Minggu, 24 Jun 2018 14:17
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ini Saran Ketua Pembela Umat untuk jaga kerukunan di Tanjung Balai

Ini Saran Ketua Pembela Umat untuk jaga kerukunan di Tanjung Balai

TANJUNG BALAI (utamanews.com)
Oleh: DR
Sabtu, 19 Agu 2017 18:09
Dok
Ustad H. Admiral
Selamat Puasa Paluta

Ustad H. Admiral, Ketua Tim Pembela Umat Kota Tanjung Balai menyatakan bahwa walaupun secara umum kerukunan beragama di Kota Tanjung Balai dalam keadaan kondusif, namun masih terdapat perilaku dan tindakan masyarakat dalam pergaulan sehari-hari dan di media sosial yang mencerminkan sebaliknya.

"Memang kita rasakan kerukunan beragama di Kota Tanjung Balai dalam keadaan kondusif, namun apabila kita cermati lebih dalam di lingkungan masyarakat, masih terdapat adanya perilaku ataupun tindakan yang kurang menunjukkan kerukunan beragama itu sendiri," ujar tokoh umat Islam di kota Tanjung Balai, H. Admiral, Sabtu (19/8).

Dijelaskannya, perilaku kurang bersahabat dalam interaksi sehari-hari dan komunikasi yang tidak baik di media sosial (Facebook) berpotensi dimanfaatkan oleh pihak yang sengaja mengadu domba melalui agama untuk perpecahan di masyarakat. 

"Kami menilai, diperlukan peran pemerintah bersama stake holder lainnya untuk mempersatukan Tokoh-tokoh Agama yang ada di Kota Tanjung Balai dalam rangka memelihara kerukunan umat beragama," ungkapnya.

H. Admiral meyakini bahwa kerusuhan di Kota Tanjung Balai pada tanggal 29 Juli 2016 yang berujung pada pembakaran beberapa vihara tidak terjadi, apabila pemerintah menggandeng Tokoh Agama dalam mencari permasalahan yang sebelumnya. 

"Yang terjadi kan sebaliknya, terkesan pemerintah melakukan pembiaran sehingga membuat masyarakat bertindak secara sepihak dan tidak terkontrol," tutur H. Admiral.

Ia mengharapkan mulai saat ini dan ke depannya, Pemerintah dan Tokoh Agama dapat bersinergi melakukan pendeteksian​ dan menyelesaikan permasalahan agama yang terjadi di masyarakat. 

"Komunikasi dan pendidikan sangat penting dalam menjaga kerukunan beragama, karena melalui komunikasi maka kita dapat mengetahui apa permasalahan dan penyelesaian yang diambil, sedangkan melalui pendidikan kita dapat memelihara budaya kerukunan beragama pada masyarakat dan mengajarkannya ke generasi muda," jelasnya.

Hal yang tidak kalah penting menurut H. Admiral adalah dengan melakukan silatuhrahmi antara pemerintah dengan masyarakat, tokoh dan Ormas agama secara keseluruhan sehingga menghasilkan kerukunan agama yang kokoh.

"Demi kondusifitas Kota Tanjung Balai, kami siap mendukung program-program pemerintah untuk mempertahankan dan meningkatkan serta memperkokoh kerukunan umat beragama," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:Tanjungbalaitoleransi
Berita Terkait
  • Senin, 14 Mei 2018 03:14

    Prihatin Tragedi Bom di Surabaya, Sihar Ajak Jaga Pluralisme

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus turut berduka dan mengutuk keras atas tragedi ledakan bom di sejumlah gereja di Kota Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:17

    Sihar: Keberagaman Sumut Terbungkus Dalam Persaudaraan

    Pluralisme yang ada di Sumatera Utara, menjadikan provinsi ini tak menjadikan perbedaan sebuah jarak pemisah. Keberagaman adat istiadat dan suku di Sumut disatukan dalam sebuah ikatan persaudaraan. "S

  • Kamis, 26 Apr 2018 18:16

    Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Kawal Pilkada Serentak Dalam Bingkai Kebhinekaan

    Dewan Pengurus Provinsi Pergerakan Indonesia (DPP PI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, RAS dan antar golongan.

  • Senin, 23 Apr 2018 14:43

    Warga: Seharusnya Walikota Tanjung Balai Malu Menerima Penghargaan Infrastruktur

    Warga menggelar aksi mancing dan menjala di badan jalan DI. Panjaitan Kelurahan Pasar Baru Kota Tanjungbalai yang tergenang air mirip kolam, sebagai bentuk protes terhadap Walikota Tanjung Balai, Senin (23/4/2018).

  • Sabtu, 21 Apr 2018 11:41

    TNI-Polri Motivator Perekat Persatuan dan Kesatuan

    Eksistensi, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan di pundak Prajurit TNI-Polri. Untuk itu, TNI dan Polri harus menjadi solusi dan motivator perekat persatuan dan kesatuan.

  • Rabu, 04 Apr 2018 21:54

    Djoss Center Tanjung Balai Siap Menangkan Djarot-Sihar

    Kedatangan Djarot Saiful Hidayat, calon gubernur nomor urut 2 ke Tanjung Balai benar-benar Djoss. Tampak kehadiran Djarot untuk yang kedua kalinya hari ini, Rabu (4/4) memberikan warna yang indah buat

  • Rabu, 04 Apr 2018 06:34

    Djarot: Sumut Hidup Dalam Keberagaman

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat mendapat sambutan hangat dan meriah saat tiba di Dusun VIII, Desa Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir (BP) Mandoge, Kabupaten Asahan, Selasa (3/4/2018) sore.Tenda berwarn

  • Jumat, 23 Mar 2018 10:23

    Jangan ada etnis merasa terintimidasi, khususnya menjelang Pemilu

    Dalam konsep FPK (Forum Pembauran Kebangsaan), keberagaman adalah keniscayaan. Mengapa niscaya, karena itu adalah ketetapan Tuhan. Oleh karena itu jangan ada yang menghina umat agama atau etnis lain,

  • Rabu, 21 Mar 2018 19:31

    Sumut Institute dan UNPRI gelar diskusi terbuka, "Masyarakat Sumut Cinta Damai, Jaga Kebhinekaan dan Pluralisme"

    Secara umum, hubungan sosial kemasyarakatan di Sumatera Utara, khususnya antar etnis relatif baik, dibuktikan dengan bebasnya masyarakat minoritas untuk melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Namun, b

  • Selasa, 13 Mar 2018 11:53

    Kerukunan Umat Beragama Perekat Persatuan Bangsa

    Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Selain itu Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang plural me

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak