Minggu, 20 Mei 2018 17:19

Buruknya Infastruktur Jalan Povsu di Palas,

Sumut Paten Hanya Slogan, Faktanya Tak Paten

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 16 Jun 2017 08:26
Maulana Syafii
Ketua JPRMI Kabupaten Palas, Muhammad Idrisman Mendefa.
"Sumut Paten itu, hanya slogan. Faktanya, Sumut itu tak Paten. Buktinya infrastruktur Jalan Provsu di Palas, sampai kini gak paten," sebut Ketua Jaringan​ Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Muhammad Idrisman Mendefa, Kamis (15/6/2017).

Pernyataan tegas ini disampaikan, mengingat sampai saat ini, sudah memasuki H-10 menuju hari raya idul fitri 1438 Hijriyah, namun kondisi badan jalan Provinsi Sumut (Provsu) di daerah Kabupaten Palas masih amburadul dan belum ada tanda-tanda akan perbaikannya.

"Sudah tiga periode Gubsu menjabat, sejak Kabupaten Palas dimekarkan, mulai dari Syamsul Arifin, Gatot Pujo Nugroho hingga kini Pak Tengku Ery Nuradi. Kondisi badan jalan provsu di Palas masih amburadul. Masih banyak istilahnya di sini, kubangan kuda nil di badan jalan," tegasnya.

Ingat, lanjut Idrisman, Kabupaten Palas adalah wajahnya Sumut. Kalau wajahnya buruh, bagaimana orang akan tertarik masuk ke Sumut, untuk berinvestasi di wilayah Sumut.

"Kabupaten Palas, wajahnya Sumut. Sebab Palas sebagai pintu masuk dari daerah-daerah lain, seperti dari Provinsi Riau, Sumbar, Palembang, Bengkulu, Lampung sampai tamu yang datang dari Pulau Jawa sana," jelasnya.

Menurut Mendefa, yang setiap harinya melintasi jalan Provsu dai Kecamatan Sosa hingga ke Kecamatan Barumun di Sibuhuan, ibukota Kabupaten Palas, yang berjarak sekitar 28 kilometer, setidaknya ada 50 titik kerusakan badan jalan.

"Dari rumah saya di Desa Gunung Beringin, Kecamatan Sosa sampai di Sibuhuan, saya ingat dan saya hitung-hitung ada 50 titik kerusakan badan jalan Provsu. Dari kerusakan sedang hingga kerusakan berat. Begitu pula kondisi jalan provsu dari Sosa hingga Huragi," ujarnya.

Dituturkannya, beberapa titik kerusakan berat pada badan jalan Provsu mulai dari Siborna Bunut, Tanjakan Simandi Angin, Pasir Jae, Pasir Julu, Jembatan Ampolu, depan SMP Ampolu, sekitar Simpang 17, dekat cucian mobil di Tanjung Bale.

"Kemudian, Desa Aer Bale, Parao Sorat, Rao-rao Dolok, Ujung Batu, Aliran Aek Taki di Pasar Ujung Batu, yang kerap tergenang air saat hujan. Terus jalan provsu di Desa Aek Tinga," urainya.

Selanjutnya, Jembatan Sialang Rindang, Lubuk Bunut, jalan provsu dekat Simpang PTPN IV Sosa, Desa Sibodak Sosa Jae, jembata  Sibodak, batas Desa Parmainan, depan MDA Parmainan, jalan Parmainan yang longsor. Batas Parmainan dengan Desa Pagaran Dolok.

"Kemudian, sekitar lapangan Desa Pagaran Dolok, Tanjakan Aliaga hingga Simpang Trans Aliaga. Sampai kini titik jalan provsu ini masih rusak parah dan belum diperbaiki," jelasnya.

Untuk itu, Idrisman berharap kiranya pihak Pemprovsu dapat peduli atas keselatan warga masyarakat yang melintasi di atas badan jalan provsu di Palas tersebut.

"Sudah banyak korban berjatuhan di atas jalan yang rusak itu. Kami berharap agar jalan di tempat kami dapat segera diperbaiki. Apalagi ini sudah menjelang lebaran," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:InfrastrukturPalasPaten
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Mei 2018 19:16

    Tondi-Syarifuddin Dekat di Hati Masyarakat Palas

    Pasangan Calon Bupati nomor 1, Tondi-Syarifuddin semakin dekat di hati masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kehadiran masyarakat setiap pasangan ini berkampaye. Seperti terlihat pada suasa

  • Sabtu, 12 Mei 2018 13:52

    Tim Pemenangan Tondi-Syarifuddin Klarifikasi Proposal Bantuan

    Tim pemenangan nomor urut 1, Tondi-Syarifuddin beri klarisifikasi terkait adanya rumor yang berkembang di media sosial, tentang proposal untuk meminta bantuan dana ke perusahaan yang ada di Palas.Pena

  • Kamis, 10 Mei 2018 10:50

    KPU Palas Rapim Bersama PPK dan Sekretaris

    Mengusung tema "Sinergitas penyelenggara kunci suksesnya pelaksanaan Pilkada Padang Lawas (Palas) tahun 2018", Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas gelar rapat pimpinan bersama seluruh anggota PPK dan se

  • Selasa, 08 Mei 2018 18:08

    Suksesi Pilkada Palas 2018, Paslon No 1 Teken 'Sepultura' FSPMI Palas

    Pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Tondi Roni Tua dan H. Syarifuddin Hasibuan, yang akan turut berkompetisi pada Pilkada Serentak Kabupaten Palas tahun 201

  • Senin, 07 Mei 2018 17:17

    Kapolres: Kondisi Jalan Nasional di Tapanuli Selatan Rusak Berat

    Kondisi jalan nasional lintas tengah tepatnya di Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tampak dipenuhi lubang. Tidak hanya berlubang, kondisi jalan di kawasan tersebut juga berg

  • Jumat, 04 Mei 2018 09:04

    Debat Terbuka Paslon, Pertanyaan MantapTondi-Syarifuddin

    Pertanyaan yang dilontarkan pasangan calon nomor 1, Tondi-Syarifudin, pada debat publik pemilihan bupati dan wakil bupati Padang Lawas yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas di Aula Hotel Emeral Garden Medan beberapa hari lalu, sangat mantap.

  • Selasa, 01 Mei 2018 17:11

    KPU Palas Gelar Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas gelar debat publik pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) diaula hotel Emeral Garden, Medan, Minggu (29/4/2018)."Debat Publik ini bertujuan

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:27

    Tim Pemenangan Tondi-Syarifuddin Makin Solid

    Keberadaan tim relawan pemenangan Calon Bupati/Wakil Bupati Padang Lawas (Palas), Tondi Roni Tua/Syarifuddin Hasibuan sampai saat ini semakin solid dan terus bekerja di lapangan untuk memenangkan pasa

  • Rabu, 18 Apr 2018 20:08

    Akses Jalan ke Afedling III PTPN4 Sosa Mirip Kolam Buaya

    Warga masyarakat yang bermukim di daerah Disbun Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) merasa resah dengan kondisi dan keadaan badan jalan akses menuju ke lokasi Afdeling III PTPN4 Sosa yang mirip kolam buaya.

  • Selasa, 17 Apr 2018 12:47

    Warga Palas Apresiasi Lagu "Saya Indonesia, Saya Anti Hoax"

    Sejumlah elemen warga masyarakat di Kabupaten Padang Lawas (Palas) memberikan apresiasi dan menyambut baik atas munculnya lagu berjudul, "Saya Indonesia, Saya Anti Hoax", ciptaan Kapoldasu, Irjen Pol

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak