Minggu, 25 Feb 2018 12:28

Pengunjung terkesima budaya Indonesia di Upacara HUT RI ke-72

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Utama News
Kamis, 17 Agu 2017 22:17
Dibaca: 334 kali
ANTARA/Rosa Panggabean
Para penari membawakan tarian Gandrung Banyuwangi menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).
Para tamu undangan dari negara asing yang turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, terkesima dengan penampilan seni dan budaya Indonesia.

"Sangat bagus, saya sangat bahagia. Ini saya pakai kebaya beli dari Padang tahun lalu," kata mahasiswi Universitas Osaka, Jepang Makiko Okada, Kamis siang (17/8), seperti dikutip dari Antara.

Makiko Okada mengikuti upacara bersama sejumlah pemenang lomba pidato berbahasa Indonesia yang mendapat kesempatan mengikuti upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka.

Selain Makiko, mahasiswi Universitas Osaka lain yang juga memenangkan lomba pidato, Yoshino Maki, juga mengaku kaget bertemu dengan Presiden Jokowi yang menghampiri tenda tamu undangan.

"Dia sangat ramah, dan murah senyum. Pidatonya begitu mendalam tentang Indonesia," ujar Yoshino yang mengenakan kimono dan sudah berada di Jakarta selama tiga hari.

Makiko dan Yoshino mengambil jurusan Sastra Indonesia di Universitas Osaka. Mereka tertarik mempelajari sejarah, budaya dan seni Indonesia.

Saat menyaksikan tari-tarian gandrung jejer kembang menur, Makiko terkesima karena gerakan yang selaras dan luwes yang dibawakan para penari.

"Gamelan, bahkan tahun lalu saya belajar tari piring asal Padang dan juga silat," ujar Makiko menjelaskan ketertarikannya akan seni budaya dari zamrud khatulistiwa.

Becak

Selain itu, Daan Goppel, seorang pegawai negeri sipil asal Negeri Kincir Angin atau Belanda yang juga memenangkan lomba pidato berbahasa Indonesia mengatakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan yang diikutinya sangat meriah dan tidak kaku.

"Luar biasa, dia orang yang baik untuk Indonesia, Pak Jokowi, saya lihat dia mengubah Jakarta menjadi lebih baik, dan Indonesia juga," ujar Daan yang juga mempelajari Bahasa Indonesia.

Oleh karena rasa cintanya dengan Indonesia, Daan bahkan membeli becak dari Yogyakarta dan dibawa ke Amsterdam,Belanda untuk dijadikan kendaraan tur wisata sejarah.

Dia mengaku tur becak di Amsterdam adalah hal yang menarik karena bentuknya yang beroda tiga.

Kendati bekerja sebagai pegawai negeri sipil, Daan mengerjakan usaha tur wisata sejarah menggunakan becaknya seorang diri.

"Kenapa saya memilih becak, karena tidak berisik, alami, tidak berpolusi," tambah Daan yang menamakan pelayanan turnya Becak Amsterdam. 

Sebelum upacara dimulai, tamu undangan dan masyarakat yang telah berada di lingkungan Istana Merdeka disuguhkan dengan sejumlah pertunjukan kesenian.

Tarian Jejer Kembang Menur dari Banyuwangi memukau para tamu undangan serta lagu-lagu perjuangan oleh Gita Bahana Nusantara turut membangkitkan semangat peserta upacara dan tamu undangan.

Selain itu marching band dari TK Kinderfield Duren Sawit dan penampilan Ari Laso di tengah lapangan Istana Merdeka menambah riuh suasana.

T#g:HUT RIJokowiBudaya
Berita Terkait
  • Senin, 19 Feb 2018 12:19

    Dandim 0824 Buka Performing Art Kolosal Bolo Srewu Jaranan Barong

    Performing Art Bolo Srewu Jaranan Barong merupakan sejenis festival Reog atau Jaranan Barong yang diikuti sekitar 500 group yang berasal dari Jember maupun wilayah tapal kuda, yang diprakarsai oleh De

  • Senin, 19 Feb 2018 06:49

    Cegah Anies Dampingi Presiden, Paspampres Hanya Ikuti Daftar Nama dari Panitia

    Usai pertandingan final Piala Presiden 2018, beredar video pendek saat-saat menjelang penyerahan piala. Dalam video terlihat anggota Paspampres mencegah Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk turun men

  • Rabu, 14 Feb 2018 14:14

    Djarot: Dua Nomor yang Baik, Salam Dua Jari

    Penetapan nomor urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) telah dilakukan. Dalam penetapan yang digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure, Medan, Selasa (12/2), pasangan Dja

  • Selasa, 13 Feb 2018 13:53

    SPI Palas Lestarikan Budaya Marsialapari

    Sejumlah petani pertanian tanaman pangan dan holtiktura, anggota Dewan Pengurus Cabang Serikat Petani Indonesia (DPC SPI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), sampai saat ini masih menggiatkan dan melestar

  • Jumat, 09 Feb 2018 21:39

    Panglima TNI Hadiri Puncak Peringatan HPN di Kota Padang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, di Pantai Purus, Danau Cimpago, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018

  • Senin, 29 Jan 2018 09:19

    Kominfo RI Gelar Diskusi Media di Banda Aceh

    Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI bekerjasama dengan Harian Analisa Perwakilan Banda Aceh menggelar diskusi media tentang peran media dalam berkontribusi untuk pembangunan daerah pedal

  • Rabu, 24 Jan 2018 06:44

    Melihat Lagi Keberhasilan Program Jokowi-JK

    Pada tanggal 20 Oktober 2014 silam, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden. Jokowi-JK merupakan pasangan yang memenangkan Pilpres di tahun 2014 ke

  • Rabu, 17 Jan 2018 16:17

    Jokowi-JK Dibuat Jadi Nama Jalan di Sumut

    Mengapresiasi program dana desa yang digulirkan selama pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi-JK, warga masyarakat di Desa Pir Trans Sosa 3A, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten

  • Sabtu, 13 Jan 2018 22:03

    Ny. Nanny Hadi Tjahjanto Hadiri Pagelaran Warisan Busana 35 Tahun Inez Mardiana

    Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi dan Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini menghadiri acara Peragaan dan Pelestarian Busana Kebaya Bordir Nasional Indo

  • Senin, 08 Jan 2018 12:18

    Orang Asli Papua Apresiasi Pembangunan Tanah Papua oleh Jokowi

    Kemajuan pembangunan dan perubahan di tanah Papua yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya Jokowi-JK menggugah rasa kebahagiaan masyarakat Papua.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak