Senin, 19 Feb 2018 07:18

Lilin untuk Ahok dari sejumlah penjuru Indonesia

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Iqbal
Jumat, 12 Mei 2017 08:02
Dibaca: 617 kali
Vonis Ahok tidak menunjukkan keadilan, terkesan karena desakan politik golongan tertentu, menyebabkan terjadinya unjuk rasa dengan menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan di sejumlah kota di Indonesia, Kamis (11/5).

Nyala Seribu Lilin untuk Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok ini berlangsung dari mulai Medan hingga Sorong, Papua.

Seribuan warga Kota Medan sejak Kamis (11/5) sore berkumpul serentak di
beberapa tempat antara lain di Lapangan Merdeka yang berada di Alun-alun
Kota Medan, Jalan Balai Kota, Jalan Pulau Pinang, dan Jalan Bukit
Barisan.
 
Mereka kompak menyanyikan beberapa lagu wajib nasional
seperti Garuda Pancasila, Gugur Bunga, Halo-halo Bandung, dan Padamu
Negeri. Menjelang malam, massa mulai menyalakan lilin sambil berorasi
meminta Ahok dibebaskan.

Hujan deras sempat turun Sekitar pukul 20.00 WIB, namun masih ada sebagian massa yang tetap bertahan di lokasi.



Aksi Seribu Lilin untuk Ahok di Medan. (Foto: Twitter @SammiSoh)

Anggota DPRD Sumatera Utara, Brilian Moktar, yang ikut melakukan aksi mengatakan kegiatan yang disosialisasikan via media sosial itu hampir dibatalkan karena tidak mendapat izin dari pihak pengelola Lapangan Merdeka karena akan digunakan untuk kegiatan lain.

"Namun massa dalam jumlah besar sudah terlanjur berkumpul di sekitar lapangan itu, sehingga tetap melakukan penyampaian dukungan untuk Ahok meski tidak ada yang mengkoordinir," ujar Brilian dilansir Antara, Kamis (11/5).

"Rata-rata, yang menyampaikan aksi dukungan itu kalangan muda," imbuh anggota DPRD Fraksi PDIP itu.


Pekanbaru


Aksi simpatik yang sama juga kompak dilakukan oleh sejumlah massa di Tugu Perjuangan, Pekanbaru, Riau, pada Kamis (11/5) malam.

Warga menyalakan lilin seraya menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam aksi bertajuk 'Seribu Lilin Keadilan' itu. Beberapa perwakilan massa berorasi menyuarakan dukungan mereka untuk Ahok dan menyuarakan imbauan untuk menjaga persatuan NKRI.

 

Aksi Seribu Lilin untuk Ahok di Pekanbaru. (Foto: Twitter @febyhap)

Aksi itu sempat mengakibatkan arus kendaraan di sekitar lokasi mengalami kemacetan. Polisi pun sempat memberlakukan pengalihan arus dan menutup akses jalan yang melewati Tugu Perjuangan.

Sedikitnya ada 82 personel kepolisian yang dikerahkan untuk mengamankan aksi. Sekitar pukul 21.40 WIB, massa mengakhiri aksi setelah pihak kepolisian membubarkan mereka.


Batam



Aksi 1000 lilin untuk Ahok di Batam. (Foto: Twitter @metal4lifestyle)

Aksi seribu lilin untuk Ahok juga digelar oleh ribuan orang di lapangan 'Welcome to Batam', Jalan Raya Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Kamis (5/12).

Dalam sebuah postingan foto yang diunggah oleh Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat via akun instagramnya, di lapangan itu massa aksi rela berdesakan sambil membawa lilin di tangan.


Denpasar, Bali

Di malam yang sama lilin-lilin untuk Ahok juga menyala di Denpasar, Bali.

Ribuan warga pulau dewata itu melakukan aksi simpatik atas penahanan Ahok, di Lapangan Niti Mandala Renon, dengan mengenakan pakaian serba hitam.

Aksi bertajuk "Solidaritas Lilin Keadilan" itu, diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan orasi.



Aksi Solidaritas Seribu Lilin untuk Ahok di Bali. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)


Sorong

Lapangan Hockey di Kampung Baru, Kota Sorong, Papua Barat, pada Kamis (11/5) malam juga dipadati ribuan warga yang menyalakan lilin sebagai bentuk simpati mereka untuk Ahok.

Dalam aksi yang berlangsung mulai pukul 19.00 WIT hingga 22.00 WIT itu, warga juga membawa beragam spanduk soal harapan mereka agar negara membebaskan Ahok dari tuntutan hukum.

Salah seorang panitia aksi, Demy, mengatakan aksi tersebut adalah bentuk solidaritas masyarakat Papua yang mengaku prihatin dengan gambaran kondisi penegakan hukum di Indonesia, berkaca dari vonis Hakim kepada Ahok.



Aksi 1000 lilin untuk Ahok di Papua. (Foto: Instagram @threeartha)

Masyarakat di Papua, kata dia, mengikuti perkembangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Ahok sejak sidang perdana hingga sidang putusan vonis.

"Vonis tidak menunjukkan keadilan, terkesan karena desakan politik golongan tertentu. Aksi ini sebagai tanda bahwa masyarakat di ujung timur Indonesia bersedih hati dengan penegakan hukum di Indonesia," kata Demy dilansir Antara, Kamis (5/11).

Demy mengatakan terdapat kelompok massa di beberapa wilayah lainnya di tanah Papua yang juga menggelar aksi serupa antara lain di Jayapura, Merauke, Manokwari, Wamena dan Kabupaten Sorong.

"Aksi ini bertujuan mengingatkan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat bahwa penegakan hukum harus adil dan jangan memecah persatuan dan kesatuan NKRI"

Editor: Sam

T#g:Ahok
Berita Terkait
  • Sabtu, 29 Jul 2017 23:59

    Lebih Cepat 2 bulan, Menteri Apresiasi Pembangunan Simpang Susun Semanggi

    Rini Sumarno selaku Menteri BUMN, memberikan apresiasi atas progres pembangunan simpang susun Semanggi. Menurutnya, pembangunan simpang susun Semanggi cukup cepat.

  • Selasa, 18 Jul 2017 06:38

    PNS BPN Karo dilaporkan ke Polisi oleh teman satu grup Whatsapp

    Manaek Hutabarat, yang diketahui bekerja sebagai PNS di BPN Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan ke polisi oleh Ketua Keluarga Besar Marhaenis (KBM) Kota Medan, Agus Salim, Senin (17/7).

  • Kamis, 29 Jun 2017 18:59

    Video 45 detik untuk #HBDAhok51

    Selebriti Indonesia melantunkan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui sebuah video yang diunggah seorang netizen melalui akun twitter @RHasfinanda.

  • Sabtu, 24 Jun 2017 05:24

    Ahok Masih Dipenjara di Rutan Brimob, IPW: Itu Pelanggaran Hukum

    Indonesia Police Watch (IPW) berharap Polri tidak membiarkan pelanggaran hukum menempatkan Basuki Tjahaja Purnama dalam Rutan Brimob Kelapa Dua, dan meminta Menteri Hukum dan HAM segera memindahkan Ah

  • Sabtu, 10 Jun 2017 06:20

    Jokowi akan lantik Djarot jadi Gubernur DKI tanggal 15 Juni

    Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta

  • Selasa, 23 Mei 2017 14:43

    Ini alasan Ahok cabut memori banding

    Melalui pasangan hidupnya, Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan alasan pencabutan memori banding.

  • Sabtu, 13 Mei 2017 07:43

    1.000 Lilin untuk Ahok dari pantai bebas Parapat Simalungun

    Sekitar seribu orang berkumpul dan menyalakan lilin dalam "aksi lilin untuk Ahok" di pantai bebas kelurahan Parapat Kec. Girsang Sipangan Bolon Kab. Simalungun, Jumat malam (12/5).

  • Kamis, 11 Mei 2017 18:41

    Setelah Ahok Divonis, Rizieq Shihab dinanti. Tagar #RizieqPulang jadi TT

    Kasus penodaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyeret Gubernur DKI Jakarta itu ke tahanan.

  • Kamis, 11 Mei 2017 17:41

    Setelah Vonis Ahok 2 Tahun, 3 Hakim ini dapat promosi

    Hakim Dwiarso Budi Santiarto mendapat promosi. Berdasarkan hasil rapat TPM Hakim 10 Mei 2017, Ketua Majelis Hakim perkara dugaan penodaan agama terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini kini mend

  • Kamis, 11 Mei 2017 17:31

    Bawa 150 Potong Roti, Mami-mami Cantik Semangati Ahok

    Simpatisan masih terus berdatangan ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, untuk memberikan dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak