Jumat, 17 Agu 2018 22:08

Buruknya Infastruktur Jalan Povsu di Palas,

Sumut Paten Hanya Slogan, Faktanya Tak Paten

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 16 Jun 2017 08:26
Maulana Syafii
Ketua JPRMI Kabupaten Palas, Muhammad Idrisman Mendefa.
"Sumut Paten itu, hanya slogan. Faktanya, Sumut itu tak Paten. Buktinya infrastruktur Jalan Provsu di Palas, sampai kini gak paten," sebut Ketua Jaringan​ Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Muhammad Idrisman Mendefa, Kamis (15/6/2017).

Pernyataan tegas ini disampaikan, mengingat sampai saat ini, sudah memasuki H-10 menuju hari raya idul fitri 1438 Hijriyah, namun kondisi badan jalan Provinsi Sumut (Provsu) di daerah Kabupaten Palas masih amburadul dan belum ada tanda-tanda akan perbaikannya.

"Sudah tiga periode Gubsu menjabat, sejak Kabupaten Palas dimekarkan, mulai dari Syamsul Arifin, Gatot Pujo Nugroho hingga kini Pak Tengku Ery Nuradi. Kondisi badan jalan provsu di Palas masih amburadul. Masih banyak istilahnya di sini, kubangan kuda nil di badan jalan," tegasnya.

Ingat, lanjut Idrisman, Kabupaten Palas adalah wajahnya Sumut. Kalau wajahnya buruh, bagaimana orang akan tertarik masuk ke Sumut, untuk berinvestasi di wilayah Sumut.

"Kabupaten Palas, wajahnya Sumut. Sebab Palas sebagai pintu masuk dari daerah-daerah lain, seperti dari Provinsi Riau, Sumbar, Palembang, Bengkulu, Lampung sampai tamu yang datang dari Pulau Jawa sana," jelasnya.

Menurut Mendefa, yang setiap harinya melintasi jalan Provsu dai Kecamatan Sosa hingga ke Kecamatan Barumun di Sibuhuan, ibukota Kabupaten Palas, yang berjarak sekitar 28 kilometer, setidaknya ada 50 titik kerusakan badan jalan.

"Dari rumah saya di Desa Gunung Beringin, Kecamatan Sosa sampai di Sibuhuan, saya ingat dan saya hitung-hitung ada 50 titik kerusakan badan jalan Provsu. Dari kerusakan sedang hingga kerusakan berat. Begitu pula kondisi jalan provsu dari Sosa hingga Huragi," ujarnya.

Dituturkannya, beberapa titik kerusakan berat pada badan jalan Provsu mulai dari Siborna Bunut, Tanjakan Simandi Angin, Pasir Jae, Pasir Julu, Jembatan Ampolu, depan SMP Ampolu, sekitar Simpang 17, dekat cucian mobil di Tanjung Bale.

"Kemudian, Desa Aer Bale, Parao Sorat, Rao-rao Dolok, Ujung Batu, Aliran Aek Taki di Pasar Ujung Batu, yang kerap tergenang air saat hujan. Terus jalan provsu di Desa Aek Tinga," urainya.

Selanjutnya, Jembatan Sialang Rindang, Lubuk Bunut, jalan provsu dekat Simpang PTPN IV Sosa, Desa Sibodak Sosa Jae, jembata  Sibodak, batas Desa Parmainan, depan MDA Parmainan, jalan Parmainan yang longsor. Batas Parmainan dengan Desa Pagaran Dolok.

"Kemudian, sekitar lapangan Desa Pagaran Dolok, Tanjakan Aliaga hingga Simpang Trans Aliaga. Sampai kini titik jalan provsu ini masih rusak parah dan belum diperbaiki," jelasnya.

Untuk itu, Idrisman berharap kiranya pihak Pemprovsu dapat peduli atas keselatan warga masyarakat yang melintasi di atas badan jalan provsu di Palas tersebut.

"Sudah banyak korban berjatuhan di atas jalan yang rusak itu. Kami berharap agar jalan di tempat kami dapat segera diperbaiki. Apalagi ini sudah menjelang lebaran," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:InfrastrukturPalasPaten
Berita Terkait
  • Minggu, 12 Agu 2018 16:32

    Dr. Suhendro SH, MHum: KPU Palas Diduga Telah Mengeyampingkan Asas Hukum

    Terkait Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan tahun 2018, Kuasa Hukum pasangan calon nomor urut 1 Tondi Rani Tua-Syarifuddin Hasibuan, DR. Suhendro SH, MHu

  • Senin, 06 Agu 2018 19:06

    Plt Bupati Minta Rencana Pembangunan Bandara di Labuhanbatu Kembali Diproses

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT meminta kepada OPD terkait untuk kembali memproses rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Labuhanbatu yang berlokasi di lahan

  • Selasa, 31 Jul 2018 17:50

    HUT Ke-10 Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jalan di Ibukota masih seperti kubangan kerbau

    Kondisi Jalan Temutua dan Simarkuluang, Kelurahan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), sangat memprihatinkan.

  • Senin, 30 Jul 2018 18:30

    Warga Palas Berharap Infrastruktur Jalan Segera Diperbaiki

    Warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sangat berharap perhatian dan kepedulian dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah setempat, untuk segera memperbaiki k

  • Minggu, 29 Jul 2018 20:19

    Proyek Rp23 Milyar, Peningkatan Jalan Penghubung Urung Kompas-N2 Rantau Selatan, Terhenti

    Sejumlah warga mengeluhkan terhentinya pengerjaan proyek peningkatan jalan penghubung Kelurahan Urung Kompas, Kecamatan Rantau Selatan, ke Desa N2 Kecamatan Bilah Hulu.Pasalnya, material yang sempat d

  • Senin, 23 Jul 2018 06:33

    Paslon Nomor 2 Pilkada Palas Terancam Diskualifikasi

    Pasangan Calon Nomor 2 (Petahana) Ali Sutan Harahap-drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht terancam diskualifikasi berdasarkan surat rekomendasi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas.&n

  • Jumat, 20 Jul 2018 18:30

    Provinsi Sumut Alokasikan Anggaran 54 Miliar Lebih Untuk Penanganan Jalan Di Nias

    Ruas jalan berstatus jalan provinsi yang ada di kepulauan Nias, Sumatera Utara, akhirnya mulai dibenahi. Ruas jalan ini sebelumnya banyak warga, khususnya pengendara yang mengeluh, bahkan kepala daera

  • Jumat, 20 Jul 2018 15:50

    Jalan Provsu Huragi yang Amblas Diperbaiki Kembali

    Jalan Provinsi Sumut (Provsu) di titik Desa Hutaraja Tinggi (Huragi) Kecamatan Huragi, Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang kembali amblas pada sekitar bulan April 2018 yang lalu, saat ini terlihat sud

  • Rabu, 18 Jul 2018 18:48

    Puncak HUT Ke-11 Palas, Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Perubahan

    Sedikitnya tiga ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Padang Lawas (Palas), tumpah memadati Lapangan Merdeka di Sibuhuan, menghadiri puncak acara HUT Ke-11 Pemkab Palas, dengan sajian ac

  • Selasa, 17 Jul 2018 09:57

    Refleksi HUT Ke-11 Pemkab Palas, Warga Desak Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Jalan

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) genap berusia 11 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, setelah resmi dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada 17 Juli 2007 silam. Namun

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak