Senin, 18 Jun 2018 05:14
Iklan Paslon Paluta

Tengku Erry Lantik Majelis Puan Puan Melayu Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 03 Jun 2018 23:53
Humas Pemprov Sumut
Selamat Puasa Paluta
Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi melantik dan mengukuhkan Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumatera Utara (Sumut) periode 2018-2023, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Minggu (3/6/2018).

Ini merupakan pelantikan yang bersejarah, karena sebelumnya tidak pernah ada pelantikan organisasi apapun yang dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Sumut.

"Ini dikatakan sejarah, karena belum pernah rumah dinas gubernur dipakai untuk pelantikan suatu organisasi. Biasanya pelantikan dilaksanakan di kantor atau di Aula Martabe (Raja Inal Siregar). Tapi hari ini menjadi catatan sejarah, bahwa Majelis Puan Puan Melayu dilantik dan dikukuhkan di rumah yang bersejarah ini," ujar Gubsu Tengku Erry.

Selain itu, kata Tengku Erry, ternyata puan puan Melayu juga mendapat tempat terbaik, tidak hanya di kalangan Melayu, tapi di semua etnis. Buktinya, salah satu puan Melayu, terpilih menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) dan minggu depan akan dilantik.

"Satu-satunya puan Melayu mendaftar ke Pansel. Tidak saya bantu, karena memang Gubernur harus berada di tengah, lolos masuk tiga besar dan Alhamulillah minggu lalu, saya baru menerima Keppres, karena eselon satu itu keputusan Presiden, salah satu puan Melayu Dr Ir Hj Sabrina terpilih menjadi Sekda Provinsi Sumatera Utara," ungkap Tengku Erry.

Dikatakan juga, MPPM Sumut sebagai wadah berkumpulnya orang-orang beresam Melayu, diharapkan bisa turut mewarnai Sumatera Utara ke depan. "Dan kita dapat terus bergandengan tangan, bersama-sama ke depan untuk membangun Sumatera Utara yang kita cintai ini," ujar Tengku Erry.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry juga pamit kepada para hadirin, karena akan mengakhiri tugasnya sebagai Gubsu pada tanggal 17 Juni 2018. "Kami mohon pamit, karena tepat pada tanggal 17 Juni atau 3 Syawal, kami akan mengakhiri tugas kami, sebagai Gubernur Sumatera Utara. Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya selama ini, dan mohon maaf, jika selama kita berinteraksi ada hal-hal yang kurang menyenangkan. Dan di bulan yang baik ini, sekali lagi kami mohon maaf. Kami ucapkan juga selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin", ujar Tengku Erry.

Sebelumnya, Ketua Umum MPPM Sumut Hj Zunaidar Rivai menyampaikan terimakasih kepada Gubsu Tengku Erry, yang sudah berkenan menandatangai SK dan melantik MPPM Sumut.

Dikatakan Zunaidar, terbentuknya MPPM Sumut sejak dua tahun lalu, bertujuan untuk melestarikan budaya dan adat Melayu, agar tidak luntur di tengah perkembangan zaman era globalisasi saat ini. "Dengan harapan bisa mencakup dan mengayomi puan puan di Sumatera Utara dan Indonesia," katanya.

Disebutkan juga, MPPM Sumut merupakan kumpulan puan puan Melayu yang terorganisir dan independen, serta tidak berada di bawah naungan partai politik apapun. "Visi kami adalah terwujudnya puan-puan Melayu Sumatera Utara yang religius dan mandiri, serta dapat mempertahankan adat, adab dan resam Melayu, serta menjaga silaturahmi dengan tetap melestarikan budaya Melayu di era globalisasi," ujarnya.

Sementara itu, mewakili tokoh Melayu, Dato' Seri H Syamsul Arifin, yang juga Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) menyampaikan selamat kepada pengurus MPPM Sumut yang baru dilantik. Juga mengingatkan, agar MPPM Sumut tidak hanya ramai di saat pelantikan saja, tapi juga banyak berbuat di tengah masyarakat, terutama dalam melestarikan adat dan budaya Melayu.

Syamsul Afirin juga menyatakan salut dan bangga kepada Gubsu Tengku Erry Nuradi, yang telah banyak berbuat untuk Melayu. "Salut kepada Tengku Erry Nuradi, yang di akhir masa jabatannya masih banyak berbuat untuk Melayu," ungkap Syamsul Arifin, yang juga mantan Gubsu itu.

Acara pelantikan dan pengukuhan penuh kekeluargaan itu, juga diisi dengan saling memberi cenderamata antara pengurus MPPM Sumut dan Gubsu Tengku Erry.

Turut hadir dalam acara itu, Raja Muda Deli Tengku Hamdy Oesman Delikhan, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Evi Diana Erry, para tokoh dan pemuka adat Melayu, Ketua MUI Medan Prof Dr H M Hatta, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs M Fitriyus SH MSP, tokoh masyarakat, alim ulama, perwakilan organisasi wanita di Sumut dan para undangan.

Editor: Erickson

T#g:MelayuSabrinaSekda
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Jun 2018 06:12

    Erry Harapkan Suku Melayu Berkarya Dan Berjaya

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap suku Melayu terus berkarya dan semakin berjaya di bumi Sumatera Utara (Sumut).

  • Sabtu, 09 Jun 2018 13:39

    Erry Yakin Sabrina Dapat Lebih "Mendinamisasi" Pemprov Sumut

    Mengingat tantangan tugas di hari mendatang semakin berat, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi percaya Dr Ir Hj R Sabrina MSi mampu mengemban tugas-tugas administratif, meni

  • Jumat, 08 Jun 2018 10:38

    Sah.. Hj Sabrina Jadi Sekda Provinsi Sumatera Utara

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) DR Tengku Erry Nuradi melantik DR Ir. Hj. R. Sabrina, MSi menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Jum'at (8/6/2018).Upacara pengambilan sumpah dan Pelant

  • Sabtu, 21 Apr 2018 09:41

    Kerajinan Anyaman Khas Melayu Pesisir Sumbang 50% Pendapatan Keluarga

    Kerajinan Anyaman menjadi sebuah komoditi yang mampu memberikan sumbangsih pada pendapatan masyarakat di Kecamatan Pantai Cermin. Hal ini diungkapkan Irfandi, Ketua Program Pengabdian Produk unggulan

  • Rabu, 18 Apr 2018 19:18

    Djarot, Tamu Istimewa Istana Maimun

    Djarot Saiful Hidayat mendapat kehormatan istimewa saat mengunjungi Istana Maimun di Jalan Sultan Makmun Al Rasyid Medan, Rabu (18/4/2018).Setelah berkeliling di istana Kesultanan Deli yang merupakan

  • Kamis, 15 Mar 2018 19:25

    Kasus siswa siluman tak selesai, Arsyad tak layak jadi Sekda Pemprovsu

    Seleksi pucuk pimpinan aparatur sipil negara (ASN) wilayah Sumut memulai tahapannya. Banyak ASN yang memenuhi persyaratan mencoba ikut dalam seleksi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara. Beberapa

  • Sabtu, 10 Mar 2018 06:30

    Doa Para Sultan Untuk Edy Rahmayadi

    Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendapat doa dari para Sultan pada acara Tepung Tawar Datuk Laksamana Nara Diraja H. Edy Rahmayadi, di Masjid Azizi Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Jumat (

  • Selasa, 27 Feb 2018 20:27

    Sekda Ingatkan ASN Deli Serdang Terus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

    Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein pada Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/2/2018) di Halaman Kantor Bupati menginga

  • Senin, 26 Feb 2018 21:26

    Erry Bertekad ISMI Menjadi Terdepan Bangun SDM Melayu

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengukuhkan kepengurusan Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) periode 2017-2022 yang dimeriahkan pagelaran seni budaya Melayu di aula Raja Inal Siregar, kantor Gubsu di Meda

  • Jumat, 22 Des 2017 22:22

    Tengku Erry Terpilih Jadi Wakil Presiden

    Gubsu Tengku Erry Nuradi yang juga menjabat Ketua DMDI Sumut, terpilih sebagai Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara dan sejumlah negara di duni

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak