Sabtu, 20 Jan 2018 04:01

Solidaritas Rohingya

Ratusan Massa Ormas Islam Aksi Damai di DPRD Deliserdang

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Herda
Jumat, 08 Sep 2017 19:58
Dibaca: 429 kali
Dok
Aksi massa di Deli Serdang, Jumat (8/9).

Ratusan massa gabungan Aliansi Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Masyarakat Deliserdang melaksanakan aksi demo di DPRD Deliserdang untuk aksi solidaritas Rohingnya, Jumat (8/9) sekira pukul 14.30 Wib.

Dengan membawa spanduk bertuliskan "Save Rohingnya", ratusan massa ini tiba di Kantor DPRD Deliserdang dengan pengawalan ketat personil Polres Deliserdang. Dalam pernyataannya, massa menuntut agar Myanmar menghentikan kekerasan terhadap Umat Muslim Rohingnya di Myanmar. 

"Kami minta Myanmar agar menghentikan kebiadaban-kebiadaban terhadap umat Muslim Rohingnya di Myanmar," ujar orator massa.

Massa juga menuntut agar Duta Besar (Dubes) Myanmar di Indonesia diusir.

"Usir Dubes Myanmar dari NKRI, putuskan hubungan diplomatis dengan Myanmar," teriak massa.

Massa juga meminta agar DPRD Deliserdang   menyampaikan anspirasi mereka ke  DPR RI, Presiden RI dan mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaksanakan sidang luar biasa untuk mengultimatum Myanmar menghentikan kekerasan terhadap Umat Muslim Rohingnya serta mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan Asean.

Sekira 30 menit berorasi, Kasat Binmas Polres Deliserdang AKP M.A Ritonga pun menemui massa. 

Di depan massa, M.A Ritonga pun mengatakan jika pimpinan DPRD Deliserdang bersedia menerima perwakilan massa di gedung DPRD Deliserdang.

"Kami telah bernegoisasi dengan pimpinan dewan dan bersedia menerima perwakilan massa," terang M.A Ritonga.

Namun massa menolak untuk menemui pimpinan dewan, dan meminta pimpinan dan anggota DPRD yang menemui mereka. "Kami aksi damai dan bukan musuh. Kami minta dewan terhormat yang dipilih masyarakat menemui kami dan mendengar anspirasi kami," ujar massa.

Selang tak berapa lama, Ketua DPRD Deliserdang Ricky Prandana Nasution, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Imran Obos dan anggota DPRD Deliserdang Bayu Sumantri Agung pun menemui massa. 

Di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Deliserdang, mereka pun membacakanmembacakan pernyataan sikap, di antaranya mengecam kekerasan terhadap Rohingnya, meminta pemerintah Indonesia melalui diplomatis agar mendesak Myanmar menghentikan kekerasan terhadap umat muslim Rohingnya serta meminta pemerintah Indonesia agar mempertimbangkan keanggotaan Myanmar sebagai anggota Asean.

Koordinator Aksi, Ibnu Hajar, dalam orasinya membacakan pernayataan sikap yaitu mendesak Asean untuk menekan Myanmar agar menghentikan parktik genosida terhadap etnis  Rohingnya dan mempertimbangkan pembekuan keanggotan Myanmar di Asean.

Meminta pemerintah Indonesia memutuskan hubungan dimplomatik dengan Myanmar, mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional untuk mengadili pihak-pihak yang bertanggungjawab atas praktik genosida terhadap etnis Rohingnya.

Mendesak para aktifis HAM dan Kemanuniasaan di seluruh dunia untuk memberikan perhatian serius terhadap kasus genosida terhadap etnis Rohingnya.

Meminta pemerintah Indonesia agar menyediakan kawasan untuk menampung sementara  pengungsi Rohingnya.

Selanjutnya Ibnu Hajar pun menyerahkan pernyataan sikap ke Ketua DPRD Deliserdang Ricky Prandana Nasution.

Di hadapan massa, Ketua DPRD Deliserdang Ricky P. Nasution menegaskan jika pihaknya akan menyampaikan semua anspirasi massa ke Presiden dan pimpinan DPR RI serta jajarannya.

"Saya mengajak agar masyarakat Deliserdang menolak kekerasan terhadap Rohingnya," tegas Ricky.

Setelah mendengarkan pernyataan Ketua DPRD Deliserdang, massa pun membubarkan diri dan meninggalkan Kantor DPRD Deliserdang.

Editor: Budi

T#g:aurDeli SerdangRohingya
Berita Terkait
  • Senin, 15 Jan 2018 22:05

    90 Warga Lubuk Pakam Diduga Keracunan Usai Makan Mie Rebus

    Sedikitnya 90 warga Lubuk Pakam keracunan setelah memakan mie rebus yang dibagikan oleh keluarga Rubini (66) warga Lingkungan II, Jalan Negara, Gang Lembaga, Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam

  • Senin, 15 Jan 2018 16:45

    Parah, Guru SD Ini Rutin Konsumsi Sabu Selepas Mengajar

    Lukman alias Pak Guru (53) perilakunya tidak menggambarkan seorang guru. Sebagai tenaga pendidik seharusnya pria yang tinggal di Jalan Irian Gang Karya Nomor 63, Kelurahan Tanjung Morawa Pekan, Kecama

  • Sabtu, 06 Jan 2018 20:46

    Jelang Pilkada, Polres Deli Serdang Gelar Operasi Mantap Praja Toba

    Kapolres Deliserdang AKBP Eddy Suryantha Tarigan memimpin Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Toba Tahun 2018 di Lapangan Bola Kaki  Mapolres Deliserdang, Sabtu (6/1/2018).Apel ini dihadiri Wakil B

  • Kamis, 04 Jan 2018 20:34

    Kampak Tabagsel Minta Kadis Perhubungan Ditangkap

    Puluhan massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi (Kampak Tabagsel) berunjuk rasa menuntut Kadis Perhubungan Padangsidimpuan segera ditindak dan ditangkap, Kamis (4/1/2018). Pasalnya, ia

  • Jumat, 29 Des 2017 13:49

    Video Hisap Sabu Viral di Medsos, Oknum Polisi Deli Serdang Diamankan

    Seksi Propam Polres Deli Serdang  mengamankan Bripka D personil Polres Deli Serdang yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Petumbukan, Kecamatan Galang wilayah hukum (wilkum) Polsek Galang

  • Kamis, 21 Des 2017 22:21

    Wabup Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Deli Serdang

    Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars pimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2017, di Lapangan Bola Kaki Mapolres Deli Serdang, Kamis (21/12/2017). Kegiatan ini diikuti ratusan personil gabun

  • Rabu, 20 Des 2017 05:20

    Peringati Hari Ibu ke 89, Wabup Deli Serdang Titip Tiga Pesan

    Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars menitipkan tiga pesan yang harus selalu diingat kaum ibu.

  • Selasa, 19 Des 2017 16:59

    FAM-DL Demo PT SIP, Tuntut Perekrutan Tenaga Kerja Lokal

    Puluhan warga dari Empat Desa yakni Desa Lalang, Medang, Pakam dan Kuala Tanjung, Kecamatan Medang Deras dan Sei Suka Kabupaten Batu Bara yang tergabung dalam Forum Angkatan Muda Desa Lalang (FAM-DL)&

  • Selasa, 19 Des 2017 16:19

    Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Merangkak Naik

    Menjelang Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat di Lubuk Pakam Deli Serdang sekitarnya mulai merangkak naik.

  • Selasa, 19 Des 2017 02:19

    Bupati Serahkan Trophy Lomba Deli Serdang Berseri

    Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan diwakili Asisten II Hj Sa'adah Lubis MAP menyerahkan tropy penghargaan lomba Deli Serdang Berseri dan Konservasi Lingkungan Hidup pada Senin (18/12/2017) di

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak