Kamis, 18 Jan 2018 03:19

Aksi di Kejatisu ricuh karena Polisi larang bakar ban

Soal dugaan korupsi dan Pungli, HIMMAH kembali demo PLN Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Kamis, 14 Sep 2017 15:04
Dibaca: 330 kali
UTAMANEWS/Dian
Rudi, staf Humas PLN Sumut saat menerima aksi unjuk rasa mahasiswa HIMMAH, Kamis (14/9).

Menindaklanjuti aksi unjuk rasa hari Kamis lalu, siang tadi HIMMAH Sumut kembali melakukan aksi unjuk rasa di kantor PLN (Persero) wilayah Sumut, di jalan Yos Sudarso Medan.

Abdul Razak Nasution selaku koordinator aksi menyatakan bahwa aksi ini harus kembali mereka lakukan karena tidak tampak adanya respon cepat yang dilakukan oleh General Manajer (GM) PLN Sumut, untuk menindaklanjuti temuan kasus dugaan korupsi dan Pungli yang diekspos oleh HIMMAH Sumut.

"Kami menduga, pemadaman listrik yang masih menjadi keluhan utama masyarakat Sumatera Utara khususnya di kota Medan berkaitan dengan adanya praktik korupsi dan Pungli di instansi PLN," ujar Razak Nasution, yang juga adalah Wakil Ketua HIMMAH Sumut ini, dalam orasinya, Kamis siang (14/9/2017).

Razak kembali menegaskan bahwa mahasiswa Sumatera Utara, khususnya Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (HIMMAH), telah melakukan sejumlah investigasi langsung hingga ke tingkat ranting PLN dan menemukan bahwa pejabat PLN di lingkup Sumatera Utara juga melakukan praktik pungutan liar, pungli ke masyarakat. Salah satunya dengan modus pemasangan baru jaringan listrik ke masyarakat di Simalungun," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada aksi unjuk rasa Kamis lalu, Abdul Razak menyerahkan seekor tikus pada pejabat PLN yang menerima aspirasi mereka.

"Tikus ini perlambang negatif. Kami menduga PLN masih memelihara tikus, maka kami menambahi seekor lagi," ujarnya kepada Rudi, staf Humas​PLN.

Aktifis mahasiswa ini menegaskan bahwa HIMMAH sudah menyurati Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dengan Nomor 01/LP/DPP-Sutra/HW-SU/VIII/2017 tertanggal 24 Agustus 2017, perihal dugaan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang jabatan yang diduga dilakukan oleh Manager PT. PLN (Persero) Rayon Perdagangan Kab. Simalungun dan Manager PT. PLN (Persero) Area Pematangsiantar pada kegiatan Pasangan Sambung Baru (PSB) di Afdeling L, J dan I di PT. Bridgestone SRE Dolok Merangir

"Hasil investigasi lapangan dan wawancara kami, diduga telah terjadi tindak pidana korupsi (pungli) dan penyalahgunaan wewenang serta jabatan (Konspirasi) yang dilakukan oleh PLN, pihak penyedia jasa, serta General Manager PT. Bridgestone SRE Dolok Merangir, yang berpotensi merugikan rakyat dan negara sebesar Rp662.582.000," ungkapnya.

Razak kemudian merinci modus pungli tersebut, dan menegaskan bahwa 398 Pasangan Sambung Baru (PSB) dengan daya 1.300 VA itu secara administrasi memakai ‬nama‭ ‬masing-masing‭ ‬ ‭ ‬karyawan, padahal perumahan tersebut merupakan inventaris perusahaan, bukan pribadi.

"Selanjutnya, diduga PSB itu tidak memiliki Sertifikasi Laik Operasi (SLO) sesuai UU 30 dan 31 Tahun 2009," lanjutnya.

Oleh karenanya, setelah aksi di kantor PLN, HIMMAH ‬Sumut juga mendatangi kantor Kejaksaan untuk mendesak Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memeriksa Manager PLN Perdagangan, Sawun Waluyo‭, Manager PLN Area Pematangsiantar Kristianto‭, Penyedia Jasa Arsad‬‬ Siregar‭ dan GM Bridgestone SRE Dolok Merangir. 

"Tangkap Koruptor....!!!" tegas Razak.

Sementara Rudi, staf Humas PLN yang menanggapi aksi mahasiswa menyatakan bahwa hari Senin, (18/9/2017), pihaknya akan melakukan investigasi langsung ke PLN Rayon Pematangsiantar dan Unit Rayon Perdagangan.

"PLN sudah membentuk tim agar turun ke unit rayon Perdagangan dan rayon Pematangsiantar untuk investigasi langsung. Kami minta bantuan agar turut bersama hari Senin ini langsung ke lapangan," ujar Rudi menganggapi aksi mahasiswa tadi.

Mendengar tanggapan PLN, Razak mengatakan PW HIMMAH Sumut siap mengawal dan membantu tim yang dibentuk PLN Sumut ketika turun ke lapangan.

"Ini adalah wujud komitmen HIMMAH Sumut selaku sosial kontrol. Senin kita siap turun bersama tim PLN. Kami memiliki bukti yang dimuat dalam kepingan disk (CD), berupa audio visual pernyataan langsung dari konsumen pasangan baru. CD ini akan kami antar sekarang juga ke aparat penegak hukum, yakni Kejaksaan Tinggi Sumut," ujar Razak sambil menunjukkan kepingan CD tersebut.

Massa kemudian melanjutkan aksi ke Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut, di jalan AH Nasution Medan.

Di kantor Kejaksaan, sempat terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dengan aparat karena petugas memadamkan api di ban bekas yang dibakar.

Di sini, Sumanggar Siagian selaku Kepala Humas Kejati Sumut mengatakan bahwa Kajati Sumut sudah diproses.

"Dugaan korupsi dan Pungli di rayon Pematangsiantar dan unit rayon Perdagangan yang dilaporkan HIMMAH Sumut sudah di Kajati, tinggal menunggu disposisi Kajati ke Penkum," tutur Sumanggar sambil menerima bukti audio visual yang diburning ke CD dari Abdul Razak.

Editor: Budi

T#g:HimmahJaksapln
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jan 2018 14:26

    Jaksa Limpahkan Tersangka Kasus Korupsi Kantor BPBD Kepulauan Selayar

    Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, resmi melimpahkan dua orang tersangka dugaan kasus tindak pidana koruspi pada proyek pembangunan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daer

  • Rabu, 03 Jan 2018 11:03

    Mengaku Kasi Intel Kajari, Pria Ini Peras Kadis Perkim Sergai

    Danil Harahap, 35 tahun, warga Dusun 3 Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, dan Wira Surya, 31 tahun, warga dusun 9 desa Pirdaus kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), harus m

  • Sabtu, 30 Des 2017 21:10

    Refleksi Akhir Tahun HIMMAH Sumut, Duka Cita di PLN Wilayah Sumatera Utara

    Wakil Ketua Umum PW. HIMMAH Sumatera Utara, Abdul Razak Nasution dalam refleksi akhir tahun 2017 menyatakan, "Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa satu dari sembilan Nawa Cita Presiden Joko Wid

  • Jumat, 22 Des 2017 12:52

    Tiga BUMN Berbagi Kebahagiaan Menyambut Natal Bersama 1.000 Anak Yatim Piatu di Sumut

    Tiga Perusahaan BUMN yakni PTPN III Holding (Persero), PT Bank BTN (Persero) dan PT Inalum (Persero) menggelar program BUMN Hadir Untuk Negeri dengan tema "BUMN Berbagi Melalui Santunan Kepada Anak Pa

  • Kamis, 21 Des 2017 18:01

    Kejatisu Akui Ada Pungli Pada PSB di Perumahan Karyawan PT. Bridgestone SRE Dolok Merangir

    Staf Humas Kejati​ Sumut mengakui bahwa sesuai hasil telaah aparatur Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), telah terjadi Pungli (pungutan liar) pada kegiatan Pasang Sambung Baru (PSB) di k

  • Kamis, 21 Des 2017 16:21

    Polisi dan Mahasiswa Nyaris Baku Pukul di Kantor PLN Sumut

    Sejumlah Polisi berseragam lalu lintas tampak bersitegang dan nyaris terlibat aksi pemukulan di kantor PLN Wilayah Sumut, jalan Yos Sudarso Medan, Kamis siang, (21/12/2017).

  • Kamis, 21 Des 2017 13:41

    Di tengah gerimis, mahasiswa tuntut GM PLN Sumut dicopot

    Aroma korupsi yang terjadi di tubuh PT. PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara sesungguhnya bisa dicium lewat beberapa indikator, antara lain klaim surplus tapi pemadaman masih sering terjadi, tidak ada

  • Selasa, 12 Des 2017 13:52

    Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Rayon Gunung Tua Antisipasi Gangguan

    Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2018, PLN (Persero) Rayon Gunung Tua fokus untuk melaksanakan pekerjaan pembersihan jaringan dan pemeliharaan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi

  • Kamis, 07 Des 2017 21:27

    Timsus Kejari Asahan Geledah RSUD Batubara

    Tim Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Batubara, Kamis siang (7/12) menggeledah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batubara. Ada sejumlah ruangan diperiksa di antaranya ruang pelayanan, ruang farmasi dan ru

  • Kamis, 07 Des 2017 23:57

    Warga Lobu Siregar Terima CSR PT. PLN (Persero) P3B

    Bupati Tapanuli Utara, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung bersama dengan Ketua TP PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan boru Simamora menghadiri penyerahan CSR Tahun 2017 dari

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak