Sabtu, 19 Agu 2017 10:46

Festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Selasa, 25 Jul 2017 06:15
Dibaca: 135 kali
Dok
Para peserta festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan
Pemkab melalui Dinas Pariwisata menggelar festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan yang diselenggarakan di open stage Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Senin (24/7).

Festival Gondang Sabangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan itu dibuka Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, ditandai dengan pemukulan taganing.

Wakil Bupati Humbahas mengatakan Gondang Sabangunan merupakan instrument music Batak yaitu Taganing, Ogung dan Sarune. Tradisi Gondang Sabangunan merupakan seremonial masyarakat Batak Toba yang menunjukkan dedikasi terhadap norma sosial dan agama. Pada dasarnya Gondang Sabangunan merupakan sarana yang mempererat hubungan kekerabatan di antara individu dan kelompok masyarakat.

Dalam perkembangannya sekarang setelah masuknya agama, pada akhirnya Gondang Sabangunan dalam upacara adat lebih difokuskan sebagai pengiring tortor dan sarana komunikasi. Pemkab Humbahas bertekad mengembangkan serta melestarikan seni dan budaya asli Batak Toba terlebih dalam menghadapi era globalisasi. Eksistensi kesenian tradisional perlu dipacu diberi ruang dan terus dipromosikan untuk meredam berbagai tantangan tekanan maupun pengaruh negatif budaya asing yang berpotensi mengikis budaya Batak Toba.

"Festival yang diikuti kalangan pelajar untuk melestarikan kesenian budaya Batak Toba agar terus dapat dilestarikan. Sehingga dengan adanya festival ini, dapat bermanfaat bagi dunia, daerah kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Humbang Hasundutan" tambah Wakil Bupati Humbahas.

Kadis Pariwisata Humbahas Hotma Dina Uli Butarbutar ST MT mengatakan festival Gondang Sabangunan ini digelar guna melestarikan dan mempromosikan seni budaya Batak khususnya musik Gondang Sabangunan. Kemudian sebagai sarana edukasi bagi generasi muda khususnya musik Batak. Sebagai sarana menyalurkan bakat-bakat di bidang seni budaya khususnya musik batak dan sebagai atraksi budaya untuk peningkatan kunjungan wisata. 

Dewan juri yaitu Irwansyah Harahap, Marsius Sitohang dan Saitan Sihombing. Festival Gondang Sabangunan yang dipertandingkan sebanyak 14 group yang tersebar di wilayah Humbang Hasundutan.

Sebelum festival digelar, terlebih dahulu ditampilkan Tortor Siboru Haminjon dari Sanggar Seni Tongging Doloksanggul. Sesuai dengan penilaian dewan juri, juara I AORS (Anak Onan Raja Sekitarnya) Paranginan, juara II Martabe, juara III SMAN 1 Pollung. Harapan 1 Sanggar Bakara Nauli, harapan II SMAN 1 Pakkat dan harapan III Kung Band.

Acara festival ditutup Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit. Dikatakan, bagi juara diucapkan terimakasih dan terus berlatih demi membesarkan musik Batak Toba.Yang belum berhasil, terus juga berlatih karena even-evan seperti festival ini masih diselenggarakan tahun-tahun berikutnya.

Hadir dalam acara festival itu, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua TP PKK Ny Lidia Krsitina Dosmar Banjarnahor, WakilKetua TP PKK NyTiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Ny Betty Saul Situmorang, Kapolsek Lintongnihuta AKP E Panjaitan, Levidus Malau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yanidari ITB sebagai tim penyusun Riparkab Humbang Hasundutan dan lainnya termasuk tokoh masyarakat Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

Editor: Sam

T#g:humbahasBudayafestival
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 21:17

    134 Napi Lapas II-B Humbahas peroleh Remisi Kemerdekaan

    Seratus Tiga Puluh Empat Narapidana penghuni lapas IIB Humbang Hasundutan mendapat remisi Kemerdekaan RI ke-72. Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlind

  • Kamis, 17 Agu 2017 22:17

    Pengunjung terkesima budaya Indonesia di Upacara HUT RI ke-72

    Para tamu undangan dari negara asing yang turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, terkesima dengan penampilan seni dan budaya Indonesia.

  • Kamis, 17 Agu 2017 18:27

    Peringatan Detik-detik Proklamasi di Humbahas

     Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah dan pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat dira

  • Selasa, 15 Agu 2017 19:45

    Bupati Humbahas kukuhkan 36 Paskibraka 2017

    Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke

  • Senin, 14 Agu 2017 19:14

    Prajurit Indobatt XXIII-K berhasil merebut hati rakyat Lebanon

    Sudah banyak kegiatan CIMIC yang dilaksanakan oleh prajurit Indobatt XXIII-K di wilayah Lebanon Selatan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan terciptanya hubungan yang baik antara

  • Sabtu, 12 Agu 2017 22:52

    Forkopimda Jawa Timur Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

    Beberapa hari ini suasana di Kabupaten Jember memang cukup berbeda dari biasanya, utamanya pergerakan pasukan pengamanan di bawah kendali Satuan Tugas Pengamanan VVIP yang dipegang oleh Komandan Korem

  • Sabtu, 12 Agu 2017 10:02

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Latih ASN Tentang Keprotokolan

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (11/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Minggu, 06 Agu 2017 13:16

    Erry Kenalkan Budaya dan Pariwisata Sumut pada Festival Indonesia di Moskow

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri pembukaan Festival Indonesia kedua yang digelar KBRI di Hermitage Garden di pusat Kota Moskow, Rusia, Jumat (4/8/2017) sore.

  • Selasa, 01 Agu 2017 21:31

    Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

    Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak