Selasa, 24 Okt 2017 14:37
  • Home
  • Sosial Budaya
  • GEMMBIRA dukung pemerintah menerbitkan Perppu 2/2017 tentang Ormas

GEMMBIRA dukung pemerintah menerbitkan Perppu 2/2017 tentang Ormas

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: DR
Selasa, 01 Agu 2017 06:51
Dibaca: 250 kali
Dok
Sejumlah aktivis mahasiswa kota Medan sepakat menyatakan "Menjaga Kewibawaan Pancasila", Kamis (27/7).

Gerakan Masyarakat dan Mahasiswa Bersatu untuk Indonesia Raya (GEMMBIRA), mendukung sepenuhnya atas penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 02 Tahun 2017 tentang perubahan atas UU No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan oleh pemerintah.

Hal ini dinyatakan oleh Ahmad Kurniawan Harahap, Ketua GEMMBIRA Sumut menyikapi pro dan kontra penerbitan Perppu yang terkesan darurat tersebut.

"Selain mendukung Perppu, GEMMBIRA juga mendesak segenap elemen bangsa, khususnya para politikus untuk bersama sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Ahmad Kurniawan Harahap, di Medan, Minggu (30/7/2017).

Ahmad menjelaskan bahwa Perppu 2/2017 tersebut memberikan legalitas pada pemerintah untuk membubarkan segala bentuk Ormas yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan, seperti komunisme, liberalisme, radikalisme, ekstrimisme, dan separatisme.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Gubernur Sumatera Utara dan DPRD seharusnya juga melakukan monitoring penuh terhadap Ormas di wilayah ini, demi tegaknya nilai-nilai Pancasila," tambahnya.

"Kami juga mendesak para pimpinan perguruan tinggi untuk membersihkan kampus dari Ormas yang bertentangan dengan Pancasila," tukasnya.

Sebelumnya, kata Ahmad, GEMMBIRA telah mengadakan diskusi terbatas membahas dampak dari Perppu tersebut dengan menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Zulfikar Lubis dari PW Ikatan Pelajar NU/IPNU Sumut, Bily Halim dari Himpunan Mahasiswa Budha Indonesia/ Hikmah Budhi Kota Medan, Sujarwo dari Senat Fakultas Dakwah UIN Sumut dan Mustafa Habib, Ketua Umum Demisioner HMI Medan, Kamis (27/7).

"Semua narasumber dan tokoh audiens yang hadir sepakat mendukung penerbitan Perppu No.2/2017 tentang Ormas, dan paham bahwa situasi ideologi bangsa saat ini sedang darurat ancaman dari ideologi anti Pancasila," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:HMIPerppu
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Okt 2017 10:51

    Cipayung Plus Sumut siap ikuti Jambore Kebangsaan Kewirausahaan di Jawa Barat

    Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw didampingi Dir Pam Obvit, Dirintel, Dansat Brimob dan Kabid Humas Polda Sumut menerima Audiensi dari elemen Cipayung Plus Sumut, yaitu Septian dari HMI,

  • Minggu, 15 Okt 2017 14:15

    Dukungan Terus Mengalir, Fadly Nurzal Semakin Mantap jadi Presidium MN KAHMI

    Dukungan Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumatera Utara dan Majelis Daerah (MD) se-Sumut ditambah sejumlah dukungan MD dan MW di berbagai provinsi semakin memantapka

  • Senin, 09 Okt 2017 22:09

    Direncanakan Dihadiri Presiden, Sumut Siap Tuan Rumah Munas KAHMI

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi Sumut dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Ke-10 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang dijadwalkan digelar pada

  • Kamis, 05 Okt 2017 12:05

    299, Perjuangan Demokrasi yang Anti Demokrasi

    Penolakan Perppu Ormas oleh Ormas radikal mulai disuarakan kembali setelah sekitar enam Ormas Radikal dibubarkan oleh pemerintah. Tak hanya itu, isu tersebut juga dibarengi oleh isu klasik yang diangg

  • Jumat, 01 Sep 2017 14:31

    Effendi Simbolon silaturahmi ke kelompok Cipayung Sumut

    Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon bersilaturahmi dengan para pimpinan kelompok Cipayung Plus Sumatera Utara (Sumut) di Medan, Kamis (31/8).

  • Jumat, 18 Agu 2017 21:18

    Aksi unjuk rasa Forum Islam Bersatu Menolak Perppu Ormas

    Seperti aksi-aksi unjuk rasa sebelumnya yang dilakukan selepas shalat Jumat, siang tadi (18/8), seribuan warga kota Medan dan sekitarnya mengaku tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bersama Umat (AMMBU)

  • Jumat, 18 Agu 2017 16:48

    Masri Sitanggang: "Bila berkuasa saya akan bubarkan PDIP"

    DR Masri Sitanggang menyatakan bahwa apabila diberi kesempatan berkuasa, hal pertama yang dilakukannya adalah membubarkan PDIP dengan menggunakan Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas."Kalau nanti s

  • Rabu, 16 Agu 2017 19:26

    Ketua Muhammdiyah Sulut: NKRI dan Pancasila Final !

    Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Utara Nasruddin Yusuf menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Idelogi Pancasila adalah final.

  • Kamis, 03 Agu 2017 19:13

    Swangro: Perppu 2/2017 tentang Ormas meneguhkan Pancasila dan UUD

    Awal pekan ini, Senin (31/7/2017), Pengurus Pusat GMKI, dipimpin oleh Sahat Martin Philip Sinurat, diterima oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

  • Kamis, 03 Agu 2017 07:03

    Tak disangka, ini respon intelektual muda Sumut terhadap Perppu 2/2017

    Seratusan lebih kader PMII, HIMMAH, GMNI dan GMKI tingkat provinsi Sumut kompak berdiskusi membahas kebijakan pemerintahan Jokowi yang menerbitkan Perppu No.2 tahun 2017 tentang Ormas. Diskusi ini dig

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak