Jumat, 20 Jul 2018 07:52

Saut: Nangkep-nangkepin orang cuma satu fungsi dari KPK

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 09 Agu 2017 17:59
Dok
Saut Situmorang di UPH Medan, Rabu (9/8).

Saut Situmorang, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa operasi tangkap tangan (OTT) untuk menangkap pelaku korupsi hanya satu bagian dari fungsi KPK.

"Nangkep-nangkepin orang cuma satu fungsi dari KPK. Cuma satu fungsi selain pencegahan, koordinasi, supervisi, dan monitoring. Kalian kan paling senang kalau lihat OTT, benci banget dengan koruptor. Tapi itu cuma satu per lima dari fungsi KPK," tutur DR Saut Situmorang di hadapan seratusan mahasiswa universitas Pelita Harapan (UPH) dalam seminar "Peran perguruan tinggi dalam pemberantasan korupsi", di Lippo Plaza, Medan, siang tadi, Rabu (9/8).

"Menjarakan orang itu tidak keren kalau indeks persepsi korupsi tetap rendah," jelasnya.

Pimpinan KPK berlatarbelakang intelijen ini menjelaskan bahwa saat ini indeks persepsi korupsi Indonesia berada di angka 37-38. Ini sangat jauh dibandingkan Singapura dengan angka 80 atau dengan Malaysia yang 50.

"Rendahnya indeks ini disebabkan kita belum menerapkan sistem pelayanan publik yang maksimal, dan besarnya peluang terjadinya KKN. Apalagi di Sumut akrab dengan isu primordial," terangnya.

Saut kemudian memaparkan poin-poin yang dijadikan parameter untuk menilai indeks persepsi korupsi. 

Satu poin yang paling penting untuk menghilangkan korupsi, menurut Saut adalah integritas.

"Bicara integritas maka kita tidak hanya bicara korupsi, namun berbicara membangun kesejahteraan bangsa ini dan meningkatkan daya saing bangsa di dunia global," ungkapnya. 

"Tidak korupsi saja tidak cukup. Jangan bangga tidak korupsi, kalau anda tidak membangun daya saing," tukasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh DR Jonathan L. Parapak, Presiden Yayasan UPH, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Kadis Pendidikan Sumut Drs Arsyad Lubis.

Editor: Budi

T#g:kpkSaut SitumorangUPH
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 20:38

    Pasca OTT Bupati Pangonal Harahap, KPK Geledah dan Segel Sejumlah Kantor di Labuhanbatu

    Tindak lanjuti Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan orang nomor 1 di Labuhanbatu, Tim KPK langsung melalukan penggeledahan di ruangan kantor Badan Keuangan Pemkab Labuhanbatu, jalan M Idris Ke

  • Rabu, 18 Jul 2018 05:58

    Masyarakat Labuhanbatu Pesimis Bupati Pangonal Harahap Jadi Tahanan KPK

    Kurang dari 24 jam beredarnya kabar penangkapan Bupati Labuhanbatu, H. Pangonal Harahap oleh KPK dan membuat gempar publik Kabupaten Labuhanbatu. Pantauan UTAMANEWS.COM, hal tersebut bukan tanpa

  • Rabu, 04 Jul 2018 20:44

    KPK Tahan Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya resmi menahan 3 dari 38 mantan Anggota DPRD Sumut yang sudah menjadi tersangka sejak Maret 2018 lalu.

  • Sabtu, 30 Jun 2018 05:30

    KPK Tahan Anggota DPR PPP Asal Sumut, 1 dari 38 Tersangka Suap Gatot

    Setelah menjalani pemeriksaan di hari Jum'at (29/6/2018), Fadly Nurzal, Anggota DPR RI asal Sumut dari partai PPP, dipenjara KPK.

  • Selasa, 29 Mei 2018 16:59

    Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor Bakamla Pusat dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Bakamla, di Aula Gedung Perintis Kemerdekaan, Ja

  • Rabu, 23 Mei 2018 15:03

    Mahasiswa Sumut Tolak Calon Pemimpin Korup

    "Usut tuntas kasus korupsi 38 Anggota DPRD Sumatera Utara-Tolak Calon Pemimpin Korup."

  • Rabu, 23 Mei 2018 04:23

    Sihar Dorong Mahasiwa Jadi Pebisnis

    Tantangan dan beban yang semakin berat di zaman sekarang ini, menjadikan mahasiswa harus lebih produktif. Maka dari ìtu, Sihar Sitorus mendorong mahasiswa untuk berpikir menjadi pebisnis.

  • Senin, 30 Apr 2018 23:10

    Djarot Ceritakan Kasus Gatot Pujo Nugroho Di Labura

    Djarot Saiful Hidayat mengaku heran saat mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang masa itu gubernurnya dijabat Gatot Pujo Nugroho, mengajukan pinjaman ke pihak swasta. Padah

  • Selasa, 24 Apr 2018 19:24

    KPK Ingatkan Calon Kepala Daerah Awas 'Conflict of Interest'

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan pada calon kepala dan wakil kepala daerah untuk tak melibatkan konflik kepentingan (conflict of interest) dalam pesta demokrasi tahun ini.

  • Senin, 02 Apr 2018 19:02

    Penetapan Tersangka 38 Anggota DPRD Sumut, GMKI: KPK Masih "Tebang Pilih"

    Menanggapi isu terkini yang disorot sejumlah media cetak dan online terkait surat Deputi Penindakan KPK Aris Budiman yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, pada Jum'at (29/3/2018),

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak