Kamis, 19 Okt 2017 14:09

Peduli Rohingya, Masyarakat dan Ormas Langkat Turun ke Jalan

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Jumat, 15 Sep 2017 17:35
Dibaca: 253 kali
Dok
Aksi unjuk rasa mengecam pemerintah Myanmar di Langkat.

Ribuan umat muslim dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, juga etnis serta masyarakat Kabupaten Langkat, bersatu padu menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Jumat (15/9/2017). 

Mereka mengecam aksi kekerasan yang terjadi di Myanmar.

Sebelum menggelar aksi peduli kemanusian, sebelumnya umat muslim menjalankan sholat Jumat di Masjid Asyuhada Jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingei, Kecamatan Stabat Langkat.

Usai menggelar ibadah dan doa bersama, mereka melakukan aksi laungmarch, dengan berjalan kaki menuju kantor DPRD Langkat. 

Usai menyampaikan aspirasi disana, mereka kembali lagi berkumpul di Masjid Asyuhada. 

Di sini mereka kembali menggelar doa dan menggalang dana. Hampir seluruh peserta yang menggelar aksi ini menyumbangkan dana untuk membantu warga Muslim Ronghiya di Miyanmar. 

Aksi longmarch, kembali dilakukan dengan berjalan kaki menuju masjid Raya Stabat, dan kemudian membubarkan diri ke kediaman masing-masing.

Ketua Forum Pembela Islam (FPI) Langkat Riza Azhar mengatakan, mereka mengecam keras aksi brutal yang menimpa umat muslim Rohingya di Myanmar. Untuk itu, mereka meminta agar pemerintah Indonesia khususnya dan negara-negara lain dapat mencari solusi menyelesaikan konflik kemanusiaan ini.

"Kami selaku umat muslim dan FPI sangat mengecam tindakan kekerasan yang terjadi. Kami harapkan ada jalan keluar terbaik untuk menyelesaikan masalah ini," kata dia. 

Selain mengecam, jelasnya, aksi unjuk rasa damai ini juga menggalang dana untuk warga Rohingya, yang tertimpa musibah. Bahkan, mereka siap untuk membantu para korban. "Kami selaku FPI siap membantu turun tangan ke daerah konflik?" terangnya.

Adapun yang ikut serta dalam aksi antara lain, Forum Umat Langkat Bersatu (FULB), FPI Langkat dan FPI Binjai, HMI Langkat, PMII Langkat, Siswa SMA Negeri Stabat, Siswa MTS, MA Aswaliyah Stabat, Santri Pondok pesantren Ulumul quran Stabat.

Dimana giat tersebut juga di hadiri oleh Ketua Mui Kab. Langkat Ustad H. AHMAD MAHPUD, Ketua KNPI Kab. Langkat HERI WIDIYANTO.i, Seketaris KAHMI Kab. Langkat Fuad Al Nasir, Tokoh Pemuda Kab. Langkat Syahrizal KA, Ketua HMI Kab. Langkat RIFA BADAWI dan Ketua PMII Kab. Langkat SYAWALUDDIN. 

Editor: Budi

T#g:LangkatRohingya
Berita Terkait
  • Rabu, 11 Okt 2017 04:41

    Masyarakat Deli Serdang Galang Dana Rp458.800.000 untuk Warga Rohingya

    Kepedulian masyarakat terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa warga Rohingya terus mengalir.

  • Kamis, 05 Okt 2017 18:05

    Kembali, Mobil Dinas Ketua Panwaslu Langkat Dibakar OTK

    Hingga kini misteri terbakarnya mobil dinas Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Langkat Aidil Fitri, masih belum terkuak. Apakah memang dibakar dengan muatan politik atau dendam pribadi terhadap Aidil.Ai

  • Kamis, 05 Okt 2017 07:55

    Mahasiswa Sumut Desak UNHCR segera salurkan pengungsi luar negeri ke negara ketiga

    Elemen Mahasiswa di Sumut mendesak UNHCR agar bekerja maksimal untuk menyalurkan pengungsi luar negeri, termasuk pengungsi Rohingya ke negara ketiga. Hal tersebut tertuang dalam rekomendasi bersa

  • Senin, 02 Okt 2017 22:02

    Warga Pasar Baru Stabat Panik Dengar Dentuman Disertai Api

    Ledakan disertai api sempat menyambar sebagian lantai dua toko mas Agung, jalan Perniagaan, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

  • Senin, 02 Okt 2017 19:02

    Nurhajizah Dorong Pemanfaatan Jalan Tembus Karo-Langkat

    Dalam rangka percepatan pemanfaatan jalan alternatif Karo- Langkat yang berada di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Nurhajizah Marpaung meninjau dan menyusu

  • Senin, 02 Okt 2017 13:12

    Permudah Parpol, KPU Langkat Sosialisasikan SIPOL

    Pilkada serentak semakin mendekati waktunya, untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, memberikan pengumuman kepada seluruh Partai Politik tingkat Kabupaten Langkat. Pengumuman tersebut

  • Minggu, 01 Okt 2017 10:01

    Kodim 0203/Langkat Kembali Gelar Nobar Film G30S/PKI

    Untuk mengingatkan kembali kekejaman penghianatan PKI, Kodim 0203/ Langkat kembali menggelar nonton bareng (Nobar) film penghianatan G30S/ PKI di Pujerasera, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Satria, Kec

  • Kamis, 28 Sep 2017 10:48

    Kebakaran Hebat di Brandan, Langkat, Sekeluarga Tewas

    Kebakaran hebat terjadi di Jalan Mesjid, Kelurahan Berandan Timur, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

  • Rabu, 27 Sep 2017 17:47

    Gebyar Madrasah 1439 H se-Kabupaten Langkat

    Menyemarakan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, ribuan murid Madrasah se-Kabupaten Langkat ramaikan kegiatan Gebyar Madrasah 1439 H yang berlangsung di Alun-Alun T. Amir Hamzah Stabat, Rabu (27/9).Bupati

  • Selasa, 26 Sep 2017 12:56

    Pengungsi Rohingya: Indonesia telah Berjasa Menyelamatkan Nyawa Ribuan Muslim Rohingya

    Misi kemanusiaan yang dijalankan Pemerintah Indonesia terhadap muslim Rohingya di Myanmar terus digencarkan. Setelah melakukan diplomasi, Pemerintah Indonesia telah menyalurkan bantuan kepada muslim R

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak