ilyas.

Pihaknya sengaja melibatkan jurnalis yaitu wartawan yang sehari-hari bertugas dan meliput di Pemprov Sumut dalam pawai tersebut. "Wartawan merupakan mitra kami yang penting dalam menyampaikan berbagai informasi yang positif tentang program pembangun Sumatera Utara kepada masyarakat. Wartawan juga menjadi mata telinga kami dalam menyerap berbagai aspirasi warga masyarakat," kata Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, Parulian Tampubolon, yang ada di lokasi mengapresiasi Gubsu Tengku Erry Nuradi dengan terbentuknya Biro Humas dan Keprotokolan. Menurutnya hal itu merupakan terobosan Pemprov Sumut dalam upaya penyebarluasan informasi pembangunan.

Usai kendaraan hias, acara dilanjutkan dengan final kejuaraan drumband antara pelajar se-Sumut yang memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Kejuaraan diikuti 38 klub drumband pelajar se-Sumut yang memperebutkan hadiah Rp 45 juta. Kejuaraan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI sudah berlangsung selama tiga hari merupakan kerjasama Persatuan Drumband Sumut dan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut.

Gubsu Erry menyebutkan, semarak HUT Kemerdekaan RI ini untuk masyarakat. ''Seluruh masyarakat Sumatera Utara pastinya bergembira dalam meriahkan HUT Kemerdekaan RI baik melalui kegiatan formal maupun berbagai kegiatan lainnya. Silahkan gelar berbagai olahraga tradisional yang unik agar tetap semarak dan masyarakat terhibur,'' cetus Erry.

Editor: Sam

T#g:jurnalisPatenpawai
Berita Terkait
  • Kamis, 12 Okt 2017 05:52

    Ulama Apresiasi Sumut Paten

    Sejumlah tokoh ulama Sumatera Utara bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di rumah dinas Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (9/10/2017).Mereka yang hadir di antara

  • Rabu, 27 Sep 2017 20:57

    KPU Palas Buka Pendaftaran Media Center

    Dalam rangka pemenuhan tertib legal administrasi dan optimalis terhadap wartawan/jurnalis peliput penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, Komisi Pe

  • Senin, 11 Sep 2017 12:01

    Deklarasi Asosiasi Pemilik Media untuk Keadilan Distribusi Iklan di Indonesia

    Musyawarah Bersama (Mubes) I Ikatan Wartawan Online (IWO) yang digelar selama dua hari, 8-9 September 2017 kemarin, sukses digelar.

  • Sabtu, 09 Sep 2017 13:49

    Bupati Mohon Maaf Pada Wartawan

    Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali menyampaikan rasa keprihatinan menyusul terjadinya insiden kekerasan terhadap wartawan yang menimpa Fadly Syarif, S.I.Kom, salah satu awak med

  • Jumat, 08 Sep 2017 06:58

    Ulah Over Protectif Oknum Damkar dan Satpol PP Cederai Kebebasan Pers

    Kebebasan Pers kembali tercederai menyusul insiden kekerasan terhadap wartawan media online yang dialami Fadly Syarif, S.I.Kom saat sedang melakukan aktivitas peliputan penyampaian aspirasi oleh kelom

  • Jumat, 08 Sep 2017 05:17

    Di Hadapan KPK, Wagubsu: Pemprovsu Membuka Diri Terhadap Kritik Media

    Wakil Gubsu, Dr. Nurhajizah Marpaung mengatakan kalau Pemprovsu membuka diri terhadap kritik dari media yang tujuannya untuk membangun Sumut lebih baik lagi.

  • Senin, 04 Sep 2017 16:04

    Karya Fotografer Dapat Mengungkap Banyak Makna Tanpa Kata

    Karya fotografer yang berkualitas akan dapat mengungkap banyak berita meskipun tanpa kata-kata, namun sebaliknya karya fotografer juga dapat mengurangi nilai suatu berita jika gambar yang ditampilkan

  • Kamis, 31 Agu 2017 21:11

    Persaudaran Islam Ababil Manado laksanakan Pawai Obor Idul Adha

    Sekitar limapuluhan orang dari Majelis Kota Manado melaksanakan pawai obor dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017.

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:59

    FJD Desak Kapolres Waykanan Penghina Wartawan Dicopot

    Forum Jurnalis Deli Serdang (FJD) menggelar aksi damai dengan melakban mulut atas tindakan pelecehan dan penghinaan profesi wartawan yang dilakukan Kapolres Waykanan AKBP Budi Asrul Kurniawan terhadap

  • Selasa, 29 Agu 2017 16:59

    Tengku Erry Daftar Ke Demokrat

    Tengku Erry Nuradi kembali menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Gubernur Sumut 2018 mendatang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak