Kamis, 19 Okt 2017 14:09
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pengungsi Rohingya: Indonesia telah Berjasa Menyelamatkan Nyawa Ribuan Muslim Rohingya

Pengungsi Rohingya: Indonesia telah Berjasa Menyelamatkan Nyawa Ribuan Muslim Rohingya

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 26 Sep 2017 12:56
Dibaca: 126 kali
Dok
Pengungsi Rohingya di Medan

Misi kemanusiaan yang dijalankan Pemerintah Indonesia terhadap muslim Rohingya di Myanmar terus digencarkan. Setelah melakukan diplomasi, Pemerintah Indonesia telah menyalurkan bantuan kepada muslim Rohingya yang terkena dampak akibat konflik yang berlangsung. Disamping membantu korban konflik, Pemerintah Indonesia juga mengambil peran agar konflik di Myanmar bisa dihentikan.

Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata kepedulian Indonesia terhadap muslim Rohingya sudah diwujudkan jauh sebelum krisis Rohingya mencuat ke publik. Sejak tahun 2010, Indonesia telah menerima dan memfasilitasi pengungsi asal Rohingya yang menyelamatkan diri dari konflik. Tidak tanggung-tanggung angkanya mencapai 1000 pengungsi lebih dan mendapatkan perlindungan dari Pemerintah.

Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang saat ini menampung pengungsi Rohingya. Berdasarkan data Keimigrasian, jumlah total per September 2017, pengungsi Rohingya di Sumatera Utara berjumlah 434 orang yang ditampung di Rudenim dan 7 community house. 

"Saya mengungsi dari Myanmar saat usia 17 tahun dan sudah mengungsi ke Indonesia sejak 2 Juli 2017 berarti sudah 7 tahun di Indonesia. Sebelumnya saya mengungsi di Malaysia selama 10 tahun, namun saya lebih betah di Indonesia, bahkan telah menikah dengan wanita asal Provinsi Lampung dan dikaruniai 2 orang putra" ujar Muhammad Salim saat ditemui di Hotel Top Inn Jl. Flamboyan Raya No. 7 Kel. Tanjung Selamat Kec. Medan Tuntungan Kota Medan yang dijadikan salah satu community house untuk menampung pengungsi, Selasa (26/9).

Salim mengisahkan bahwa konflik di Myanmar yang menimpa muslim Rohingya sudah berlangsung sejak 40 tahun lebih. Banyak muslim Rohingya menjadi korban dan memutuskan menyelamatkan diri dengan melarikan diri ke Bangladesh termasuk Indonesia. Walaupun berstatus sebagai pengungsi, tetapi Salim tidak merasakan hidup dalam pengungsian karena bisa bersosialisasi, membangun keluarga dan akses terhadap kesehatan yang terjamin.

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah menyelamatkan hidup rakyat Rohingya. Indonesia merupakan negara yang damai, menerima pengungsi seperti kami seperti saudara sendiri. Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi HAM" tegas Salim yang sudah lancar menggunakan bahasa Indonesia.

Tidak hanya Salim, beberapa rekan Salim pada saat ditemui di Community House menjelaskan hal yang sama. Menurut mereka Pemerintah Indonesia telah berjasa dalam menyelamatkan nyawa ribuan muslim Rohingya. Selama di community house, Pemerintah Indonesia menjamin kehidupan pengungsi dan dibantu oleh International Organization for Migration (IOM) yang menyalurkan bantuan dari negara-negara pendonor.

Namun pengungsi Rohingya berharap kepada UNHCR dapat bekerja maksimal agar pengungsi Rohingya dapat segera disalurkan ke negara ketiga seperti Amerika Serikat dan Australia. "Penyaluran pengungsi Rohingya berjalan lambat, sementara pengungsi Srilanka, Suriah, Afghanistan termasuk cepat. Rata-rata hanya menunggu 2 tahun. Sementara kami Rohingya sudah lebih 7 tahun, statusnya masih tetap sebagai pengungsi" ungkap Salim ketika ditanya apa harapannya ke depan. Menutup pembicaraan, Salim tidak lupa menyampaikan harapan ke Pemerintah Myanmar untuk menghentikan krisis kemanusiaan yang menjadikan muslim Rohingya menjadi korban.

Editor: Budi

T#g:Rohingya
Berita Terkait
  • Rabu, 11 Okt 2017 04:41

    Masyarakat Deli Serdang Galang Dana Rp458.800.000 untuk Warga Rohingya

    Kepedulian masyarakat terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa warga Rohingya terus mengalir.

  • Kamis, 05 Okt 2017 07:55

    Mahasiswa Sumut Desak UNHCR segera salurkan pengungsi luar negeri ke negara ketiga

    Elemen Mahasiswa di Sumut mendesak UNHCR agar bekerja maksimal untuk menyalurkan pengungsi luar negeri, termasuk pengungsi Rohingya ke negara ketiga. Hal tersebut tertuang dalam rekomendasi bersa

  • Sabtu, 16 Sep 2017 08:46

    Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga ikuti aksi Unjukrasa Peduli Rohingya

    Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah bersama masyarakat lintas agama Sibolga Tapteng mengikuti aksi unjukrasa Peduli Rohingya dengan melakukan long march keliling kota Sibolga yang dimulai dari de

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Kamis, 14 Sep 2017 16:04

    Konflik SARA, Bungkus Kepentingan di Rohingya

    Akhir-akhir ini, pemberitaan media nasional maupun internasional tengah menyoroti krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di Rakhine, Myanmar.

  • Kamis, 14 Sep 2017 07:34

    Pengurus Yayasan Vihara Buddha Narada Gelar Aksi Peduli Rohingya

    Dengan adanya toleransi, kita dapat menghargai dan menghormati kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar, khususnya kehidupan antar umat beragama.

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:43

    FPMR Palas Kirimkan Dana Rp17,5 Juta untuk Muslim Rohingya

    Setelah delapan hari terakhir melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu muslim Rohingya, mulai Hari Senin-Senin, (4-11/9/2017) lalu, Forum Peduli Muslim Rohingya Kabupaten Padang Lawas (FPMR

  • Selasa, 12 Sep 2017 17:02

    FKUB Deli Serdang Galang Dana untuk Muslim Rohingya

    Puluhan massa dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Deliserdang melaksanakan penggalangan dana untuk umat muslim Rohingya di persimpangan lampu merah Lubuk Pakam, pada Selasa (12/9/2017)

  • Selasa, 12 Sep 2017 10:52

    Bisnis Dibalik Konflik Rohingya

    Beberapa waktu belakangan ini tentu konflik Rohingya menjadi headline news di beberapa media baik di televisi maupun koran langganan pembaca.

  • Jumat, 08 Sep 2017 19:58

    Ratusan Massa Ormas Islam Aksi Damai di DPRD Deliserdang

    Ratusan massa gabungan Aliansi Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Masyarakat Deliserdang melaksanakan aksi demo di DPRD Deliserdang untuk aksi solidaritas Rohingnya, Jumat (8/9) sekira pukul 14.3

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak