Jumat, 15 Des 2017 05:56

Jokowi Buka Munas KAHMI

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Jumat, 17 Nov 2017 21:27
Dibaca: 74 kali
Dok
Pemukulan Gordang Sambilan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ditandai dengan pemukulan Gordang Sambilan di Hotel Santika Dyandra Medan, Jumat (17/11/2017).

Bersama Presiden Jokowi, juga ikut memukul Gordang Sambilan yakni Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Mahfud MD, politisi senior Partai Golkar juga dewan penasehat KAHMI Akbar Tanjung dan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi.

Hadir juga disitu sejumlah menteri cabinet kerja, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama seluruh pengurus dan keluarga besar KAHMI se-Indonesia. Munas ke-10 KAHMI tersebut berlangsung selama tiga hari dan direncanakan akan ditutup Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, Minggu (19/11/2017).

Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko WIdodo karena perhatiannya yang cukup besar kepada masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Utara. Dan berterimakasih karena bisa hadir pada even nasional dimana Sumatera Utara dipercayakan sebagai tuan rumah. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi karena telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Larfan Pane pada 10 November 2017 yang lalu, yang merupakan putra daerah Sumatera Utara," ujar Erry.

Hal yang sama juga diungkapkan Mahfud MD. "Dengan dianugerahinya gelar pahlawan nasional kepada pendiri HMI maka dalam ikut merajut ikatan kebangsaan dan menjaga NKRI yang berdasarkan Pancasila akan semakin kuat posisinya dalam mosaik sejarah Indonesia," sebut Mahfud.

Sementara, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan tantangan negara kita kedepan semakin berat, bermunculan perubahan-perubahan yang tidak terduga. Seperti perubahan dari internet ke mobile internet, dari mobile internet ke artifisial intelejen, ke robotik. "Perubahan dunia bergerak begitu cepat sekali, tantangan seperti  ini harus kita antisipasi.

Kita jangan terjebak pada rutinitas, pada sikap-sikap yang monoton yang setiap hari kita lakukan dalam keseharian. Perubahan itu ada di depan mata kita. Kecepatan teknologi dan perubahan itu mendahului dari apa yang kita perkirakan.

Karena itu, Jokowi meyakini jika nantinya landscape politik global berubah, landscape ekonomi global berubah, landscape interaksi sosial berubah, landscape politik nasional juga akan berubah begitu juga dengan landscape interaksi sosial nasional dan ekonomi nasional juga akan berubah. Dan ini nantinya akan bergerak ke daerah. "Inilah antisipasi yang harus kita siapkan dan kita pikirkan bersama-sama," kata Jokowi.

Ini juga akan merubah perilaku sosial bila kita tidak memperkuat karakter building, sumber daya manusia dengan nilai-nilai agama, budaya, dan nilai-nilai keindonesiaan yang kita miliki.

Jokowi pada kesempatan itu juga mengharapkan agar pemerintah dan masyarakat Indonesia memerlukan mitra-mitra baru untuk mengantisipasi perubahan global yang begitu cepat.

"Kita juga sudah terlalu lama selalu melihat ke Barat, Eropa, Amerika atau Jepang. Bahwa mitra baru itu diperlukan. Oleh sebab itu setelah pelantikan 2014 lalu, saya pergi ke Timur Tengah, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Iran, Qatar, untuk keseimbangan posisi yang sangat diperlukan," ujar Presiden Jokowi.

Editor: Budi

T#g:JokowiKAHMI
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Des 2017 19:19

    Jokowi Buka HMPI Di Yogyakarta, Tengku Erry Tanam Pohon Nangka

    Presiden RI, Jokowi membuka acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017 di bukit karst, Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabt

  • Sabtu, 09 Des 2017 16:49

    Seskab: Tidak Ada Presiden Yang Bekerja Melebihi Jokowi

    Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menilai, tidak ada Presiden yang bekerja melebihi Presiden seperti sekarang ini (Jokowi, red).

  • Sabtu, 09 Des 2017 06:39

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Resmi Menjabat Panglima TNI

    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, setelah secara resmi dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara,

  • Kamis, 07 Des 2017 22:17

    Kadin Berperan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, karena rasa cintanya dengan Kadin, dirinya harus melakukan perjalanan bolak-balik Medan-Jakarta.

  • Senin, 04 Des 2017 17:04

    Presiden Serahkan 10.000 Sertifikat Tanah di Soreang

    Sebanyak 10.000 sertifikat tanah diserahkan kepada warga se-Kabupaten Bandung oleh Presiden Jokowi di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin, (4/12/2017). Dalam sambutannya, Presiden m

  • Senin, 04 Des 2017 10:04

    Jokowi Teken Perpres No. 106/2017 tentang Kawasan Sains & Teknologi

    Dalam rangka memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah berbasis inovasi, pemerintah memandang perlu menyediakan layanan bagi industri dalam suatu kawasan yang

  • Minggu, 03 Des 2017 11:03

    Jokowi: Peran Guru Tak Tergantikan

    Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu sangat cepatnya, namun peran guru te

  • Kamis, 30 Nov 2017 09:40

    Horja Godang Bobby-Kahiyang Tunjukkan Kekayaan Adat Budaya Nusantara

    Pesta adat atau Horja Godang pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu Siregar di komplek Bukit Hijau Regency (BHR)-Taman Setia Budi Indah Medan, Sabtu (25/11/2017), berlangsung meri

  • Senin, 27 Nov 2017 17:07

    Jokowi: Jaga Nilai Budaya Adiluhung Pembentuk Karakter Bangsa

    Presiden Jokowi mengingatkan seluruh pemangku adat nusantara termasuk seluruh elemen bangsa untuk menjaga, merawat dan melestarikan nilai-nilai budaya adiluhung yang telah membentuk karakter bangsa In

  • Senin, 27 Nov 2017 16:17

    Ini yang dilakukan Jokowi di Siborong-borong, Tapanuli Utara

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kerja ke Tapanuli Utara, Jumat (24/11/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak