Sabtu, 23 Sep 2017 07:07
  • Home
  • Sosial Budaya
  • GMKI: Pemprov Sumut dan Angkasa Pura tidak serius bangun Bandara Silangit

GMKI: Pemprov Sumut dan Angkasa Pura tidak serius bangun Bandara Silangit

Taput (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 12 Agu 2017 18:32
Dibaca: 528 kali
Ist
Swangro Lumbanbatu, Koordinator Wilayah I dan Sahat Martin Philip Sinurat Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menilai pembangunan Bandara Silangit masih lambat dan belum terlihat sebagai pintu gerbang objek wisata internasional.

"Kebijakan Presiden Jokowi untuk menjadikan Kawasan Danau Toba sebagai pilot project 10 Objek Wisata Prioritas perlu kita apresiasi dan dukung. Presiden meminta dilakukannya pembangunan infrastruktur, salah satunya Bandara Silangit yang menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan lokal dan mancanegara. Namun, sampai saat ini arahan Presiden itu belum tampak dilaksanakan," ujar Swangro Lumbanbatu, Koordinator Wilayah I dan Sahat Martin Philip Sinurat Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, di Siborongborong, Tapanuli Utara (11/8/2017).

Swangro Lumbanbatu menyatakan target Presiden akan satu juta wisatawan ke danau Toba akan sulit tercapai jika pembenahan infrastruktur masih dikerjakan setengah hati. 

"Belum lagi persiapan sumber daya manusia di Kawasan Danau Toba masih belum maksimal, dimana masyarakat seharusnya dilatih untuk dapat mengelola pariwisata dengan baik serta mengutamakan nilai-nilai kebudayaan, keramahan, dan pelayanan," tuturnya.

Menurut Swangro, seharusnya Tengku Erry Nuradi selaku Gubernur Sumatera Utara juga berperan penting dalam pambagunan Bandara Silangit.

"Gubernur jangan menutup mata dengan hal ini. Gubernur tidak harus perlu sibuk sekali dengan kampanye slogan, fokuslah dalam pembangunan Sumatera Utara. Kami berharap Gubernur bertanya pada pemerintah Tapanuli Utara, kenapa pembangunan itu tidak jalan sesuai dengan yang kita harapkan. Gubernur jangan hanya mempercayakan penuh pada Angkasapura dan pemerintah Tapanuli Utara," tambahnya.

"Kalau memang pemerintah Tapanuli Utara dan Angkasa Pura tidak sanggup dengan pembangunan ini, langsung saja disampaikan. Jangan sampai kita ketinggalan dengan daerah yang lain, hanya karena pemimpin kita tidak mampu merangkul rakyat," ketusnya.

Sementara Sahat MP Sinurat, menyampaikan bahwa Bandara Silangit diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2005 lalu, dan pada pemerintahan saat ini, Presiden Jokowi juga sudah pernah mendarat di sana. 

"Walaupun sudah dua Presiden yang pernah datang, sangat disayangkan selama bertahun-tahun pembangunan Bandara ini masih sangat lambat. Keseriusan dan kesiapan pemerintah pusat, BUMN terkait, dan pemerintah daerah perlu dipertanyakan," katanya.

"Beberapa minggu lalu saya baru berkunjung ke Tual, Langgur, Maluku Tenggara. Bandara Karel Sasuit Tubun yang berada di sana sudah memiliki bangunan dan lahan parkir yang rapi dan berstandar internasional, padahal Presiden belum pernah datang ke sana. Ini sangat berbeda dengan Bandara Silangit. Padahal beberapa bulan lagi kita mendengar Bandara Silangit akan menerima penerbangan langsung dari Singapura," ujar Sahat.

Angkasapura juga harus siap dengan hal pembagunan ini, lanjutnya, jangan selalu menunggu bola. 

Mengenai persoalan nama Bandara, Sahat mengatakan tidak ada masalah. Namun jangan pula hanya karena persolan nama, pembangunan Bandara Silangit jadi terhambat. 

"Pemerintah Sumatera Utara harus mampu mengatasi itu semua, apalagi pengunjung wisatawan nantinya akan bertambah menyambut Natal dan tahun baru. Kita tidak mau wisata ke kawasan danau Toba semakin berkurang," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:AngkasapuraBandaraerryGMKISilangit
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 18:40

    GMKI minta Pemkab Bangun Tugu Relawan Erupsi Sinabung

    Koordinator Wilayah I PP GMKI Sumut-NAD bersama rombongan BPC GMKI Medan melakukan audiensi dengan Bupati Kabupaten Karo, di ruangan Bupati Karo, Kompleks Kantor Bupati, Kabanjahe, Selasa (19/9/2017).

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:20

    Tengku Erry Hadiahi Pantun untuk 4 Gubernur & 3 Wakil Gubernur

     5 Gubernur dan 3 Wakil Gubernur bertemu di Kota Medan, Rabu (20/9/2017). Mereka adalah tuan rumah, Gubernur Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur,  Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Se

  • Rabu, 20 Sep 2017 02:30

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Ternak

    Menteri Pertanian melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam mendorong peningkatan populasi sa

  • Selasa, 19 Sep 2017 11:49

    Ini Pernyataan GMKI Terkait Penggerudukan Kantor YLBHI

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menyesalkan terjadinya mobilisasi massa dan penggerudukan ke kantor YLBHI di jalan Diponegoro.

  • Selasa, 19 Sep 2017 09:29

    Tengku Erry: Sarjana Harus Siap Kerja dan Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan masa perkuliahan harus mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga mahasiswa setelah lulus tidak lagi mencari pekerjaan tetapi harus dapat membuka lapangan pe

  • Senin, 18 Sep 2017 20:38

    Gubsu Tengku Erry Minta KNPI Kedepankan Kekuatan Moral 

    Organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) diharapkan dapat menjadi contoh pemuda yang bisa mengedepankan moral force atau kekuatan moral. Sebab, banyak sekali pemuda yang s

  • Minggu, 17 Sep 2017 12:17

    Berjasa pada Polmed, Tengku Erry Didoakan Kembali Memimpin Sumut

    Kehadiran Gubernur Sumut Tengku Erry di kampus Politeknik Negeri Medan (Polmed) Jalan Almamater No 1 Kampus USU Medan Sabtu (16/9/2017) pagi, disambut hangat oleh keluarga besar Politeknik Negeri Meda

  • Kamis, 14 Sep 2017 15:44

    Tengku Erry Kagumi Paduan Suara SMA Negeri Teluk Dalam

    Ada yang menarik dalam rangkaian puncak acara Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumut yang dilaksanakan di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (13/9/2017) sore.

  • Rabu, 13 Sep 2017 02:03

    Tengku Erry Dorong Hortikultura Sumut Tembus Pasar Global

    Gubsu Tengku Erry Nuradi resmi membuka Pekan Pasar Petani Sumut 2017 di lapangan KB kompleks Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (12/9/2017).

  • Sabtu, 09 Sep 2017 20:59

    Gubsu Erry Nuradi Peroleh Penghargaan Pembina Olahraga dari Menpora

    Gubsu DR H T Erry Nuradi menerima penghargaan dari Menteri Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi sebagai pembina olahraga terbaik. Penghargaan itu diberikan pada acara puncak Hari Olahra

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak