Selasa, 17 Okt 2017 14:35

Festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Selasa, 25 Jul 2017 06:15
Dibaca: 201 kali
Dok
Para peserta festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan
Pemkab melalui Dinas Pariwisata menggelar festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan yang diselenggarakan di open stage Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Senin (24/7).

Festival Gondang Sabangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan itu dibuka Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, ditandai dengan pemukulan taganing.

Wakil Bupati Humbahas mengatakan Gondang Sabangunan merupakan instrument music Batak yaitu Taganing, Ogung dan Sarune. Tradisi Gondang Sabangunan merupakan seremonial masyarakat Batak Toba yang menunjukkan dedikasi terhadap norma sosial dan agama. Pada dasarnya Gondang Sabangunan merupakan sarana yang mempererat hubungan kekerabatan di antara individu dan kelompok masyarakat.

Dalam perkembangannya sekarang setelah masuknya agama, pada akhirnya Gondang Sabangunan dalam upacara adat lebih difokuskan sebagai pengiring tortor dan sarana komunikasi. Pemkab Humbahas bertekad mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya asli Batak Toba terlebih dalam menghadapi era globalisasi. Eksistensi kesenian tradisional perlu dipacu diberi ruang dan terus dipromosikan untuk meredam berbagai tantangan tekanan maupun pengaruh negatif budaya asing yang berpotensi mengikis budaya Batak Toba.

"Festival yang diikuti kalangan pelajar untuk melestarikan kesenian budaya Batak Toba agar terus dapat dilestarikan. Sehingga dengan adanya festival ini, dapat bermanfaat bagi dunia, daerah kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Humbang Hasundutan" tambah Wakil Bupati Humbahas.

Kadis Pariwisata Humbahas Hotma Dina Uli Butarbutar ST MT mengatakan festival Gondang Sabangunan ini digelar guna melestarikan dan mempromosikan seni budaya Batak khususnya musik Gondang Sabangunan. Kemudian sebagai sarana edukasi bagi generasi muda khususnya musik Batak. Sebagai sarana menyalurkan bakat-bakat di bidang seni budaya khususnya musik batak dan sebagai atraksi budaya untuk peningkatan kunjungan wisata. 

Dewan juri yaitu Irwansyah Harahap, Marsius Sitohang dan Saitan Sihombing. Festival Gondang Sabangunan yang dipertandingkan sebanyak 14 group yang tersebar di wilayah Humbang Hasundutan.

Sebelum festival digelar, terlebih dahulu ditampilkan Tortor Siboru Haminjon dari Sanggar Seni Tongging Doloksanggul. Sesuai dengan penilaian dewan juri, juara I AORS (Anak Onan Raja Sekitarnya) Paranginan, juara II Martabe, juara III SMAN 1 Pollung. Harapan 1 Sanggar Bakara Nauli, harapan II SMAN 1 Pakkat dan harapan III Kung Band.

Acara festival ditutup Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit. Dikatakan, bagi juara diucapkan terimakasih dan terus berlatih demi membesarkan musik Batak Toba.Yang belum berhasil, terus juga berlatih karena even-evan seperti festival ini masih diselenggarakan tahun-tahun berikutnya.

Hadir dalam acara festival itu, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua TP PKK Ny Lidia Krsitina Dosmar Banjarnahor, WakilKetua TP PKK NyTiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Ny Betty Saul Situmorang, Kapolsek Lintongnihuta AKP E Panjaitan, Levidus Malau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yanidari ITB sebagai tim penyusun Riparkab Humbang Hasundutan dan lainnya termasuk tokoh masyarakat Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

Editor: Sam

T#g:humbahasBudayafestival
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Okt 2017 13:33

    Panglima TNI: Kearifan Lokal dan Budaya Daerah Harus Dimunculkan Kembali

    Saat ini kearifan lokal yang dimiliki Indonesia  harus dimunculkan kembali karena bangsa ini bisa merdeka dengan kearifan lokal dan budaya daerah gotong-royong yang merupakan ciri khas Indonesia.

  • Sabtu, 30 Sep 2017 19:30

    Gubsu Harap Pesta Budaya Njuah Njuah Masuk Kalender Wisata Nasional

    Pesta Budaya Njuah Njuah yang setiap tahun digelar oleh masyarakat kabupaten Dairi diharapkan dapat masuk menjadi salah satu kalender wisata nasional. Sebab, even ini diyakini dapat menjaga nilai luhu

  • Sabtu, 30 Sep 2017 13:40

    Panglima TNI: Wayang Media Komunikasi Efektif Menyebarkan Pesan Moral

    Sejarah telah mencapai peran wayang sangat strategis, selain menjadi hiburan wayang juga dapat menjadi media komunikasi yang paling aktif dalam menyebarkan pesan-pesan moral ajaran agama bahkan nasion

  • Jumat, 29 Sep 2017 21:09

    Pengurus Persadaan Pane Periode 2017-2022 Dikukuhkan

    Guna meningkatkan silaturahmi marga Pane yang ada di Sumut, khususnya kota Medan, para pengurus Perkumpulan Parsadaan Pane, Bere dan Dohot  Humalingna (PARSADONA) periode 2017 - 2022 dikukuhkan d

  • Selasa, 26 Sep 2017 14:56

    DPRD Humbahas tolak Ranperda APBD 2016

    DPRD Humbahas tolak hasil Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) TA 2016 yang akan ditetapkan menjadi Perda dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD kom

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Jumat, 15 Sep 2017 18:05

    Komunitas The Hope Serahkan Bantuan APE pada Pemkab Humbang Hasundutan

    Komunitas The Hope menyerahkan bantuan APE (alat permainan edukatif) kepada Pemkab Humbang Hasundutan, di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (15/9).APE itu diterima 20 lembaga PAUD (pendidika

  • Kamis, 14 Sep 2017 14:34

    AirAsia Indonesia promosikan "Wonderful Indonesia" melalui livery bercorak khas Indonesia

    Maskapai berbiaya hemat terkemuka AirAsia Indonesia terus berkomitmen mempromosikan pariwisata Indonesia di mata mancanegara melalui peresmian pesawat Airbus A320-200 dengan corak pada badan pesawat (

  • Rabu, 13 Sep 2017 19:53

    Ratusan Massa FP3HH Minta DPRD Humbang Hasundutan Jalankan Hak Angket

    Ratusan Massa terdiri dari tokoh agama, pemuda, dan masyarakat yang tergabung dalam-FP3HH (Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan) aksi damai ke gedung DPRD Humbang Hasundutan, Rabu (13

  • Rabu, 13 Sep 2017 13:43

    Tari Kreasi "Tanah Adat" Tawaran Warisan Budaya Leluhur dari Kampung Tenro

    Berbagai bentuk daya tarik wisata dan kearifan lokal budaya ditawarkan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak