Selasa, 26 Sep 2017 01:48

Masyarakat Pinggiran Rel Belawan Demo Kantor Gubernur Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 11 Sep 2017 11:21
Dibaca: 146 kali
Dok
Masyarakat pinggiran rel kereta api di Belawan saat berunjukrasa di kantor Gubsu, Senin (11/9).

Puluhan masyarakat yang mengaku korban penggusuran di bantaran rel kereta api oleh PT KAI di kecamatan Medan Belawan, kota Medan, melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Gubernur Sumut, jalan Diponegoro Medan, siang ini, Senin (11/9).

Kedatangan massa meminta Gubernur Sumut DR HT Erry Nuradi untuk membela nasib mereka atas tindakan penggusuran dari PT KAI.

"Penggusuran yang dilakukan oleh PT KAI tidak manusiawi dan melanggar HAM. Kenapa kami sebutkan melanggar HAM, karena saat dilakukan penggusuran rumah kami dirusak, dagangan kami dirusak, anak kami tidak bisa sekolah. Ini kan melanggar HAM," tutur Sulais Taufik, Koordinator Lapangan aksi masyarakat pinggiran rel jalan Stasiun Belawan, di sela-sela aksi.

Menurut Taufik, pihak PJKA tidak melakukan sosialisasi, mereka hanya mengantar surat peringatan dan mengklaim bahwa surat itu merupakan sosialisasi. 

"Dan mereka bukan hanya mengantar surat tapi melakukan intimidasi, dan pada tekanan itu kami juga dipaksa meneken kwitansi kosong sambil memberikan ganti rugi sebesar Rp1,5 juta. Kasihan masyarakat kecil ini, mau dibawa kemana kehidupan mereka?" ujar Taufik.

Sebelumnya, dalam orasinya, Taufik meminta yang terhormat bapak Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut untuk memperhatikan nasib mereka.

"Bantulah kami pak Gubernur, berikan peringatan pada pihak PJKA agar jangan mengintimidasi kami rakyat kecil. Kami harapkan pada bapak Gubernur supaya mencegah terjadinya peperangan di masyarakat karena PJKA. Profesi kami hanya pedagang kecil, hanya nelayan kecil. Bantulah kami pak Gubernur yang terhormat," katanya.

Sembari menunggu tanggapan dari Pejabat Pemprov Sumut, massa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Editor: Budi

T#g:belawangusurKAI
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 11:30

    Bunga Bangkai Ditemukan di Garoga, Tapanuli

    Masyarakat menemukan setangkai bunga bangkai yang diperkirakan jenis bunga langka raksasa dengan nama latin Amorphophallus titanium atau titan arum, tumbuh di Dusun Ramba Siala, Desa Lontung Jae I, Ke

  • Sabtu, 16 Sep 2017 21:56

    Mendagri Puji Kereta Api Bandara Kualanamu

    Mendagri Tjahjo Kumolo setiap berkunjung ke Medan, Sumatera Utara dalam beberapa tahun terakhir, kerap menggunakan kereta api Bandara.

  • Kamis, 14 Sep 2017 23:14

    Satpol PP bongkar warung kitik-kitik di pantai Binasi Sorkam Barat

    Ratusan aparat Satuan polisi Pamong Praja, dipimpin langsung Hikmal Batubara Kasat Pol PP Tapteng membongkar pondok kitik-kitik di sepanjang ruas jalan pantai Binasi, Kelurahan Binasi, kecamatan Sorka

  • Rabu, 13 Sep 2017 14:23

    Tak bayar uang sewa, 3 kios di Pasar Ya'ahowu dibongkar petugas

    Sebanyak 3 (tiga) kios pedagang di Pasar Ya'ahowu Kota Gunungsitoli dibongkar oleh petugas karena tidak membayar uang sewa kios kepada pengelola PD Pasar Ya'ahowu selama bertahun-tahun.Pembo

  • Rabu, 06 Sep 2017 21:46

    Pangdam I/BB Terima Silaturahmi PT KAI

    Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menerima Audiensi Kepala Dir Reg I Sumut di Ruang Tamu Pangdam I/BB Lantai IV Makodam I/BB jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (6/9).Dalam Audiensi tersebut, P

  • Selasa, 05 Sep 2017 18:05

    Polres Langkat himbau PT KAI simpan besi rel kereta

    AKP Muhammad Firdaus, Kasat Reskrim Polres Langkat, meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak melakukan penumpukan rel kereta api yang tidak lagi berfungsi di pinggir jalan."Penumpukan jangan terlal

  • Rabu, 30 Agu 2017 20:00

    Barang Sitaan Bea Cukai di Bandara Kuala Namu, dilelang atau dimusnahkan?

    Sejumlah penumpang di Bandara Kuala Namu mempertanyakan proses penindakan barang bawaan (dagangan) milik para penumpang oleh Bea Cukai Bandara Kuala Namu, khususnya yang dari Bangkok, Thailand.

  • Senin, 28 Agu 2017 06:38

    Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

    Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut menjamin stok garam di daerah itu dengan mulai masuknya garam dari dalam dan luar negeri.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 17:22

    Personel Propam Polres Belawan kena tes urine mendadak

    Polres Pelabuhan Belawan mengadakan kegiatan Test Urine terhadap personil Polres Pelabuhan Belawan pada Jumat, (11/8/2017).

  • Minggu, 23 Jul 2017 07:33

    Danramil Belawan motivasi Satgas TMMD di Sicanang

    Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017 hingga hari ke-19, Sabtu, 22 Juli 2017, difokuskan mengejar pengerjaan sasaran fisik yang belum tuntas.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak