Minggu, 24 Jun 2018 13:58
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 18 Agu 2017 12:18
Dok
Pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia 
Selamat Puasa Paluta
Puluhan ribu warga masyarakat antusias menyaksikan pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di sepanjang Jalan Diponegoro Medan, Kamis (17/08/2017).

Pawai pembangunan yang diisi dengan pawai jalan kaki dan pawai kendaraan hias, pawai parade perjuangan serta festival drumband berlangsung semarak dan meriah.

Pawai pembangunan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang didampingi Wagubsu Nurhajizah bertempat di panggung utama di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro dengan mengibarkan bendera start.

Hadir Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Danlantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas, para tamu undangan serta konsul jenderal negara sahabat.

Sebanyak 58 kendaraan hias ikut serta mewakili kantor/lembaga/dinas dan instansi berpartisipasi memeriahkan pawai pembangunan. Ikut berpartisipasi SKPD di lingkungan Pemprovsu dan Pemko Medan, Pemkab Labuhan Batu, Tapanuli Tengah, BUMN, BUMD  dan kementerian. Pawai kendaraan hias tersebut menjadi atraksi yang menyedot minat warga masyarakat karena cukup kreatif menampilkan desain dan pesan-pesan informasi pembangunan.

Selain kendaraan hias, berbagai elemen masyarakat juga ikut memeriahkan dengan kegiatan pawai berjalan kaki. Pawai pembangunan juga menampilkan berbagai kekayaan adat istiadat dan budaya di Sumut baik dari etnis lokal maupun pendatang. Kekayaan adat dan budaya khas Sumut ditampilkan melalui tari-tarian, alat musik dan pakaian daerah yang berasal dari delapan etnis asli Sumut yaitu Melayu, Batak Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak, Simalungun, Karo dan Nias.

Salah satu kendaraan yang mencuri perhatian warga adalah adalah kendaraan yang ditampilkan Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara yang menampilkan kamera raksasa pada bagian depan kendaraan. Tampilan yang unik tersebut mengundang banyak warga yang berkesempatan berfoto di sekitar kendaraan hias tersebut.

Berkolaborasi dengan wartawan unit Pemprov Sumut, kendaraan hias yang ditampilkan adalah jenis odong-odong yang disulap sedemikian rupa sehingga menampilkan berbagai jenis media cetak dan eletronik di sepanjang badan kendaraan. Puluhan jurnalis yang kompak berseragam ikut serta dalam pawai baik dimana sebagian naik di atas kendaraan hias dan sisanya ikut berjalan kaki mengiringi.

Sebagai satu-satunya peserta dari Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provsu, menurut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas Sitorus keikutsertaan pihaknya tersebut merupakan bagian dari upaya sosialisasi keberadaan Biro yang dipimpinnya.

"Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu ini adalah biro yang baru bentuk dan berdiri pada tahun 2017. Kemeriahan pawai pembangunan pada dalam rangka HUT kemerdekaan menurut kami strategis untuk memperkenalkan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu kepada masyarakat luas," ujar Ilyas.

Pihaknya sengaja melibatkan jurnalis yaitu wartawan yang sehari-hari bertugas dan meliput di Pemprov Sumut dalam pawai tersebut. "Wartawan merupakan mitra kami yang penting dalam menyampaikan berbagai informasi yang positif tentang program pembangun Sumatera Utara kepada masyarakat. Wartawan juga menjadi mata telinga kami dalam menyerap berbagai aspirasi warga masyarakat," kata Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, Parulian Tampubolon, yang ada di lokasi mengapresiasi Gubsu Tengku Erry Nuradi dengan terbentuknya Biro Humas dan Keprotokolan. Menurutnya hal itu merupakan terobosan Pemprov Sumut dalam upaya penyebarluasan informasi pembangunan.

Usai kendaraan hias, acara dilanjutkan dengan final kejuaraan drumband antara pelajar se-Sumut yang memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Kejuaraan diikuti 38 klub drumband pelajar se-Sumut yang memperebutkan hadiah Rp 45 juta. Kejuaraan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI sudah berlangsung selama tiga hari merupakan kerjasama Persatuan Drumband Sumut dan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut.

Gubsu Erry menyebutkan, semarak HUT Kemerdekaan RI ini untuk masyarakat. ''Seluruh masyarakat Sumatera Utara pastinya bergembira dalam meriahkan HUT Kemerdekaan RI baik melalui kegiatan formal maupun berbagai kegiatan lainnya. Silahkan gelar berbagai olahraga tradisional yang unik agar tetap semarak dan masyarakat terhibur,'' cetus Erry.

Editor: Sam

T#g:jurnalisPatenpawai
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Jun 2018 22:32

    TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018

    Dalam rangka menyambutPeringatan ke-73 Hari TNI Tahun 2018, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes TNI menggelar "Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018" bagi wartawan dan media massa. Gelar

  • Sabtu, 16 Jun 2018 09:16

    Gubsu Lepas Pawai Takbiran Malam Idul Fitri

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengharapkan pawai mobil hias Takbir Akbar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan bisa menjadi contoh ketertiban dan kedisiplinan bagi siapapun di Sumatera Uta

  • Kamis, 07 Jun 2018 11:07

    Kapuspen TNI Buka Puasa Bersama Insan Pers

    Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah beserta jajaran Staf Puspen TNI, menggelar acara buka puasa bersama Insan Pers Media Cetak dan Elektronik di salah satu rumah makan

  • Rabu, 06 Jun 2018 20:06

    Djarot: Ini Semangat Baru DJOSS Yang Paten

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat menjadi perhatian dan rebutan ibu-ibu untuk bersalaman dan berfoto bersama.

  • Sabtu, 02 Jun 2018 21:22

    IWO Sibolga-Tapteng Gelar Pelatihan Wartawan

    Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Pelatihan Wartawan yang digelar IWO Sibolga-Tapteng di aula Audio Visual SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah, Sabtu (2/6).Syarfi mengapr

  • Jumat, 01 Jun 2018 15:21

    Djarot Minta DJOSS PATEN Rebut Simpati Masyarakat Dengan Santun

    Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengapresiasi kehadiran relawan Pak Tengku Erry Nuradi (PATEN) bergabung dan siap memenangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) p

  • Selasa, 22 Mei 2018 18:22

    Tim Pemenangan Tengku Erry Dukung Djarot-Sihar

    Sejumlah elemen, relawan dan simpatisan yang tergabung dalam tim pemenangan Tengku Erry Nuradi ikut bergabung mendukung pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat

  • Selasa, 22 Mei 2018 14:02

    Hasil Investigasi Wartawan Analisa Raih Nominasi Internasional

    Bersama Reuters, AP dan Wall Street Journal, karya investigasi kolaboratif Bambang Riyanto (wartawan Analisa di Medan) dengan Jhon Seo (wartawan TEMPO di NTT) dan tim dari Malaysiakini.com (Malaysia)

  • Kamis, 17 Mei 2018 21:57

    Berita Kedatangan Del Piero ke Sumut Paling Dicari Pembaca

    Information terkait kedatangan pemain sepakbola asal Italia, Alessandro Del Piero ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) menjadi pemberitaan yang paling banyak dinanti masyarakat. Hal itu terlihat dari ting

  • Sabtu, 12 Mei 2018 20:32

    Kedatangan Sihar di Debat Kedua Paling Dinantikan Sejumlah Wartawan

    Saat Sihar Sitorus masuk ke gedung Hotel Adi Mulia Medan sejumlah pekerja media langsung mengerumuni dan melontarkan banyak pertanyaan. Kedatangan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua tersebu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak