Jumat, 20 Jul 2018 19:35

HIMMAH minta Jokowi buat PLN Sumut Bersih, No Pungli

HIMMAH demo, Api membubung di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Kamis, 05 Okt 2017 13:55
Dok
Aksi demo mahasiswa HIMMAH di kantor Kejaksaan Tinggi Sumut mendesak pengusutan dugaan korupsi dan Pungli di PLN Sumut, Kamis (5/10).
Mahasiswa kembali mendesak Presiden Joko Widodo untuk memberi perhatian pada kasus "Makelar Listrik" di Sumut dan meminta PLN Bersih No Pungli.

Desakan terhadap Jokowi ini disampaikan melalui aksi unjuk rasa di depan kantor PLN wilayah Sumut jalan Sudarso dan kantor Kejaksaan Tinggi Sumut, jalan AH Nasution, Medan, siang tadi, Kamis (5/10).

Pada aksi di kantor PLN, selain mendesak Istana mendengar aspirasi mereka, Abdul Razak Nasution selaku koordinator aksi mahasiswa HIMMAH Sumut menyatakan bahwa aksi pada Kamis depan (12/10/2017), pihaknya akan melakukan penyegelan pada kantor PLN Wilayah Sumut itu.

"Selama ini aksi unjuk rasa yang kami lakukan sebagai mahasiswa tetap santun, namun PLN tetap tidak mengindahkan tuntutan kami, maka aksi Kamis depan, kami akan menyegel kantor PLN," tutur Razak kepada Eko, Kabag Humas PLN Sumut.

Razak mengatakan bahwa HIMMAH berharap PLN Bersih, No pungli dan listrik terang, sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi.

"Aksi kami setiap hari Kamis ini untuk mempertanyakan penuntasan kasus dugaan korupsi dan Pungli di jajaran pegawai PLN Wilayah Sumut.

"Sesuai hasil investigasi langsung oleh Tim PLN pada 18 September 2017, saudara Arsyad Siregar merupakan salah satu aktor yang menyebabkan negara mengalami kerugian negara sebesar Rp662.582.000. Selain Arsyad selaku penyedia jasa, Manager PLN Ranting Perdagangan, Sawun Waluyo‭, Manager PLN Area Pematangsiantar Krisantus Hendro Setiawan‭, dan GM Bridgestone SRE Dolok Merangir," ungkapnya.

Razak menyatakan PLN wilayah Sumut sudah mengakui telah terjadi praktik pungutan liar, pungli ke masyarakat dalam kasus ini.

"Waktu investigasi lapangan didampingi HIMMAH dan Sumatera Transparansi, Senin 18 September lalu, PLN Sumut secara tak langsung telah membenarkan adanya indikasi kuat telah terjadi Pungli meskipun Manajer PLN Pematangsiantar tidak mengakui," ungkap Razak.

Oleh karena tidak adanya keberanian jajaran PLN Wilayah Sumut, katanya, maka HIMMAH akan menyegel kantor PLN Wilayah Sumut minggu depan.

Dikatakannya, HIMMAH sudah mengirimkan surat mendesak Kepala Kejatisu untuk menindaklanjuti surat HIMMAH Nomor 01/LP/DPP-Sutra/HW-SU/VIII/2017 tertanggal 24 Agustus 2017, perihal dugaan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang jabatan yang diduga dilakukan oleh Manager PT. PLN (Persero) Rayon Perdagangan Kab. Simalungun dan Manager PT. PLN (Persero) Area Pematangsiantar pada kegiatan Pasangan Sambung Baru (PSB) di Afdeling L, J dan I di PT. Bridgestone SRE Dolok Merangir.

"Kami juga mendesak GM PLN Wilayah Sumut untuk membuat surat rekomendasi ke Dirut PLN Sofyan Basir untuk memecat para pejabatnya yang terlibat dalam kasus ini, dan membuat pengaduan resmi ke kepolisian terhadap makelar kasus ini, Arsyad Siregar," ujarnya. 

Seperti telah diberitakan sebelumnya, HIMMAH Sumut menemukan bahwa pejabat PLN di lingkup Wilayah Sumut diduga melakukan praktik pungutan liar ke masyarakat dengan modus pemasangan baru jaringan listrik.

Razak merinci modus pungli tersebut, yakni 398 Pasangan Sambung Baru (PSB) dengan daya 1.300 VA itu secara administrasi memakai ‬nama‭ ‬masing-masing karyawan, padahal perumahan tersebut merupakan inventaris perusahaan, bukan pribadi.

"Selanjutnya, diduga PSB itu tidak memiliki Sertifikasi Laik Operasi (SLO) sesuai UU 30 dan 31 Tahun 2009," lanjutnya.

Aksi HIMMAH kali ini ditanggapi Kabag Umum PLN, Eko, yang menyatakan bahwa kasus ini sedang ditangani oleh PLN Pusat.

"Kita masih menunggu tindak lanjut dan hasil audit investigasi internal PLN pusat ke PLN Area Pematang Siantar dan Rayon Perdagangan kabupaten Simalungun," ungkapnya.


Api dari bakar ban di Kejatisu membubung tinggi

Massa kemudian melanjutkan aksi ke Kantor Kejaksaan Tinggi Sumut, di jalan AH Nasution Medan.

Di sini, mahasiswa membakar sejumlah ban bekas sehingga api tampak membubung tinggi di depan kantor Kejaksaan. Tampak asap hitam dari lidah api membuat masyarakat yang melintas menjadi tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi.

Jaksa Yosgernold Tarigan, Kasi Penkum Kejati Sumut dalam tanggapannya pada mahasiswa mengatakan bahwa telaah Kepala Kejaksaan atas laporan PW HIMMAH Sumut terkait dugaan korupsi dan dugaan pungli Pasangan Sambung Baru (PSB) yang merugikan negara Rp662 juta sudah hampir selesai

"Laporan itu mungkin Senin sudah keluar. Sama-sama kita tunggu," tukas Yosgernold.

Editor: Budi

T#g:Himmahpln
Berita Terkait
  • Senin, 16 Jul 2018 14:56

    HIMMAH Desak Kejatisu & KPK RI Usut Tuntas Dugaan Korupsi di PLN Pembangkitan Belawan

    Puluhan kader Pimpinan Wilayah Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PW. HIMMAH) Sumatera Utara berunjukrasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Jalan A.H. Nasution Medan, Senin (16/7/2018.Aksi

  • Kamis, 28 Jun 2018 21:28

    Pelanggan PLN Keluhkan Mahalnya Biaya Rekening

    Sejumlah warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengeluhkan perihal tingginya biaya rekening listrik setiap bulannya yang harus ditanggung oleh pelanggan.Seorang pelanggan PLN di De

  • Kamis, 28 Jun 2018 16:48

    Pilkada Sumut Aman, Aminullah Siagian Apresiasi Kapolda Sumut

    Pemilihan Kepala daerah di beberapa daerah baru saja selesai. Khususnya di Sumatera, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Sudah berjalan damai, aman dan kondusif sesuai dengan keingina

  • Selasa, 26 Jun 2018 11:16

    Pernyataan Resmi Kelompok Cipayung Plus Sumut H-1 Pencoblosan, "Pemilih Pemula Harus Cerdas"

    Para pimpinan Kelompok Cipayung Plus Sumut menyerukan agar pemilih pemula lebih cerdas dalam menjatuhkan pilihannya pada Calon Gubernur Sumut 2018-2023.Di antaranya, Charles Munthe selalu KORDA GMNI S

  • Minggu, 24 Jun 2018 09:04

    Pimpinan Pusat HIMMAH Ajak Jaga Kondusifitas Sumut Jelang Pilgubsu

    Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Republik Indonesia berharap ajang Pilkada serentak, khususnya Pilgub Sumatera Utara 2018 mendatang tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat da

  • Kamis, 31 Mei 2018 13:41

    Jhonson Tambunan Diduga Lakukan Korupsi, HIMMAH Sumut Geruduk Kejatisu

    Sejumlah kader Pimpinan Wilayah Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PW. HIMMAH) Sumatera Utara kembali berunjukrasa mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Jln. A.H Nasution Medan, Kamis (31/5/2018).

  • Rabu, 25 Apr 2018 16:25

    HIMMAH Sumut Kembali Demo Kejaksaan Tinggi Sumut Soal Korupsi di Siantar

    Pimpinan Wilayah Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PW. HIMMAH) Sumatera Utara kembali berunjukrasa mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), jalan A.H Nasution Medan, Rabu (25/4/2018).

  • Senin, 02 Apr 2018 18:02

    Terindikasi Korupsi 4 Milyar, HIMMAH Sumut Laporkan Kadis PUPR Pematangsiantar

    Pengurus Pimpinan Wilayah Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Sumatera Utara mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang ada di Jalan AH. Nasution Medan, Senin (2/4). Kedatangan Mahasi

  • Minggu, 01 Apr 2018 11:21

    Ngeri... Mayat tergantung di Trafo PLN

    Muhammad Yahya, 45 Tahun, yang bekerja sebagai Tenaga Kontrak PLN, warga Desa Landeng Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, tewas tergantung di Tali Jiwa (Safety Harnest), Sabtu (31/03/2018).Infor

  • Rabu, 07 Mar 2018 08:37

    HIMMAH: Walikota Harus Pilih Pejabat Mampu Bekerja

    Isu pergantian pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi kian merebak, namun pimpinan daerah setempat sampai saat ini belum menjadwalkan tentang hal itu. "Kalau ada isu yang bertanya kapan d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak