Rabu, 20 Jun 2018 05:04
Iklan Paslon Paluta

Golkar: Kasus Andi Lala adalah kejahatan kemanusiaan

Lubuk Pakam (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 25 Apr 2017 16:05
Dok
Bayu Anggara (kanan) bersama Kepala BNNK Deliserdang AKBP Drs H Joko Susilo pekan lalu mendiskusikan pemberantasan narkoba di Deliserdang khususnya Kecamatan Batangkuis.
Selamat Puasa Paluta
Andi Lala, dalang pembantaian sadis satu keluarga di Medan Deli dianggap sebagai contoh buruk dampak penyalahgunaan narkoba. Sejumlah elemen masyarakat mengutuk keras dan menyebut kasus itu sebagai salah satu kejahatan kemanusiaan.

Sebagaimana diketahui, Andi Lala merupakan pecandu narkoba yang kerap berhubungan dengan aksi kriminal. Bahkan sebelum melakukan pembantaian sadis dua minggu lalu, Andi Lala yang merupakan warga Deliserdang itu mengaku terlebih dulu mengonsumsi sabu.

"Kami menganggap ini salahsatu kejahatan kemanusiaan yang timbul dari penyalahgunaan narkoba. Narkoba menjadikan otak manusia tidak waras, menghalalkan segala cara untuk tujuan buruk. Saya terusik dengan hal-hal yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba ini," kata Ketua PK Partai Golkar Batangkuis Deliserdang, Bayu Anggara SH kepada wartawan kemarin.

Dia mengecam dan mengutuk pembantaian sadis yang menghilangkan lima korban nyawa tersebut. Untuk itu, sebagai pihak yang peduli pemberantasan narkoba khususnya di Kabupaten Deliserdang, Bayu mendorong pentingnya kesadaran semua pihak memerangi penyalahgunaan narkoba.

"Saya mengajak semua pihak terutama anak-anak muda menjauhi dan memerangi narkoba. Kasus Andi Lala ini secara tidak langsung adalah pukulan bagi Deliserdang karena dua pemudanya turut serta dalam pembunuhan," ujar alumni Hukum UISU tersebut.

Jangan Percaya Motif Utang Narkoba

Bayu berharap Andi Lala bisa dihukum sesuai peraturan yang berlaku. "Saya tekankan ini adalah kejahatan kemanusiaan. Apalagi pembunuhan itu berencana dan balita menjadi korban. Kami berharap dalang dan pelaku bisa dihukum seberat-beratnya sesuai aturan berlaku," tegas Bayu.

Menurut Bayu, penegak hukum pastinya tidak berhenti pada pengakuan Andi Lala yang menyebut kasus itu bermotif karena utang narkoba. Untuk itu, Bayu mendorong kepolisian mengusut tuntas motif pembunuhan tersebut.

"Pengakuan Andi bahwa korban punya utang narkoba itu sangat sensitif dan perlu pembuktian mendalam. Jangan-jangan ini hanya omong kosong dari seorang dalang pembunuhan," tandas Bayu.

Bayu berpesan kepada keluarga korban dan masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah pengakuan Andi Lala soal utang narkoba tersebut. Apalagi sebelum Andi Lala tertangkap, pelaku lain yakni Rony dan Andi Syahputra mengaku turut kebagian tugas menghabisi nyawa anak Riyanto yang remaja.

"Tapi setelah Andi Lala tertangkap, Andi Lala mengaku menghabisi sendiri lima korban dengan besi tua. Ada kontradiktif memang dengan pengakuan dua pelaku lainnya. Jadi saya berharap keluarga korban dan masyarakat tidak begitu saja percaya omongan Andi Lala soal utang narkoba itu. Mari kita dorong kepolisian agar bisa menggali motif sebenarnya. Jangan kita lupakan soal isu motif harta warisan," tegas Bayu.

Seperti diketahui, kasus pembantaian sadis di Medan Deli dua pekan lalu itu turut melibatkan dua nama anak muda Deliserdang, Rony (20) dan Andi Syahputra (27). Setelah mengonsumsi sabu, mereka diajak Andi Lala berkomplot menghabisi nyawa keluarga Riyanto.
"Sekali lagi saya mengajak kawan-kawan generasi muda semua. Ayo, jangan sampai kita terjerumus. Jaga diri kita, keluarga kita dan saudara kita dari bahaya laten narkoba ini. Sekali mencoba, itu artinya kita sudah meneken kontrak seumur hidup dengan yang namanya narkoba," tandas dia.

Dari data yang diperolehnya, Bayu mencatat tingginya angka kasus narkoba di Deliserdang pada 2016. Setidaknya ada 470 tersangka yang terdiri atas 451 tersangka laki-laki dan 19 tersangka perempuan pada tahun tersebut.

"Ini data resmi dari Polres Deliserdang akhir tahun 2016. Narkoba di Deliserdang ini sudah kian memprihatinkan," terang Bayu.

Editor: Sam

T#g:Andi Lalagolkar
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Mar 2018 15:34

    Olahraga Bersama, Jokowi dan Airlangga Hartarto Bicara Motor hingga Cawapres

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto olahraga bersama di sekitar Istana Bogor pada Sabtu, 24 Maret 2018. Keduanya mulai berjalan kaki sekitar pukul 08.00 WIB."Iya

  • Sabtu, 17 Mar 2018 12:37

    Borsak Mangatasi Nababan Berangkatkan Djarot-Sihar

    Politisi senior Partai Golkar Ir Leo Nababan bersama Punguan Borsak Mangatasi Nababan Kota Medan memberangkatkan pasangan Balon Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Djarot Saifu

  • Minggu, 04 Feb 2018 20:24

    Diduga Anggota Dewan Palas Garap Proyek Senilai Rp1,6 M Lebih

    Ketua Fraksi Golkar yang disebut-sebut adek kandung Bupati Palas berinisial "AH" diduga menggarap proyek pembangunan jembatan gantung di Desa Tanjung Morang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.&

  • Minggu, 31 Des 2017 16:11

    Pilgubsu 2018, Golkar Tak Bisa Cabut Dukungan dari Tengku Erry

    Belakangan ini merebak isu Partai Golkar menarik dukungan dari HT Erry Nuradi di Pilgubsu 2018. Hal itu juga seolah dibenarkan Ketua DPP Golkar Nusron Wahid.

  • Kamis, 28 Des 2017 16:58

    Akademisi: Golkar Diuntungkan Bila Usung Kader Jadi Wagub Sumut

    Publik masih menanti siapa yang bakal menjadi calon wakil Tengku Erry pada Pilgubsu. Partai Golkar yang sudah resmi mengusung Erry, memiliki seorang kader yang dinilai paling mumpuni jadi pendampingny

  • Minggu, 17 Des 2017 21:47

    Dari Eksternal, Ivan & Nurhajizah Daftar Cawagubsu, Hasilnya Diumumkan Setelah Munaslub Golkar

    Brigjen TNI Purn Nurhajizah Marpaung dan Ivan Iskandar Batubara telah mengembalikan formulir Cawagubsu ke Tim 10 Golkar Sumut.

  • Kamis, 14 Des 2017 13:04

    Kuasa Nurhajizah Marpaung Ambil Formulir Cawagub ke Golkar

    Hari ini Tim 10 Golkar Sumut membuka pendaftaran Cawagub untuk calon dari eksternal partai. Hari ini, Nurhajizah Marpaung melalui tim kuasanya mengambil formulir pendaftaran tersebut.Kamis (14/12/2017

  • Rabu, 13 Des 2017 18:23

    Tim 10 Buka Pendaftaran Cawagub Sumut dari Kalangan Eksternal Golkar

    Setelah melalui proses verifikasi, Tim Penjaringan Cawagub Sumut dari Partai Golkar memutuskan membuka pendaftaran dari kalangan eksternal Golkar Sumut.Ketua Tim 10 Sahlul Umur Situmeang mengatakan, k

  • Rabu, 13 Des 2017 16:13

    Adik Sepupu Jokowi Daftar Cawagub Sumut

    Ngogesa Sitepu menyatakan mundur dari bursa Cawagub Sumut dari Partai Golkar. Sejumlah nama pun sudah mempersiapkan diri, salahsatunya adalah Doli Sinomba Siregar. (adsbygoogle = window.adsb

  • Selasa, 12 Des 2017 11:02

    Ketua DPD Padangsidimpuan Dukung Munaslub Golkar

    Sesuai hasil pertemuan DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota se-Sumut dengan DPD Provinsi Sumut beberapa waktu lalu, soal Munaslub (Musyawarah Nasional Luar Biasa) Partai Golkar harus segera dilaksanakan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak