Selasa, 22 Mei 2018 18:41

Jokowi samakan kompetisi Paskibraka dengan persaingan negara

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Sabtu, 19 Agu 2017 07:49
Humas Setkab RI
Presiden Jokowi saat pengukuhan Paskibraka Nasional 2017
Menurut Presiden Jokowi, mereka yang terpilih sebagai anggota Paskibraka adalah yang terbaik dari proses seleksi berjenjang yang cukup panjang. Mulai dari seleksi di Kabupaten Kota, naik ke Provinsi.

"Coba hitung dari berapa orang hingga muncul dua, bisa 60 kayak Jawa Tengah, kan Kabupatennya banyak bisa 70an misalnya. Yang punya Kabupaten banyak berarti kan kompetisinya, bersaingnya semakin ketat, tetapi itulah dunia, memang harus bersaing dan harus berkompetisi, siapa yang muncul terbaik itulah yang dipilih," tutur Jokowi saat bersilaturahim dengan Teladan Nasional dan para pendukung acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/8) sore.

Negara pun, sambung Kepala Negara, juga berkompetisi dengan negara lain. Semua harus ingat itu, jangan dipikir negara ini tidak bersaing dengan negara lain. Dan yang bisa bekerja dengan cepat, bisa berprestasi dengan baik, itulah yang mendapatkan dari internasional.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi meminta kepada para teladan dan anggota Paskibraka agar jangan takut bersaing. Bersaing dalam semua hal, misalnya kemudahan berusaha easy doing businness, bersaing kita dari 180 negara, ranking masih di angka 91. 

"Ya tidak jelek-jelek amat tapi buat saya masih kurang. Masih jauh kalau 91 rangkingnya. Kemudian ranking apalagi," ujarnya.

Kalau yang terakhir, lanjut Presiden, bagus. Ranking untuk kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya ini wajib ditepuk tangani, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahnya kita ini di-ranking survei oleh OECD, ranking kita nomor 1. 

"Biasanya yang pegang nomor 1 itu Swiss, negara-negara Eropa, ini nomor 1 Indonesia, ke-2 Swiss, ke-3 India, Luksemburg," ungkapnya.

Kemudian ranking untuk investasi, menariknya sebuah negara untuk investasi, menurut Presiden, yang melakukan penilaian adalah United Nation on Conference of Trade and Development, kita berada pada ranking ke-4. Ini juga sudah sangat baik dari 8 meloncat ke-4.

Itulah yang namanya kompetisi antar negara, lanjut Presiden Jokowi, sama seperti ranking dari, bertarung dari tingkat Kabupaten Kota, bertarung lagi di tingkat Provinsi kemudian bisa dikirim jadi Paskibraka nasional.

"Ini bukan sesuatu yang mudah, sangat sulit bersaing seperti ini saya tahu. Jadi kalau kemarin semua dilaksanakan denga lancar baik dan mendekati kesempurnaan ya saya kira itulah berkat latihan-latihan yang diberikan oleh instruktur kepada anak-anak, dan saya tidak mendengar sesuatu yang tidak baik, alhamdulilah semua berjalan dengan baik," pungkas Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. 

Editor: Budi

T#g:PaskibrakaKompetisisurvey
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Mei 2018 18:30

    Berbalik.... Survey Terkini, Djarot-Sihar Tinggalkan ERAMAS dengan selisih 5,6%

    Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nomor Urut 2, Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus mengungguli pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam survei di media sosial, yang dilakukan di website http://pilkada.org/survey/

  • Jumat, 20 Apr 2018 21:30

    Pengamat: Relawan Jokowi Jadi Faktor Trend Elektabilitas DJOSS Menanjak

    Dari empat lembaga survey yang melakukan survey Pemilihan Gubernur Sumatera Utara, Pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mendapat trend positif. Dari survey itu, elektabilitas Djarot-Sihar, ter

  • Sabtu, 24 Mar 2018 06:34

    Pemimpin Jujur Bersih lebih diinginkan daripada Tegas Berwibawa

    Masyarakat Sumatera Utara lebih menginginkan pemimpin yang jujur dan bersih dibandingkan yang tegas dan berwibawa.

  • Senin, 04 Des 2017 07:04

    Survey: PDIP 30,2 persen, Golkar 12,5 persen, Gerindra 10,8 persen

    Indo Barometer merilis hasil survei mengenai sosok potensial di Pilpres 2019 mendatang. Berkaitan dengan itu, tidak mau ketinggalan dengan lembaga survei lainnya, Indo Barometer juga merilis hasil ele

  • Kamis, 14 Sep 2017 05:34

    Rumah Konstituen: Petahana Masih Diunggulkan Netizen

    Ada yang unik dari poling Rumah Konstituen yang mengambil tema "Memetakan Masa Depan Pembangunan di Sumatera Utara: Survei Harapan Netizen Melalui Pilgub 2018."

  • Selasa, 22 Agu 2017 20:32

    Panglima TNI : Paskibraka adalah orang pilihan yang sangat luar biasa

     Pemuda pemudi Indonesia yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah orang-orang pilihan yang memiliki modal sangat luar biasa, maka harus mempunyai semangat kuat da

  • Sabtu, 19 Agu 2017 13:29

    Jaga Nama Baik, Kata Erry Saat Melepas Pemulangan Paskibraka

    Para siswa Paskibraka Sumatera Utara (Sumut) yang telah bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih, 17 Agustus 2017 lalu di Lapangan Merdeka Medan, akhirnya kembali

  • Sabtu, 19 Agu 2017 07:39

    Ini kesan Jokowi pada Ruth, Paskibra asal SMA Negeri 2 Binjai

    Presiden Jokowi ternyata sempat berbicara dengan Ruth, anggota Paskibraka yang bertugas membawa bendera Merah Putih saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) sore.

  • Rabu, 02 Agu 2017 12:52

    Ribuan Ilmuwan Komputer Berbakat Perebutkan BukaBeasiswa Bukalapak

    14 mahasiswa  memperebutkan BukaBeasiswa Bukalapak

  • Senin, 10 Jul 2017 08:20

    The Research on the Image of the Caliphate Ideological and Political Doctrine and HTI by SMRC

    Various analysis tend to conclude the Caliphate ideological and political doctrine is the political system to be implemented by ISIS in Syria and Iraq now.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak