Minggu, 25 Feb 2018 12:17

Luhut & Erry Inginkan Bupati Kawasan Danau Toba Kompak

TOBASA (utamanews.com)
Oleh: Rls
Senin, 11 Sep 2017 14:50
Dibaca: 143 kali
Dok
Menko Maritim Luhut Panjaitan memimpin karnaval pesona danau Toba di Balige

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk mendukung dan mempersiapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas dunia, semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah daerah sekawasan Danau Toba harus kompak.

"Tunjukkan keramahan. Walaupun selama ini kita orang Batak identik seram dan kasar namun tunjukkan keramahan. Agar wisatawan merasa nyaman. Seluruh pihak harus berperan," ucap Luhut saat mengikuti Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, Kab. Tobasa, Minggu (10/9/2017).

Selain itu Luhut juga berpesan untuk menjaga kebersihan. Terutama untuk sampah-sampah plastik. Jangan sampai dibuang di sungai dan danau. Karena sangat berbahaya. Terutama untuk generasi masa depan. "Mari sama-sama kita berantas orang-orang yang merusak kebersihan dan lingkungan kita," ucap Luhut.

Luhut pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan karnaval ini sangat baik dan merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengembangkan budaya daerah khususnya dan untuk Indonesia pada umumnya.

"Presiden sendiri meminta supaya kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di berbagai tempat untuk menarik turis dan mengembangkan budaya kita. Tujuannya untuk mengembangkan budaya kita. Jangan budaya kita hilang karena modereniasi," ujar Luhut.

Pemerintah sendiri lanjutnya terus berkomitmen untuk meneruskan ini. Ini bisa kita lihat dari keinginan pemerintah menjadikan Bandara Silangit sebagai bandara Internasional. "Tanggal 8 September 2017 yang lalu Bandara Silangit secara administratif relah resmi menjadi bandara Silangit Internasional. Yang pertama mendarat, saya coba dari Singapura, hanya 52 menit. Dan akan diresmikan oleh Presiden direncanakan pada bulan Oktober 2017," katanya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Dikatakan Erry, digelarnya karnaval ini juga merupakan bukti harmonisasi yang ada di Sumatera Utara bukan bersifat semu atau insklusivisme. Melainkan harmonisasi yang dinamis dan siap berinteraksi positif dengan siapapun. Sehingga wisatawan khususnya mancanegara akan kagum dengan gambaran harmonisasi dan warna warni budaya yang ada. "Semakin terpikatlah mereka untuk datang ke Sumatera Utara," ucap Erry.

Pada kesempatan itu, Tengku Erry mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti karnaval ini bukan hanya di Kabupaten Toba Samosir. Akan lebih banyak kegiatan lainnya yang menunjukkan khas daerahnya khususnya daerah kabupaten sekitar kawasan danau Toba. "Kita harapkan kegiatan-kegiatan serupa dapat dilaksanakan sehingga dapat menjadi anggota pariwisata tahunan di Sumatera Utara," sebut Erry.

Erry mengatakan kegiatan karnaval ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya yang ada khususnya kesenian daerah kabupaten Toba Samosir.

Selain itu lanjutnya merupakan cemeti dan semangat bagi seniman yang lain untuk berkarya lebih baik lagi dalam meningkatkan dan mengapresiasi terhadap seni budaya kabupaten Toba Samosir dalam upaya melestarikan seni budaya daerah yang ada di kabupaten Tobasa selain karnaval pesona Danau Toba 2017.

Karnaval Pesona Danau Toba 2017 juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, tuan rumah Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Simalungun JR Saragih, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan undangan.

Editor: Sam

T#g:Danau Tobakarnaval
Berita Terkait
  • Minggu, 11 Feb 2018 17:41

    Sihar Sitorus Temui Nenek Saulina, yang Divonis Bersalah Karena Tebang Pohon Durian

    Awan terlihat berwarna pekat, air Danau Toba bergelombang menyapa bibir pantai di Ajibata, Toba Samosir. Sihar Sitorus memulai langkah bersama istrinya dengan menaiki sebuah boat yang disewa.Perjalana

  • Sabtu, 27 Jan 2018 07:07

    PLN Berencana Sumbang Kapal Listrik untuk Danau Toba

    Sejak Pemerintah Pusat menetapkan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas, serangkaian pembangunan mulai menggeliat.

  • Senin, 18 Des 2017 04:18

    50 Dubes Asia Afrika Ikuti Lake Toba Forum di Parapat

    50 Duta Besar (Dubes) yang berasal dari Asia-Afrika mengikuti Lake Toba Forum dalam rangka Summit Pariwisata Berbasis Geopark di Parapat, Simalungun, Sabtu (16/12). Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ten

  • Sabtu, 09 Des 2017 06:49

    Si Ucok Sibolga dan Si Butet Tebing Tinggi raih Juara I di FDT 2017 Humbahas

    Si Ucok dari Sibolga dan si Butet dari Tebing Tinggi tampil sebagai juara I pada Pemilihan si Ucok dan si Butet 2017 pada Festival Danau Toba (FDT) 2017 di Kabupaten Humbang Hasundutan.Kegiatan yang m

  • Jumat, 08 Des 2017 08:18

    Wagub Buka Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Hj Nuhajizah Marpaung, SH MH membuka secara resmi Festival Danau Toba di Sipinsur, Kecamatan Paranginan  Kabupaten Humbang Hasundutan Kamis sore (7/12).Dalam samb

  • Jumat, 08 Des 2017 07:48

    UK Journalist Publikasikan Kopi Doloksanggul dan Keindahan Danau Toba

    United Kingdom Journalist Team yang diprakarsai Indonesian Diaspora Network Global (IDN-G) melakukan peliputan untuk mempublikasi kopi Doloksanggul dan Keindahan Danau Toba di daerah Bakkara (6/11).&n

  • Senin, 04 Des 2017 11:24

    Kadis Pariwisata Sumut: Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Festival Danau Toba (FDT) di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2017, awalnya direncanakan dilaksanakan di Bakti Raja, namun karena keterbatasan lahan, khususnya rekayasa lalulintas, FDT Humbahas

  • Senin, 04 Des 2017 10:34

    Ayo ke Festival Danau Toba 6-9 Desember 2017

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan kembali menggelar kegiatan pariwisata di wilayah danau Toba.

  • Rabu, 15 Nov 2017 13:25

    Bupati Taput Usulkan Reklamasi Pantai Muara

    Sebagai salah satu gerbang masuk yang dipersiapkan dalam pengembangan Kawasan Danau Toba di Taput, Bupati Taput Nikson Nababan mengusulkan rencana reklamasi dan tata kelola Pelabuhan Muara.Dalam surat

  • Selasa, 14 Nov 2017 13:54

    Puluhan Dubes ASEAN & Afrika akan hadiri Lake Toba Forum

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama Forum of Small Medium Economic Africa Asean (FORSEAA) akan menggelar Lake Toba Forum yang akan dihadiri puluhan Dubes negara-negara Afrika dan Asean pada per

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak