Senin, 18 Jun 2018 22:32
Iklan Paslon Paluta

Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Minggu, 17 Sep 2017 11:07
Dok
Ketua Pusdib KLH Unimed, Syarifuddin, M.Sc., Ph.D menyerahkan Tropi Juara Umum tingkat SMP.
Selamat Puasa Paluta

Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sangat memprihatinkan. 

"Konversi hutan telah terjadi secara masif dalam 20-30 tahun terakhir sehingga hanya sedikit sekali hutan hujan tropis alami yang terdapat di Sumatera Utara yang masih tersisa," ujarnya, Sabtu (16/9).

Kebakaran hutan yang terjadi pada rawa gambut di Indonesia, terutama di Sumatera dan Kalimantan sungguh telah sangat mengkhawatirkan dan terjadi setiap tahun serta telah menjadi perhatian serius masyarakat dunia, bahkan asapnya bukan hanya menyebabkan gangguan serius secara lokal tetapi juga sangat mencemari atmosfer negara tetangga.

Syarifuddin, Pakar Lingkungan Alumni Canada dan Australia ini menambahkan Hutan Manggrove, yang berperan sangat penting dalam melindungi pantai dan habitat bagi biota laut, telah terdegradasi berat karena dikonversi menjadi tambak, sawah atau tempat hunian. Dan, yang lebih parah lagi adalah rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampahnya, meskipun peran pemerintah juga terkesan masih rendah dalam memperhatikan yang cukup dalam mengelola sampah tersebut. 

Pencemaran terhadap lingkungan mulai dari rumah tangga, pertanian, kendaraan hingga pabrik telah membuat bank air, udara dan tanah terutama di kota-kota cukup tercemar. Sayangnya perhatian masyarakat termasuk siswa dalam berbagai permasalahan lingkungan tersebut masih rendah jika tidak mau dikatakan sangat rendah. 

Karena itu kegiatan olimpiade pengetahuan lingkungan hidup ini diharapkan mendorong siswa untuk mengetahui dan belajar tentang pengetahuan lingkungan lebih sering dan intens, dan pada gilirannya siswa akan bersikap. 

Di akhir sambutannya, beliau mengajak dan memandu seluruh peserta Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Berikrar dan berjanji untuk menyelamatkan lingkungan di Indonesia, berjanji untuk menjadi duta-duta lingkungan di sekolah masing-masing. 

Wakil Rektor II Universitas Negeri Medan, Dr. Restu, M.S. dalam sambutan dipembukaan acara mengatakan bahwa kegiatan ini cukup inspiratif dan mudah-mudahan dapat menjadi wahana bagi pembentukan karakter siswa/siswi di Sumatera Utara untuk mencintai lingkungan. 

Lingkungan harus dijadikan media dalam pembelajaran di sekolah, karena lingkungan satu bentuk konkrit alami yang dekat dengan siswa. 

"Saya juga berharap agar seluruh sekolah di Sumatera Utara dapat membentuk lingkungan hidup di sekitar sekolah agar dapat dijadikan media belajar, sekaligus media perangsang hidup sehat. Kami Unimed dengan kemampuan kami akan selalu berbuat untuk kemajuan peningkatan kualitas pendidikan di Sumatera Utara dan mendorong terciptanya lingkungan hidup sekolah yang nyaman dan mensejahterakan," ujarnya.

Ketua Panitia Amrizal, S.Si., M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara ini bertujuan mensosialisasi pengetahuan lingkungan hidup melalui tingkat pemahaman berdasarkan uji kompetensi secara tertulis dan lisan. Sedangkan manfaatnya yakni : a) anak didik (siswa) meningkatkan kesadaran dan kepedulian pentingnya cinta terhadap lingkungan hidup. b) merubah perilaku anak didik agar tertanam dalam jiwa raganya menjadi insan yang peduli terhadap lingkungan hidup. 

Tema kegiatan ini adalah "Melindungi Ozon, melindungi Kita".

Kegiatan Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang ke-9 ini diikuti oleh 971 peserta dengan rincian untuk tingkat SD/MI diikuti 230 siswa dari 75 sekolah. Untuk tingkat SMP/MTs diikuti 348 siswa yang berasal dari 42 sekolah dan untuk tingkat SMA/MA/SMK  diikuti oleh 393 siswa dari 38 sekolah di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Pemenang untuk tingkat SD/MI yakni : Juara I : M. Gafrans Harahap dari SD Qurrata Ayyun Tebing Tinggi, Juara 2 : Keiza Adeeta AF dari SD Namira Medan, Juara 3 : Salfiza Salwa nasution dari MIN 1 Medan, Untuk pemenang Harapan 1 : Nadhira Adya Arsang dari SD Asy-Syafiyyah, Harapan 2 : Irene Feby Rotua M, dari SD Swasta Budidarma Tebing Tinggi, Harapan 3 : Seli Syahpika dari MIN Simpang 4, Juara umum untuk tingkat SD yakni SD Qurrata Ayyun Tebing Tinggi.

Pemenang untuk tingkat SMP/MTs yakni : Juara 1 : Salman Shiddiq, dari M.Ts Negeri rantau Prapat, Juara 2 : Octaviani P Ginting, dari SMP Negeri 1 Sunggal, Juara 3 : Ohan Prada H Sitorus, dari SMP F Tandean Tebing Tinggi, Harapan 1 : Damar Yudistira, dari SMP N 1 Sunggal, Harapan 2 : M. Rafli, dari SMP N 1 Sunggal, Harapan 3 : Surya Darma, dari SMP N 8 Tebing Tinggi. Juara umum untuk tingkat SMP/MTs yakni SMP Negeri 1 Sunggal.

Pemenang untuk tingkat SMA/MA/SMK yakni : Juara 1 : Puja Fatimah, dari MAN 1 Medan, Juara 2 : Rasyid Ridha, dari SMA Negeri 1 Medan, Juara 3 : Yustinus, dari SMA Negeri 2 Balige, Harapan 1 : Yos Andres, dari SMA Negeri 2 Balige, Harapan 2 : Zidan, dari SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Harapan 3 : Peris Petrus, dari SMA Negeri 2 balige, Juara umum untuk tingkat SMA/MA/SMK yakni : SMA Negeri 2 Balige.

Editor: Budi

T#g:iklimLPM UnimedReboisasiSampah
Berita Terkait
  • Rabu, 28 Feb 2018 06:28

    Gerakan Nasional Menanam dan Memelihara 25 Pohon di Karo

    Dandim 0205/TK diwakili Kasdim 0205/TK, KUPT Kehutanan Kab Karo, Kepala KPH 15 Kab. Karo, Kepala Manggal Agni Sibolangit dan anggota 10 orang, Kapolsek Tigapanah, KUPT Kehutanan Tahura dan Pers Kodim

  • Kamis, 01 Feb 2018 16:11

    Kadis Lingkungan Hidup Labuhanbatu Minta Masyarakat Dukung Satgas Sampah

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu, untuk menciptakan kota Rantauprapat yang bersih dan sehat, meluncurkan mobil Patroli untuk mendukung kerja Satgas Lingkungan Hidup dalam menjalanka

  • Selasa, 30 Jan 2018 17:00

    Bupati Labuhanbatu: LISA, Lihat Sampah Buang

    Pemkab Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu penting demi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk mewuju

  • Senin, 29 Jan 2018 11:49

    Dandim 0824 Penghijauan Bersama Gerakan Jember Hijau

    Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Plt Sekda Jember Ir Mirfano, dr Abdurohim dan segenap tamu undangan lainnya mengikuti pelaksanakan penghijauan yang dilakukan oleh Gerakan Hijau Jember, di Bernard

  • Kamis, 18 Jan 2018 10:08

    Dandim 0824 dan Kapolres Penghijauan Di Lahan Perhutani Jember

    Masyarakat sekitar hutan bekerjasama dengan Kodim 0824 dan Polres Jember melaksanakan penghijauan yang digagas oleh Perhutani Jember, di lapangan Desa Slateng Kec Ledokomno Kab Jember, Rabu (17/1).Aca

  • Kamis, 18 Jan 2018 08:38

    Dandim 0824: Penghijauan Bersinergi dengan Pondok Pesantren Madinatul Ulum

    Usai melaksanakan penghijauan di lahan milik Perhutani Jember, Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, SE, MM langsung menuju ke Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangking Kecamatan Jenggawah

  • Sabtu, 13 Jan 2018 17:23

    Tas & Topi SMPN 2 Wedung, Demak Ditemukan Terdampar di Pesisir Pantai

    Letak kawasan perairan laut Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang berada pada posisi pertemuan arus, kembali dibuktikan dengan terdamparnya berbagai jenis sampah kiriman dari luar daerah,

  • Jumat, 08 Des 2017 14:48

    Dandim 0824 Pimpin Penghijauan Bersama Ponpes Nurul Islam

    Dalam rangka Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brw Tahun 2017, telah dilaksanakan Penghijauan di lahan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Islam Jember, Jum'at (8/12/2017).Penghijauan tersebut dipim

  • Selasa, 05 Des 2017 09:15

    Tengku Erry: Menanam Pohon, Upaya Mencegah Banjir & Longsor

     Gubsu Tengku Erry Nuradi mengajak masyarakat menjaga lingkungan masing-masing agar senantiasa asri, sejuk, nyaman, indah dan aman.''Mari galakkan gerakan menanam pohon. Dengan adanya p

  • Senin, 20 Nov 2017 21:20

    Tengku Erry Ajak Semua Elemen Dukung Pelestarian Hutan Tropis

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengajak  kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga kelestarian hutan tropis. Karena  ini memberi keuntungan besar bagi masyarakat sekitar dan juga masyar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak