Rabu, 20 Sep 2017 14:19

Pelajar Labura Galang Dana Peduli Rohingya di Myanmar

Labura (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Kamis, 07 Sep 2017 15:37
Dibaca: 316 kali
Dok
Hasil penggalangan dana yang dilakukan siswa SD di Labura, Kamis (7/9).
Pembantaian terhadap etnis Rohingya oleh pasukan pemerintah Myanmar telah menjadi perhatian masyarakat internasional.

Tindakan sadis dan brutal di luar kemanusiaan yang dirasakan etnis Rohingya di wilayah Arakan, bagian dari Rakhine kawasan Myanmar Barat, menggugah empati masyarakat dunia akan pelanggaran HAM berat tersebut.

Sebagai bentuk rasa kemanusiaan, SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan Kec. Kualuh Hulu menggalang dana untuk membantu derita Rohingya, di Jalinsum Aek Kanopan, Kamis (7/9).

"Atas nama kemanusiaan, pelajar SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan menunjukkan solidaritas dengan menggalang dana di depan sekolah," kata Rudi Candra Simbolon, guru di sekolah itu.

Dikatakannya, para pelajar membuktikan rasa kepeduliannya terhadap penderitaan yang mereka saksikan di berbagai media. 

Rudi mengajak agar masyarakat berupaya sesuai dengan kemampuan membantu Rohingya yang tertindas.

"Hendaknya para pejabat di dunia jangan pura-pura tidak dengar, dan jangan pura-pura tidak tahu akan kebiadaban pembantaian itu. Kita jangan kalah peduli dengan siswa SD," tambahnya.

Pantauan UTAMANEWS dalam waktu sebentar, para Pelajar SD ini berhasil mengumpulkan uang yang cukup lumayan besar. Hal ini menandakan bangsa Indonesia khususnya masyarakat Labuhanbatu Utara, Sumut amat peduli dengan nasib yang dialami oleh etnis Rohingya.

Di lain tempat, Siswa MA Al-Washliyah Marbau juga menggalang dana untuk Rohingya. Aksi kemanusiaan yang diprakarsai BKPRMI Kec. Marbau ini disambut para siswa dengan antusias.

"Setelah dari sekolah ini, rencananya kami akan ke SMAN 1 Marbau, SMK 1 dan SMK 2 Al-Washliyah, juga ke MTs Al-Washliyah Marbau. Ini sebagai ungkapan duka untuk Rohingya," kata Andrian Syahputra, Komandan Brigade BKPRMI Kec. Marbau. 

Editor: Budi

T#g:LaburanRohingya
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Sep 2017 08:46

    Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga ikuti aksi Unjukrasa Peduli Rohingya

    Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah bersama masyarakat lintas agama Sibolga Tapteng mengikuti aksi unjukrasa Peduli Rohingya dengan melakukan long march keliling kota Sibolga yang dimulai dari de

  • Jumat, 15 Sep 2017 17:35

    Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

    Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). Mer

  • Kamis, 14 Sep 2017 16:04

    Konflik SARA, Bungkus Kepentingan di Rohingya

    Akhir-akhir ini, pemberitaan media nasional maupun internasional tengah menyoroti krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di Rakhine, Myanmar.

  • Kamis, 14 Sep 2017 07:34

    Pengurus Yayasan Vihara Buddha Narada Gelar Aksi Peduli Rohingya

    Dengan adanya toleransi, kita dapat menghargai dan menghormati kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar, khususnya kehidupan antar umat beragama.

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:43

    FPMR Palas Kirimkan Dana Rp17,5 Juta untuk Muslim Rohingya

    Setelah delapan hari terakhir melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu muslim Rohingya, mulai Hari Senin-Senin, (4-11/9/2017) lalu, Forum Peduli Muslim Rohingya Kabupaten Padang Lawas (FPMR

  • Selasa, 12 Sep 2017 17:02

    FKUB Deli Serdang Galang Dana untuk Muslim Rohingya

    Puluhan massa dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Deliserdang melaksanakan penggalangan dana untuk umat muslim Rohingya di persimpangan lampu merah Lubuk Pakam, pada Selasa (12/9/2017)

  • Selasa, 12 Sep 2017 10:52

    Bisnis Dibalik Konflik Rohingya

    Beberapa waktu belakangan ini tentu konflik Rohingya menjadi headline news di beberapa media baik di televisi maupun koran langganan pembaca.

  • Jumat, 08 Sep 2017 19:58

    Ratusan Massa Ormas Islam Aksi Damai di DPRD Deliserdang

    Ratusan massa gabungan Aliansi Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam dan Masyarakat Deliserdang melaksanakan aksi demo di DPRD Deliserdang untuk aksi solidaritas Rohingnya, Jumat (8/9) sekira pukul 14.3

  • Jumat, 08 Sep 2017 08:08

    Melihat Titik Lahir Rohingya

    Banyak versi yang menceritakan titik lahir kehidupan atau asal mula sejarah masyarakat Rohingya di Myanmar.

  • Kamis, 07 Sep 2017 11:57

    Rohingya dari Tahun ke Tahun

    Kekerasan kemanusiaan terbaru dan terbesar sepanjang abad ini kembali tertuju pada etnis Rohingya yang merupakan sebuah kelompok etnis Indo-Aryadari Rakhine atau yang juga dikenal sebagai Arakan atau

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak