Senin, 18 Jun 2018 05:16
Iklan Paslon Paluta

Erry Ibaratkan Pengembangan Pariwisata Seperti Ayam Dan Telur

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Rabu, 11 Apr 2018 11:11
Humas Pemprov Sumut
Tengku Erry usai menjamu makan malam pelaku pariwisata dan stakeholder di Sumut, serta investor dari negara tetangga, Senin (9/4/2018) malam.
Selamat Puasa Paluta
Gubsu Tengku Erry Nuradi mengibaratkan bahwa pengembangan pariwisata seperti pilihan antara telur dan ayam, mana yang lebih dahulu ada. Karena itu dirinya menekankan pentingnya berbagi tugas sesuai kemampuan dan bidang masing-masing.

Hal itu disampaikan Tengku Erry usai menjamu makan malam pelaku pariwisata dan stakeholder di Sumut, serta investor dari negara tetangga di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (9/4/2018) malam.

Dalam pertemuan sederhana dan dialogis itu, Erry menyampaikan bahwa pengembangan pariwisata di Sumut, selama tiga tahun terakhir mulai digenjot. Hal tersebut mengingat banyak tempat wisata yang potensial dan beragam. Mulai dari segi keindahan, warisan budaya (heritage), kuliner, religi (rohani), dan agro (pertanian). Karenanya, keputusan tepat menjadikan sektor ini sebagai andalan pemasukan bagi keberlangsungan ekonomi khususnya bagi masyarakat.




Beberapa negara maju di Eropa dan Asia, menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan utama untuk devisa negaranya. Karena itu, langkah tepat ketika Presiden meminta agar banyak turis datang ke Indonesia dengan memperkenalkan 10 'Bali Baru' termasuk Danau Toba sebagai ikon wisata Sumut.

"Negara-negara di Asia, khususnya Malaysia dan Singapura, mereka begitu gencar mempromosikan pariwisata kepada dunia internasional. Karenanya tidak ada kata lain, kita harus kerja sama. Pemerintah menyediakan sarana dan prasarana, infrastruktur dan harus didukung sumberdaya manusia (SDM) yang baik," sebut Erry.

Mengatasi stagnasi yang selama ini terjadi di pariwisata Sumut, diibaratkan seperti mempersoalkan ayam dan telur, mana yang lebih dahulu ada. Satu diantaranya adalah tingginya biaya pendaratan pesawat (landing fee) asing di Kualanamu adalah yang termahal di Indonesia. Sehingga hal ini akan menjadi masukan untuk disampaikan kepada pihak Angkasa Pura.

"Semua ini seperti ayam dan telur. Oleh karena itu kita harus duduk bersama. Kita harus majukan pariwisata ini dengan kemampuan masing-masing, saling bagi tugas. Termasuk juga para pendamping wisatawan (pelayanan)," jelas Erry.

Dari segi tempat, menyebutkan Sumut tidak kalah dengan provinsi dan bahkan negara lain di dunia. Bahkan  dibawah kepemimpinannya, Pemprovsu sudah menyiapkan buku informasi 100 Destinasi Wisata di Sumut. Mulai dari museum (21 museum), pantai yang indah, cagar budaya dan sebagainya, yang perlu dikembangkan dan dipromosikan. "Makanya tugas pemerintah mempromosikan, dan membangun infrastruktur. Beberapa jalan kita perbaiki. Seperti jalan lingkar Danau Toba dan beberapa tempat yang kita perbaiki," ungkapnya.

Menurut Erry, turis mancanegara biasanya merencanakan liburan setahun sebelumnya dan melihat apa saja agenda wisata yang ada di negara-negara lain seperti Indoensia. Apalagi 33 kabupaten/kota melalui even hari jadi, ditambah lagi even lainnya bisa dilaksanakan secara terjadwal setiap tahun, bisa dikemas ke dalam kalender even.

"Ini adalah masa depan yang baik bagi Sumut. Tinggal bagaimana kita bekerja sama. Kita bisa promosi bersama, tidak perlu (selalu) bicara anggaran. Kita harus bergandengan tangan untuk itu," sebut Erry,  yang juga sempat menyumbangkan suaranya di sela jamuan makan tersebut.

Dengan pertemuan tersebut, Erry pun menyambut baik, bahkan menekankan pentingnya pertemuan berkala, termasuk melibatkan instansi terkait seperti kementerian perhubungan, bea-cukai, imigrasi dan lainnya yang punya hubungan vertikal ke pemerintah pusat. Sehingga koordinasi menjadi titik penting dalam membangkitkan kembali gairah pariwisata di Sumut.

Sementara Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Hidayati menyampaikan bahwa pertemuan bersama stakeholder dan pelaku pariwisata di Sumut merupakan bagian dari upaya memperkuat keterlibatan masyarakat dalam pengembangan sektor ini. "Kami sudah membangun komitmen bersama. Dengan adanya sinergitas ini, kami mengharapkan bisa mengidentifikasi permasalahan dan juga melakukan strategi pengembangan pariwisata Sumatera Utara," sebutnya.

Pihaknya juga, kata Hidayati, telah menggabungkan semua usulan bersama agar anggaran pemerintah berbasis kebutuhan sesuai dengan kendala yang harus diselesaikan. "Kami terus berupaya bagaimana bisa mencapai target satu juta kunjungan wisatawan ke Sumut hingga 2019," sebutnya.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solahudin mengatakan, rapat koordinasi terkait pengembangan pariwisata Sumut oleh Disbudpar telah memberikan berbagai masukan penting. Diantaranya pemerataan perbaikan infrastruktur, sehingga mereka bisa menyusun paket wisata menuju berbagai objek wisata.

Selanjutnya adalah promosi langsung ke negara-negara lain, seperti mengikuti agenda pertemuan pariwisata. Dengan begitu, upaya tersebut harus dilakukan terus menerus. "Selanjutnya adalah peningkatan kualitas even. Perlu peningkatan konten dan kualitas. Kemudian kita juga butuh semacam souvernir center (pusat souvenir). Selain itu juga perlu ada open stage yang terus menerus," katanya, sekaligus mengapresiasi perhatian besar Gubernur terhadap pengembangan pariwisata Sumut selama ini.

Dalam kegiatan itu, juga disampaikan rencana investor Malaysia membangun kapal wisata sekaligus berfungsi sebagi hotel dengan nuansa tradisional dan eksklusif. Kapal tersebut akan melayani perjalanan wisata di Danau Toba dalam rangka mengundang wisatawan mancanegara datang ke Sumut.

Turut hadir, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Bondaharo Siregar, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Amran Utheh serta berbagai asosiasi di bidang pariwisata di Sumut.

Editor: Erickson

T#g:AyamPariwisata
Berita Terkait
  • Senin, 18 Jun 2018 02:18

    Libur Lebaran, Wisata Alami Danau Gayambang Ramai Pengunjung

    Hingga hari ketiga musim liburan lebaran Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439H, tercatat setidaknya tiga ratusan pengunjung beramai-ramai mendatangai lokasi wisata alami Danau Gayambang, yang berlokasi d

  • Minggu, 17 Jun 2018 00:17

    Mengapa Kepala Ayam Maju Mundur Ketika Berjalan?

    Pernahkah kalian perhatikan kepala ayam selalu bergerak maju mundur ketika berjalan? Kepalanya tidak bisa diam seperti manusia ketika berjalan. Mengapa kepalanya harus bergerak maju mundur seperti itu?

  • Selasa, 19 Jun 2018 06:19

    Tak Disangka, 6 Makanan ini Bisa Bikin Tulang Cepat Rapuh, Salahsatunya Bayam?

    Setiap manusia, baik laki dan perempuan harus bisa menjaga kesehatan tulangnya setiap hari. Tapi mungkin dengan mengonsumsi beberapa makanan, Anda bisa mengalami tulang rapuh.

  • Rabu, 07 Mar 2018 05:57

    Di masa kecilnya, Djarot harus kasih makan ternak lele dan ayam

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat bersilaturahmi di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darul Ikhlas Haji Abdul Manap Siregar di Kota Padang Sidempuan, Selasa (6/3/2018) sore.Djarot disambut meriah keluarga

  • Senin, 04 Des 2017 11:24

    Kadis Pariwisata Sumut: Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Festival Danau Toba (FDT) di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2017, awalnya direncanakan dilaksanakan di Bakti Raja, namun karena keterbatasan lahan, khususnya rekayasa lalulintas, FDT Humbahas

  • Sabtu, 02 Des 2017 18:02

    Menteri Pariwisata Buka Wonderful Sabang dan Marine Expo

    Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) RI membuka Wonderful Sabang & Marine Expo 2017 yang berlangsung di Pelabuhan CT-3, Sabang, Aceh, Jumat (1/12) sore. Kegiatan yang diselenggarakan oleh

  • Senin, 24 Jul 2017 22:24

    Kementerian Parawisata Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas

    Menindaklanjuti program prioritas Kementerian Pariwisata tahun 2017 serta tata kelola destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat, disimpulkan bahwa pengembangan sektor pariwisata tidak semata ma

  • Sabtu, 24 Jun 2017 12:14

    Obama ke Bali, Indonesia Endorse Promosi di Times Square

    Pemerintah menyiapkan sebuah promosi khusus tentang pariwisata di Times Square New York sebagai upaya penyambutan menjelang kunjungan mantan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia.

  • Senin, 03 Apr 2017 20:09

    Wisata Sejarah, diharap bangkitkan perekonomian Dolok Silau, Simalungun

    Bupati Simalungun, JR. Saragih, SH, kembali melakukan peninjauan ke kecamatan di wilayahnya. Kali ini, Senin (3/4/2017), kunjungan JR ke kecamatan yang memiliki nilai tingkat pengangguran tertinggi di kabupaten tersebut, kecamatan Dolok Silau.

  • Sabtu, 11 Mar 2017 19:19

    Polisi Amankan Maling 20 Goni Pakan Ayam

    Mupriyendra alias Yendra alias Aceh (22) warga Kota Cabe Lorong 2 Desa Lawe Loning Aman Kecamatan Lawe Sigala-Gala kabupaten Aceh Tenggara, Selo (48) dan Suhendra alias Mandra (30) keduanya warga Dusu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak