Jumat, 24 Nov 2017 18:16

Panglima TNI : Alutsista TNI Untuk Memperkuat Pertahanan Negara

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 11 Agu 2017 15:41
Dibaca: 319 kali
Puspen TNI
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Jumat (11/8/2017).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa pengadaan Alat Utama Sistim Senjata (Alutsista) TNI terbaru berupa pesawat tempur Sukhoi-35, bertujuan untuk memperkuat pertahanan negara sesuai postur Minimum Essential Force (MEF) Renstra II TNI Tahun 2015-2019. 

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di hadapan awak media usai mengikuti eksibisi Bola Voli dan Catur dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, di Plaza Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

"Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu hanya mengajukan spesifikasi teknis meminta Sukhoi-35 lengkap dengan persenjataannya, sedangkan yang memprosesnya adalah Departemen Pertahanan Republik Indonesia," kata Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa, pemilihan pesawat tempur Sukhoi-35 karena memiliki banyak keunggulan serta telah teruji dalam medan tempur, untuk mengganti Armada Tempur Udara yang telah habis masa pakainya.

"Kita punya Pesawat F-5/Tiger yang lost time-nya sudah satu setengah tahun yang lalu, dari hasil diskusi maka Sukhoi-35 yang terpilih. Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba," ungkap Panglima TNI.

Sementara itu menjawab pertanyaan wartawan menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan kepada generasi penerus bangsa harus dapat menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan terus bekerja bersama membangun bangsa. "Kita ini adalah generasi penikmat kemerdekaan, seperti yang dicanangkan oleh pemerintah harus terus kerja, kerja dan bekerja," katanya.

"Kepada masyarakat dan warga negara Republik Indonesia, ingat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan ini luar biasa penuh dengan pengorbanan, jerih payah kita sendiri, maka kewajiban kita adalah kerja, kerja dan kerja untuk mengisi kemerdekaan ini," himbau Panglima TNI.

Panglima TNI mengatakan bahwa menjadi kebanggaan bersama sebagai bangsa Indonesia dengan keberagamannya tetap kokoh dan utuh, karena merupakan milik seluruh bangsa Indonesia yang harus dijaga bersama. "Kita masih tetap bersatu, saya ingatkan bahwa banyak negara luar pecah hanya gara-gara faktor ekonomi, agama dan bahasa. Sementara Indonesia banyak sekali faktornya, tetapi tetap utuh," ujarnya.

Menanggapi kasus pemukulan oleh oknum TNI di Riau, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut. "Anggota tersebut sekarang sudah ditahan di Denpom 1/3 Pekanbaru, yang bersangkutan tetap akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," ucapnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa pelaksanaan olahraga bersama yang melibatkan elemen TNI, Polri, Kemendagri dan wartawan dilakukan guna membangun jiwa sportivitas dan kebersamaan antar instansi. "Pertandingan persahabatan ini dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 antara TNI, Kemendagri, Kepolisian dan Wartawan," pungkasnya.

Editor: Dian

T#g:Alutsistaaniayatni
Berita Terkait
  • Rabu, 22 Nov 2017 07:52

    Olahraga Bersama HUT Ke-46 Korpri di Mabesal

    Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) menggelar olahraga bersama Dewan Pengurus Korpri TNI dalam rangka memperingati HUT ke-46 Korpri tahun 2017, Selasa (20/11/2017), di Lapangan Apel Mabesal, Cilangka

  • Selasa, 21 Nov 2017 20:10

    Serah terima jabatan Kapuspen TNI

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si. 

  • Selasa, 21 Nov 2017 20:20

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah Jabat Kapuspen TNI

    Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah resmi menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI menggantikan Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si.

  • Senin, 20 Nov 2017 22:40

    Dua Gubernur Lepas Kirab Gita Dirgantara Taruna AAU

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama Gubernur Akademi Angkatan Utara (AAU), Marsda TNI Sri Mulyo Handoko melepas Display Drumband "Gita Dirgantara" Taruna AAU dalam rangka Latihan Cakra Paksa (Navigasi Ud

  • Senin, 20 Nov 2017 21:30

    Panglima TNI: Soliditas TNI dan Polri Harus Tetap Dipertahankan

    Soliditas TNI dan Polri yang merupakan tonggak penyangga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan dan politik harus benar-benar dijaga dan tetap dipertahan

  • Senin, 20 Nov 2017 16:50

    Panglima TNI: Soliditas TNI-Polri Ciptakan Stabilitas Politik dan Keamanan

     Pegang terus disiplin dan loyalitas agar Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) selalu solid, karena soliditas TNI dan Polri dapat menciptakan stabilit

  • Sabtu, 18 Nov 2017 17:28

    DJ Karaoke DBlues Dikeroyok Sekelompok Preman

    Dalam kondisi babak belur Rio Sinulingga (27) pria yang ngekos di Jln Iskandar Muda Medan mendatangi Polsekta Medan Helvetia, Sabtu (18/11) pagi. Pasalnya, pria yang berprofesi sebagai Disk Jokey

  • Jumat, 17 Nov 2017 23:57

    Panglima TNI: Dokter Militer Sangat Vital Dalam Kondisi Damai dan Perang

    Perwira Prajurit Karier TNI khusus tenaga kesehatan dituntut menjadi Perwira TNI yang memiliki kualifikasi sebagai tenaga kesehatan. Fungsi dan tugas dokter militer sangat vital baik dalam kondisi dam

  • Selasa, 14 Nov 2017 20:14

    105 Perwira Siswa Sekkau Angkatan 102 Gelar Latihan Perang

    Sebanyak 105 Perwira Siswa Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) Angkatan 102 tahun 2017, terdiri dari 101 personel TNI AU, dua personel TNI AL dan dua personel TNI AD, menggelar Latihan Pe

  • Senin, 13 Nov 2017 20:23

    Kasum TNI: Siswa Seskoad Harus Ikuti Perkembangan Ancaman Global

     Fenomena global dan kompetisi global termasuk perubahan populasi penduduk dunia dipengaruhi oleh semakin berkurangnya sumber energi, air dan pangan perlu diantisipasi. Oleh karena itu, Perwira S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak