Sabtu, 18 Agu 2018 16:03
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ekspedisi NKRI gagas pagelaran budaya dan tarian lokal di Mindiptana

Ekspedisi NKRI gagas pagelaran budaya dan tarian lokal di Mindiptana

Papua (UtamaNews.com)
Oleh: Dian/Rls
Sabtu, 07 Okt 2017 02:27
Dok
Perlombaan tarian budaya di kampung Andopbit distrik Mindiptana kab. Bovendigoel, Kamis (5/10).

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan pagelaran dan perlombaan tarian budaya di kampung Andopbit distrik Mindiptana kab. Bovendigoel, Kamis (5/10).

Dengan mengusung tema Gebyar Budaya dan Adat serta menjunjung tinggi kearifan lokal dan melestarikan budaya di wilayah Papua Bagian Selatan ini Tim Ekspedisi Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan perlombaan seni dan budaya lokal.

Sebanyak empat distrik yang mengikuti perlombaan diantaranya Distrik Waropko, Distrik Sesnukt, Distrik Mindiptana, dan Distrik Kombut, dan 13 Kampung mengikuti perlombaan tari.

Acara pertama ditandai dengan pertemuan antara dua suku, suku Muyu dan suku Mandobo, yang melakukan tarian persahabatan, dengan memakai pakaian adat dari masing masing suku.

Acara dibuka dengan pemotongan pita oleh Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Agung Wahyu Perkasa,  Kepala tari Suku Muyu Paulus Kambutuk (54 thn), dan kepala tari Suku Mandobo Miko (55 thn) Dengan mengikatkan pita ke busur sebagai tanda bahwa acara harus diikuti dalam keadaan damai antara kedua suku.

Tidak hanya tarian tim Ekspedisi NKRI juga menyediakan stand untuk memamerkan alat budaya dari setiap kampung, seperti Noken, perhiasan kepala, manik manik, cawat, batik Boven digoel, koteka,baju kulit Ganemo, anak panah, busur, penokok, kantung pengisi sagu, tifa atau wot, dan jowo (tempat pengisi sagu).

Kegiatan berlangsung sukses dan meriah, terlihat dari masyarakat yang sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir lebih dari 500 orang mengikuti acara gebyar budaya Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mindiptana.

Menurut ketua tari dari kampung Kombut Immanuel Iyande (58 thn), mengatakan acara gebyar budaya adalah acara besar karna mempertemukan suku Muyu dan Mandobo yang lebih dari lima belas tahun tidak lagi ada acara seperti ini. "Saya berharap dari acara ini budaya budaya yang berada disini bisa dilihat oleh pemerintah dan bisa terus berkembang", ujar Immanuel.

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Wahyu Agung Perkasa berharap dengan terselenggaranya acara gebyar budaya ini dapat meningkatkan jiwa kesenian kepada masyarakat setempat, dan tidak melupakan budaya dari masing masing kampung yang merupakan kekayaan budaya Indonesia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada seluruh masyarakat bahwa Papua Bagian Selatan mempunyai keanekaragaman adat dan budaya, sehingga tidak terpendam dan hanya diketahui oleh beberapa orang saja,", ujar Mayor Inf Agung Dansubkorwil-4/Mindiptana.

Acara diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize, kepada pemenang pertama diambil oleh Kampung Kombut yang membawakan tarian Kenari dan setiap peserta mendapatkan dana pembinaan dari tim Ekspedisi NKRI 2017.

Editor: Budi

T#g:NKRIPapua
Berita Terkait
  • Sabtu, 28 Jul 2018 13:08

    GEMMBIRA Sumut Deklarasi 2019 Tetap Indonesia

    Gerakan Mahasiswa dan Masyarakat Bersatu Indonesia Raya (GEMMBIRA) Sumatera Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas seputar pergulatan dinamika politik nasional yang saat ini sedang berlangsung, di Cafe D'Jong Medan, Jumat (27/7).

  • Kamis, 26 Jul 2018 20:26

    SPKKL Merauke Bakamla RI Ikut Gerakan "Ayo Inventarisasi BMN 2018"

    Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bakamla RI di Merauke, tepatnya yang berlokasi di Jl. Menara Lampu Satu, tidak luput dari Gerakan "Ayo Inventarisasi BMN 2018" yang digalakkan

  • Kamis, 26 Jul 2018 14:36

    TNI Kirim Bantuan Logistik Untuk Suku Mausu Ane di Maluku Tengah

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodam XVI/Pattimura mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa logistik (makanan dan obat-obatan) serta tim medis untuk membantu masyarakat Suku Mause Ane di Pegun

  • Selasa, 24 Jul 2018 22:24

    Gerakan "Ayo Inventarisasi BMN 2018" Bakamla RI Sasar Jayapura

    Bakamla RI kembali melanjutkan aksi "Ayo Inventarisasi BMN 2018". Kali ini pemeriksaan dilakukan di Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Jayapura yang berlokasi di Basege, Jayapura Utara, Selasa, (24/7/2018).

  • Minggu, 15 Jul 2018 09:35

    Pangdam I/BB Beri Motivasi Pada Satgas Pamtas Yonif 121/MK di Perbatasan RI-PNG

    Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, S.I.P. mengunjungi daerah perbatasan negara antara RI dan PNG di Kabupaten Keerom Papua guna menemui prajurit Satgas Yonif 121/MK yang sedang bertuga

  • Minggu, 08 Jul 2018 07:08

    Laporan 69 Kasus Pembunuhan Di Papua Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan

    Saat ini kita sedang dihebohkan dengan adanya laporan dari Lembaga Amnesty International Indonesia terkait adanya 69 kasus pembunuhan di Papua yang tidak diproses secara hukum, dan dari 69 kasus terse

  • Minggu, 01 Jul 2018 20:01

    Panglima TNI Apresiasi Prajurit Polri dan TNI Mengamankan Pilkada di Papua

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit Polri dan TNI dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan tulus selama pelaksa

  • Sabtu, 30 Jun 2018 23:30

    Panglima TNI dan Kapolri Kunjungan Kerja ke Jayapura

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian. Ph.D. didampingi, antara lain Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Aso

  • Kamis, 28 Jun 2018 00:28

    Satgas Yonif 121/MK Amankan Paket Ganja Seberat 2,5 Kg

    Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara dari Yonif 121/MK kembali mengamankan paket ganja siap pakai seberat 2,5 Kg dari warga pada saat melaksanakan sweeping terhadap k

  • Rabu, 20 Jun 2018 16:20

    Dengan Kesadaran Sendiri, Warga Menyerahkan Munisi Aktif ke Pos Pamtas Satgas Yonif 121/MK

    Hubungan yang telah terbina dengan baik selama ini antara Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara dari Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang dengan warga di sekitar perba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak