Selasa, 19 Jun 2018 15:11
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Dosen Lebanon: "Saya tidak mau, kaum muslimin di Indonesia menjadi korban faham-faham radikal"

STAIBR Sibuhuan Gelar Seminar Internasional

Dosen Lebanon: "Saya tidak mau, kaum muslimin di Indonesia menjadi korban faham-faham radikal"

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Kamis, 13 Apr 2017 10:45
Maulana Syafii
DR. Syaik Fadi Alamuddin Albeiruty Dosen Global University Lebanon, didampingi Ketua PC NU Palas/Pimpinan STAIBR Sibuhuan, Drs. H. Syafaruddin, MA, sedang memaparkan makalah berbahasa arab pada kegiatan Seminar Internasional.
Selamat Puasa Paluta
Mengusung tema, mengokohkan pemahaman Islam ala manhaj Aswaja di tengah tantangan ideologi global, Sekolah Tinggi Agama Barumun Raya (STAIBR) menggelar kegiatan Seminar Internasional, dengan menghadirkan pembicara utama DR. Syaik Fadi Alamuddin Albeiruty Dosen Global University Lebanon, bertempat di gedung aula STAIBR, Rabu (12/4).

"Tujuan digelarnya seminar internasional ini adalah, sebagai study banding bagi kaum muslim di Indonesia yang menganut faham Aswaja khususnya dan masyarakat secara umum, agar tidak mudah menerima faham-faham baru yang belakangan ini kian marak berkembang, ternyata merupakan faham radikalisme," ungkap Pimpinan STAIBR Drs. H. Syafaruddin, MA didampingi Ketua Panitia, Ismail Nasution, Lc, MTH.

"Seperti yang terjadi di negara-negara Arab, hanya karena perbedaan faham, sampai terjadi perang saudara. Selain itu, faham-faham baru yang cenderung radikal tersebut, sangat mudah sekali mengkafirkan ummat Islam. Makanya, kita sangat berbahagia sekali, pada seminar internasional ini bisa langsung hadir pembicara dari Dosen Global University, Lebanon," ujarnya.

Kegiatan seminar kali mendapat sambutan hangat dari masyarakat Palas, khususnya masyarakat di Kecamatan Barumun. Terlihat hadir di acara itu, Kakan Kemenag Palas, Ketua MUI Palas, sejumlah tokoh masyarakat Palas, pengurus organisasi PC NU Palas dan organisasi banom-banomnya, serta kalangan akademisi dan mahadiswa STAIBR Sibuhuan.

Sebagai pembicara utama, DR. Syaikh Fadi Alamuddin Albeiruty dari Negara Lebanon, dalam pemaparan makalahnya dengan berbahasa arab, didampingi oleh penterjemah Akmal Marzuki Harahap. Beliau menghimbau kepada ummat muslim Indonesia, agat tidak mudah terprovokasi dengan faham-faham baru yang berkembang di masyarakat, seperti faham Khawarij, Syi'ah dan lainnya.

"Memang, faham-faham tersebut, sampai saat ini masih berkembang di negara-negara Arab. Tetapi, trik-trik dari faham-faham baru tersebut, saat ini sudah masuk ke Indonesia. Saya tidak mau, kaum muslimin di Indonesia menjadi korban faham-faham baru tersebut," sebutnya dalam logat Arab, yang dijelaskan oleh penterjemah.

"Faham Aswaja, adalah faham atau organisasi NU yang menyebarkan faham Aswaja ini, sangat menjunjung tinggi sikap kedaulatan dan kebersamaan ummat. Kalau faham-faham yang lainnya, itu sangat mudah sekali mengkafirkan atau memuhafikkan kaum muslim yang lainnya," paparnya.

Diakuinya, bahwa keadaan faham Aswaja yang berkembang di Negara Lebanon, itu sama dengan faham Aswaja NU di Negara Indonesia. "Faham Aswaja yang kita anut, itu tidak mudah mengkafirkan ataupun memunafikkan ummat muslim yang lainnya," tegasnya.

Oleh sebab itu, lewat kegiatan ini diharapkannya ummat muslim di Indonesia, khususnya di Kabupaten Palas, agar terus menjaga dan mengamalkan tradisi-trafis faham Aswaja di tengah masyarakat. Agar faham-faham baru, atau aliran radikalisme yang dapat memancing permusuhan ummat, bahkan dapat memicu perang saudara seperti yang terjadi di negara-negara Arab, dapat diantisipasi dan diminimalisir sejak dini, pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:IslamLEBANONtoleransi
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Jun 2018 20:57

    Konga XXVIII-J/UNIFIL Gelar Sholat Idul Fitri 1439 Hijriah dan Halal Bihalal di KBRI Beirut Lebanon

    Prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interm Forces In Lebanon (UNIFIL) menggelar sholat

  • Kamis, 07 Jun 2018 10:07

    Al-Quran Pedoman Umat Manusia Dalam Mencapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

    Kitab suci Al-Quran merupakan wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk dijadikan pedoman bagi umat manusia dalammencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. M

  • Rabu, 30 Mei 2018 23:20

    Al Qur'an sahabatnya para remaja

    Kehidupan remaja cenderung dikekang oleh nilai-nilai moral yang di sekelilingnya, baik dari masyarakat maupun keluarga, maka zaman sekarang justru mengabaikannya.Masalah lain yang cukup mengerikan dan

  • Senin, 14 Mei 2018 03:14

    Prihatin Tragedi Bom di Surabaya, Sihar Ajak Jaga Pluralisme

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus turut berduka dan mengutuk keras atas tragedi ledakan bom di sejumlah gereja di Kota Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

  • Senin, 14 Mei 2018 09:14

    Jelang Ramadhan, Pasukan Garuda Gelar Education Program di Lebanon Selatan

    Pasukan Garuda Misi Perdamaian Dunia yang tergabung dalam Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil(United Nations Interim Forces In Lebanon) di bawah pimpinan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.IP sebagai

  • Minggu, 13 Mei 2018 21:33

    Plt Bupati Deli Serdang dan Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj

    Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melaksanakan kegiatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1439 Hijriyah di lapangan 10 November Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli, Minggu (13/05/2018) dengan mengh

  • Kamis, 10 Mei 2018 15:10

    5.000 Jamaah Hadiri Israq Mikraj Polda Sumut dan Pemko Medan

    Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan sekaligus memperingati Israk Mikraj, Polda Sumut bersama Pemko Medan menghadirkan Ustaz Muhammad Maulana,di Lapangan Merdeka Medan, Rabu, (9/5/2018). Dalam

  • Senin, 30 Apr 2018 14:40

    Satgas Indobatt XXIII-L/UNIFIL Gelar Culture Presentation di Lebanon

    Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Forces in Lebanon) menggelar acara pertunjukan seni bertajuk CulturePresentation dengan menampilkan seni dan budaya

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:17

    Sihar: Keberagaman Sumut Terbungkus Dalam Persaudaraan

    Pluralisme yang ada di Sumatera Utara, menjadikan provinsi ini tak menjadikan perbedaan sebuah jarak pemisah. Keberagaman adat istiadat dan suku di Sumut disatukan dalam sebuah ikatan persaudaraan. "S

  • Kamis, 26 Apr 2018 18:16

    Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Kawal Pilkada Serentak Dalam Bingkai Kebhinekaan

    Dewan Pengurus Provinsi Pergerakan Indonesia (DPP PI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, RAS dan antar golongan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak