Selasa, 19 Jun 2018 15:05
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kecam penganiayaan terhadap wartawan, Seratusan Massa Unjukrasa di Tanjung Balai

Kecam penganiayaan terhadap wartawan, Seratusan Massa Unjukrasa di Tanjung Balai

Tanjungbalai (utamanews.com)
Oleh: Hendra
Kamis, 14 Des 2017 10:24
Dok
Massa saat berunjuk rasa mengecam dugaan penganiayaan terhadap wartawan di kota Tanjung Balai, Rabu (13/12).
Selamat Puasa Paluta

Seratusan orang dari berbagai elemen, antara lain Wartawan, LSM, Aktivis, LBH dan Mahasiswa Kota Tanjung Balai melakukan Aksi Solidaritas di depan Polres, DPRD dan Walikota Tanjung Balai atas kasus percobaan penganiayaan terhadap wartawan oleh orang tak dikenal, Rabu (13/12/2017).



Aksi solidaritas ini meminta kepada Kapolres Tanjung Balai AKBP Tri Setyadi Artono segera mengusut OTK pelaku persekusi terhadap Maksum, dan mengungkap aktor intelektual sebagai dalang atas peristiwa yang dialaminya dan mendesak Kapolres Tanjung Balai menuntaskan kasus dugaan penganiayaan oleh sekelompok pelajar terhadap saudara Riki, wartawan yang bertugas di Kota Tanjung Balai, yang saat ini kasus tersebut mengendap tanpa jelas proses hukumnya.

"Meminta kepada Walikota Tanjung Balai H. M.Syarial memberikan dukungan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap aktor intelektual atau dalang atas peristiwa percobaan penganiayaan yang dialami Maksum demi terciptanya Kota Tanjung Balai Bersih dalam segi penegakan supremasi hukum, karena kami mengetahui bahwa Walikota adalah orang yang bergelar akademik Sarjana Hukum dan Master Hukum," ujar orator dalam aksinya.

Pengunjukrasa juga mengancam akan melakukan aksi kembali apabila dalam waktu 2 pekan pihak Polres Kota Tanjung Balai tidak bisa mengungkap siapa pelaku percobaan penganiayaan wartawan.

"Apabila dalam waktu 2 pekan ke depan kasus yang dialami Maksum belum terungkap dan kasus Riki masih mengambang, maka kami akan kembali melakukan aksi ke Mapolres Tanjung Balai, DPRD dan Kantor Walikota Tanjung Balai," lanjutnya.

Amatan UTAMANEWS, pengunjuk rasa diterima oleh Ipda Syahril Situmorang Kanit Idik 1 Satreskrim Polres Tanjung Balai. 

"Menyampaikan bahwa terkait permasalahan Maksum, kami dari Tim Opsnal Satreskrim Polres Tanjung Balai langsung menuju TKP dugaan perencanaan pembunuhan terhadap Maksum. Kami juga memohon bantuan dari rekan-rekan wartawan dan aktivis agar dapat kita tangkap pelakunya dan terkait permasalah sdr. Riki wartawan yang dipukul oleh anak SMA yang sedang tawuran sedang dalam peroses hukum", terangnya.

Usai berorasi di depan Polres Kota Tanjung Balai, aksi unjukrasa dilanjutkan ke DPRD Kota Tanjung Balai. Massa diterima oleh Ketua DPRD Kota Tanjung Balai Bambang Harianto Lobo, SE dan didampingi oleh Anggota DPRD Zulkifli Siahaan. 

"DPRD Kota Tanjung Balai mendukung sepenuhnya aspirasi ini. Kami percayakan kepada Kepolisian Tanjung Balai dalam menyikapi permasalahan Riki dan Maksum dan mengusut tuntas atas rencana pembunuhan terhadap Maksum. Kami atas nama DPRD Kota Tanjung Balai meminta kepada Polres Tanjung Balai untuk mengusut tuntas penganiayaan terhadap Wartawan," katanya.

Usai berorasi di kantor DPRD Kota Tanjung Balai massa juga melanjutkan aksinya ke kantor Walikota Tanjung Balai di jalan Sudirman Kecamatan Datuk Bandar.

Menanggapi maraknya aksi unjuk rasa dari aktivis penggiat sosial dan anti korupsi Kota Tanjung Balai, Nazmi Hidayat, SH., seorang aktivis Tanjung Balai mengatakan Maksum adalah salah seorang korban kebrutalan OTK terkait kegigihan beliau memberitakan kondisi Tanjung Balai saat ini.

"Kami dari aktivis penggiat sosial dan anti korupsi mengecam keras ulah oknum tersebut, dan kita yakin bahwa ini ada hubungannya dengan pemberitaan dan aksi para aktivis terkait kebobrokan Tanjungbalai," ujarnya

Nazmi juga menambahkan, "Tanjungbalai Hazab, hanya kata itu yang pantas kita sematkan kepada rezim pemerintahan saat ini. Hazab dari penganiayaan, Hazab dari premanisme, Hazab dari ilegal, Hazab dari diskriminasi hukum, Hazab dari upaya percobaan pembunuhan, pembungkaman serta Hazab dari debu dan polusi akibat menjamurnya penambang ilegal."

"Komplikasi ini menjadi permasalahan yg sangat serius, mengingat visi misi walikota adalah BERSIH. Maka kami dari Komunitas Parlemen Jalanan akan terus memperjuangkan proses penegakan supremasi hukum terhadap upaya pembunuhan dan pembungkaman terhadap insan pers yang melanggar hak demokrasi, dan kami berjanji akan turun kembali untuk aksi terkait refleksi 2 tahun pemerintahan Syahrial-Ismail. Kami ingin kota ini BERSIH sesuai visi misi pemangku kebijakan tertinggi di Tanjung Balai, bukan menjadi kota Hazab dan darurat korupsi," tukas Nazmi Hidayat Sinaga, SH.

Editor: Roy S.

T#g:jurnalisTanjungbalai
Berita Terkait
  • Kamis, 07 Jun 2018 11:07

    Kapuspen TNI Buka Puasa Bersama Insan Pers

    Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah beserta jajaran Staf Puspen TNI, menggelar acara buka puasa bersama Insan Pers Media Cetak dan Elektronik di salah satu rumah makan

  • Sabtu, 02 Jun 2018 21:22

    IWO Sibolga-Tapteng Gelar Pelatihan Wartawan

    Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk membuka secara resmi Pelatihan Wartawan yang digelar IWO Sibolga-Tapteng di aula Audio Visual SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah, Sabtu (2/6).Syarfi mengapr

  • Selasa, 22 Mei 2018 14:02

    Hasil Investigasi Wartawan Analisa Raih Nominasi Internasional

    Bersama Reuters, AP dan Wall Street Journal, karya investigasi kolaboratif Bambang Riyanto (wartawan Analisa di Medan) dengan Jhon Seo (wartawan TEMPO di NTT) dan tim dari Malaysiakini.com (Malaysia)

  • Kamis, 17 Mei 2018 21:57

    Berita Kedatangan Del Piero ke Sumut Paling Dicari Pembaca

    Information terkait kedatangan pemain sepakbola asal Italia, Alessandro Del Piero ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) menjadi pemberitaan yang paling banyak dinanti masyarakat. Hal itu terlihat dari ting

  • Sabtu, 12 Mei 2018 20:32

    Kedatangan Sihar di Debat Kedua Paling Dinantikan Sejumlah Wartawan

    Saat Sihar Sitorus masuk ke gedung Hotel Adi Mulia Medan sejumlah pekerja media langsung mengerumuni dan melontarkan banyak pertanyaan. Kedatangan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua tersebu

  • Senin, 07 Mei 2018 19:27

    Puluhan Anak Yatim Piatu Dapat Bingkisan dari Forum Jurnalis Deli Serdang

    Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, Wartawan Deli Serdang mengadakan kegiatan sosial dengan menyantuni anak yatim piatu. Kegiatan itu diadakan di rumah salah seorang wartawan yang ada di Desa

  • Senin, 23 Apr 2018 14:43

    Warga: Seharusnya Walikota Tanjung Balai Malu Menerima Penghargaan Infrastruktur

    Warga menggelar aksi mancing dan menjala di badan jalan DI. Panjaitan Kelurahan Pasar Baru Kota Tanjungbalai yang tergenang air mirip kolam, sebagai bentuk protes terhadap Walikota Tanjung Balai, Senin (23/4/2018).

  • Rabu, 04 Apr 2018 21:54

    Djoss Center Tanjung Balai Siap Menangkan Djarot-Sihar

    Kedatangan Djarot Saiful Hidayat, calon gubernur nomor urut 2 ke Tanjung Balai benar-benar Djoss. Tampak kehadiran Djarot untuk yang kedua kalinya hari ini, Rabu (4/4) memberikan warna yang indah buat

  • Sabtu, 24 Mar 2018 09:04

    Akan Diadakan di Gedung Dewan Pers, Diskusi Upaya Konkrit Media Online Melawan Hoax dan Politisasi SARA

    Social Media for Civic Education (SMCE) akan mengadakan diskusi dengan tema "Menakar Upaya Konkrit Media Online dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA untuk Persatuan NKRI". Kegiatan ini akan dih

  • Kamis, 08 Mar 2018 20:28

    PT. KAI Divre I Tanjung Balai-Asahan Sosialisasikan Perkereta Apian pada Siswa SD

    Sekolah MIS Inpres Madrasah Ibtidayiah Swasta Nurul Anwar, kedatangan tamu dari Babin Polsuska Perkeretaapian kota Tanjung Balai, Serka Hendra Hadi Pranata serta 2 orang Polsuska Try Rohmad dan Putra

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak