Rabu, 20 Sep 2017 14:25

Solidaritas Rohingya

Ratusan Massa Ormas Islam Aksi Damai di DPRD Deliserdang

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Herda
Jumat, 08 Sep 2017 19:58
Dibaca: 328 kali
Dok
Aksi massa di Deli Serdang, Jumat (8/9).

Ratusan massa gabungan Aliansi Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Masyarakat Deliserdang melaksanakan aksi demo di DPRD Deliserdang untuk aksi solidaritas Rohingnya, Jumat (8/9) sekira pukul 14.30 Wib.

Dengan membawa spanduk bertuliskan "Save Rohingnya", ratusan massa ini tiba di Kantor DPRD Deliserdang dengan pengawalan ketat personil Polres Deliserdang. Dalam pernyataannya, massa menuntut agar Myanmar menghentikan kekerasan terhadap Umat Muslim Rohingnya di Myanmar. 

"Kami minta Myanmar agar menghentikan kebiadaban-kebiadaban terhadap umat Muslim Rohingnya di Myanmar," ujar orator massa.

Massa juga menuntut agar Duta Besar (Dubes) Myanmar di Indonesia diusir.

"Usir Dubes Myanmar dari NKRI, putuskan hubungan diplomatis dengan Myanmar," teriak massa.

Massa juga meminta agar DPRD Deliserdang   menyampaikan anspirasi mereka ke  DPR RI, Presiden RI dan mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaksanakan sidang luar biasa untuk mengultimatum Myanmar menghentikan kekerasan terhadap Umat Muslim Rohingnya serta mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan Asean.

Sekira 30 menit berorasi, Kasat Binmas Polres Deliserdang AKP M.A Ritonga pun menemui massa. 

Di depan massa, M.A Ritonga pun mengatakan jika pimpinan DPRD Deliserdang bersedia menerima perwakilan massa di gedung DPRD Deliserdang.

"Kami telah bernegoisasi dengan pimpinan dewan dan bersedia menerima perwakilan massa," terang M.A Ritonga.

Namun massa menolak untuk menemui pimpinan dewan, dan meminta pimpinan dan anggota DPRD yang menemui mereka. "Kami aksi damai dan bukan musuh. Kami minta dewan terhormat yang dipilih masyarakat menemui kami dan mendengar anspirasi kami," ujar massa.

Selang tak berapa lama, Ketua DPRD Deliserdang Ricky Prandana Nasution, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Imran Obos dan anggota DPRD Deliserdang Bayu Sumantri Agung pun menemui massa. 

Di hadapan pimpinan dan anggota DPRD Deliserdang, mereka pun membacakanmembacakan pernyataan sikap, di antaranya mengecam kekerasan terhadap Rohingnya, meminta pemerintah Indonesia melalui diplomatis agar mendesak Myanmar menghentikan kekerasan terhadap umat muslim Rohingnya serta meminta pemerintah Indonesia agar mempertimbangkan keanggotaan Myanmar sebagai anggota Asean.

Koordinator Aksi, Ibnu Hajar, dalam orasinya membacakan pernayataan sikap yaitu mendesak Asean untuk menekan Myanmar agar menghentikan parktik genosida terhadap etnis  Rohingnya dan mempertimbangkan pembekuan keanggotan Myanmar di Asean.

Meminta pemerintah Indonesia memutuskan hubungan dimplomatik dengan Myanmar, mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional untuk mengadili pihak-pihak yang bertanggungjawab atas praktik genosida terhadap etnis Rohingnya.

Mendesak para aktifis HAM dan Kemanuniasaan di seluruh dunia untuk memberikan perhatian serius terhadap kasus genosida terhadap etnis Rohingnya.

Meminta pemerintah Indonesia agar menyediakan kawasan untuk menampung sementara  pengungsi Rohingnya.

Selanjutnya Ibnu Hajar pun menyerahkan pernyataan sikap ke Ketua DPRD Deliserdang Ricky Prandana Nasution.

Di hadapan massa, Ketua DPRD Deliserdang Ricky P. Nasution menegaskan jika pihaknya akan menyampaikan semua anspirasi massa ke Presiden dan pimpinan DPR RI serta jajarannya.

"Saya mengajak agar masyarakat Deliserdang menolak kekerasan terhadap Rohingnya," tegas Ricky.

Setelah mendengarkan pernyataan Ketua DPRD Deliserdang, massa pun membubarkan diri dan meninggalkan Kantor DPRD Deliserdang.

Editor: Budi

T#g:aurDeli SerdangRohingya
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Sep 2017 05:19

    Kasat Binmas Polres Deli Serdang Meninggal Sesaat Sebelum Sertijab

    Kabar duka mewarnai sertijab Ajun Komisaris Polisi (AKP) Parlin Nainggolan yang akan dilantik menjadi Kasat Binmas Polres Deli Serdang, Senin (18/9/2017).

  • Sabtu, 16 Sep 2017 08:46

    Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga ikuti aksi Unjukrasa Peduli Rohingya

    Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah bersama masyarakat lintas agama Sibolga Tapteng mengikuti aksi unjukrasa Peduli Rohingya dengan melakukan long march keliling kota Sibolga yang dimulai dari de

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:05

    Bupati Ingatkan Pimpinan SKPD Tanggap Terhadap Situasi di Tengah-Tengah Masyarakat

    Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan mengingatkan seluruh pimpinan SKPD jajaran Pemkab Deli Serdang untuk selalu tanggap terhadap situasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya yang

  • Kamis, 14 Sep 2017 16:04

    Konflik SARA, Bungkus Kepentingan di Rohingya

    Akhir-akhir ini, pemberitaan media nasional maupun internasional tengah menyoroti krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di Rakhine, Myanmar.

  • Kamis, 14 Sep 2017 07:34

    Pengurus Yayasan Vihara Buddha Narada Gelar Aksi Peduli Rohingya

    Dengan adanya toleransi, kita dapat menghargai dan menghormati kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar, khususnya kehidupan antar umat beragama.

  • Rabu, 13 Sep 2017 20:03

    Wabup Deli Serdang Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan P-APBD 2017

    Wakil Bupati Deli Serdang H. Zainuddin Mars menyampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Deli Serdang Tah

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:53

    Ratusan Massa FP3HH Minta DPRD Humbang Hasundutan Jalankan Hak Angket

    Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama, pemuda, dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) aksi damai ke gedung DPRD Humbang Hasundutan, Rabu (13

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:43

    FPMR Palas Kirimkan Dana Rp17,5 Juta untuk Muslim Rohingya

    Setelah delapan hari terakhir melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu muslim Rohingya, mulai Hari Senin-Senin, (4-11/9/2017) lalu, Forum Peduli Muslim Rohingya Kabupaten Padang Lawas (FPMR

  • Rabu, 13 Sep 2017 02:03

    Tengku Erry Dorong Hortikultura Sumut Tembus Pasar Global

    Gubsu Tengku Erry Nuradi resmi membuka Pekan Pasar Petani Sumut 2017 di lapangan KB kompleks Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (12/9/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak