Rabu, 17 Jan 2018 03:55

Koramil 0824/14 Panti Karya Bakti Bersihkan Kali Payung

Jember (utamanews.com)
Oleh: Coky/rls
Sabtu, 13 Jan 2018 07:53
Dibaca: 43 kali
Sis24
Pembersihan Kali Payung sepanjang 500 meter di dusun Glengsengan

Koramil 0824/14 Panti bersama instansi terkait dan masyarakat melaksanakan pembersihan Kali Payung sepanjang 500 meter di dusun Glengsengan Desa Suci Kecamatan panti Kabupaten Jember.

Kali tersebut merupakan saruran air yang mengalir dari lerang gunung Argopuro  dan kondisinya sering kotor karena merupakan saluran pembuangan dari pekarangan warga maupun dari sanitasi rumah tangga.

Hadir dan terlibat pada karya bakti  tersebut di antaranya Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno bersama 11 orang anggotanya, Camat Panti Drs Budi Susilo bersama 13 orang anggota Satpol PP Kecamatan, Kepal Desa Suci M Nursalim bersama 13 orang perangkatnya, Dosen Univ Negeri Jember Bu Retno bersama 10 orang mahasiswa yang KKN, dr Diah S Kepala Puseksmas bersama anggotanya 9 orang, Dinas Lingkungan Hidup Kec panti 8 orang  dan masyarakat sebanyak 77 orang.

Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kali Payung ini memang beberapa kali sudah menjadi sasaran pembersihan dalam karya bakti TNI karena kondisinya saat hujan turun aliran air dari lereng Gunung Argopuro cukup deras, sehingga alur sungai ini harus benar-benar terawat kebersihannya.

"Karena kalau sampai terhambat tidak menutup kemungkinannya akan menggerus tanggul sungai  yang mengakibatkan longsor atau meluber yang membanjiri perkampungan warga," ujarnya.

Demikian halnya Camat Panti Drs Budi Susilo dalam konfirmasinya menyampaikan terima kasih kepada Danramil, Ka Pukesmas dan semua pihak yang terlibat pada Karya Bakti TNI ini.

"Semoga langkah yang dilakukan dengan karya bakti ini sebagai wujud ikhtiar kita sehingga kita terhindar dari berbagai bencana," kata Drs Budi Susilo.



Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, SE dalam konfirmasinya menyampaikan salam hormat kepada Camat Panti dan semua pihak yang telah mendukung Karya Bakti TNI di Ds Suci Kec Panti tersebut.

"Kebersamaan dan kegotong royongan dalam melaksanakan langkah antisipatif tersebut adalah bagian dari mitigasi bencana, karena kondisi kali yang kotor disamping berdampak pada terhambatnya aliran air yang mengakibatkan lonsor, banjir juga dapat berdampak pada kesehatan masyarakat.
Sekali lagi terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat, pada kesempatan ini saya juga mempersilahkan kepada  Camat, Kepala Desa dan semua masyarakat silahkan koordinasi dengan Koramil Jajarannya kalau memang memerlukan tenaga TNI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti ini, kami akan mendukung sekali, karena kami adalah bagian dari masyarakat dan  Bersama Rakyat TNI Kuat," tegasnya.

Editor: Budi

T#g:sungai
Berita Terkait
  • Sabtu, 06 Jan 2018 12:26

    Biadab, Warga Langkat Ini cabuli bocah 5 tahun di pinggir sungai

    IS, 20 tahun, warga Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, Sumut, ditangkap Polisi dari kediaman kerabatnya atas laporan telah melakukan tindak pidana persetubuhan dan atau perbuatan cabul terha

  • Senin, 25 Des 2017 23:25

    Masyarakat dan Babinsa gotongroyong perbaiki tanggul sungai

    Curah hujan di bulan Desember 2017 yang relatif masih tinggi yang terjadi setiap hari mengakibatkan lingkungan masyarakat mengalami berbagai kendala, di antaranya warga masyarakat desa Kepanjen Kecama

  • Minggu, 07 Mei 2017 17:57

    Pasukan Garuda Bersihkan Sungai di Afrika Tengah

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXVII-C/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) di bawah pimpinan Mayor Czi

  • Rabu, 20 Mar 2013 12:55

    Walhi: Banyak Sungai di Medan Berwarna Hitam

    Masalah air yang dialami berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) belum mendorong ataupun meningkatkan kesadaran serta kepedulian bersama terutama pemerintah dan dunia usaha dala

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak