Kamis, 23 Nov 2017 01:36

Pengunjung terkesima budaya Indonesia di Upacara HUT RI ke-72

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Utama News
Kamis, 17 Agu 2017 22:17
Dibaca: 282 kali
ANTARA/Rosa Panggabean
Para penari membawakan tarian Gandrung Banyuwangi menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).
Para tamu undangan dari negara asing yang turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, terkesima dengan penampilan seni dan budaya Indonesia.

"Sangat bagus, saya sangat bahagia. Ini saya pakai kebaya beli dari Padang tahun lalu," kata mahasiswi Universitas Osaka, Jepang Makiko Okada, Kamis siang (17/8), seperti dikutip dari Antara.

Makiko Okada mengikuti upacara bersama sejumlah pemenang lomba pidato berbahasa Indonesia yang mendapat kesempatan mengikuti upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka.

Selain Makiko, mahasiswi Universitas Osaka lain yang juga memenangkan lomba pidato, Yoshino Maki, juga mengaku kaget bertemu dengan Presiden Jokowi yang menghampiri tenda tamu undangan.

"Dia sangat ramah, dan murah senyum. Pidatonya begitu mendalam tentang Indonesia," ujar Yoshino yang mengenakan kimono dan sudah berada di Jakarta selama tiga hari.

Makiko dan Yoshino mengambil jurusan Sastra Indonesia di Universitas Osaka. Mereka tertarik mempelajari sejarah, budaya dan seni Indonesia.

Saat menyaksikan tari-tarian gandrung jejer kembang menur, Makiko terkesima karena gerakan yang selaras dan luwes yang dibawakan para penari.

"Gamelan, bahkan tahun lalu saya belajar tari piring asal Padang dan juga silat," ujar Makiko menjelaskan ketertarikannya akan seni budaya dari zamrud khatulistiwa.

Becak

Selain itu, Daan Goppel, seorang pegawai negeri sipil asal Negeri Kincir Angin atau Belanda yang juga memenangkan lomba pidato berbahasa Indonesia mengatakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan yang diikutinya sangat meriah dan tidak kaku.

"Luar biasa, dia orang yang baik untuk Indonesia, Pak Jokowi, saya lihat dia mengubah Jakarta menjadi lebih baik, dan Indonesia juga," ujar Daan yang juga mempelajari Bahasa Indonesia.

Oleh karena rasa cintanya dengan Indonesia, Daan bahkan membeli becak dari Yogyakarta dan dibawa ke Amsterdam,Belanda untuk dijadikan kendaraan tur wisata sejarah.

Dia mengaku tur becak di Amsterdam adalah hal yang menarik karena bentuknya yang beroda tiga.

Kendati bekerja sebagai pegawai negeri sipil, Daan mengerjakan usaha tur wisata sejarah menggunakan becaknya seorang diri.

"Kenapa saya memilih becak, karena tidak berisik, alami, tidak berpolusi," tambah Daan yang menamakan pelayanan turnya Becak Amsterdam. 

Sebelum upacara dimulai, tamu undangan dan masyarakat yang telah berada di lingkungan Istana Merdeka disuguhkan dengan sejumlah pertunjukan kesenian.

Tarian Jejer Kembang Menur dari Banyuwangi memukau para tamu undangan serta lagu-lagu perjuangan oleh Gita Bahana Nusantara turut membangkitkan semangat peserta upacara dan tamu undangan.

Selain itu marching band dari TK Kinderfield Duren Sawit dan penampilan Ari Laso di tengah lapangan Istana Merdeka menambah riuh suasana.

T#g:HUT RIJokowiBudaya
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Nov 2017 16:30

    Resmi Marga Siregar, Kahiyang Ayu kini miliki hak dan kewajiban di adat Mandailing

    Kahiyang Ayu hari ini Selasa, 21 November 2017, resmi menjadi boru Siregar setelah menjalani serangkaian prosesi pemberian marga sesuai dengan adat Tapanuli Selatan. Hal tersebut disampaikan lang

  • Jumat, 17 Nov 2017 21:57

    Presiden Jokowi dan Tengku Erry Mampir Di Gubernuran

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Kualanamu International Airport (KNIA) dalam rangka kunjungan kerja meresmikan pembukaan Musyawarah Nasional ke-10 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHM

  • Jumat, 17 Nov 2017 21:27

    Jokowi Buka Munas KAHMI

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ditandai dengan pemukulan Gordang Sambilan di Hotel Santika Dyandra Medan

  • Jumat, 17 Nov 2017 14:57

    Presiden Hadiri Munas KAHMI di Medan

    Usai menghadiri acara Sarasehan Nasional DPD RI, Presiden Joko Widodo langsung bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara guna melakukan kegiatan kunjungan kerja.Melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakus

  • Rabu, 15 Nov 2017 03:55

    Bijak Menyikapi Pembangunan di Era Presiden Jokowi

    Negara kurang ini, negara kurang itu. Banyak hal yang menjadi tuntutan kita kepada Negara. Hal ini menjadi wajar apabila didasari oleh motif kepentingan bangsa dan negara. Namun, apa kita sudah bersyukur dengan kondisi yang ada saat ini?

  • Senin, 13 Nov 2017 08:41

    Surya Paloh Sebut Dirinya & Jokowi Sepakat Dukung Tengku Erry

    Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) H Surya Paloh tidak dapat menutupi kegembiraannya menyaksikan belasan ribu masyarakat yang memadati Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/11/2017).Di hadapan

  • Senin, 13 Nov 2017 08:33

    Bertemu Presiden Jokowi, PM Abe Puji Iklim Investasi Indonesia

    Menjelang perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, kedua negara sepakat untuk melakukan kegiatan bersama.

  • Minggu, 12 Nov 2017 16:12

    Tiba di Filipina, Presiden Hadiri KTT ASEAN di Manila

    Tarian massal yang diikuti ratusan penari sambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bandar Udara Clark Pampanga, Filipina, Minggu, (12/11/2017). Info diperoleh dari B

  • Sabtu, 11 Nov 2017 23:51

    Horas Tapteng Harus Konsisten dan Menarik

    Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap even budaya dan wisata Horas Tapteng (Tapanuli Tengah) bisa menasional bahkan internasional.

  • Sabtu, 11 Nov 2017 19:31

    Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

    Mengawali kegiatan hari kedua berada di Da Nang, Viet Nam, Sabtu, (11/11/2017), Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Furama Resort Da Nang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak