Selasa, 17 Jul 2018 10:37
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ponpes Tanfizh Darul Qur'an Desa bandar Klippa, Memajukan Pendidikan Islami di Deli Serdang

Ponpes Tanfizh Darul Qur'an Desa bandar Klippa, Memajukan Pendidikan Islami di Deli Serdang

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Rafly Tanjung
Senin, 14 Mei 2018 19:14
Rafly Tanjung
Ponpes Tanfizh Darul Qur'an Desa bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang
Kehadiran Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur'an ingin memajukan pendidikan yang Islami di kecamatan Percut Seituan, khususnya dan kabupaten Deliserdang pada umumnya. Ide ini terlahir dari mantan Bupati Deliserdang Alm Drs. H Amri Tambunan ketika masih menjabat sebagai bupati dua periode di kabupaten Deliserdang.

Niat dan impian Almarhum tersebut terwujud sudah dengn berdirinya pondok pesantren Tahfizh Darul Qur'an di Desa Bandar Klippa kecamatan Percut Seituan kabupaten Deliserdang.

Ponpes yang memiliki areal 10 Ha yang berlokasi di jalan Sibang, saat ini menjadi Jl Pesantren Dusun I Senggani Desa Bandar Klippa yang bernaung dibawah Yayasan Islamic Centre Darul Qur'an (Darul Qur'an Islamic Boarding School).



Dewan Pembina dan pendiri Yayasan Dr H Amarullah Nasution, SE, MBA,H Sutan Sahrir Dalimunthe, SH, Hj Erli Haminar Dalimunthe, SH dan Ade Parlaungan Nasution, SE, Msi serta ketua umum yayasan Prof Dr H Hasan Asari Nasution, MA direktur H Yahya Ishak Lc, MA menjadikan Ponpes sebagai pusat pendidikan yang berkontribusi kemajuan Islam di bumi pertiwi ini.

Direktur Ponpes H Yahya Ishak, Lc, MA yang didampingi tokoh komunitas Melayu Bandar Klippa Fadi Kaukibi, SH CN diruang kerja ponpes Senin (15/5) mengatakan ahwanya ponpes tersebut telah memiliki 10 unit bangunan berlantai satu dan berlantai dua dengan 50 ruangan, terdiri dari ruang belajar, asrama, laboratorium, masjid dan ruangan aula serta perkantoran.

Ruangan tersebut dapat menampung ribuan santri, untuk tahun pertama dan tahun kedua untuk didik menjadi santri-santri yang tangguh, disiplin, berdikari dan berdedikasi tinggi serta taat menjalankan syariat Islam.

Menurut Ust.Yahya Ishak pada gelombang pertama testing penerimaan santri baru yang direncanakan hanya 300 orang, namun jumlahnya menjadi 600 orang santri. Sehingga melebihi target yang telah ditentukan. Hal ini memperlihatkan animo masyarakat muslin cukup tinggi untuk masuk pesantren. Untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas tersebut, pihak yayasan harus membangun ruang kelas yang bertingkat, untuk bisa menampung santri tersebut.

Disebutkannya bahwa berdirinya ponpes ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan pendiri/dewan pembina yayasan terhadap derasnya hantaman jahiliyah yang menimpa generasi muda Islam, sehingga harus dibentengi dengan pemahaman Islam sejak dini dengan menanamkan kecintaan terhadap Al Qur'an dan pengamalannya.

"Ponpes Darul Qur'an mempunyai visi misi melaksanakan dakhwah Islamiyah mendirikan dan mengelola lembaga keagamaan serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan syiarnya Islam, berpartisipasi dalampeyebaran nilai-nilai kemanusiaan dan penyaluran bantuan kemanusiaan," ujar Direktur Ponpes H Yahya Ishak.



Sementara itu, tokoh komunitas Melayu Bandar Klippa Fadli Kaukii, SH CN menambahkan bahwa Desa bandar Klippa adalah salah satu desa santri/pelajar. Di Desa ini ada beberapa pendidikan setingkat SMA/SMK serta MA, dan saat ini di wilayah selatan Bandar Klippa sudah berdiri Ponpes Tahfizh Darul Al Qu'ran yang santrinya pada tahun kedua ini mencapai 1000 orang santri.

Lebih lanjut Fadli Kaukibi, menyebutkan untuk menunjang fasilitas umum pihaknya sudah membangun beberapa jembatan, parit jalan berskala ratusan juta rupiah secara swadaya masyarakat tanpa dana APBD dan APBN. Potensi sosial dan potensi alamiah ini harusnya didukung Pemkab Deliserdang dan jajarannya sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Sebab, lanjut Fadli lagi, pembangunan potensi sosial dan potensi alamiah jua tujuan dan target pembangunan bangsa serta menjadikan tolak ukur kelangsungan dan ketahanan hidup bangsa. "Jika Pemkab Deliserdang dan jajarannya passif, maka ini sebuah kelalaian besar dalam memimpin negara," jelasnya.

"Melihat sikap dinamis masyarakat ini, sudah seharusnya pemerintah daerah turun dan melhat langsung pembangunan rakyatnya, masyarakat berharap kepada Pemkab Deliserdang agar secepatnya membangun inftastuktur dan administrasi sebagai pendukung (leverangeeffect) untuk kemajuan bangsa," tegas Fadli.

Kehadiran kontribusi Pemkab Deliserdang ditunggu masyarakat Desa bandar Klippa, sambung Fadli Lagi. "Untuk itu, semoga Bupati Deliserdang dan pemangku jabatan di Pemkab Deliserdang terketuk mata hati dan nuraninya untuk meihat pelosok Desa bandar Klippa Selatan adalah Indonesia", jelas Fadli Kaukibi.

Camat Percut Seituan H Timur Tumanggor, S.Sos, Map secara terpisah menyikapi tentang keberadaan Ponpes Tahfizh Darul Qur'an tersebut mengatakan sangat bersyukur dan bangga atas berdirinya ponpes tersebut. "Syukur Alhamdulilah, kepada segenap inspirator yang telah mendirikan ponpes tersebut," kata Camat di rumah dinasnya.

"Kita sangat mendukung atas berdirinya Ponpes tersebut guna memajukan program pendidikan khususnya di kecamatan Percut Seituan yang berkontribusi untuk kemajuan pendidikan keagamaan,kemanusian dengan bersendikan nilai-nilai Al-Qur'an," kata H Tumanggor.

HT Tumanggor melalui selularnya kepada Direktur Ponpes Yahya Sishak telah menyampaikan kesiapannya untuk melakukan kunjungan ke Ponpes tersebut. Kunjungan itu sebagai bentuk dukungannya terhadap berdirinya ponpes tersebut. "Kita berharap Ponpes Darul Qur'an ini dapat menjadikan generasi muda Islam yang soleh dan soleha berbasiskan Al-Qur'an dan syariat Islam. Sehingga generasi mudabenar-benar menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa," tutur HT Tumanggor selaku Camat di kecamatan Percut Seituan.

Editor: Sam

T#g:PonpesPesantren
Berita Terkait
  • Kamis, 05 Jul 2018 18:25

    RMI NU Diharapkan Jadi Alat Konsolidasi Ponpes NU di Palas

    Keberadaan Rhabithah Ma'ahadi Islamiyah Nadhatul Ulama (RMI NU) atau istilahnya persatuan Pondok Pesantren (Ponpes) berbasis NU di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) diharapkan dapat menjadi s

  • Rabu, 02 Mei 2018 14:02

    Dandim 0824 Hadiri Haflatul Imtihan Di Ponpes Durrotut Tholibin

    Bertempat di Pondok Pesantren Durrotut Tholibin Dusun Krajan Desa Jombang Kec Jombang Kab Jember pada Senin (30/04/2018), dilaksanakan Pengajian dalam rangka Haflatul Imtihan yang dihadiri oleh masyar

  • Senin, 05 Mar 2018 14:35

    Di Labusel, Ijeck: Pendidikan Harus Merata di Seluruh Sumut

    H. Musa Rajekshah, Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor urut 1, mengawali lawatannya ke Labuhanbatu dengan silaturahmi.Saat menghadiri undangan silaturahmi ke Pondok Pesantren Raudlatul Uluum Aek

  • Rabu, 28 Feb 2018 14:38

    Akrab!!! Djarot Silaturahmi ke Ponpes Syekh Salman Daim

    Djarot Saiful Hidayat terlihat sangat akrab dengan Syekh Salman Daim saat Calon Gubernur Sumatera Utara tersebut silaturahmi di Pondok Pesantren Yayasan Syekh Salman Daim di Desa Nagori, Bandar Rejo,

  • Rabu, 21 Feb 2018 21:01

    Jaga Keutuhan NKRI, Santri Jawa Barat Siap Lawan Hoax dengan Produksi Konten Kreatif

    Pondok Pesantren Baitul Hidayah di Bandung merupakan salah satu pesantren dengan pemandangan terindah. "Kami menyebutnya Pesantren di atas awan, karena ketika pagi dan saat-saat tertentu awan mengelil

  • Senin, 19 Feb 2018 21:19

    Syaiful: Sihar Bantu Anak Saya Masuk Pesantren

    Ternyata untuk peningkatan mutu pendidikan anak, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) dinilai sangat perhatian dan selalu memberikan kepedulian. Bahkan Sihar sering memberikan bantuan

  • Rabu, 07 Feb 2018 04:37

    Pesantren di Tengah Pusaran Pilkada

    Kalaulah politik dan pemerintahan kotor, maka pesantrenlah yang membersihkannya.

  • Rabu, 31 Jan 2018 13:41

    Panglima TNI: Sejarah Perjuangan Bangsa Tidak Terlepas Dari Peran Kyai

     Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran para kyai, yang telah meletakkan nilai-nilai dasar untuk bisa dilanjutkan bersama komponen lainnya dalam rangka mempertahankan Negar

  • Jumat, 19 Jan 2018 15:19

    Koramil 0824/15 Bangsalsari Karya Bakti Bersihkan Pesantren Kebanjiran

    Hujan yang turun pada Rabu (17/01/2018) pukul 22.00 Wib mengakibatkan selokan belakang Pondok Pesantren Ar Rosyid meluap dan menjebolkan tembok pondok sehingga ruang asrama pondok putra dan putri keba

  • Kamis, 18 Jan 2018 08:38

    Dandim 0824: Penghijauan Bersinergi dengan Pondok Pesantren Madinatul Ulum

    Usai melaksanakan penghijauan di lahan milik Perhutani Jember, Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, SE, MM langsung menuju ke Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangking Kecamatan Jenggawah

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak