Senin, 16 Jul 2018 09:54
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Gubsu Erry Dorong Parsadaan Ritonga jadi Pelopor Kerukunan Keberagaman

Gubsu Erry Dorong Parsadaan Ritonga jadi Pelopor Kerukunan Keberagaman

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Sabtu, 22 Jul 2017 22:22
Dok
Gubsu bersama pengurus Pomparan Ritonga di Medan, Sabtu (22/7).
Gubsu HT Erry Nuradi mengharapkan Parsadaan Ritonga Dohot Boruna menjadi pelopor kerukunan dalam keberagaman.

Harapan itu disampaikan Gubsu pada acara Halal Bi Halal Parsadaan Ritonga  Dohot Boruna di Aula RSU Imelda, Medan, Sabtu (22/7).
 
Dalam sambutannya, Gubsu mengatakan sangat gembira bisa bersama Parsadaan Ritonga yang dipimpin oleh Hasban Ritonga, SH tersebut. 

Gubsu merasakan Halal Bi Halal yang dilaksanakan tersebut merupakan acara yang sangat istimewa karena dihadiri tidak hanya kaum muslimin saja. 

"Yang hadir saya lihat tidak hanya yang beragama musilm saja, namun beragam. Menyaksikan seluruh Pomparan Ritonga bisa berkumpul dalam kebhinekaan sungguh sangat membahagiakan," kata Erry.  

Hal itu menurut Erry sangat sesuai dengan tema yang diusung pada acara Halal bi Halal tersebut, yaitu dengan pelaksanaan Halal bi Halal kita mantapkan kekeluargaan dan silaturrahmi marga Ritonga Dohot Boruna dalam bingkai kebhinekaan.   

Erry berpesan semangat kerukunan dalam keberagaman yang saat ini ada pada Parsadaan Ritonga Dohot Boruna terus dipelihara dan disebarluaskan di tengah masyarakat Sumut yang majemuk.

Gubsu menambahkan silaturrahmi adalah acara istimewa yang diturunkan oleh tokoh-tokoh kemerdekaan. Jadi kegiatan silaturrahmi seperti Halal Bi Halal adalah agenda asli Indonesia yang perlu kita banggakan dan dilestarikan. 

"Halal bi Halal adalah ciri khas kita, ini merupakan salah satu kearifan bangsa kita. Halal bi Halal dikenal di Indonesia dan disosialisasikan oleh tokoh tokoh bangsa Indonesia. Kita mensyukuri kita punya ciri khas ini, bahkan di negara Islam sendiri justru tidak dikenal Halal bi Halal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Parsadaan Ritonga Dohot Boruna, Hasban Ritonga, SH mengatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya tersebut sejak awal pembentukannya memang dengan semangat keberagaman, lintas agama. Harapannya Parsadaan Ritonga Dohot Boruna bisa lebih besar dan maju.  

Hasban  mengatakan sangat berterima kasih dengan perhatian Pemprovsu. Hasban yang baru saja memasuki masa purna bakti setelah menjabat Sekda Provsu ini juga mengatakan Parsadaan Ritonga Dohot Boruna akan terus memelihara semangat kebersamaan dan keberagaman. 

"Semoga kami  bisa menjadi contoh dan pelopor kebhinekaan," katanya. 

Editor: Sam

T#g:HasbanMargaRitongatoleransi
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Jun 2018 15:54

    Buka Puasa Bersama DPP Pemuda Merga Silima, Budi Rasyid Tarigan: Kebersamaan Adalah Modal Kemajuan

    Budi Rasyid Targan, SH, Sekretaris Umum (Sekum) Pemuda Merga Silima ( PMS) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, (Jabodetabek), menegaskan bahwa pemuda Karo, harus berani menyatakan kebenaran mesk

  • Jumat, 08 Jun 2018 16:48

    Staf Khusus Menrisetdikti: Tidak Ada Radikalisme dari Kampus

    Tidak ada radikalisme dari kampus, yang ada, orang-orang berpikir radikal masuk ke kampus-kampus mencari teman untuk menyamakan pemahaman tersebut.

  • Senin, 14 Mei 2018 03:14

    Prihatin Tragedi Bom di Surabaya, Sihar Ajak Jaga Pluralisme

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus turut berduka dan mengutuk keras atas tragedi ledakan bom di sejumlah gereja di Kota Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:17

    Sihar: Keberagaman Sumut Terbungkus Dalam Persaudaraan

    Pluralisme yang ada di Sumatera Utara, menjadikan provinsi ini tak menjadikan perbedaan sebuah jarak pemisah. Keberagaman adat istiadat dan suku di Sumut disatukan dalam sebuah ikatan persaudaraan. "S

  • Kamis, 26 Apr 2018 18:16

    Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Kawal Pilkada Serentak Dalam Bingkai Kebhinekaan

    Dewan Pengurus Provinsi Pergerakan Indonesia (DPP PI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, RAS dan antar golongan.

  • Senin, 23 Apr 2018 15:23

    Dukungan Terus Bertambah, Punguan Toga Marbun Dukung Djoss

    Dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus terus bertambah. Kali ini dukungan diberikan oleh Punguan Toga Marbun Dohot Boru/Bere Medan dan Sekitarnya.

  • Sabtu, 21 Apr 2018 11:41

    TNI-Polri Motivator Perekat Persatuan dan Kesatuan

    Eksistensi, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan di pundak Prajurit TNI-Polri. Untuk itu, TNI dan Polri harus menjadi solusi dan motivator perekat persatuan dan kesatuan.

  • Rabu, 04 Apr 2018 06:34

    Djarot: Sumut Hidup Dalam Keberagaman

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat mendapat sambutan hangat dan meriah saat tiba di Dusun VIII, Desa Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir (BP) Mandoge, Kabupaten Asahan, Selasa (3/4/2018) sore.Tenda berwarn

  • Jumat, 23 Mar 2018 10:23

    Jangan ada etnis merasa terintimidasi, khususnya menjelang Pemilu

    Dalam konsep FPK (Forum Pembauran Kebangsaan), keberagaman adalah keniscayaan. Mengapa niscaya, karena itu adalah ketetapan Tuhan. Oleh karena itu jangan ada yang menghina umat agama atau etnis lain,

  • Rabu, 21 Mar 2018 19:31

    Sumut Institute dan UNPRI gelar diskusi terbuka, "Masyarakat Sumut Cinta Damai, Jaga Kebhinekaan dan Pluralisme"

    Secara umum, hubungan sosial kemasyarakatan di Sumatera Utara, khususnya antar etnis relatif baik, dibuktikan dengan bebasnya masyarakat minoritas untuk melaksanakan aktifitasnya sehari-hari. Namun, b

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak