Selasa, 11 Des 2018 03:59

Golkar: Kasus Andi Lala adalah kejahatan kemanusiaan

Lubuk Pakam (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 25 Apr 2017 16:05
Dok
Bayu Anggara (kanan) bersama Kepala BNNK Deliserdang AKBP Drs H Joko Susilo pekan lalu mendiskusikan pemberantasan narkoba di Deliserdang khususnya Kecamatan Batangkuis.
Andi Lala, dalang pembantaian sadis satu keluarga di Medan Deli dianggap sebagai contoh buruk dampak penyalahgunaan narkoba. Sejumlah elemen masyarakat mengutuk keras dan menyebut kasus itu sebagai salah satu kejahatan kemanusiaan.

Sebagaimana diketahui, Andi Lala merupakan pecandu narkoba yang kerap berhubungan dengan aksi kriminal. Bahkan sebelum melakukan pembantaian sadis dua minggu lalu, Andi Lala yang merupakan warga Deliserdang itu mengaku terlebih dulu mengonsumsi sabu.

"Kami menganggap ini salahsatu kejahatan kemanusiaan yang timbul dari penyalahgunaan narkoba. Narkoba menjadikan otak manusia tidak waras, menghalalkan segala cara untuk tujuan buruk. Saya terusik dengan hal-hal yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba ini," kata Ketua PK Partai Golkar Batangkuis Deliserdang, Bayu Anggara SH kepada wartawan kemarin.

Dia mengecam dan mengutuk pembantaian sadis yang menghilangkan lima korban nyawa tersebut. Untuk itu, sebagai pihak yang peduli pemberantasan narkoba khususnya di Kabupaten Deliserdang, Bayu mendorong pentingnya kesadaran semua pihak memerangi penyalahgunaan narkoba.

"Saya mengajak semua pihak terutama anak-anak muda menjauhi dan memerangi narkoba. Kasus Andi Lala ini secara tidak langsung adalah pukulan bagi Deliserdang karena dua pemudanya turut serta dalam pembunuhan," ujar alumni Hukum UISU tersebut.

Jangan Percaya Motif Utang Narkoba

Bayu berharap Andi Lala bisa dihukum sesuai peraturan yang berlaku. "Saya tekankan ini adalah kejahatan kemanusiaan. Apalagi pembunuhan itu berencana dan balita menjadi korban. Kami berharap dalang dan pelaku bisa dihukum seberat-beratnya sesuai aturan berlaku," tegas Bayu.

Menurut Bayu, penegak hukum pastinya tidak berhenti pada pengakuan Andi Lala yang menyebut kasus itu bermotif karena utang narkoba. Untuk itu, Bayu mendorong kepolisian mengusut tuntas motif pembunuhan tersebut.

"Pengakuan Andi bahwa korban punya utang narkoba itu sangat sensitif dan perlu pembuktian mendalam. Jangan-jangan ini hanya omong kosong dari seorang dalang pembunuhan," tandas Bayu.

Bayu berpesan kepada keluarga korban dan masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah pengakuan Andi Lala soal utang narkoba tersebut. Apalagi sebelum Andi Lala tertangkap, pelaku lain yakni Rony dan Andi Syahputra mengaku turut kebagian tugas menghabisi nyawa anak Riyanto yang remaja.

"Tapi setelah Andi Lala tertangkap, Andi Lala mengaku menghabisi sendiri lima korban dengan besi tua. Ada kontradiktif memang dengan pengakuan dua pelaku lainnya. Jadi saya berharap keluarga korban dan masyarakat tidak begitu saja percaya omongan Andi Lala soal utang narkoba itu. Mari kita dorong kepolisian agar bisa menggali motif sebenarnya. Jangan kita lupakan soal isu motif harta warisan," tegas Bayu.

Seperti diketahui, kasus pembantaian sadis di Medan Deli dua pekan lalu itu turut melibatkan dua nama anak muda Deliserdang, Rony (20) dan Andi Syahputra (27). Setelah mengonsumsi sabu, mereka diajak Andi Lala berkomplot menghabisi nyawa keluarga Riyanto.
"Sekali lagi saya mengajak kawan-kawan generasi muda semua. Ayo, jangan sampai kita terjerumus. Jaga diri kita, keluarga kita dan saudara kita dari bahaya laten narkoba ini. Sekali mencoba, itu artinya kita sudah meneken kontrak seumur hidup dengan yang namanya narkoba," tandas dia.

Dari data yang diperolehnya, Bayu mencatat tingginya angka kasus narkoba di Deliserdang pada 2016. Setidaknya ada 470 tersangka yang terdiri atas 451 tersangka laki-laki dan 19 tersangka perempuan pada tahun tersebut.

"Ini data resmi dari Polres Deliserdang akhir tahun 2016. Narkoba di Deliserdang ini sudah kian memprihatinkan," terang Bayu.

Editor: Sam

T#g:Andi Lalagolkar
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Des 2018 18:12

    Ketua DPR: Indonesia Kondusif Kendati Ada Upaya Mengeskalasi Tensi Politik

    "Tidak ada kepanikan atau kemarahan dari pemerintah, kendati Penghinaan dan upaya pembunuhan karakter yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo nyaris tak berkesudahan"

  • Selasa, 13 Nov 2018 17:13

    Hafal Ayat Kursi, Plt Bupati Labuhanbatu Berikan Hadiah Umroh

    Agenda kegiatan silahturrahmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (GOLKAR) kabupaten Labuhanbatu, bersama warga kelurahan Sirandorung, menjadi keharuan dan kesan tersendiri bagi warga ma

  • Sabtu, 03 Nov 2018 21:03

    Pelantikan Pengurus dan Rapimda DPD Golkar Kota Padangsidimpuan, Irsan Nasution Kembali Terpilih

    Irsan Efendi Nasution kembali dipercaya memimpin DPD Golkar Kota Padangsidimpuan periode 2015-2020. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Padangsidimpuan terpilih pada Pilkada 2018 kemarin ini, sec

  • Kamis, 25 Okt 2018 14:55

    Gelar Lucky Draw, Pemkab Labura Peringati Hari Koperasi Ke-71 Tahun 2018

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Pemkab Labura) melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM, memperingati hari Koperasi ke-71 tahun 2018, tingkat kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).Kegiatan in

  • Senin, 17 Sep 2018 22:17

    Basyaruddin Nasution SH Pimpin Partai Golkar Tebing Tinggi

    Siapa yang akan memimpin Partai Golongan Karya Kota Tebing Tinggi akhirnya terjawab. Tingginya dinamika politik di internal pengurus partai Golongan Karya kota Tebing Tinggi membuat berbagai kala

  • Sabtu, 01 Sep 2018 08:01

    Golkar Tebing Tinggi Ajak Kader dan Bacaleg Loyal pada Partai

    Terkait isu tentang akan mundurnya Bakal Calon Legislatif yang berjenis kelamin wanita dari keikutsertaan di Partai Golkar dari pencalonan legislatif sebelum penetapan DCT, karena keberatan terhadap c

  • Jumat, 24 Agu 2018 14:14

    Hebat, Akui Statusnya Tersangka, Idrus Marham Mundur dari Menteri Sosial

    Langkah Idrus Marham, politisi Partai Golkar yang menyatakan mundur dari jabatan Menteri Sosial RI, patut diapresiasi.Ia menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya karena terkait kasus dugaan suap p

  • Jumat, 24 Agu 2018 17:14

    Golkar: Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin Berlatar Belakang Militer

    Politisi Partai Golkar, yang juga menjabat Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'

  • Kamis, 23 Agu 2018 11:53

    Rayakan Idul Adha DPD Partai Golkar Labuhanbatu Sembelih 12 Ekor Hewan Kurban

    Ketua DPD Partai Golkar H, Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT bersama Ketua AMPG Labuhan Batu Muhammad Riduan Dalimunthe S,IP serta Kader Partai Golkar merayakan Idul Adha dengan berbagi daging kurban dar

  • Rabu, 15 Agu 2018 06:35

    Haris Nixson Tambunan SH Maju Jadi Caleg DPRD Sumut

    Haris Nixson Tambunan SH adalah Putra Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Dahulunya, orangtua (Ayahanda) Haris Nixson Tambunan, bertugas di Kodim 0209/Labuhanbatu. Semenjak dari kecil Sang Penga

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak