Minggu, 24 Sep 2017 15:21
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Setelah 47 tahun, Arus Sitepu kini punya Buku Nikah untuk Naik Haji

50 Warga Langkat Nikah Massal,

Setelah 47 tahun, Arus Sitepu kini punya Buku Nikah untuk Naik Haji

LANGKAT (utamanews.com)
Oleh: Nur Amin
Kamis, 10 Agu 2017 18:50
Dibaca: 179 kali
Dok
Arus Sitepu dan istrinya Sama beru Bangun diapit panitia Sidang isbath nikah massal
Arus Sitepu, 64 tahun, dan istrinya Sama beru Bangun, tersenyum sumringah. Warga Marike ini akhirnya mendapatkan buku nikah setelah menikah 47 tahun.

"Senanglah udah punya buku nikah," katanya di MTS Al Ihsan Marike, Kecamatan Kutambaru, Kamis (10/8). 

Mereka adalah peserta sidang isbat massal yang digelar oleh Pengadilan Agama, Departemen Agama dan Disdukcapil Langkat.

Arus mengatakan belum mengurus administrasi pernikahan mereka karena ketika menikah, dia dan istrinya belum memeluk agama apapun. Pernikahan hanya berlangsung secara adat.

Keinginannya, untuk membuat buku nikah, akhirnya terbersit sejak menjadi umat muslim pada tujuh tahun lalu. Sejak itu, dia pun ingin menunaikan keinginannya untuk berhaji atau sekedar umroh. Sebelumnya dia dan istrinya menganut agama kepercayaan.

"Kalau nggak ada buku nikah nggak bisa naik haji," ungkapnya sembari tertawa.

Sebagai petani sawit, dia berharap hasil panen bisa ditabung sebagai modal naik haji. "Nabung dululah baru kita pikirkan. Soalnya mendaftar pun belum," katanya.

Peserta lainnya, Rejeki Perangin-angin, mengatakan sengaja mengurus buku nikah karena terdesak kebutuhan administrasi kependudukan, khususnya untuk kebutuhan anak sekolah. "Anak-anak harus punya akte lahir. Kalau belum punya buku nikah belum bisa buat akte lahir," katanya.

Kasi Binmas Islam, Departemen Agama Farhan Indra mengatakan, peserta sidang isbat adalah pasangan yang sudah menikah secara agama.

"Hari ini ada 50 peserta sidang isbat. Khusus yang sudah menikah secara agama dan yang menikah pindah agama," katanya.

Dia mengatakan kegiatan yang digelar agar memudahkan warga untuk memiliki surat nikah. Selain itu juga untuk menyambut hari ulang tahun ke 72 Republik Indonesia.

"Kegiatan ini diikuti warga dari enam kecamatan yakni Bahorok, Salapian, Kutambaru, Serapit, Kuala dan Sei Binge," katanya. 

Editor: Budi

T#g:buku nikahHajinikah
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 17:40

    Satu Jemaah Haji Sosa Wafat di Madinah

    Dari sebanyak 81 orang jemaah haji asal Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, satu orang jemaah haji atas nama Hj. Tiawan Sari Binti Mara Suaduon, warga Desa Pasar Ujung Batu, Bukit berbunga, dinyata

  • Minggu, 17 Sep 2017 22:37

    Wagubsu: Perlu Banyak Even Guna Promosikan Pesona Danau Toba

    Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung membuka Kompetisi Menata Buah dan Sayuran (Table Set Up Competition), di Taman Simalem Resort, Merek Kabupaten Karo, Jumat (15/9).

  • Senin, 11 Sep 2017 18:31

    Wagubsu ajak masyarakat gemar menabung

    Wakil Gubernur Sumatera Utara DR Hj Nurhajizah Marpaung, SH, M.Hum mengajak masyarakat Sumut disiplin menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan. Jika sebagian besar masyarakat Sumut menabung men

  • Jumat, 08 Sep 2017 00:58

    Marhaban Sambut Kedatangan Gubsu Dari Makkah

    Marhaban (lagu-lagu pujian diiringi alat musik rebana untuk menyambut dan menghormati tamu) dilantunkan dengan indah saat Gubsu HT Erry Nuradi dan istri Hj Evi Diana Sitorus tiba di rumah dinas Gubsu

  • Kamis, 07 Sep 2017 16:37

    Wagubsu Sambut Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Medan

    Wagubsu DR Hj Nurhajizah Marpaung SH MH menyambut kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Medan di Asrama Haji Medan Kamis dini hari (7/9/2017). De

  • Selasa, 05 Sep 2017 22:35

    Tengku Erry Lepas Kloter 1 Kembali Ke Tanah Air

    Gubsu H Tengku Erry Nuradi yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah, berkesempatan melepas keberangkatan Kloter 1 Embarkasi Medan untuk kembali ke tanah air.

  • Selasa, 05 Sep 2017 21:05

    Peringatan 12 Tahun Wafatnya 2 Mantan Gubernur Sumut

    Memperingati 12 tahun wafatnya dua tokoh besar Sumatera Utara (Sumut), HT Rizal Nurdin dan H Raja Inal Siregar yang gugur dalam menjalankan tugas, jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) menggelar pemba

  • Senin, 04 Sep 2017 09:04

    Tengku Erry Bertemu Imam Besar Masjidil Haram dan Mengajaknya Kunjungi Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah, bertemu Imam Besar Masjidil Haram dan mengajaknya untuk datang ke Kota Medan, Sumatera Utara.Ajakan tersebut disampa

  • Jumat, 01 Sep 2017 19:51

    Sumut Berkurban untuk Kikis Kesenjangan

    Pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada Jumat, 1 September 2017, Pemerintah Provinsi Sumut mendistribusikan 149 hewan kurban untuk 33 Kabupaten/Kota Sumatera Utara.Di antara hewan-hewan

  • Rabu, 30 Agu 2017 19:30

    Gubsu Erry Tinjau Persiapan Jamaah Haji Sumut Berangkat ke Arafah

    Gubsu Tengku Erry Nuradi yang berada di Mekkah menunaikan ibadah haji berkesempatan meninjau persiapan jamaah haji Sumut menjelang keberangkatan ke Arafah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak